Trinidad dan Tobago
Clear sky
28.07 °C

Informasi Umum

Republik Trinidad dan Tobago adalah negara kepulauan yang terletak di laut Karibia bagian selatan, seberang laut Utara Venezuela, dan di sebelah selatan Grenada di gugus kepulauan Antilles kecil. Negara kecil ini hanya terdiri dari dua pulau utama yakni pulau Trinidad, dan Pulau Tobago ditambah dengan beberapa pulau pulau berukuran mini. Negara ini beribukota di Port of Spain.

Bentuk Pemerintahan Republik Parlementer, dengan Presiden Anthony Carmona dan Perdana Menteri Keith Rowley. Trinidad dan Tobago merupakan negara multi etnis dengan komposisi agama Katolik Roma, Protestan, Rastafarian, lain-lain dengan total 1,3 juta jiwa (2016).

Kode Telepon:
+1 - 868

Zona dan Perbedaan Waktu:
Waktu standar Atlantik (UTC -4) Waktu di Trinidad dan Tobago lebih lambat 12 jam dibanding Jakarta

Jenis Soket/Colokan Listrik:
Tipe B (dua kaki pipih dan satu kaki bulat) Sama dengan soket/colokan untuk Amerika Serikat dan Kanada


KBRI Caracas

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Trinidad dan Tobago berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Trinidad dan Tobago, hubungi:

High Commission of the Republic of Trinidad and Tobago, New Delhi
Address: B-3/26 Vasant Vihar, New Delhi, 110057
Phone: 011-9111-4600-7500
Fax: 011-9111-4600-7505
Email: info_4_4@hctt.net
Website: http://www.hctt.net/
Telex: TrintagoffNewDelhi Unduh keterangan di http://immigration.gov.tt/Services/Visas.aspx atau email ke immigration.visas@gov.tt


Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui


Jika Anda melakukan perjalanan ke Trinidad dan Tobago melalui Amerika Serikat (transit di wilayah Amerika Serikat), anda harus memenuhi ketentuan dan syarat transit Amerika Serikat. Silakan cek ketentuan dan syarat dengan perwakilan AS terdekat di wilayah anda atau terlebih dahulu melihat ketentuan dalam lama website Kedutaan AS di Jakarta di https://id.usembassy.gov/visas/

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

  • Jumlah kejahatan yang terjadi di kedua pulau cukup tinggi, terutama pembunuhan, penembakan, perampokan bersenjata, pemerkosaan, pemobolan rumah/kediaman warga. Kaum ekspatriat dan wisatawan juga dilaporkan menjadi target sasaran para pelaku kejahatan, telah dilaporkan. Sampai saat ini pemerintah Trinidad dan Tobago masih memliki keterbatasan untuk menangkap dan mengadili pelaku.
  • WN asing juga seringkali menjadi target perampokan, copet dan jambret, terutama di dekat tempat-tempat wisata di kedua Trinidad dan Tobago. Wisatawan harus memastikan bahwa tingkat keamanan yang tinggi di tempat akomodasi mereka, termasuk di vila pribadi.
  • Hindari pusat kota Port of Spain di malam hari, beberapa wisatawan dilaporkan telah dirampok di bawah todongan senjata. Para penumpang kapal pesiar juga harus berhati-hati di sekitar dermaga.
  • Serangan termasuk dengan penggunaan senjata api banyak di lokasi wisata populer, salon rambut, lapangan parkir supermarket, pusat perbelanjaan dan bank.
  • Berhati-hatilah saat menarik uang dari ATM, terutama pada malam hari.
  • Beberapa daerah untuk dihindari di Port of Spain mencakup Laventille, Morvant, Beetham, Sea Lots, Belmont, Cocorite, Queens Park Savannah, Lady Young Road dan scenics rest stop ride pada malam hari.
  • Pencurian dan perampokan meningkat secara signifikan pada masa menjelang Natal hingga akhir Carnival, yang biasanya diadakan pada bulan Februari atau Maret .
  • Tetap berjaga dan waspada saat berada di Pantai Marakas dan Las Cuevas serta jalan utama menuju tempat tersebut dan hindari berada di tempat tersebut pada sore hingga malam hari.
  • Hindari mengunjungi pantai terisolasi, bahkan pada pagi hari, seperti English Bay, King Petrus Bay dan daerah Bacolet. Beberapa Turis juga telah dirampok di air terjun populer.
  • Perampokan juga dapat terjadi perjalanan dari Piarco Airport.
  • Anda harus menghindari perjalanan dengan Beetham/Churchill Roosevelt pada malam hari. Insiden perampokan, penyerangan dan pembajakan mobil sering terjadi ketika wisatawan sedang berhenti di berhenti jalan ini pada malam hari. Jika kendaraan Anda rusak atau Anda mengalami kecelakaan di jalan ini, Anda menemukan ke lokasi yang aman sebelum Anda mencari bantuan.
  • Terdapat juga laporan upaya pememblokiran lalu lintas di sepanjang Lady Muda Road secara ilegal, yang merupakan rute bandara alternatif dekat kota Port of Spain. Tetap waspada berhati-hati ketika melewati jalan tersebut.
  • Hindari menggunakan taxi secara bersama atau maxi-taxi, karena mereka mengambil penumpang tambahan sepanjang rute perjalanan. Hindari menggunakan angkutan umum, gunakan sarana transportasi yang lebih aman seperti taksi berafiliasi dengan hotel-hotel besar atau taksi swasta dan Taksi Bandara.
  • Karena tingginya penularan HIV/AIDS, bagi korban kejahatan kekerasan, terutama pemerkosaan, sangat dianjurkan untuk segera mencari bantuan medis.


B. Kerusuhan / Ketegangan Politik
Hindari demonstrasi, protes dan kumpulan massa dalam skala besar, terutama selama kampanye pemilu, karena dapat menjadi kekerasan.



C. Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui
Sehubungan dengan tidak adanya perwakilan di Trinidad dan Tobago, disarankan untuk melaporkan diri ke KBRI Caracas jika ingin melakukan perjalanan ke Trinidad dan Tobago.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana
Setiap orang yang berada di wilayah Trinidad dan Tobago, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

  • Kejahatan serius, termasuk pembunuhan dan pengkhianatan dikenakan hukuman mati.
  • Terdapat larangan bertelanjang dan berbahasana bahasa tidak senonoh di area tertentu. Perilaku public nudity dan kata senonoh seperti memaki, dapat menyebabkan Anda ditahan.
  • Adalah ilegal bagi warga sipil untuk memakai pakaian serupa tentara atau polisi.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Jia Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.


C. Terkait Narkotika

Dikenakan hukuman berat bagi pelanggaran Narkoba dan bahkan Anda dapat dikenakan hukuman tahanan untuk kepemilikan obat-obatan terlarang, termasuk ganja dalam jumlah kecil. Dilakukan screening ketat kepemilikan Narkoba, ketika Anda masuk dan keluar dari wilayah Trinidad dan Tobago.


D. LGBT
Tindakan homoseksual adalah ilegal yang dapat dikenakan denda penjara mulai dari 5 tahun sampai dengan seumur hidup.


E. Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda mengalami permasalahan hukum di wilayah Trinidad dan Tobago, disarankan untuk segera melaporkan ke KBRI Caracas di nomor hotline (+58) 212 9762725.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Trinidad dan Tobago adalah Trinidad and Tobago Dollar (TT$). 1 TT$ senilai dengan 2000 Rupiah atau 0,15 US Dollar. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.


Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

  • Pecahan TT$ yakni $1, $5, $10, $20, $50, $100

Asuransi dan Kesehatan

A. Transportasi Umum
Tranportasi umum di Trinidad dan Tobago kurang terpercaya. Hindari penggunaan taksi bersama atau 'maxi taksi' (minibus) harus dihindari. Gunakan taksi pribadi tersedia di bandara dan hotel.



B. Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

  • Mengemudi di Trinidad dan Tobago bisa berbahaya karena infrastruktur jalan kurang terpelihara, praktek mengemudi lokal dan kemacetan lalu lintas. Kondisi di jalan pedesaan dan gunung sangat berbahaya. Hindari mengemudi di malam hari kecuali di jalan raya utama.
  • Jalan dari Port of Spain ke daerah pantai Marakas populer sempit, banyak dimanfaatkan dan lalu lintas cukup berbahaya.

Telekomunikasi

  • Kedua memiliki sim card dalam 3 format. Nano untuk Iphone, Micro untuk Android dan simcard tipe standard.
  • Anda dapat membeli simcard tersebut di Piaco airport duty free area, dan beberapa mall seperti Trincity Mall, Gulf City, West Mall dan di kantor TSTT di Port of Spain, San Fernando, Scarborough dan daerah lainnya.
  • Harga simcard berkisar antara TT$ 25, TT$ 50 dan TT$ 75 dengan jumlah kredit yang sama. Masa berlaku selama 30 hari. Anda dapat membeli Top Up mulai dari 20 TT$ , 50 TT$ dan 100 TT$.

 

Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

  • Bawalah paspor Anda saat membeli simcard.

Tempat Wisata


Sogren Trace Park
star star star star_half star_border

Woodford Square
star star star star_half star_border

Port of Spain Lag...
star star star star star_border

Lord Harris Squar...
star star star star_half star_border

South Quay Lighth...
star star star star_half star_border

Memorial Park Cen...
star_border star_border star_border star_border star_border

National Museum &...
star star star star star_half

Memorial Park
star star star star star_half

National Archives...
star star star star star_half

Queen's Park Sava...
star star star star star_half

Asami Nagakiya Me...
star star star star star

Adam Smith Square
star star star star_half star_border

Royal Botanic Gar...
star star star star star_half

Emperor Valley Zo...
star star star star star_half

Nelson Mandela Pa...
star star star star star_border

On Location Art G...
star_border star_border star_border star_border star_border

The Museum of the...
star star star star star_border

Kuliner

Tidak ada tempat kuliner

Tempat Ibadah


Islamic Resource ...
star star star star star_half

living water chur...
star star star star star_half

St. John's Baptis...
star star star star star_half

Living Waters Com...
star star star star star_half

Belmont Church of...
star star star star_half star_border

St Francis Cathol...
star star star star star_half

Morvant Church of...
star star star star star_half

Kingdom Hall of J...
star star star star star_half

Woodbrook Penteco...
star star star star star_half

Kingdom Hall of J...
star star star star star

Grace Chapel (Chi...
star star star star_border star_border

St. Agnes Anglica...
star star star star star_half

Church of the Ass...
star star star star star_half

Haji Gokool Meah ...
star star star star star_half

The Gathering Pla...
star star star star star

Kingdom Hall of J...
star star star star_half star_border

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan