Jamaika
Few clouds
29.53 °C

Informasi Umum

Jamaika adalah sebuah negara pulau yang terletak di Laut Karibia. Negara dengan wilayah seluas 10.990 kilometer persegi (4.240 sq mi) tersebut merupakan negara pulau terbesar ketiga di Laut Karibia. Jamaika terletak sekitar 145 kilometer (90 mil) selatan Kuba, dan 191 kilometer (119 mil) barat dari Hispaniola (pulau yang berisi negara-bangsa Haiti dan Republik Dominika).

Penduduk asli Jamaika adalah Arawak dan Taino. Pulau Jamaika berada di bawah kekuasaan Spanyol menyusul kedatangan Christopher Columbus di tahun 1494. Banyak dari penduduk asli meninggal karena penyakit, dan bangsa Spanyol membawa budak Afrika untuk dipekerjakan sebagai buruh. Pada awalnya pulau tersebut dinamakan Santiago dan menjadi milik Spanyol sampai tahun 1655, kemudian Inggris menaklukkan pulau tersebut dan dinamakan Jamaika. Di bawah pemerintahan kolonial Inggris, Jamaika menjadi eksportir gula terkemuka dengan ekonomi dari perkebunan yang sangat tergantung dari budak yang dibawa dari Afrika. Semua budak sepenuhnya dibebaskan tahun 1838 dan banyak orang yang telah dimerdekakan memilih untuk memiliki pertanian subsisten daripada bekerja di perkebunan. Mulai tahun 1840-an, Inggris mengirim buruh kontrak dari China dan India untuk bekerja di perkebunan. Pulau ini merdeka dari Inggris pada tanggal 6 Agustus 1962. Dengan 2,8 juta penduduk, Jamaika adalah negara Anglophone ketiga terpadat di Amerika (setelah Amerika Serikat dan Kanada), dan negara keempat yang paling padat penduduknya di Karibia. Kingston adalah ibukota negara dan kota terbesar, dengan populasi 937.700 jiwa. Penduduk Jamaika adalah keturunan yang didominasi Afrika, Eropa, Cina, Hakka, India, dan minoritas ras campuran. Karena tingkat tinggi emigrasi untuk bekerja sejak tahun 1960-an, Jamaika memiliki diaspora besar di seluruh dunia, khususnya di Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat.

Jamaika adalah sebuah dunia Commonwealth, dengan Ratu Elizabeth II sebagai raja dan kepala negara. perwakilannya yang ditunjuk di negara ini adalah Gubernur-Jenderal Jamaika, saat Sir Patrick Allen. Kepala pemerintahan dan Perdana Menteri Jamaika adalah Andrew Holness. Jamaika adalah negara monarki konstitusional parlementer dengan kekuasaan legislatif dipegang oleh Parlemen bikameral dari Jamaika, yang terdiri dari Senat yang ditunjuk dan dipilih langsung Perwakilan Rakyat.

Kode Telepon:

+1-876

Zona dan Perbedaan Waktu:

Jamaika berada di Zona GMT -5. Waktu di Jamaika adalah 12 (dua belas) jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe A atau B (Voltase 110 V)


KBRI Havana

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Jamaika sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Jamaika berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Jamaika, Anda dapat menghubungi:

Jamaican Honorary Consulate in Jakarta

Rumah Maduma

Jl. Dr. Saharjo No. 52

Jakarta, Indonesia 1297

No. Telp : (+62) (21) 831-1184

No. Fax : (+62) (21) 831-1185

Email : maduma@indo.net.id

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

  • Kejahatan dengan kekerasan, termasuk perampokan bersenjata, penculikan dan pembunuhan adalah masalah serius di Jamaika, terutama di Kingston, Spanish Town dan Montego Bay.
  • Apabila Anda berada di Kingston, kami menyarankan untuk menghindari Tivoli Gardens, Whitfield Town, Payne Land, West Kingston, Grant Pen, August Town, Denham Town, Hannah Town, Arnett Gardens, Olympic Gardens, Harbour View, Desa Tengah, Spanyol Town, Mountain View, Trench Kota , Singkong Piece, Canterbury, Norwood dan Rose Heights.
  • Apabila Anda berada di Montego Bay, kami menyarankan untuk menghindari St Clavers Avenue dan Hart Street, Flankers, Canterbury, Norwood, Rose Heights dan Gunung Salem. Kekerasan geng di Mountain View Street telah menyebabkan pengendara ditembak dalam baku tembak. Hindari menggunakan rute ini ketika bepergian ke Bandara Internasional Norman Manley. Risiko perampokan ketika bepergian ke dan dari Bandara Internasional Norman Manley meningkat di malam hari.
  • Jangan berjalan sendirian dan sangat berhati-hati setelah gelap. Hindari mengunjungi pantai dan menggunakan bus di malam hari, dan selalu menjaga jendela dan pintu terkunci sementara di kendaraan. Waspada terhadap transportasi umum seperti kendaraan yang penuh sesak dimana sering menjadi tempat kejahatan.
  • Kejahatan, termasuk kekerasan seksual dan perampokan, telah terjadi setelah wisatawan telah menerima makanan atau minuman dari orang tak dikenal, termasuk di resor wisata. Jangan meninggalkan minuman tanpa pengawasan atau menerima makanan atau minuman dari orang asing.
  • Jika diserang atau dirampok, jangan melawan. Penjahat sering bersenjata dan Anda bisa terluka parah atau tewas. Disarankan untuk menggunakan taksi resmi yang direkomendasikan oleh Jamaica America Travellers' Association (JUTA), yang dapat dipesan dari hotel atau oleh petugas berseragam di bandara.
  • Kejahatan termasuk pencopetan terjadi, khususnya di Old Kingston. Barang-barang berharga seperti perhiasan, tas, ponsel dan kamera dapat adalah target bagi para penjahat, sehingga lebih baik meminimalisir barang bawaan.
  • Pastikan akomodasi memiliki keamanan yang memadai, seperti penjaga atau pagar keamanan, terutama jika tinggal di akomodasi bergaya vila.
  • Kartu kredit dan penipuan ATM meningkat di Jamaika. Berhati-hatilah saat menggunakan kartu kredit di supermarket dan outlet ritel lainnya serta menyadari lingkungan saat menggunakan ATM.

 

B. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Hindarilah demonstrasi dan unjuk rasa yang besar karena dapat berubah menjadi tindak kekerasan dan mungkin melibatkan penggunan senjata api. Penutupan jalan dapat terjadi dengan pemberitahuan singkat, Anda harus memantau media lokal untuk informasi penutupan jalan yang terbaru.

C. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Jamaika merupakan negara yang dapat terkena badai. Musim badai terjadi pada bulan Juni hingga November, ketika tanah longsor dan banjir terjadi maka layanan penting bisa saja terganggung.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Jamaika, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

  • Helm yang diperlukan pada moped, motor skuter dan sepeda motor dan sabuk pengaman harus dikenakan dalam mobil dan taksi.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources)

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Setiap orang yang berada di wilayah Jamaika, termasuk WNI, jika kedapatan membawa narkoba (obat�obatan terlarang) bahkan dalam jumlah kecil termasuk ganja maka Anda dapat dikenakan sanksi. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

D. LGBTI

Tindakan homoseksual adalah ilegal dan denda berkisar dari 2 sampai 10 tahun penjara dengan kerja keras. Menggunakan bikini di wilayah publik yang bukan tempatnya dapat ditangkap.

 

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Jamaika adalah Dollar Jamaika. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.

 

Asuransi dan Kesehatan

Infrastruktur transportasi di Jamaika terdiri dari jalan raya, kereta api dan transportasi udara, dengan jalan raya membentuk tulang punggung sistem transportasi internal pulau.

A. Jalan Raya

Jaringan jalan Jamaika terdiri dari hampir 21.000 kilometer (13.000 mil) jalan, di mana lebih dari 15.000 kilometer (9.300 mil) beraspal. Pemerintah Jamaika, sejak akhir 1990-an bekerja sama dengan investor swasta, memulai kampanye dari proyek-proyek perbaikan infrastruktur, salah satunya meliputi penciptaan sistem jalan raya yang menghubungkan pusat-pusat penduduk utama pulau.

