Saint Lucia
Broken clouds
28.13 °C

Informasi Umum

Saint Lucia adalah sebuah negara kepulauan di Laut Karibia bagian timur yang berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebagai bagian dari Antilles Kecil, Saint Lucia berada di sebelah utara Saint Vincent dan Grenadines dan selatan Martinique.


Kode Telepon:

+1

Zona dan Perbedaan Waktu:

Saint Lucia berada di Zona GMT -4. Waktu di Castries adalah 11 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G


KBRI Caracas

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Saint Lucia sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Saint Lucia berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

Hal-hal yang Harus Diketahui

Beberapa pembatasan masuk mungkin akan berlaku bagi mereka yang menderita HIV/AIDS.

Keselamatan dan Keamanan

Kejahatan, termasuk pembunuhan, pemerkosaan, perampokan bersenjata, kejahatan kecil di jalan, pencurian mobil dan perampokan rumah, terjadi di Saint Lucia. Jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga Anda di tempat umum, kamar hotel yang tidak aman atau di rumah sewaan. Jangan membeli barang palsu atau bajakan. Hal ini merupakan tindakan ilegal.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Saint Lucia, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. LGBTI

Aktivitas seksual sesama jenis adalah illegal di bawah hukum Saint Lucia, dan beberapa aktivitas seksual sesama jenis antara laki-laki juga hal illegal di bawah hukum. LGBTI dapat diancam dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara.

D. Senjata Api

Pembatasan masuk senjata api mungkin ada bagi pengunjung untuk dan warga asing dari Saint Lucia. Silahkan hubungi Kedutaan Saint Lucia sebelum Anda bepergian.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Saint Lucia adalah Dolar Karibia Timur. Penukaran mata uang Dolar Karibia Timur dapat dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Euro untuk penukaran uang setempat.

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata

Tidak ada tempat wisata

Kuliner

Tidak ada tempat kuliner

Tempat Ibadah

Tidak ada tempat ibadah

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan