Hongaria
Light rain
13.69 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT COVID-19 DI HONGARIA

Latest update: 19 Agustus 2020

  1. Status COVID-19: 

Pemerintah telah mencabut status darurat Pandemi Covid-19 pada 18 Juni 2020

Tanggal mulai berlaku: -

Status: Tidak berlaku

  1. Kebijakan terkait penerbangan: 

Pemerintah tidak membatasi penerbangan internasional. Penerbangan internasional dari luar kawasan Eropa ke Hongaria terbatas karena kurangnya rute penerbangan langsung.

Tanggal mulai berlaku: -

Status: - 

  1. Kebijakan pembatasan masuk bagi WNA

Pemerintah menerapkan zona negara bagi pendatang yang akan masuk / kembali ke Hongaria, yakni hijau (tingkat infeksi pandemi rendah / bebas masuk), kuning (tingkat infeksi pandemi cukup serius / waspada), dan merah (tidak pandemi sangat serius / wajib tes dan karantina). Indonesia termasuk dalam zona merah. Pemerintah hanya memperbolehkan masuk WN Hongaria dan EEA, serta WNA yang mempunyai izin tinggal atau visa schengen tipe-D untuk jangka panjang (melebihi 90 hari) dan yang memiliki keluarga WN Hongaria. 

Daftar negara per zona dikaji mingguan. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada:

Tanggal mulai berlaku: 15 Juli 2020

Status: masih berlaku

  1. Persyaratan masuk ke wilayah negara

Pendatang dari negara zona hijau: tidak ada pembatasan apapun. Pendatang dari negara zona kuning:

  • Wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan pada saat masuk wilayah Hongaria. Jika memiliki gejala COVID-19, wajib menjalani karantina mandiri dalam pengawasan polisi selama 14 hari.
  • Bebas dari karantina jika dapat membuktikan 2 hasil tes PCR COVID-19 setidaknya 48 jam terpisah dalam waktu 5 hari sebelum kedatangan ke Hongaria.
  • Dapat dilakukan tes PCR COVID-19 saat kedatangan. Jika dua kali negatif, maka bebas dari kewajiban karantina.

 Pendatang dari negara zona merah:

  • Wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan pada saat masuk wilayah Hongaria dan menjalani karantina mandiri dalam pengawasan polisi selama 14 hari.
  • Bebas dari karantina jika dapat membuktikan 2 hasil tes negatif PCR COVID-19 setidaknya 48 jam terpisah dalam waktu 5 hari sebelum kedatangan ke Hongaria.
  • Pendatang yang tidak memiliki izin tinggal di Hongaria wajib ajukan izin khusus ke Kepolisian Hongaria secara online: https://ugyintezes.police.hu/en/uj-ugy-inditasa
  • Dapat dilakukan tes PCR COVID-19 saat kedatangan. Jika dua kali negatif, maka bebas dari kewajiban karantina.

Tanggal mulai berlaku: 15 Juli 2020

Status: masih berlaku 

  1. Kebijakan terkait visa

Pemerintah tidak menerima permohonan visa kunjungan singkat (di bawah 90 hari) kecuali atas alasan kunjungan bisnis terkait proyek strategis, kunjungan resmi bilateral, kunjungan untuk pengobatan / perawatan kesehatan mendesak, bantuan kemanusiaan, ujian pendidikan wajib, partisipasi dalam komptesi olahraga / seni budaya internasional, proses pengadilan, partisipasi dalam pernikahan dan pemakaman keluarga di Hongaria, merawat keluarga yang sakit, dan penyatuan keluarga dekat. Pemohon juga wajib ajukan izin khusus ke Kepolisian Hongaria secara online: https://ugyintezes.police.hu/en/uj-ugy-inditasa

Tanggal mulai berlaku: 15 Juli 2020

Status: masih berlaku 

  1. Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam wilayah

Tidak ada pembatasan untuk berpergian di dalam wilayah Hongaria (domestik).

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret  2020

Status: masih berlaku

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Hongaria apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Hongaria agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19. 

Apabila Anda dalam keadaan darurat, silakan hubungi nomor hotline KBRI Budapest:+36 70 521 1979 atau gunakan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel

------------------------------------------------

 

Hongaria terletak di Eropa Tengah dan merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa dan termasuk negara anggota Schengen sehingga Anda harus memiliki visa Schengen untuk masuk ke negara tersebut.

Kode Telepon:

+36

Zona dan Perbedaan Waktu:

Hongaria berada di Zona GMT +1. Waktu di Budapest adalah 5 (lima) jam lebih lambat dari Jakarta (WIB).

Hongaria berada di Zona GMT +2 (pada saat musim panas). Waktu di Budapest adalah 6 (enam) jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe F; jenis colokan ini juga dapat dipakai untuk tipe C dan E (Voltase 230V)


KBRI Budapest

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (90 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (90 hari)

  • Hongaria merupakan negara anggota Schengen, sehingga WNI yang ingin berkunjung diharuskan mengajukan permohonan visa Schengen sesuai dengan keperluan kunjungan. Pengajuan visa Schengen untuk berkunjung ke Hongaria dilakukan oleh Kedubes Hongaria di Jakarta. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Hongaria berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.
  • Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI mendapatkan fasilitas bebas visa untuk mengunjungi Hongaria hingga maksimal 90 hari dalam jangka waktu 180 hari sejak tanggal hari pertama masuk.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Hongaria, Anda dapat menghubungi:

Kedutaan Besar Hongaria di Jakarta

Jl. Rasuna Said Kav X/3, Kuningan,

Jakarta 12950

Phone: +62 21 520 3459/60

Fax: +62 21 520 3461

Email: mission.jkt@mfa.gov.hu

Website: www.mfa.gov.hu/emb/jakarta

A. Umum

WNI yang bepergian ke Hongaria dianjurkan membawa paspor dan dokumen perjalanan (kartu ijin tinggal/ID card/Visa etc.) mereka setiap saat, khususnya ketika bepergian ke negara Schengen lainnya.

Setiap orang yang berkunjung ke Hongaria membutuhkan asuransi perjalanan yang sah dengan nilai asuransi yang memadai, jika tidak, Otoritas imigrasi berhak menolak pengunjung untuk masuk.

Orang yang bepergian langsung ke atau dari negara di luar Uni Eropa (UE) yang membawa 10.000 Euro atau lebih (atau jumlah yang setara dalam mata uang lain) perlu mendeklarasikan uang tunai di tempat kedatangan atau keberangkatan mereka dari Uni Eropa. Berdasarkan undang-undang tersebut, istilah "uang" meliputi cek, cek perjalanan dan wesel. Setiap orang yang gagal untuk mendeklarasikan uang tunai atau memberikan informasi yang tidak lengkap atau tidak benar akan dikenakan denda. Tidak ada persyaratan untuk mendeklarasikan uang tunai bagi orang yang bepergian ke atau dari negara Uni Eropa lain.

B. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Bagi WNI yang kehilangan paspor, diharapkan untuk langsung melaporkan kehilangan kepada Kantor Polisi Setempat untuk memperoleh Surat Kehilangan dari Kepolisian (gratis). Setelah memperoleh Surat Kehilangan tersebut, WNI dapat melaporkannya ke KBRI Budapest untuk mendapatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) sebagai dokumen sementara agar WNI dapat kembali ke Indonesia. Persyaratan untuk membuat SPLP adalah sebagai berikut:

  • Surat Kehilangan dari Kepolisian setempat;
  • Copy identitas lain (paspor lama/KTP/Kartu Pelajar/Akte kelahiran);
  • Pas photo 2 (dua) lembar dengan latarbelakang putih dan tidak berkacamata;
  • Bukti pembayaran bank atas permohonan SPLP sebesar USD 5.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Ada ancaman terorisme berkelanjutan di Eropa. Serangan teroris telah terjadi di sejumlah kota-kota Eropa. Seperti di Paris, Brussel, Toulouse, London, dan sebagainya. Pada 24 September 2016, terjadi aksi peledakan bom rakitan yang menyebabkan 2 polisi meninggal dunia.

B. Kriminalitas

Secara umum Hongaria merupakan negara yang aman, namun Anda harus tetap waspada, khususnya saat berada di tempat-tempat ramai seperti stasiun kereta, daerah turis, bus, tram, dan kereta bawah tanah, untuk menghindari pencopetan atau penjambretan. Target utama pencopet di kereta dengan rute Wina-Budapest adalah paspor, dompet, uang tunai, dan kartu kredit. Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakan kereta dengan jalur ini.

Anda juga harus menghindari lokasi demonstrasi dan unjuk rasa politik mengingat aksi tersebut biasanya berakhir dengan kekerasan sehingga pihak berwenang harus menggunakan water cannon untuk menghentikan massa.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Di Hongaria kerap terjadi aksi demonstrasi lokal yang dilakukan di wilayah-wilayah sekitar kantor pemerintahan Hongaria di Kota Budapest. Beberapa dari aksi demonstrasi tersebut biasanya dilakukan pada atau menjelang hari-hari besar yang memiliki relevansi politik tertentu, seperti 15 Maret (Hari Peringatan Revolusi 1848) dan 23 Oktober (Peringatan Pemberontakan Anti-Soviet 1956). Hindari lokasi demonstrasi tersebut dan monitor pantauan media mengenai peristiwa lokal dan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Hongaria dilaporkan mengalami beberapa bencana alam seperti gelombang panas, banjir, angin tornado (yang sangat jarang terjadi), dan gempa bumi dalam beberapa tahun belakangan ini.

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Bila Anda tinggal di hotel, di beberapa kota seperti Budapest, tamu akan dikenakan pajak kota sebesar 3-4% bagi wisatawan. Pajak ini biasanya dibayarkan terpisah dari harga kamar hotel yang ditagihkan. Adapun VAT (PPn) di Hongaria adalah sebesar 27%.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Hongaria, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba dan Alkohol

Tidak ada toleransi untuk membawa, menggunakan serta mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan obat terlarang. Hukuman untuk tindakan ini sangat berat dengan denda yang besar dan masa kurungan yang cukup lama.

D. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Anda harus selalu membawa paspor Anda, karena polisi lokal seringkali melakukan pemeriksaan acak. Polisi dapat menahan Anda bila Anda berusaha memberikan tanda identitas selain paspor.

WNI diharuskan menggunakan tiket tranportasi umum yang dapat dibeli di stasiun dan terminal pemberhentian baik melalui mesin yang telah disediakan atau loket. Penumpang diwajibkan untuk memvalidasi tiket setiap kali menggunakan transportasi umum. Apabila penumpang tidak membeli tiket atau tidak memvalidasi tiket, denda yang dikenakan sangat besar, misalnya untuk denda tiket metro yaitu antara 8000-16.000 Forint (atau sekitar Rp 400.000-800.000).

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Hongaria adalah Forint. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara, di daerah sekitar hotel besar atau di pusat kota. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk ditukarkan dengan mata uang setempat.

A. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Tidak dianjurkan untuk melakukan penukaran uang dari orang yang menawarkan jasa penukaran uang secara langsung di jalan / tempat penukaran uang ilegal. Disarankan untuk menukar uang langsung di loket penukaran uang resmi. Penukaran uang lebih dari 1000 Euro / USD membutuhkan paspor / tanda pengenal.

Asuransi dan Kesehatan

Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan menyeluruh yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi akan melindungi selama Anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis. Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis diluar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan. Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu sebelumnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

A. Fasilitas Medis

Para dokter di Hongaria terlatih dengan baik dan banyak yang dapat berbahasa Inggris. Perawatan medis yang memadai tersedia untuk berbagai penyakit umum. Sebaiknya Anda membawa resep yang biasanya Anda butuhkan. Dokter di Hongaria umumnya akan meminta pembayaran langsung setelah melakukan pemeriksaan, sehingga Anda harus meminta reimburse dari penyedia asuransi Anda. Obat-obatan yang dijual bebas maupun yang menggunakan resep doker dapat dibeli dengan mudah di berbagai apotek.

B. Bagaimana cara mendapatkan pertolongan?

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

  • Nomor Pelayanan Darurat Nasional : tekan 112
  • Ambulans: 104
  • Polisi: 107
  • Pemadam Kebakaran: 105

C. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Diharapkan kepada WNI yang akan melakukan perjalanan, agar membawa catatan riwayat kesehatan sehingga dapat menjadi acuan apabila terjadi sesuatu hal yang berkaitan dengan kesehatan. Serta membawa obat-obatan pribadi.

Telekomunikasi

A. Operator Telepon

Berikut beberapa daftar operator telepon di Hongaria:

  1. T-mobile
  2. Telenor
  3. Vodafone

B. Koneksi Internet

Berikut beberapa daftar operator internet di Hongaria:

  1. Telekom/T-Points
  2. GTS-Datanet
  3. Inter.net
  4. UPC

C. Hal-hal yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Wisatawan dapat membeli jenis kartu telepon baik pra-bayar atau pasca bayar. Operator telepon Hongaria (terlampir diatas) dapat menyediakan dua jenis layanan tersebut.

Tempat Wisata


Hungarian Nationa...
star star star star star_half

Budapesti Törté...
star star star star star_half

Kossuth Múzeumha...
star star star star star_half

Semmelweis Museum
star star star star star_half

Shoes on the Danu...
star star star star star_half

Military History ...
star star star star star_half

Piazza Local D Bu...
star star star star star

Locked Room Budap...
star star star star star_half

Kőleves Vendégl...
star star star star star_half

Millenáris
star star star star star_half

Hungarian Nationa...
star star star star star_half

E-EXIT escape gam...
star star star star star_half

Buda Arboretum
star star star star star_half

House of Terror
star star star star star_border

Play VR Budapest
star star star star star_half

star star star star star_half

Margaret Island M...
star star star star star_half

Fiumei Road Grave...
star star star star star_half

Kunsthalle
star star star star star_half

Vajdahunyad Castl...
star star star star star_half

Hungarian Natural...
star star star star star_half

Elephant House
star star star star star_half

City Park
star star star star star_half

Müpa Budapest
star star star star star_half

Orczy Garden
star star star star star_half

Kuliner


Spoon
star star star star star_half

art'bistrobar
star star star star star_half

A Nagymama Házi ...
star star star star star_half

Ruszwurm Confecti...
star star star star star_half

Café Gerbeaud
star star star star star_half

Litea Könyvesbol...
star star star star star_half

Hard Rock Cafe
star star star star star_half

Stephen Confectio...
star star star star star_half

Shell
star star star star star_half

Szamos Marcipán ...
star star star star star_border

Novotel Budapest ...
star star star star star_half

Shell
star star star star star_half

Nothing Cafe (Azt...
star star star star star_half

star star star star star_half

Auguszt Cukrászd...
star star star star star_half

Central Cafe and ...
star star star star star_half

Culinaris Parlame...
star star star star star_half

Fat Mo's Music Pu...
star star star star star_half

Shell
star star star star star_half

Intim Center Szex...
star star star star star_half

Ahoy! Café
star star star star star_half

Living Room
star star star_half star_border star_border

Rock Burger Bar
star star star star star_half

Broadway Club Bud...
star star star star_half star_border

RÉS Bistro
star star star star star_border

Tempat Ibadah


Matthias Church
star_border star_border star_border star_border star_border

Matthias Church
star star star star star_half

star star star star star_half

Felsővíziváros...
star star star star star_half

Lutheran church, ...
star star star star star_half

St. Stephen's Bas...
star_border star_border star_border star_border star_border

St. Stephen's Bas...
star star star star star_half

Budapest Inner-Ci...
star star star star star_half

Budapesti Belvár...
star star star star star_half

Gellért Hill Cav...
star star star star star_half

St. Teresa of Avi...
star star star star star_half

Gül Baba Türbes...
star star star star star_half

Church of Szentim...
star star star star star_half

Masjid Dar Al-Sal...
star star star star star_half

Golgota Budapest
star star star star star_half

Budapesti Árpád...
star star star star star_half

Budapest–Pozson...
star star star star star_half

Budapesti Magyar ...
star star star star star_half

Budapest Mosque
star star star star star_half

Al Huda Mosque م...
star star star star star_half

Budapesti Szent L...
star star star star star_half

الاتحاد م...
star star star star star_half

Élö Anatólia K...
star star star star star_half

star star star star star_half

Angyalföldi Refo...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Naphegy Gyógysze...
star star star star star_half

Europa Dental Bud...
star star star star star_half

downtown Pharmacy
star star star star_half star_border

Lipótvárosi Pat...
star star star star star_half

Déli Gyógyszert...
star star star star star_half

Ó Utcai Gyógysz...
star star star star star_half

Kígyó Gyógysze...
star star star star_half star_border

star star star star_half star_border

star star star star_half star_border

FirstMed
star star star star star_half

National Center f...
star star star star star_half

National Institut...
star star star star star_half

Gloria Pharmacy B...
star star star star star_half

Dr. Dobozy Enikő...
star star star star star_half

Buda Health Cente...
star star star star_half star_border

Budapest Dental D...
star star star star star_half

DH Dental Kft.
star star star star star_half

Oktogon Gyógysze...
star star star star star_half

Dr. Lakos Egészs...
star star star star_border star_border

Budapesti Mozgás...
star star star star star_half

PRE-Pharma dermat...
star star star star_half star_border

Saint James Hospi...
star star star star star_half

dr.Sikos Hajbeül...
star star star star_half star_border

Csillag Patikák ...
star star star star star_half

Lágymányos Phar...
star star star star star_half