B. Kereta Api

Kereta Api di Jamaika tidak lagi menikmati posisi terkemuka seperti pada masa sebelumnya, sebagian besar telah digantikan oleh jalan raya sebagai sarana utama transportasi. Dari 272 kilometer (169 mil) dari jalur kereta api yang ada di Jamaika, hanya 57 kilometer (35 mil) yang masih tetap beroperasi, dan saat ini hanya digunakan untuk mengangkut bauksit.

C. Transportasi Udara

Ada tiga bandara internasional di Jamaika dengan terminal modern, landasan pacu yang panjang, dan peralatan navigasi yang diperlukan untuk mengakomodasi pesawat jet besar yang digunakan dalam perjalanan udara modern:

Bandara Internasional Norman Manley di Kingston; Bandara Internasional Ian Fleming di Boscobel, Saint Mary Parish; dan bandara terbesar dan tersibuk di pulau ini, Bandara Internasional Sir Donald Sangster di kota resor Montego Bay.

Bandara Manley dan Sangster International adalah rumah bagi maskapai nasional negara, Air Jamaica. Selain itu ada bandara komuter lokal di Tinson Pen (Kingston), Port Antonio, dan Negril, yang melayani perjalanan domestik.

D. Pelabuhan, Pengiriman dan Mercusuar

Karena lokasinya di Laut Karibia yang merupakan jalur pelayaran ke Terusan Panama dan relatif dekat dengan pasar besar di Amerika Utara dan pasar negara berkembang di Amerika Latin, Jamaika menerima lalu lintas yang tinggi dari kontainer.

Telekomunikasi

Jamaika memiliki sistem komunikasi telepon sepenuhnya digital dengan penetrasi seluler lebih dari 95%.

Dua operator seluler di negara itu yaitu ALIRAN Jamaika (sebelumnya LIME, bMobile dan Cable and Wireless Jamaika) dan Digicel Jamaica telah menghabiskan jutaan dolar dalam mengupgrade jaringan dan ekspansi.

Operator terbaru, Digicel mendapat lisensi pada tahun 2001 untuk mengoperasikan layanan mobile di pasar telekomunikasi baru yang telah diliberalisasi karena dulunya merupakan satu-satunya domain yang berkuasa (kemudian kabel dan nirkabel Jamaika). Digicel memilih untuk sistem nirkabel GSM dan lebih banyak digunakan, sedangkan operator masa lalu, Oceanic (sekarang Claro Jamaika dan kemudian bergabung dengan Digicel Jamaica tahun 2011) memilih untuk standar CDMA.

Tempat Wisata


Mandela Park
star star star star_half star_border

Fab 5
star star star star_half star_border

Peter Tosh Museum
star star star star star_half

Trafalgar Park
star star star star_half star_border

Emancipation Park
star star star star star_half

Super Pet and Gar...
star star star star_half star_border

Emancipation Park
star star star star star_half

Logwood Park
star star star star_half star_border

Bob Marley Museum
star star star star star_half

Wailers' Museum
star star star star star

Maloney Park
star star star star_half star_border

Trench Town Cultu...
star star star star star_half

The Gardens
star star star star star_border

Bustamante Museum
star star star star_half star_border

National Heroes P...
star star star star star_border

Dennis Brown Big ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Fletcher's Land B...
star star star star_half star_border

Emmett Park
star star star star star_border

Liberty Hall: The...
star star star star star_border

Simon Bolivar Cul...
star star star star star_half

Saint William Gra...
star star star star_half star_border

Mona Reservoir
star star star star star_half

Natural History M...
star star star star star_half

National Museum J...
star star star star star_half

National Museum J...
star star star star star_half

Kuliner

Tidak ada tempat kuliner

Tempat Ibadah


Tarrant Baptist C...
star star star star star_half

St Andrew Parish ...
star star star star star_half

Faith Chapel of F...
star star star star star_half

Bethel Baptist Ch...
star star star star star_half

Havenhill (Indepe...
star star star star star_half

Church of God (7t...
star star star star star_half

Swallowfield Chap...
star star star star star_half

Stella Maris Roma...
star star star star star_half

Emmanuel Apostoli...
star star star star star_half

Unity of Jamaica
star star star star_half star_border

Sts. Peter and Pa...
star star star star star_half

Pentecostal Taber...
star star star star star_half

Johnson Town Seve...
star star star star_half star_border

The Power of Fait...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan