Belanda
Scattered clouds
20.75 °C

Informasi Umum

Belanda (bahasa Belanda: Nederland ( dengarkan)) adalah sebuah negara peserta Kerajaan Belanda, yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat Laut, dan tiga pulau di Karibia. Kata Belanda dalam bahasa Indonesia adalah pinjaman yang cacat dari kosakata Portugis: holanda, olanda, wolanda, bolanda, dan terakhir menjadi belanda. Belanda Eropa berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur, dan berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya. Belanda menganut demokrasi parlementer yang disusun sebagai negara kesatuan. Ibu kotanya adalah Amsterdam, sedangkan pusat pemerintahan, dan kedudukan monarkinya berada di Den Haag. Belanda sebagai keseluruhan seringkali disebut "Holland", meskipun Holland Utara, dan Selatan hanyalah dua dari dua belas provinsinya. Nama resmi saat ini adalah Kerajaan Belanda.

Belanda secara geografis merupakan negara berpermukaan rendah, dengan kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut,, dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Kenyataan yang unik ini terabadikan dalam namanya: Nederland (bahasa Belanda), yang artinya "negeri-negeri berdaratan rendah"; nama ini pun digunakan dengan beberapa variasi dalam bahasa-bahasa Eropa lainnya. Sebagian besar daratan yang berada di bawah permukaan laut adalah hasil campur tangan manusia, ini disebabkan oleh ekstraksi gambut yang meluas, dan kurang terkontrol selama berabad-abad, dan merendahkan permukaan setinggi beberapa meter. Bahkan di wilayah banjir ekstraksi gambut tersebut dilanjutkan melalui pengerukan. Sejak akhir abad ke-16 reklamasi daratan dimulai; kemudian wilayah polder yang luas kini dilestarikan dengan mengelaborasi sistem drainase yang melibatkan beberapa tanggul, terusan, dan stasiun pompa. Sebagian besar wilayah Belanda dibentuk oleh estuaria tiga sungai penting Eropa, yang secara bersama-sama dengan anak-anak sungainya membentuk delta Rhein-Maas-Schelde. Sebagian besar wilayah negara ini sangatlah datar, dengan perkecualian di kaki-kaki bukit di tenggara-jauh, dan beberapa deret perbukitan di bagian tengah.

Belanda adalah satu dari sedikit negara pertama yang memiliki parlemen terpilih, dan negara ini adalah anggota pendiri Uni Eropa, G-10, NATO, OECD, WTO, dan peserta perserikatan ekonomi tripihak Beneluks. Belanda adalah salah satu negara yang pernah menguasai Indonesia, dan baru mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949, namun sekarang mengakui Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Pada tahun 2011, Belanda pernah mencapai peringkat kesepuluh pendapatan perkapita tertinggi di dunia. Negara ini adalah tuan rumah bagi Organisasi Pelarangan Senjata Kimia, dan lima peradilan dunia: Mahkamah Arbitrasi Permanen, Mahkamah Keadilan Internasional, Pengadilan Internasional untuk Bekas Yugoslavia, Mahkamah Pidana Internasional, dan Tribunal Khusus untuk Libanon. Empat pertama berkedudukan di Den Haag; juga menjadi tempat bagi badan intelijen pidana Uni Eropa, Europol; dan badan kerja sama yudikatif Eropa, Eurojust. Kenyataan ini telah menjadi penyebab munculnya julukan "ibu kota hukum dunia" bagi Kota Den Haag. Belanda menjalankan prinsip ekonomi campuran berbasis-pasar, menduduki peringkat ke-17 dari 177 negara menurut Indeks Kebebasan Ekonomi. Pada bulan Mei 2011, Belanda meraih status sebagai negara "paling bahagia" menurut hasil-hasil yang diumumkan oleh OECD.Belanda merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Belanda juga terkenal akan tanggul (dijk), kincir angin, terompa kayu, tulip, dan masyarakatnya yang terbuka, dan liberal.

Belanda merupakan ibukota bagi beberapa organisasi internasional, antara lain International Court of Justice, International Criminal Court,  dan Organization for the Prohibition of Chemical Weapons.


Kode Telepon:

+31

Zona dan Perbedaan Waktu:

Belanda berada di Zona GMT +1. Waktu di Amsterdam adalah 5 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB) pada musim panas, dan 6 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB) pada musim dingin.

Cuaca:

Perubahan cuaca di Belanda dapat terjadi sewaktu-waktu, sehingga perlu senantiasa melihat prakiraan cuaca. Iklim cuaca pada siang hari di musim dingin rata-rata berkisar antara 10C – 60C dan pada musim panas iklim cuaca rata-rata pada siang hari antara 170C – 270C.

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C atau Tipe F

Alamat KBRI Den Haag

Tobias Asserlaan 8, 2517 KC Den Haag, Belanda


KBRI Den Haag

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (90 hari) Dalam periode 180 hari
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (90 hari) Dalam periode 180 hari

  • WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Belanda sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Belanda berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.
  • Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI tidak diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Belanda.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Belanda, Anda dapat menghubungi:

Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, Indonesia

Jalan HR Rasuna Said Kav.S-3

Jakarta 12950

No. Telp : +62-21-5248-200

No. Faks : +62-21-5200-734

e-mail : jak@minbuza.nl

situs : indonesia-in.nlembassy.org

A. Umum

  • Meskipun tidak ada undang-undang yang melarang perjalanan anak dibawah umur dengan hanya satu orang tua atau wali, telah tercatat bahwa pihak berwenang pada kontrol perbatasan memberi perhatian khusus bagi anak dibawah umur yang melakukan perjalanan pada situasi seperti ini.
  • Bagi mereka yang bepergian langsung ke atau dari negara di luar Uni Eropa (UE) yang membawa €10.000 (sepuluh ribu Euro) atau lebih (atau jumlah yang setara dalam mata uang lain) diwajibkan untuk menyatakan jumlah uang tunai yang mereka bawa di tempat kedatangan atau keberangkatan dari Uni Eropa. Berdasarkan undang-undang tersebut, istilah 'uang' meliputi, cek, cek perjalanan dan wesel. Bagi wisatawan yang gagal untuk menyatakan jumlah uang tunai yang mereka bawa atau memberikan informasi yang tidak lengkap atau mungkin informasi yang salah akan dikenakan denda. Tidak ada persyaratan untuk menyatakan uang tunai bagi mereka yang melakukan perjalanan ke atau dari negara Uni Eropa lain.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Kami menilai adanya ancaman tinggi serangan teroris di sejumlah negara Eropa, termasuk Belanda. Ancaman ini ditimbulkan oleh konflik yang sedang berjalan di Irak dan Suriah.

Sejak bulan Maret 2013, Pemerintah Belanda telah menjaga ancaman terorisme nasional pada tingkat substansial yang menunjukkan bahwa ada ancaman yang kredibel untuk terjadinya serangan teroris di Belanda. Tingkat tersebut merupakan tingkat tertinggi kedua dari empat tingkat, dan dapat berarti adanya kesempatan nyata untuk serangan. Keterangan lebih lanjut dapat di lihat di situs Koordinator Nasional Belanda untuk Keamanan dan Kontraterorisme.

Serangan teroris telah terjadi di sejumlah kota-kota Eropa, seperti Paris, Brussels, Copenhagen, Glasgow, London, Madrid, Moskow, Oslo dan Volgograd. Target juga memasukkan transportasi umum dan pusat transportasi, beserta tempat-tempat umum yang sering dikunjungi orang asing. Selain itu, sejumlah serangan berencana juga telah di kacaukan oleh layanan keamanan Eropa dalam beberapa tahun terakhir. WNI perlu untuk tetap waspada di tempat umum dan melaporkan kegiatan apapun yang mencurigakan kepada polisi.

B. Kriminalitas

  • Warga negara asing seringkali menjadi target perampokan, pencopetan atau bag snatching. Pencopetan sangat sering terjadi di sekitar objek wisata utama, yaitu Amsterdam, Volendam, Zaanse Schans, serta pusat wisata lainnya, di restoran dan akomodasi turis, transportasi umum dan pusat transportasi. Seringkali terjadi laporan bag snatching di kereta dan trem, termasuk juga yang beroperasi melalui Schipholl Airport (bandara utama Belanda yang terletak antara Amsterdam dan Den Haag). Perangkat mobile biasanya menjadi target bagi para pencuri yang beroperasi di transportasi umum. Bawalah paspor dan barang berharga Anda yang lainnya bersama Anda namun tidak di dalam tas.
  • Pencuri biasanya beroperasi secara berpasangan (lebih dari satu), dengan cara satu orang akan mengalihkan perhatian Anda dan yang lainnya mencuri barang bawaan Anda. Mereka yang menggunakan mesin ATM di sekitar klub malam dan bar seringkali menjadi sasaran.
  • Terdapat juga laporan para pencuri menyamar sebagai polisi yang sedang berpakaian sipil. Para pencuri biasanya meminta untuk memeriksa mata uang dan kartu kredit agar dapat memalsukannya.
  • Pencurian juga dapat terjadi di hotel dan akomodasi terjangkau lainnya.
  • Kasus drink spiking juga pernah dilaporkan. Jangan pernah meninggalkan minuman anda tanpa pengawasan atau menerima minum dari orang asing/tidak dikenal.

C. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

WNI perlu menghindari segala bentuk protes dan unjuk rasa karena sewaktu-waktu hal tersebut dapat berubah menjadi anarkis. Pantaulah media lokal dan sumber-sumber informasi lainnya untuk informasi mengenai kemungkinan risiko keselamatan atau keamanan yang baru.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

-

E. Penipuan Bermotif Warisan atau Lotere

Kasus penipuan dengan motif pembayaran uang muka dan lotre juga terjadi di Belanda. Biasanya, penipuan pembayaran uang muka berupa korban yang dihubungi di negara asalnya melalui email, dan diberikan tawaran berupa warisan atau tawaran lainnya, hal ini seringkali berasal dari Afrika. Para pelaku meminta uang muka untuk yang diduga sebagai biaya resmi, dan korban biasanya diajak mengunjungi Belanda untuk menyelesaikan transaksi. Tidak ada uang yang dibayarkan kepada korban, dan setelah kepulangan korban ke negara asal, ada kemungkinan penawaran palsu berlanjut terkait bantuan dari perwakilan hukum palsu untuk menutup dana yang hilang.

Penipuan bermotif lotre biasanya berbentuk korban yang dihubungi sebagai penerima dari kemenangan lotre asing palsu, dengan permintaan pembayaran untuk memfasilitasi biaya administrasi terkait dengan kemenangan.

F. Uang dan Barang-barang Berharga

Paspor Anda adalah dokumen berharga yang menarik bagi penjahat yang mungkin mencoba menggunakan identitas Anda untuk melakukan tindak kejahatan. Paspor harus selalu disimpan di tempat yang aman. Anda diwajibkan untuk melaporkan paspor yang hulang atau dicuri kepada penegak hukum setempat dan hubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia terdekat sesegera mungkin.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Belanda, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. Terkait Identitas

Di bawah hukum Belanda, mereka yang berusia lebih dari 14 tahun diharuskan untuk membawa identitas mereka, seperti paspor yang sah, SIM, KTP atau kartu residensi Belanda, setiap saat. Petugas kepolisian Belanda dan aparat penegak hukum lainnya dapat meminta untuk melihat identitas Anda kapan saja. Anda dapat dikenakan denda jika Anda tidak dapat memberikan identitas ketika diminta.

D. Alkohol dan Obat-Obatan Terlarang

Usia minimum untuk membeli segala bentuk alkohol dan tembakau di Belanda adalah 18 tahun. Pembelian dan penggunaan pribadi obat-obatan terlarang seperti ganja hanya diperbolehkan di tempat-tempat yang ditunjuk (disebut coffee shops) di Belanda. Membeli atau menggunakan obat-obatan terlarang di luar tempat-tempat yang ditunjuk adalah ilegal dan dapat berakibat penangkapan, denda berat dan/atau hukuman penjara.

Pada tahun 2012, Pemerintah Belanda memperkenalkan hukum yang melarang non-penduduk Belanda dari pembelian ganja, termasuk di tempat yang ditunjuk. Terdapat peningkatan jumlah kota yang menerapkan undang-undang ini. Wisatawan dari Indonesia diingatkan bahwa memakai obat-obatan terlarang akan mengurangi kemampuan untuk membuat keputusan dan memungkinkan Anda untuk menjadi korban kekerasan, perampokan atau penyerangan seksual.

Kepemilikan dan perdagangan illegal obat-obatan terlarang atau narkotika lainnya, termasuk psychoactive mushrooms, akan menarik hukuman pidana.

Mata Uang dan Penukaran

A. MATA UANG DAN PENUKARAN UANG
Mata uang resmi Belanda adalah Euro (EUR). Penukaran mata uang Euro dapat dilakukan di Bandara stasiun, bank atau hotel. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Pound sterling untuk penukaran uang setempat.

B. Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui
Penarikan uang melalui kartu ATM atau kartu kredit yang dikeluarkan Bank di Indonesia dimungkinkan selama kartu Anda berlogo Visa, MasterCard atau Maestro. Konsultasikan dengan Bank Anda mengenai syarat, ketentuan, dan biaya terkait penarikan uang di luar negeri.

Asuransi dan Kesehatan

A. Transportasi Umum
Taksi pada umumnya ada di tempat umum seperti bandara dan stasiun, dan merupakan sarana transportasi umum yang praktis namun tarif taksi relatif mahal. Jaringan layanan transportasi umum seperti kereta, trem dan bus cukup baik di Belanda dan sangat praktis, terutama untuk daerah-daerah yang sering mengalami kemacetan/keramaian seperti Amsterdam, Den Haag, dan Rotterdam. Transportasi umum seperti kereta, trem, dan bus pada umumnya aman, namun harus selalu waspada. Informasi mengenai transportasi umum dapat dilihat pada tautan berikut:

B. Mengemudi
Usia minimum untuk mengemudi mobil adalah 18 tahun. Pegendara mobil harus menyadari bahwa trem, pengendara sepeda dan pengendara motor memiliki hak jalan. Belanda mengemudi di sebelah kanan dan memberikan prioritas terhadap lalu lintas beserta pengendara sepeda yang berasal dari sebelah kanan, kecuali dinyatakan lain. Peraturan daerah mewajibkan pengemudi untuk memiliki warning triangle dan jaket neon untuk penumpang kendaraan jika terjadi kerusakan.

  • Pengendara wajib menggunakan sabuk pengaman, dan anak-anak wajib duduk di tempat duduk khusus anak (child seats).
  • Batas kecepatan berlaku di Belanda, pengendara perlu perhatikan rambu batas kecepatan.
  • Penggunaan telepon genggam (HP) dilarang digunakan tanpa alat hands free selama berkendara dan apabila melanggar dikenakan denda yang besar.

C. Makanan Halal
Makanan dan bahan makanan halal relatif mudah untuk diperoleh di Belanda, khususnya di kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag, dan Rotterdam. Pada umumnya restoran halal di Belanda adalah restoran Timur Tengah, Turki, dan Indonesia. Pada umumnya di kota-kota besar di Belanda terdapat supermarket yang khusus menjual bahan makanan halal. Selain itu, di dalam supermarket biasa pada umumnya juga ada bagian khusus yang menjual bahan-bahan makanan halal.

D. Tempat Ibadah
Gereja: Gereja Katolik dan Protestan tersebar di seluruh Belanda
Masjid: Masjid tersebar di seluruh Belanda (Masjid Indonesia ada di Den Haag, Al Hikmah, Keeswijkplein 170 2531 HK Den Haag)
Pura: Terdapat Pura Hindu (khususnya India) di beberapa wilayah Belanda namun tidak terdapat Pura khusus Indonesia
Vihara: Terdapat Vihara Budha di Belanda, yang pada umumnya terletak di wilayah pecinaan (China town), namun tidak terdapat Vihara khusus Indonesia

Telekomunikasi

Perlu memperhatikan biaya roaming yang diterapkan oleh penyedia layanan seluler Anda selama di Belanda. Sebagai alternatif, Anda dapat membeli nomor lokal prabayar di bandara, stasiun, dan toko rokok maupun toko penyedia layanan seluler setempat di seputar kota.

SIM Card di Belanda :

Koneksi Internet

Pada umumnya hotel dan restoran menyediakan layanan internet wifi secara gratis, namun umumnya tidak terdapat koneksi internet di ruang terbuka.

Tempat Wisata


Amsterdam Museum ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Amsterdam Museum
star star star star star_half

Rembrandt House M...
star star star star star_half

Anne Frank House
star star star star star_half

NEMO Science Muse...
star star star star star_half

Rijksmuseum
star star star star star_half

Het Scheepvaartmu...
star star star star star_half

ARTIS
star star star star star_half

Van Gogh Museum
star star star star star_half

Natura Artis Magi...
star star star star star_half

Stedelijk Museum ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Stedelijk Museum ...
star star star star star_half

Tropenmuseum
star star star star star_half

Vondelpark
star star star star star_half

Mooves
star star star star star

Welkom op het wat...
star star star star_border star_border

playground Amstel...
star star star star star_half

Olympic Stadium
star_border star_border star_border star_border star_border

WegmetdeKids
star star star_half star_border star_border

Northern Ijpolder
star star star star star_half

Camping de Badhoe...
star star star star star_border

Chimpie Champ Aal...
star star star star star_border

Yab Yum
star star star star_half star_border

Kuliner


van Kerkwijk
star star star star star_half

De Drie Graefjes
star star star star star_half

De L'Europe Amste...
star star star star star_half

Café De Dokter
star star star star star_half

Museumcafé Mokum
star star star star star_half

Blue Amsterdam
star star star star star_half

Bagels & Beans
star star star star star_half

Belushi's
star star star star star_half

Le Pain Quotidien
star star star star star_half

Cafe Belgique
star star star star star_half

Confectionery Lan...
star star star star star_half

Van der Linde
star star star star star_half

De Lellebel
star star star star star_half

Die Port Van Clev...
star star star star star_half

De Bakkerswinkel
star star star star star_half

Bagels & Beans
star star star star star_half

Café Hill Street...
star star star star star_half

Chocolaterie Pomp...
star star star star star_half

Zuivere Koffie
star star star star star_half

Greenwoods Singel
star star star star star_half

Dwaze zaken
star star star star star_half

Park Plaza Victor...
star star star star star_half

Bagels & Beans
star star star star star_half

Pancakes Amsterda...
star star star star star_half

Koffiehuis 'De Ho...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Walloon Church
star star star star star_half

Zuiderkerk
star star star star star_half

English Reformed ...
star star star star star_half

The New Church
star star star star star_half

The Oude Church
star star star star star_half

De Krijtberg
star star star star star_half

Moses and Aaron C...
star star star star star_half

Dominicuskerk
star star star star star_half

Keizersgrachtkerk
star star star star star_half

Church of Saint N...
star star star star star_half

Amstelkerk
star star star star star_border

Westerkerk
star star star star star_half

Islamic Faith Fou...
star star star star star_half

Noorderkerk
star star star star star_half

Stichting Moskee ...
star star star star star_half

Elmouhssinine Mos...
star star star star star_half

Al-Kabir Mosque
star star star star star_half

Mosque El-Tawheed...
star star star star star_half

Stichting Islamit...
star star star star star_half

Ulu Moskee Amster...
star star star star star_half

Stichting Milli G...
star star star star star_half

Foundation Mescid...
star star star star star_half

Stichting Islamit...
star star star star_half star_border

Al Reyaan Mosque ...
star star star star star_half

Schellingwoude ch...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Dam Apotheek
star star star star_half star_border

Huisartsenpraktij...
star star star star star_half

Huisartspraktijk ...
star star star star star_half

GP on the Herengr...
star star star star star_half

Pharmacy de Castr...
star star star_half star_border star_border

Leidsestraat Phar...
star star star star_half star_border

Huisartsenpraktij...
star star star star star_half

DC Klinieken Amst...
star star star_half star_border star_border

Huisartsenpraktij...
star star star star_half star_border

Polikliniek voor ...
star star star star star_half

Service Apotheek ...
star star star_half star_border star_border

Ferdinand Bol Apo...
star star star_half star_border star_border

Huisartsenpraktij...
star star star star_half star_border

OLVG location Eas...
star star star star_half star_border

Park Apotheek
star star star star_border star_border

Dienstapotheek Am...
star star star star_border star_border

Lairesse Pharmacy
star star star star star_half

Amsterdam Staring...
star star star star_half star_border

Linnaeus Pharmacy
star star star_half star_border star_border

Huisartspraktijk ...
star star star star_half star_border

Huisartspraktijk ...
star star star star_half star_border

HUISARTSENPRAKTIJ...
star star star star_half star_border

Huisartsencentrum...
star star star star_half star_border

Rivieren Alphega ...
star star star star star_half

Huisartsenpraktij...
star_border star_border star_border star_border star_border