Gambia
Light rain
27.31 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI GAMBIA

 

Gambia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19.Berdasarkan data WHO hingga tanggal 4 Juli 2020 Gambia memiliki 55 confirmed cases. Merespon hal tersebut, Gambia telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa::

Penetapan status darurat COVID-19: 

         Pada 1 Juli 2020, Pemerintah Gambia mengumumkan perpanjangan selama 7 hari status keadaan darurat di Gambia sebagai bagian dari kebijakan pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Kebijakan penutupan perbatasan: 

Gambia menutup seluruh perbatasan darat dan udara yang efektif pada 23 Maret 2020 selama 21 hari dan dapat diperpanjang. 

Kebijakan pembatasan bagi pendatang asing: 

    Gambia menutup seluruh perbatasan darat dan udara yang efektif pada 23 Maret 2020 selama 21 hari dan dapat diperpanjang.   Bagi semua pendatang yang tiba sebelum ditutup jalur penerbangan, diwajibkan melakukan karantina di tempat yang telah disiapkan oleh Pemerintah

Kebijakan penutupan penerbangan: 

   Gambia menutup seluruh perbatasan darat dan udara yang efektif pada 23 Maret 2020 selama 21 hari dan dapat diperpanjang.

Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara: 

  • Penangguhan perjalanan ke luar negeri bagi semua pejabat
  • Menutup semua kegiatan sekolah
  • Membekukan perhimpunan umum
  • Komisi Tingkat Menteri untuk Koordiinasi Perhubungan dan Perdagangan ECOWAS telah mengadakan pertemuan virtual pada 12 dan 16 Juni 2020 yang menghasilkan sejumlah rekomendasi bagi negara anggota ECOWAS antara lain terkait pembukaan perbatasan darat dan udara yang diusulkan untuk dilakukan dalam 3 tahap yaitu :
  1. Fase pertama : Pembukaan internal, yaitu pembukaan bandar udara untuk penerbangan domestik dan pencabutan pembatasan atas perhubungan darat domestik di masing-masing negara anggota ECOWAS pada akhir Juni 2020
  2. Fase kedua : pembukaan perbatasan darat, udara, dan laut antar anggota ECOWAS dalam paruh pertama Juli 2020, paling lambat 15 Juli 2020
  3. Fase ketiga : pembukan perbatasan darat dan udara dari negara anggota ECOWAS ke negara lain yang tingkat penularan Covid-19 tidak terlalu tinggi dalam paruh kedua Juli 2020, paling lambat 31 Juli 2020 
  • Dalam menghadapi dampak ekonomi akibat Covid-19, Pemerintah Gambia telah membuat beberapa kebijakan: 

1)Menyiapkan budget senilai USD 9 juta yang rencananya akan didapatkan dari hibah mengingat situasi utang negara. 

2) Merealokasi 500 juta dalasi (0,6% dari GDP) dari anggaran saat ini ke Kemenkes dan entitas publik terkait

3) Bank Dunia pada 2 April 2020 telah menyetujui hibah USD 10 juta untuk proyek respons dan kesiapan Covid-19 kepada Gambia yang dikhususkan untuk meningkatkan deteksi kasus, penelusuran, pencegahan, komunikasi jarak sosial serta penyediaan peralatan ke pusat-pusat isolasi dan perawatan

4) Mengurangi tingkat kebijakan moneter sebesar 50 basis poin pada akhir Februari 2020 menjadi 12 persen dan meningkatkan fasilitas deposito dengan margin yang sama menjadi 3 persen. 

5) Bank Sentral secara aktif memantau situasi dan berkomunikasi erat dengan bank guna menanggapi situasi seperti tekanan inflasi termasuk pertimbangan untuk memberikan dukungan likuiditas darurat bersama dalam kerangka mengatasi masalah stabilitas keuangan. 

6) Pada 13 April 2020, IMF mengumumkan kebijakan baru yaitu penghapusan utang selama 6 bulan bagi negara-negara yang mendapatkan bantuan dari IMF melalui Dana Perwalian Bantuan dan Respon Bencana (ARF Trust Fund) yang memungkinkan IMF untuk melakukan pengurangan hutang dalam bentuk hibah kepada negara-negara yang mendapatkan bantuan dari IMF termasuk Gambia. 

Pada 1 Juli 2020, Pemerintah Gambia mengumumkan perpanjangan selama 7 hari status keadaan darurat di Gambia sebagai bagian dari kebijakan pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Kebijakan karantina:

     Bagi semua pendatang yang tiba sebelum ditutup jalur penerbangan, diwajibkan melakukan karantina di tempat yang telah disiapkan oleh Pemerintah. 

Sehubungan dengan hal tersebut kami menghimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Gambia apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Gambia agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline KBRI Dakar di nomor  +221 78 637 14 74 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Kode Telepon:

+44

Zona dan Perbedaan Waktu:

Inggris berada di Zona GMT 0. Waktu di Inggris adalah 7 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G (Tipe D dan M masih dapat ditemukan di pemasangan lama dan aplikasi spesialis)


KBRI Dakar

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa (90 hari) Wajib untuk mendapatkan izin masuk (travel clearance) dari imigrasi Gambia sebelum perjalanan.
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

  • Dalam mengajukan permohonan visa, anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Perlu diingat otoritas Gambia berhak menolak permohonan visa Anda. 
  • Biaya Pengembangan Bandara harus dibayar pada saat andakeluardari Gambia. Biayanya adalah 20 Euro, atau setara dalam mata uang lokal. Wisatawan dapat membayar menggunakan kartu kredit Visa, tetapi tidak kartu kredit lainnya. Anda harus memeriksa dengan agen perjalanan atau maskapai apakah biaya sudah termasuk dalam tiket pesawat anda.
  • Gambia terdaftar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai negara endemis demam kuning (Yellow Fever). Demam kuning adalah penyakit serius dan berpotensi fatal, tetapi dapat dicegah dengan vaksinasi. Sertifikat vaksinasi demam kuning diperlukan untuk masuk ke Gambia. Sebagai persyaratan karantina untuk vaksinasi demam kuning berbeda antarnegara. Kami menyarankan Anda memeriksa persyaratan masuk terkait penyakit demam kuning untuk semua negara yang Anda berniat untuk datang. Beberapa penerbangan juga mungkin memberi syarat kepada penumpang untuk menunjukan sertifikat vaksinasi demam kuning yang masih berlaku, sebelum diizinkan ke luar negeri.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Kami menilai adanya ancaman tinggi serangan teroris di sejumlah negara Eropa, termasuk Inggris. Ancaman ini ditimbulkan oleh konflik yang sedang berjalan di Irak dan Suriah.

Di masa lalu, serangan teroris telah terjadi di sejumlah kota-kota Eropa, seperti Paris, Brussels, Copenhagen, Glasgow, London, Madrid, Moskow, Oslo dan Volgograd. Target juga termasuk transportasi umum dan pusat transportasi, beserta tempat-tempat umum yang sering dikunjungi orang asing. Selain itu, sejumlah serangan berencana juga telah di kacaukan oleh layanan keamanan Eropa dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Inggris.

Pada tanggal 11 Mei 2016, Pemerintah Inggris telah mengkonfirmasi tingkat ancaman dari serangan terorisme internasional menjadi ‘berat’ (tingkat 4 dari 5). Tingkat yang cukup tinggi ini mengartikan bahwa serangan teroris sangat mungkin. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem tingkat ancaman terorisme di Inggris, lihat situs resmi Pemerintah Inggris.

Pemerintah Inggris telah meningkatkan jumlah kehadiran polisi pada acara-acara publik dan pada transportasi publik, serta telah mendorong masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahaya terorisme dan memperhatikan perilaku yang mencurigakan, tas tanpa pengawasan pada transportasi publik atau pada tempat umum, juga tanda-tanda lain yang merupakan kemungkinan kegiatan terorisme. Anda perlu mentaati peringatan atau anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Irlandia Utara: Pada tanggal 11 Mei 2016, Pemerintah Inggris mengangkat tingkat ancaman dari Irlandia Utara terkait terorisme di Inggris, Wales dan Skotlandia menjadi ‘substansial’. Tingkat ini dapat diartikan bahwa terdapat kemungkinan besar akan terjadinya serangan. Ancaman dari terorisme yang terkait Irlandia Utara di Irlandia Utara tetap pada tangkat ‘berat’. Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok teroris yang terkait dengan Irlandia Utara di Irlandia Utara telah menggunakan senjata api dan bahan peledak dengan menargetkan polisi dan militer, serta sesekali kepentingan komersil seperti bank dan bisnis lokal. Warga sipil terluka pada serangan ini.

Informasi lokal mengenai isu-isu keselamatan publik tersedia di situs British Home Office atau situs the British Government’s Civil Contingencies Secretariat.

B. Kriminalitas

Kejahatan kecil, seperti pencopetan, purse snatching dan pencurian tas terjadi di daerah sibuk dan biasanya meningkat pada saat bulan-bulan musim panas. Anda perlu tetap waspada di kawasan wisata, bandara, restoran, pub dan bar, juga pada transportasi publik. Anda perlu menghindari membawa uang dalam jumlah besar, dan pastikan barang-barang pribadi anda, seperti paspor dan dokumen perjalanan lainnya disimpan aman setiap saat. Jagalah barang-barang bawaan anda dan tetap berhat-hati. Berikut beberapa tips mengamankan barang saat bepergian:

  • Waspadalah pada keadaan sekitar. Perhatikan orang-orang yang mencurigakan,
  • Jangan menaruh dompet di kantung belakang untuk pria. Taruh di kantung depan, dan usahakan setipis mungkin.
  • Tinggalkan barang-barang atau cash di safe deposit box di hotel. Bawalah seperlunya. Jangan taruh uang hanya di dalam dompet. Taruh pula sebagian di tempat lain, misal di sisi dalam kantung jaket, atau di dalam sepatu.
  • Jangan terpengaruh situasi yang kira-kira dibuat sebagai pengalihan.
  • Bila memungkinkan, pilih transportasi yang tidak terlalu penuh dan tidak di jam sibuk.
  • Jangan memancing perhatian terlalu banyak.
  • Bila naik kereta (train) antar kota, jangan taruh dompet atau barang berharga lain di jaket yang digantung di tempat jaket yang disediakan. Terkadang pencopet berpura-pura menaruh jaketnya disebelah jaket milik anda.
  • Bila sadar kecopetan dan melihat pencopetnya, cukup berteriak keras minta tolong dan kalau bisa mengejar, jangan kejar sampai ke tempat sepi.
  • Hati-hati berjalan di keramaian. Kepit tas tangan, usahakan pakai tas yang beresleting atau memiliki penutup ganda. Waspada tanpa harus terlihat cemas.

Penipuan kartu kredit dan ATM, yang sering melibatkan peralatan canggih, meningkat di Inggris. Ketika menggunakan ATM pastikan anda melindungi keamanan PIN anda dan waspada terhadap orang asing yang berperilaku mencurigakan atau mencoba untuk mengalihkan perhatian anda. Jika anda melihat item yang melekat pada ATM dan terlihat tidak biasa, jangan gunakan mesin tersebut.

Kasus mengenai drink spiking juga pernah dilaporkan. Jangan meninggalkan minuman anda tanpa pengawasan di bar dan klub malam, atau menerima minum dari orang yang tidak dikenal.

Untuk saran keselamatan dan pencegahan kejahatan yang lebih luas, konsultasikan dengan situs UK Metropolitan Police.

Anda juga perlu waspada terhadap kejahat berlatar belakang kebencian (hate crime). Biasanya terjadi pada masyarakat muslim dan Asia.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Anda perlu menghindari segala bentuk protes dan unjuk rasa karena sewaktu-waktu hal tersebut dapat berubah menjadi kasar. Hindarilah kapanpun itu, dan pantaulah media lokal beserta sumber-sumber informasi lainnya untuk informasi mengenai kemungkinan resiko keselamatan atau keamanan yang baru.

Irlandia Utara: Sejak perjanjian damai pada tahun 1998, situasi politik di Irlandia Utara telah meningkat. Namun, kami menyarankan anda untuk menghindari parade dan demonstrasi umum lainnya terkait dengan peringatan 100 tahun the Easter Rising di Dublin dan acara-acara yang berkaitan di akhir tahun, termasuk parade tahunan yang berlangsung di Irlandia Utara pada bulan April hingga Agustus, terutama minggu menjelang ‘Twelfth’ (disebut juga Orangemen’s Day) pada 12 Juli dimana ketegangan mungkin meningkat. Parade ini dapat berubah ke arah kekerasan dengan sedikit peringatan. WNI bisa secara tidak sengaja terjebak dalam kekerasan yang ditunjukkan pada orang lain.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Kondisi cuaca musiman dapat menjadi ekstrim, meliputi banjir pada cuaca yang lebih hangat dan badai salju pada musim dingin. Hal ini dapat mempengaruhi jasa perjalanan dan mengakibatkan pembatalan layanan penerbangan, bis dan kereta. Penyedia transportasi lokal dan layanan darurat di daerah terkait akan menyediakan informasi terbaru dan memberi saran kepada wisatawan.

E. Hal – Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Gambia, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan anda.Pemerintah Gambia selalu memblok akses konsuler kepada warga negara asing di tahanan.

C. Terkait Narkoba

Hukuman untuk pelanggaran narkoba di Gambia yang parah adalah hukuman penjara.

D. LGBTI

Tindakan homoseksual adalah ilegal dan dapat dijatuhi denda dan hukuman penjara mulai dari lima tahun hingga seumur hidup.

E. Hukuman Lainnya

  • Memotret instalasi militer dan pejabat di dan sekitar bandara juga adalah tindakan ilegal.
  • Wisatawan yang membawa obat harus membawa resep mereka dan menyimpan semua obat dalam kemasan aslinya berlabel. Krim kulit dan beberapa obat yang tunduk pada hukum impor / ekspor yang ketat.
  • Obat lain yang mengandung hydroquinone, hidrokortison, betametason, fluosinonida, clobestatol, clobestatone juga dilarang. Hukuman termasuk denda hingga US $ 2.000 dan / atau tiga tahun penjara.
  • Jika ragu, anda harus memeriksa dengan Kedutaan terdekat atau Konsulat Gambia baik sebelum perjalanan.Hukuman untuk pembakaran, pengkhianatan dan pembunuhan adalah hukuman mati.
  • Pelanggaran seperti penyerangan, kekerasan seksual, pencurian dan pelanggaran mengemudi serius adalah hukuman fisik.

F. Hal – Hal Lain yang Perlu Diketahui WNI

  • Gambia adalah negara mayoritas Islam. Ada standar konservatif pakaian dan perilaku di Gambia dan anda harus berhati-hati agar tidak menyinggung.
  • Apabila anda bepergian ke negara-negara dengan komunitas Muslim yang signifikan disarankan untuk menghormati agama dan budaya setempat, aturan dan adat istiadat.

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang Gambia adalah Dalasi. Kartu kredit tidak diterima secara luas, namun, penipuan kartu kredit dapat terjadi.
  • Anda harus menjaga kartu anda saat melakukan pembelian. Sulit untuk mengubah mata uang asing selain Pounds Sterling di luar Banjul dan resor pantai Atlantik. Ada sejumlah ATM yang dapat dugunakan di Gambia.

Asuransi dan Kesehatan

A. Wabah Penyakit

  • Malaria adalah penyakit endemik sepanjang tahun di Gambia. Demam berdarah juga terjadi di wilayah tersebut. Kami menyarankan anda untuk mengambil obat terhadap malaria dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari gigitan nyamuk, termasuk menggunakan obat nyamuk setiap saat, mengenakan pakaian panjang,longgar dan berwarna terang. Segera mencari saran medis jika anda mengalami demam atau menderita diare.
  • Gambia terdaftar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai negara endemis demam kuning. Demam kuning adalah penyakit virus yang berpotensi fatal ditularkan oleh nyamuk, yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Kami sangat menyarankan bahwa anda divaksinasi terhadap demam kuning sebelum melakukan perjalanan ke Gambia. Lihat Masuk dan Keluar untuk informasi penting tentang persyaratan sertifikat vaksinasi.
  • Wabah penyakit virus Ebola (EVD) di wilayah Afrika Barat adalah kejadian yang paling serius dalam sejarah, namun tidak ada kasus EVD yang terkonfirmasi di Gambia. Skrining dilakukan di bandara terhadap semua penumpang, untuk mengecek kesehatan dan mengantisipasi virus EVD masuk ke Gambia.

B. Fasilitas Medis

  • Fasilitas medis di Gambia sangat terbatas. Kebanyakan dokter dan rumah sakit akan mengharapkan pembayaran tunai langsung untuk perawatan medis.
  • Dalam hal suatu penyakit atau kecelakaan, evakuasi medis untuk memperoleh fasilitas yang memadai akan diperlukan. Biaya evakuasi medis bisa melebihi A $ 100.000.

C. Hal – Hal Lain yang Perlu Diketahui WNI

  • Hubungi  terlebih  dahulu  keluarga,  teman,  penerbangan,  agen  travel,  maupun  asuransi perjalanan anda.
  • Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi Anda akan melindungi Anda selama Anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis
  • Sangat penting untuk mempertimbangkan kesehatan fisik dan mental anda sebelum bepergian keluar negeri. Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit.
  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata


National Museum
star star star star_half star_border

Kuliner


Modou Chicken Res...
star star star star_half star_border

Modou Chicken
star star star star star_border

Jankey Jobe's Mem...
star star star star star_half

Crown Restaurant
star star star star star_half

牛排店
star star star star_border star_border

Nefertiti
star star star star_half star_border

Ali Baba
star star star star_half star_border

king Of Shawarma
star star star star star_half

Ali Baba Snack Ba...
star star star star star_half

City Warf Restaur...
star star star star_half star_border

Tempat Ibadah


St Mary's Church
star_border star_border star_border star_border star_border

Masjid Abu Bakr S...
star star star star star

Wesley Church
star_border star_border star_border star_border star_border

Banjul Central Mo...
star star star star star_half

Masjid Ali Ibn Ab...
star star star star star_half

New Perseverance ...
star star star star star

Our Lady of the A...
star star star star_half star_border

Roman Catholic Ca...
star star star star star_half

Джамия Ба...
star star star star star

Fasilitas Kesehatan


Edward Francis Sm...
star star star star star

Royal Victoria Te...
star_border star_border star_border star_border star_border

Psychiatric Hospi...
star_border star_border star_border star_border star_border

Pakala Clinic
star_border star_border star_border star_border star_border

Refugees Camp (UN...
star_border star_border star_border star_border star_border