Polandia
Clear sky
19.86 °C

Informasi Umum

Polandia (bahasa Polandia: Polska) (secara resmi: Republik Polandia, (bahasa Polandia: Rzeczpospolita Polska ( dengarkan)) adalah sebuah negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, Ceko, dan Slowakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad), Lituania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon). Polandia adalah negara anggota Uni Eropa. Ibukota Polandia dan kota terbesar adalah Warsawa.


Kode Telepon:

+48

Zona dan Perbedaan Waktu:

Polandia berada di Zona GMT+2 . Waktu di Warsawa lebih lambat 5 (lima) jam dari waktu di Jakarta (WIB) Pada saat musim dingin, waktu di Warsawa lebih lambat 6 (enam) jam dari waktu di Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C dan E


KBRI Warsawa

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (90 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (90 hari)

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Polandia sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Polandia berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda. Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Polandia. Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Polandia, Anda dapat menghubungi :

Polish Embassy in Jakarta, Indonesia

Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X Blok IV/3

Jakarta 12950, Indonesia

No. Telp : (+62) 21 252 5938

(+62) 815 109 001 80

No. Fax : (+62) 21 252 5958

Email : dzakarta.amb.sekretariat@msz.gov.pl

Website :www.dzakarta.msz.gov.pl

A. Umum

  • Polandia merupakan salah satu negara penandatangan Perjanjian Schengen dan menjadi bagian dari Schengen Area. Sehingga WNI yang telah memiliki Visa Schengen dapat masuk ke Polandia tanpa visa Polandia. Lihat buletin perjalanan kami di Konvensi Schengen untuk informasi lebih lanjut.
  • Bagi mereka yang melakukan perjalanan menuju atau keluar dari wilayah Uni Eropa (UE) dan membawa uang sebanyak €10.000 atau lebih (atau jumlah yang setara dalam mata uang lain) diwajibkan untuk menyampaikan (declare) hal tersebut pada saatt kedatangan ataupun keberangkatan dari wilayah Uni Eropa. Berdasarkan undang-undang tersebut, definisi “uang” meliputi, cek, dokumen perjalanan dan wesel. Wisatawan yang tidak men-declare uang tunai mereka atau memberikan informasi yang tidak lengkap atau salah akan dikenakan denda. Ketentuan ini tidak berlaku untuk perjalanan yang dilakukan antar negara Uni Eropa lain.

B. Hal – hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Warga asing yang mengunjungi Polandia untuk tinggal lebih lama dari 14 hari diperlukan untuk mendaftar tempat tinggal mereka dalam waktu 30 hari setelah kedatangan. Pendaftaran biasanya dilakukan sebagai bagian dari prosedur check-in hotel. Jika Anda tinggal di akomodasi swasta, Anda harus mendaftar ke kantor pendaftaran lokal. Bukti pendaftaran diperlukan saat mengajukan permohonan perpanjangan visa.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Untuk saat ini, risiko ancaman serangan teroris di Polandia tergolong rendah. Namun, WNI dihimbau untuk tetap berhati-hati terhadap serangan teroris yang sebelumnya terjadi di sejumlah kota besar di Eropa.

B. Kriminalitas

  • Kejahatan serius terhadap wisatawan/orang asing relatif jarang, tetapi terdapat sejumlah insiden dan dalam beberapa kasus, serangan tersebut tampak memiliki motif rasial. 
  • Jangan meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan bermotor.
  • Kawasan wisata seringkali berisiko menjadi sasaran pelaku kejahatan untuk beraksi. WNI dihimbau untuk berhati-hati atas kemungkinan menjadi sasaran kejahatan.
  • Anda juga harus waspada terhadap kemungkinan pencurian dan pencopetan. Pencuri biasanya bekerja sendiri atau dalam kelompok-kelompok kecil, beroperasi di stasiun pusat kereta api, khususnya di kota-kota Baltik dari Gdansk, Gdynia dan Sopot dan di Warsawa dan Krakow. Wisatawan yang bepergian jarak jauh menggunakan transportasi umum seperti kereta api malam, bus dan bandara pusat Warsaw dalam beberapa kesempatan telah menjadi sasaran pencuri. Anda harus berhati-hati terutama saat sedang naik atau turun dari kereta.
  • Ada sejulah kecil laporan mengenai minuman yang berduri dan pengunjung yang memiliki barang-barang berharga mereka dicuri. Jangan meninggalkan minuman atau akanan tanpa pengawasa dan berhati-hatilah menerima minuman dari orang yang tidak dikenal.
  • Cek tagihan Anda dengan hati-hati ketika membeli sesuatu di restoran atau bar, terdapat sejumlah kasus overcharging.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

WNI dihimbau untuk tidak mengikuti atau terlibat dalam demonstrasi ataupun aksi-aksi politis selama berkunjung di Polandia. Anda harus menghindari aksi unjuk rasa dan demonstrasi, Anda harus memperhatikan keamanan pribadi Anda dan memantau media untuk informasi lebih lanjut tentang risiko keselamatan dan keamanan yang terbaru. Ketika ada demonstrasi, Anda harus mengikuti instruksi dari pemerintah setempat.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Salju dan es bisa berbahaya di musim dingin. Pembersihan salju di kota dilakukan secara efisien, tapi jalan raya dan jalan di daerah pedesaan dapat ditutup untuk periode waktu tertentu. Perjalanan kereta api juga bisa terganggu oleh salju. Banjir dapat terjadi di Polandia khususnya selama musim semi. Jika banjir terjadi, WNI yang berada di wilayah tersebut harus memantau media lokal dan mengikuti saran dari otoritas lokal

E. Hal-hal lain yang Perlu Diketahui

Terdapat taksi-taksi tidak resmi yang beroperasi di sekitar bandara Warsawa dan tempat-tempat lainnya. Taksi-taksi tidak resmi ini kerap menaikan tarif terlalu tinggi. Hanya gunakan taksi resmi, yang memiliki nama perusahaan dan nomor telepon di pintu taksi dan di bagian atas taksi. Taksi resmi juga akan menampilkan kartu yang mengindikasikan rate/tarif di jendela taksi. Taksi dengan lambang, tetapi tidak memiliki nama perusahaan bukan merupakan taksi yang terdaftar resmi. 

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Polandia, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat meskipun beberapa peraturan bertentangan dengan peraturan di Indonesia. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Setiap orang yang berada di wilayah Polandia, termasuk WNI, jika tertangkap membawa Narkoba (obat-obatan terlarang) meski dalam jumlah kecil dan hanya untuk tujuan rekreasi dapat dikenakan sanksi. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

D. Mengemudi di bawah pengaruh alkohol

Hukum Polandia memiliki toleransi bagi pengemudi yang minum alkohol dengan batas tingkat alkohol dalam darah adalah 0,02%. Pelanggar dapat dipenjara selama dua tahun. Hukuman untuk pengemudi yang terlibat kecelakaan saat berada dalam pengaruh alkohol yang parah dan dapat dikenakan hukuman hingga delapan tahun penjara.

E. Peraturan untuk minuman berakohol

Pemerintah Polandia melakukan pendekatan yang ketat kepada masyarakat dalam mengkonsumsi alkohol dan mabuk di tempat umum. Pelanggar dapat dibawa ke sebuah ruangan sobering- up dan perlu membayar biaya tinggal mereka. Mengkonsumsi alkohol di tempat umum, termasuk taman dan area piknik publik, adalah ilegal dengan pengecualian dari restoran daerah yang ditunjuk.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Polandia adalah Zolty. Penukaran mata uang dapat dilakukan di loket – loket penukaran valuta asing (Bhs Plandia : Kantor) yang banyak tersebar di daerah pusat kota. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Poundsterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.

Asuransi dan Kesehatan

A. Gangguan Perjalanan

Gangguan perjalanan dapat terjadi yang disebabkan oleh adanya maintenance, perbaikan jalur, kecelakaan, bencana alam ataupun sebab lainnya. Untuk itu anda disarankan agar selalu memantau website penyedia moda transportasi terkait. Anda disarankan untuk selalu membawa paspor setiap bepergian dan menjagnya tetap aman.

B. Mengemudi

Untuk dapat mengemudi di Polandia anda harus memiliki Surat Ijin Mengemudi yang masih berlaku. SIM Indonesia harus ditukarkan dulu ke SIM Polandia, atau Anda dapat menggunakan SIM Internasional. Anda wajib membawa SIM, paspor/identitas lainnya, dokumen registrasi kendaraan, dokumen kepemilikan kendaraan, dan dokumen asuransi setiap saat ketika berkendara. Anda mungkin diminta untuk menunjukkan dokumen tersebut terutama ketika melintasi perbatasan dengan negara non-Schengen. Hal ini juga berlaku untuk kendaraan sewa. Jika Anda tidak memiliki dokumen tersebut, Polisi mungkin menahan kendaraan Anda dan mengenakan denda. Seluruh kendaraan yang digunakan untuk berkendara di jalanan publik Polandia harus memenuhi persyaratan teknis setempat.

Cuaca buruk di musim dingin dapat membuat mengemudi berbahaya dan beberapa jalan mungkin ditutup. Untuk pengguna kendaraan roda empat, ban musim dingin harus dipasang selama musim dingin dan mempergunakan rantai jika bepergian ke daerah pegunungan atau pedesaan di musim dingin banyak bagian dari jalan tidak dual – lintas atau sedang dibangun. Saat mengemudi lampu harus dinyalakan sepanjang waktu dan anak – anak di bawah usia 10 tahun dilarang duduk di kursi depan kendaraan. Sabuk pengaman harus digunakan di tempat duduk depan maupun belakang. Dilarang menggunakan handphone saat berkendara.

Pejalan kaki dan pengendara sepeda harus mengenakan benda reflektif ketika bepergian pada dini hari. Bila ada pejalan kaki dan pengendara sepeda yang tertabrak mobil atau motor akibat tidak mengenakan benda reflektif, ia akan dianggap bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut. Polisi juga mungkin mengenakan denda apabila Anda tidak menggunakan benda reflektif tersebut saat berpergian di dini hari.

Polandia memiliki angka kematian di jalan raya yang relatif tinggi dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya. polandia juga adalah salah satu lokasi transit utama bagi kendaraan berat di rute east-west. Kerap terjadi perbaikan jalan, terutama di musim panas. Tetap hati-hati dan waspada ketika berkendara di Polandia. 

Untuk saran lebih lanjut, lihat halaman perjalanan kami

C. Transportasi Umum – Taksi

Secara umum layanan transportasi umum di Polandia seperti tram, metro dan kereta api sangat baik dan tepat waktu. Anda dapat menggunakan aplikasi jakdojade.pl untuk mengentahui rute dan waktu tempuh dalam menggunakan transportasi public di Polandia. Untuk taksi, Anda disarankan menggunakan taksi resmi yang memiliki nama dan nomor telepon dari perusahaan taksi disisi pintu dan di atas taksi.

Telekomunikasi

Anda dapat menggunakan telepon genggam Indonesia di Polandia. Untuk dapat membeli Kartu Sim, anda diharuskan mendaftrakan nomor paspor Anda. Kartu Sim dapat dibeli di kios – kios yang mudah ditemukan di tempat publik.

Tempat Wisata


Warsaw Fotoplasti...
star star star star star_half

EscapeRooms.pl
star star star star star_half

The National Muse...
star star star star star_half

Państwowe Muzeum...
star star star star star_half

Związek Harcerst...
star star star star star_half

Polish Army Museu...
star star star star star_half

Muzeum Fryderyka ...
star star star star star_half

Museum of the Ear...
star star star star star_half

Mauzoleum Walki i...
star star star star star_half

Museum of John Pa...
star star star star star_half

Invisible Exhibit...
star star star star star_half

Adam Mickiewicz S...
star star star star star_half

Museum of Caricat...
star star star star star_half

MYJNIA WARSZAWA
star star star star star_half

Asia and Pacific ...
star star star star star_half

Stacja Muzeum
star star star star star_half

Copernicus Scienc...
star star star star star_half

Museum of Indepen...
star star star star star_half

National Archaeol...
star star star star star_half

Sue Ryder Square
star star star star star_half

Copper-Roof Palac...
star star star star star_half

The Royal Castle ...
star star star star star_half

The White Pavilio...
star star star star star_half

Ermitaż
star star star star star_half

Warsaw Uprising M...
star star star star star_half

Kuliner


Między Słowami
star star star star star_half

Miedzy Nami
star star star star star_half

Green Caffè Nero
star star star star star_half

Chillout Factory....
star star star star star_half

Cheesecake Corner
star star star star star_border

Hard Rock Cafe Wa...
star star star star star_half

Starbucks Warsaw ...
star star star star star_half

Empik Cafe
star star star star star_border

Aioli
star star star star star_half

COSTA COFFEE
star star star star star_half

Pijalnia Czekolad...
star star star star star_half

Patisserie and De...
star star star star star_half

Starbucks
star star star star star_half

Green Caffè Nero
star star star star star_half

Klubo Kawiarnia
star star star star star_border

Słodki Słony
star star star star star_half

Cafe Próżna
star star star star star_half

Cukiernia Gierysz...
star star star star star_half

Przystanek Mdm Co...
star star star star_half star_border

Klubokawiarnia Co...
star star star star star_half

Sofitel Victoria ...
star star star star star_half

Warszawa Powiśle
star star star star star_half

Galeria Wypieków...
star star star star star_half

Atco z Makiem. Ci...
star star star star star

Klubokawiarnia La...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Roman Catholic Pa...
star star star star star_half

All Saints Church...
star star star star star_half

Holy Trinity Chur...
star star star star star_half

Holy Cross Church
star_border star_border star_border star_border star_border

Holy Cross Church
star star star star star_half

Roman Catholic Pa...
star star star star star_half

Church of the Hol...
star star star star star_half

Roman Catholic Pa...
star star star star star_half

Kościół Akadem...
star star star star star_half

Wspólnoty Jerozo...
star star star star star_half

St Martin's Churc...
star star star star star_half

Bazylika Archikat...
star star star star star_half

Shrine of Our Lad...
star star star star star_half

Church. St. Augus...
star star star star star_half

Kościół pw. ś...
star star star star star_half

Church of the Vis...
star star star star star_half

Roman Catholic Ch...
star star star star star_half

Roman Catholic Ch...
star star star star star_half

The Church of St....
star star star star star_half

Church of Sts. Mi...
star star star star star_half

Parafia NMP Król...
star star star star star_half

Ośrodek Kultury ...
star star star star star_half

Kościół pw. Zw...
star star star star star_half

St. Stanislaus Ko...
star star star star star_half

Gmina Kościoła ...
star star star star star_border

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan