Wilayah Israel
Clear sky
26.73 °C

Informasi Umum

Israel adalah sebuah "entitas wilayah" di Timur Tengah yang berada di pinggiran Laut Tengah, dan berbatasan dengan negara Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Populasi Israel tecatat sebesar 7,5 juta jiwa, dengan mayoritas etnis Yahudi. Selain itu, terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, meliputi etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain.

 



KBRI Amman

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

Israel tidak memiliki Kedutaan Besar di Indonesia. Untuk pengajuan visa ke Israel, hanya dapat menggunakan paspor hijau dan diajukan di negara dimana terdapat Kedutaan Besar Israel. Pengguna paspor dinas dan diplomatik dilarang untuk berkunjung ke Israel.

Keselamatan dan Keamanan

Eskalasi konflik dan kekerasan dapat terjadi setiap saat di berbagai wilayah Israel terutama yang berdekatan dengan perbatasan Palestina (Tepi Barat termasuk Yerussalem dan Jalur Gaza).

Hukum dan Kebiasaan Setempat

Israel pada Juli 2018 telah mensahkan UU kontroversial tentang penetapan Israel sebagai negara bagi seluruh bangsa Yahudi, yang menempatkan bangsa Yahudi sebagai warga istimewa. Banyak kalangan menganggap UU tersebut sebagai hukum rasis dan berbahaya dan secara resmi melegalkan sistem apartheid di Israel. Sebagai minoritas, warga Arab baik yang tinggal di wilayah Israel maupun di wilayah pendudukan di Tepi Barat (termasuk Yerussalem Timur) dan Jalur Gaza selama ini kerap mendapatkan perlakuan diskriminatif dari Pemerintah dan aparat Keamanan Israel.

Mata Uang dan Penukaran

shekel

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata

Tidak ada tempat wisata

Kuliner

Tidak ada tempat kuliner

Tempat Ibadah

Tidak ada tempat ibadah

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan