Myanmar
Clear sky
21.19 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT COVID-19 DI MYANMAR

Latest update: 26 Agustus 2020

  1. Status COVID-19: 

Pemerintah menetapkan keadaan darurat COVID-19

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret 2020

Status: masih berlaku

2. Kebijakan terkait penerbangan: 

Pemerintah menutup seluruh penerbangan internasional komersial

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret 2020

Status: Masih berlaku

 

3. Kebijakan pembatasan masuk bagi WNA

Pemerintah melarang masuk seluruh WNA kecuali dengan izin khusus pemerintah Myanmar

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret  2020

Status: masih berlaku

4. Persyaratan masuk ke wilayah negara

Setiap WNA yang akan datang ke Myanmar harus melakukan observed self-quarantine 7 hari sebelum kedatangan, memiliki hasil negative tes PCR Covid-19 maksimal 72 jam sebelum penerbangan ke Myanmar, 7 hari hotel quarantine dengan tes PCR ke-2 di Myanmar dinyatakan negative, lanjut 7 hari Karantina mandiri (bila tidak dapat menunjukkan surat keterangan observed self-quarantine dari instansi berwenang, diharuskan melakukan 21 hari hotel quarantine + 7 hari karantina mandiri)

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret  2020

Status: masih berlaku

 

5. Kebijakan terkait visa

Pemerintah menghentikan proses seluruh tipe visa, kecuali diplomatik dan dinas, serta keperluan bisnis mendesak, meniadakan VoA maupun perjanjian bebas visa untuk sementara. Bagi WNA yang terkendala kepulangan, overstay akan dikenakan denda $3 per hari hingga 30 hari. Bagi WNA yang overstay di atas 30 hari, dikenakan denda tambahan $5 per hari.

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret  2020

Status: masih berlaku

 

6. Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam wilayah

Strict stay home policy (Hanya 1 orang per rumah tangga bisa keluar untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan 2 orang per rumah tangga khusus untuk berobat ke rumah sakit), jam malam 24.00-04.00, penghentian operasional bus AKAP maupun penerbangan dari dan ke luar wilayah

Tanggal mulai berlaku: 31 Maret  2020

Status: masih berlaku

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Myanmar apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Myanmar agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19. 

Dalam kondisi darurat silakan menghubungi hotline KBRI Yangon di nomor +9595037055 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

-------------------------------

 

Kode Telepon:

+95

Zona dan Perbedaan Waktu:

Myanmar berada di Zona GMT +6.30. Waktu di Yangon adalah 30 menit lebih lambat dari Jakarta (WIB).

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C, D, F atau G


KBRI Yangon

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Bebas Visa (14 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (14 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (14 hari)

Indonesia dan Myanmar telah menandatangani perjanjian bilateral mengenai fasilitas bebas visa bagi pemegang paspor biasa, dinas dan diplomatik dari kedua negara. Warga Negara Indonesia pemegang paspor biasa, dinas dan diplomatik dapat berkunjung ke Myanmar selama 14 hari tanpa memerlukan visa. Untuk kunjungan lebih dari 14 hari, Anda disarankan untuk mengajukan aplikasi visa kepada Kedutaan Besar Republik Uni Myanmar sesuai dengan tujuan kunjungan. Untuk mengetahui informasi yang lebih detail dan akurat mengenai fasilitas bebas visa dan jenis visa kunjungan ke Myanmar dapat menghubungi:

Kedutaan Besar Republik Uni Myanmar di Jakarta

109 Jalan Haji Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat 10350

No. Tel.: +62-21-315-8908 / +62-21-315-9095

No. Faks.: +62-21-316-0079

e-mail:                                                  myanmar@cbn.net.id

Sebelum melakukan perjalanan atau mengajukan aplikasi visa ke Kedubes Myanmar, kami menganjurkan Anda untuk dapat memeriksa masa berlaku Paspor RI Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan.

A. Persimpangan Perbatasan

Bepergian ke atau dari Myanmar melalui perbatasan darat dimungkinkan, namun, terbatas hanya pada sejumlah titik pemeriksaan imigrasi yang telah ditentukan Pemerintah Myanmar. Jika Anda berencana melakukan perlintasan batas melalui jalur darat, pastikan bahwa perlintasan batas darat yang ingin dilewati termasuk di daftar berikut, yaitu:

  1. Tachilek (Shan State) – Mae Sai (perbatasan Thailand)
  2. Myawaddy (Kayin State) – Mae Sot (perbatasan Thailand)
  3. Tiki (Wilayah Tanintharyi) – Sunarong (perbatasan Thailand)
  4. Kawthoung (Wilayah Tanintharyi) – Ranong (perbatasan Thailand)
  5. Muse (Shan State) – Ruili (perbatasan China)
  6. Tamu (Wilayah Sagaing) – Morei (perbatasan India)

Perlintasan perbatasan dapat ditutup sewaktu-waktu dengan pemberitahuan singkat atau tidak sama sekali. Bepergian melalui jalur darat ke Myanmar melalui perlintasan perbatasan harus tunduk pada peraturan setempat yang berlaku. Kondisi jalan di wilayah perbatasan pegunungan bisa sangat buruk dan berbahaya. Jika Anda memilih untuk menggunakan perlintasan perbatasan darat, Anda perlu memperoleh visa masuk yang sah dari Kedutaan atau Konsulat Republik Uni Myanmar terdekat sebelum melakukan perjalanan. Untuk masuk atau keluar melalui perbatasan Muse-Ruili atau Tamu-Morei, Anda perlu mendapatkan izin tambahan dari Kementerian Pariwisata Myanmar (melalui perusahaan wisata atau Kedutaan atau Konsulat Republik Uni Myanmar) sebelum melakukan perjalanan.

B. Hal – hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Saat ini, Myanmar telah menyediakan fasilitas aplikasi visa elektronik bagi calon pendatang yang berasal dari 100 negara, termasuk Indonesia, yang dapat diakses melalui situs resmi Kementerian Tenaga Kerja, Imigrasi dan Populasi, evisa.moip.gov.mm. Namun demikian, pengguna E-visa hanya dapat memasuki wilayah Myanmar terbatas hanya melalui 3 titik pemeriksaan imigrasi Bandara di Bandara Internasional Yangon, Mandalay, dan Naypyitaw serta 3 titik pemeriksaan imigrasi perbatasan darat yang terletak di Tachilek, Myawaddy, dan Kawthoung. Anda dihimbau untuk dapat memeriksa situs resmi imigrasi sebelum melakukan perjalanan untuk mendapatkan informasi terkini.

 

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Ancaman terorisme di Myanmar cukup tinggi. Serangan dapat terjadi tanpa pola tertentu, termasuk tempat-tempat yang sering dikunjungi warga asing. Bangunan pemerintah, lokasi bisnis dan komersial, angkutan umum, festival, hotel dan gedung bioskop tercatat pernah menjadi target serangan sebelumnya. Beberapa bahan peledak pernah berhasil dijinakkan di daerah perbatasan wilayah Myawaddy hingga tidak menimbulkan korban jiwa atau luka. Beberapa ledakan kecil juga pernah melanda Yangon, Tangoo dan Sagaing pada Oktober 2013 dimana melukai seorang warga negara asing. Tujuan serangan tersebut tidak pernah terungkap. Serangan dalam skala besar pernah terjadi di bulan April 2010 ketika 3 bom meledak dan melukai 170 orang yang sedang merayakan Tahun Baru Myanmar di Yangon.

B. Kriminalitas

Terdapat risiko terjadinya kriminalitas, termasuk penjambretan, pencurian ringan dan perampokan. Insiden kejahatan kekerasan yang ditujukan terhadap orang asing juga pernah terjadi. Anda harus memastikan barang-barang berharga (seperti dompet, perhiasan, telepon genggam dan kamera) Anda aman setiap saat. Anda juga perlu segera melaporkan tindakan criminal kepada aparat penegak hukum setempat, meskipun mereka mungkin memiliki kapasitas yang terbatas untuk menangani tindak kriminalitas.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Protes dan pertemuan terorganisir hanya diperbolehkan dengan setelah memperoleh izin. Respon pemerintah setempat tidak dapat selalu diprediksi. Anda harus menghindari seluruh tempat berlangsungnya pertemuan politik, protes, demonstrasi dan unjuk rasa di jalan karena dapat berubah anarkis sewaktu-waktu. Anda juga harus menghindari memotret demonstrasi, personil militer atau polisi karena kemungkinan tidak diperkenankan oleh otoritas setempat. Tindak kekerasan politik berpeluang untuk terjadi.

Pada tahun 2014, Improvised Explosive Devices (IEDs) kecil meledak di area umum di Myanmar, termasuk Yangon, Mandalay dan Nay Pyi Taw. Pada bulan Oktober 2013, terdapat sejumlah ledakan kecil di Yangon, Taungoo dan Sagaing dimana satu warga negara asing terluka.Sebelumnya, terdapat beberapa insiden kekerasan bermotif politik, yang mengakibatkan korban jiwa, yang biasanya berlangsung sekitar hari libur seperti Hari Angkatan Bersenjata (27 Maret), Festival Air (Thingyan) dan Tahun Baru Myanmar (keduanya pada bulan April) dan Hari Martir (19 Juli). Peristiwa penting lainnya, termasuk peringatan pemberontakan 1988 (8 Agustus) dan peringatan demonstrasi yang dipimpin para biksu untuk memprotes reformasi politik (26 September) biasanya juga berlangsung diikuti dengan peningkatan jumlah personil pasukan polisi dan keamanan di sekitar Yangon dan wilayah lain di Myanmar.

Kota Yangon, Mandalay, Bagan, Nay Pyi Taw dan Inle Lake: Kami menyarankan Anda untuk waspada dengan tingkat normal ketika bepergian di dalam kota tersebut. Anda perlu berhati-hati dan perhatikan perilaku yang mencurigakan, seperti yang biasa Anda lakukan di Indonesia. Pantau media dan sumber-sumber lain untuk mendapatkan informasi bilamana terjadi perubahan pada kondisi keamanan setempat selama perjalanan.

Pantai Sittwe dan Ngapali: Kami menyarankan Anda untuk melakukan tindakan waspada tingkat tinggi ketika bepergian ke daerah resor di Pantai Ngapali di negara bagian Rakhine. Jika Anda memutuskan untuk bepergian ke daerah ini, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan transportasi udara, bukan melalui jalur darat. Anda perlu memantau perkembangan lokal untuk berjaga-jaga adanya perubahan situasi keamanan.

Daerah lain di negara bagian Rakhine: Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali jika Anda akan melakukan perjalanan ke daerah lain di negara bagian Rakhine, termasuk tujuan wisata Mrauk-U dan kota Thandwe dekat Pantai Ngapali, dikarenakan sering adanya kerusuhan sipil yang serius dan tidak dapat diduga. Kekerasan antar-komunal di daerah pusat dan utara negara bagian Rakhine menyebabkan pengungsian yang luas. Kondisi keadaan darurat telah ditetapkan di negara bagian Rakhine sejak bulan Juni 2012 hingga Maret 2016. Jam malam tetap berlangsung di Buthidaung dan Maungdaw. Ketegangan tingkat tinggi senantiasa berlangsung dan protes dapat meluas dengan cepat. Jam malam dan pembatasan gerak dapat diberlakukan dengan pemberitahuan yang singkat.

Negara bagian Kachin bagian utara serta negara bagian Shan bagian Pusat: Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali jika Anda akan melakukan perjalanan ke daerah ini dikarenakan sering terjadi konflik antara kelompok etnis pemberontak dan pasukan militer. Pertempuran bersenjata sering terjadi. Konflik di utara Shan State dan daerah pusat Shan State intensitas dan frekuensinya meningkat di tahun 2015. Penetapan daerah Darurat militer telah dicabut di Kokang Self-Administered Zone, namun demikian pemerintah setempat masih memberlakukan pembatasan kunjungan wisata di wilayah Kokang. Terdapat risiko mengenai adanya kemungkinan pecahnya konflik bersenjata di Kachin State, utara Shan State dan daerah pusat Shan State. Pemerintah dapat dan memberlakukan jam malam dan pembatasan perjalanan dengan pemberitahuan yang singkat.

Wilayah perbatasan Tiongkok, Laos, Thailand, Bangladesh dan India: Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali jika Anda akan melakukan perjalanan ke perbatasan ini, termasuk lintasan perbatasan darat yang resmi. Kelompok-kelompok bersenjata beroperasi di daerah ini dan terdapat risiko akan timbulnya konflik etnis, serangan penjahat dan ditemukannya ranjau yang tidak diberi tanda. Pada pertengahan tahun 2015 dan akhir 2014, jalan-jalan dari Myawaddy ke Hpa-An ditutup untuk sementara setelah terjadinya konflik kecil antara kelompok etnis pemberontak dan pasukan militer di daerah ini. Pada akhir tahun 2014, perbatasan dari Mae Sot ke Myawaddy ditutup untuk sementara setelah Improvised Explosive Devices (IEDs) teridentifikasi terdapat di kota perbatasan Myawaddy. Situasi keamanan di sepanjang perbatasan Myanmar sangat bervariasi. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan, Anda perlu berhati-hati memperhatikan situasi keamanan terkini dan mencari tahu mengenai informasi jam malam setempat dan pembatasan perjalanan.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Musim hujan terjadi sejak bulan Mei hingga Oktober. Hujan lebat dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor. Cuaca buruk sering mendahului musim hujan. Siklon dapat terjadi antara bulan April dan Oktober. Saat terjadi siklon tropis atau topan, pantau laporan media lokal dan ikuti petunjuk resmi dari instansi terkait mengenai kondisi darurat setempat. Anda dapat memantau informasi terbaru di situs Departemen Meteorologi dan Hidrologi Myanmar. Anda sebaiknya dapat mengidentifikasi lokasi pengungsian lokal yang terdekat, jika tersedia. Di beberapa daerah, kemungkinan tidak terdapat lokasi pengungsian yang memadai untuk mengatasi siklon yang parah. Jika Anda menetap di hotel, perhatikan dengan seksama informasi mengenai rencana evakuasi.

Sebagian besar Myanmar berada di zona risiko gempa bumi yang signifikan. Gempa bumi yang pernah terjadi sebelumnya di Myanmar telah menyebabkan di sejumlah kota besar di Myanmar, termasuk Yangon. Semua daerah di pinggir laut berisiko mengalami tsunami, namun demikian di wilayah Samudra Hindia dan Pasifik kemungkinan terjadinya tsunami cukup besar dengan sifat yang lebih destruktif dikarenakan banyaknya gempa bumi di sepanjang batas lempeng tektonik utama dan palung laut. Jika bencana alam terjadi, ikuti instruksi pemerintah setempat, pantau media dan laporan cuaca, serta periksa dengan operator tur sebelum bepergian ke daerah yang terpengaruh.

E. Standar Keamanan Lokal

Standar keamanan yang Anda harapkan dari penyedia layanan, seperti hotel, restoran, gerai ritel, transportasi dan operator tur, termasuk kegiatan petualangan, biasanya tidak sesuai harapan. Jika Anda berniat untuk berpartisipasi di kegiatan petualangan, Anda perlu cek jika aktifitas tersebut tercakup dalam polis asuransi Anda atau tidak. Anda harus selalu menggunakan peratalan keselamatan, seperti pelampung atau sabuk pengaman, meskipun orang lain tidak. Perusahaan yang menyewakan sepeda motor jarang sekali menyediakan helm untuk disewa. Kebanyakan helm lokal yang beredar tidak memenuhi standar keamanan Indonesia. Jika peralatan keselamatan yang tepat tidak tersedia, Anda harus menggunakan operator lain.

F. Uang dan Barang-Barang Berharga

Uang: Myanmar menggunakan mata uang Kyats (MMK) yang nilainya (catatan: bulan Oktober 2016) sekitar 1,250 Kyats = 1 USD. Myanmar sudah bukan tujuan wisata murah seperti dahulu kala, untuk itu lakukan riset sebelum melakukan perjalanan mengenai perkiraan biaya yang diperlukan dan sesuaikan anggaran Anda dengan rencana perjalanan Anda. Biaya penginapan di beberapa lokasi destinasi utama, seperti kota Bagan, juga telah mengalami kenaikan secara signifikan. Untuk penginapan sekelas hostel, biaya kamar dapat mencapai 30 – 40 USD per malam.

Bank dan Mesin Anjungan Tunai Mandiri : Selama beberapa tahun belakangan, mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dapat digunakan dengan kartu internasional telah mulai banyak terdapat di sejumlah tempat di seluruh Myanmar. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah ratusan atau ribuan dolar Amerika Serikat. Anda bahkan dapat menemukan mesin ATM di sejumlah lokasi wisata terpencil seperti Hsipaw dan Mrauk U. Mesin ATM yang disediakan oleh KBZ dan CB Bank dapat diandalkan menerima kartu jenis Visa dan Mastercard. Setiap transaksi dengan kartu internasional akan dikenakan biaya 5000 Kyats (setara 4 USD). Alternatif lain, anda juga dapat menerima transfer tunai internasional dengan menggunakan jasa Western Union.

Nilai tukar dan Uang Tunai : Myanmar saat ini mendorong penduduk setempat dan wisatawan untuk selalu menggunakan mata uang setempat, Kyats daripada dolar Amerika Serikat, yang dahulu memang lebih diterima sebagai alat pembayaran dari wisatawan asing. Sejak akhir tahun 2015, hanya bank dan tempat pertukaran uang asing resmi yang diijinkan menukar mata uang asing, namun, demikian penukaran uang di tempat yang tidak resmi masih terjadi. Meskipun penggunaan Kyats semakin luas dan keberadaan mesin ATM semakin banyak, namun Anda tetap dihimbau untuk selalu membawa uang dolar Amerika Serikat, terutama dalam nominal kecil, bilamana Anda sulit menemukan mesin ATM. Pastikan kertas uang dolar yang Anda bawa masih mulus dan dikeluarkan setelah tahun 2006 untuk dapat menukarkannya. Menukarkan mata uang Thai Baht di Yangon dan Mandalay juga masih dimungkinkan.

Kartu Kredit : Kartu kredit saat ini juga sudah mulai diterima di sebagian besar hotel berbintang. Transaksi di beberapa agen perjalanan di Yangon dan Mandalay juga sudah dapat menggunakan kartu kredit, dengan dikenakan biaya, untuk pembelian tiket penerbangan.

F. Hal – hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Myanmar adalah pada musim dingin yang kering antara bulan November hingga Februari. Di siang hari, cuaca sangat panas namun berubah menjadi sangat dingin di malam hari, utamanya di daerah perbukitan. Di bulan Maret dimana berlangsung musim panas, suhu dapat melonjak dari 28 derajat selsius di pagi hari menjadi 45 derajat selsiun di siang hari, dengan tingkat kelembapan yang relatif tinggi. Anda dihimbau untuk selalu membawa air minum dan mengenakan sunblock bilamana melakukan aktivitas di luar ruangan di musim panas untuk menghindari terkena serangan heat stroke pada musim panas.Musim hujan biasanya terjadi mulai bulan Mei dan terus berlangsung hingga bulan Oktober, walaupun hujan paling sering turun di bulan Agustus. Bencana banjir seringkali timbul di musim hujan, utamanya di area delta di bagian selatan. Sejumlah hotel di pusat wisata pantai Chaung Thar dan Ngwe Saung biasanya tutup di musim hujan.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Myanmar, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Anda adalah subyek hukum negara setempat dan wajib mematuhinya. Pelajari hukum setempat sebelum melakukan perjalanan. Pelanggaran atas hukum setempat dapat berakibat pada deportasi, penangkapan, penahanan, dan pemidanaan.
  • Dalam hal ini anda ditangkap, ditahan, atau dipenjara, aparat setempat seringkali terlambat memberitahukan kepada Perwakilan RI. Oleh karenanya, apabila Anda ditangkap, ditahan, atau dipenjara, agar meminta aparat setempat untuk segera secepatnya dihubungkan dengan Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal anda diberikan akses untuk menggunakan Safe Travel, agar segera menggunakan tombol darurat untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Hukuman untuk pelanggaran narkoba terbilang berat termasuk hukuman mati.

D. Hukum Lainnya

  • Hukuman mati juga berlaku untuk pelanggaran serius lainnya, termasuk pembunuhan, perdagangan manusia dan pengkhianatan.
  • Tindakan homoseksual adalah ilegal. Hukuman termasuk denda dan penjara sampai sepuluh tahun.
  • Memotret personil militer dan instalasi adalah ilegal.
  • Merupakan tindakan ilegal untuk masuk dan keluar Myanmar dengan materi keagamaan. Berkhotbah atau mendistribusikan bahan agama tanpa persetujuan tertulis dari pihak berwenang adalah ilegal.
  • Penyalahgunaan gambar Buddha dianggap pelanggaran serius dibawah hukum lokal, dan dapat dihukum penjara. Wisatawan dengan tato Buddha harus menjaga tato tersebut tertutup setiap saat.
  • Merupakan tindakan ilegal mengemudi mobil atau sepeda motor di Myanmar dengan Lisensi Mengemudi Indonesia atau Internasional. Anda harus memiliki lisensi mengemudi lokal yang valid.
  • Merupakan tindakan ilegal untuk meninggalkan tempat kejadian kecelakaan di jalan.
  • Meminum alkohol di tempat umum seperti taman, bangunan keagamaan atau lokasi kamp dilarang.
  • Peraturan bea cukai mengenai impor dan ekspor yang dilarang seringkali tidak jelas dan dapat berubah. Anda perlu mencari saran lebih lanjut mengenai impor dan ekspor dari Kedutaan atau Konsulat Republik Uni Myanmar terdekat.

E. Adat Lokal

Masyarakat Myanmar sangat menghormati tradisi keagamaan dan budaya mereka. Pengunjung harus melepas sepatu dan kaus kaki sebelum memasuki bangunan keagamaan dan komplek sekitarnya. Menggunakan pakaian tanpa lengan dan celana pendek merupakan hal yang tidak umum dan dapat menyebabkan teguran ketika mengunjungi pagoda Buddha.Ada standar konservatif dalam berpakaian dan perilaku, dan anda harus berhati-hati agar tidak menyinggung. Jika anda ragu, carilah petunjuk lokal. Menyentuh atau menepuk halus kepala anak atau dewasa dapat dikategorikan tindakan yang tidak sopan dan sangat menyinggung.

F.Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Myanmar salah satunya adalah sekitar waktu-waktu bulan purnama (Fullmoon Day) dimana sering berlangsung parade, pasar malam baik di jalan raya maupun di biara. Hindari waktu kunjungan di waktu perayaan Maya Thingyan (Tahun Baru Myanmar) yang berlangsung mulai tanggal 11 April � 16 April karena biasanya aktifitas dagang dan bisnis tutup serta transportasi umum tidak beroperasi hingga 10 (sepuluh) hari.

 

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Myanmar adalah Myanmar Kyat (MMK). 1 MMK bernilai Rp. 9,36.  Penukaran mata uang Kyat dapat dilakukan di bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound sterling, atau Euro untuk penukaran uang setempat.

Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Penipuan terhadap turis di beberapa lokasi tujuan wisata belum marak, meskipun dapat ditemukan dibeberapa tempat. Jika Anda berniat membeli cenderamata atau barang kerajinan setempat, pastikan Anda telah mengetahui kisaran harga jual rata-rata. Menawar barang merupakan hal yang lumrah sepanjang harga tawar tidak terlalu jauh dari harga yang diminta oleh penjual. Jika Anda bermaksud membeli batu mulia, yang banyak diperjualbelikan di Myanmar, pastikan Anda mengetahui kualitas dan harga yang ditawarkan sesuai dengan yang kualitas barang yang Anda beli. Meminta sertifikat keaslian batu mulia dapat dilakukan dengan mengunjungi pusat pemeriksaan batu mulia. Pastikan Anda masih membawa kuitansi pembelian, karena dapat diperiksa sewaktu-waktu oleh petugas Bea Cukai di bandara sebelum meninggalkan Myanmar.

Asuransi dan Kesehatan

Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi Anda akan melindungi Anda selama anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis. Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis diluar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan. Sangat penting untuk mempertimbangkan kesehatan fisik dan mental Anda sebelum bepergian keluar negeri. Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

A. Wabah Penyakit

Penyakit nyamuk malaria, demam berdarah, demam chikungunya dan Japanese Encephalitis adalah endemic di banyak daerah Myanmar. Kami merekomendasi Anda untuk mengambil langkah-langkah menghindari gigitan nyamuk, termasuk menggunakan obat nyamuk setiap saat, mengenakan pakaian yang panjang, longgar dan berwarna terang serta pastikan akomodasi Anda tahan nyamuk. Penyakit yang dibawa oleh air, makanan dan penyakit menular lainnya (termasuk HIV/AIDS, hepatitis, tifus, rabies dan TBC) merupakan hal lazim dengan wabah yang lebih serius dari waktu ke waktu. Kami menyarankan Anda untuk merebus semua air minum atau meminum air kemasan dengan segel utuh, serta hindari es batu dan makanan yang tidak matang dan mentah. Persiapan yang cermat terhadap makanan dan kebersihan pribadi sangat disarankan. Carilah saran medis jika Anda mengalami demam atau menderita diare. Jika Anda menetap di Myanmar selama lebih dari 4 minggu, anda perlu membawa bukti dokumentasi Anda telah menerima vaksin polio dalam waktu 12 bulan sebelum kedatangan. Jika Anda tidak memiliki bukti, Anda mungkin akan disarankan untuk divaksinasi sebelum keberangkatan dari Myanmar.

B. Fasilitas Medis

Standar fasilitas medis di Myanmar sangat terbatas, terutama diluar Yangon. Anda harus menghindari prosedur bedah apapun, (termasuk gigi) dikarenakan adanya kemungkinan bahaya infeksi, termasuk hepatitis dan HIV/AIDS, dari instrumen gigi dan medis yang tidak steril. Dalam kasus-kasus serius, rumah sakit swasta biasanya tidak diizinkan untuk menerima pasien asing. Dalam hal penyakit serius atau kecelakaan, evakuasi medis menuju destinasi dengan fasilitas yang tepat (biasanya Bangkok, Singapura atau Australia) akan diperlukan. Pembayaran di muka mungkin diperlukan sebelum menerima perawatan medis atau melakukan evakuasi medis.

Jika Anda terpaksa melakukan perwatan medis darurat di Yangon, maka rumah sakit yang dapat menjadi rujukan adalah:

Pun Hlaing Siloam Hospital

Pun Hlaing Golf Estate Avenue, Hlaing Thayar Township, Yangon, Myanmar

Tel: +951 684323

Pun Hlaing Clinic

FMI Centre, 4th Floor, No. 380 Bogyoke Aung San Road, Pebedan Township, Yangon, Myanmar

Tel: +951 243010

Banyak produk farmasi yang dijual di Myanmar palsu. Anda perlu membawa persediaan yang cukup untuk obat anda selama Anda bepergian. Anda juga perlu membawa salinan resep Anda, surat dari dokter Anda dan membawa obat dalam kemasan aslinya.

C. Cara mendapatkan pertolongan

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

Nomor darurat Myanmar adalah 112

D. Hal – hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Selalu membeli makanan dan minuman dalam kemasan untuk menghindari terjadinya keracunan makanan dan mencegah terjadinya diare. Hindari mengunjungi restoran yang banyak tersebar di pinggir jalan. Penyakit hepatitis B banyak diderita oleh warga Myanmar, untuk itu pastikan Anda selalu membersihkan ulang setiap peralatan makan dan minum yang akan Anda gunakan. Membawa selalu perangkat pembersih seperti hand sanitizer, tisu basah, tisu maupun sabun cuci tangan sangat dianjurkan. Hindari penggunaan toilet umum, kecuali di hotel berbintang.

Telekomunikasi

Disaat layanan komunikasi di Myanmar membaik, layanan internet tidak dapat diandalkan dan tidak tersedia di banyak bagian di Myanmar. Jaringan telepon juga tidak dapat diandalkan dan terbatas terbatas di kota-kota dan kota-kota besar. Panggilan internasional akan sangat sulit dan mahal. Roaming internasional GSM sekarang tersedia untuk sejumlah operator telepon seluler Indonesia. Sekarang ini sangat memungkinkan untuk mengirim atau menerima pesan teks dari beberapa operator telepon selular Indonesia ke ponsel didalam Myanmar.

Hal – hal yang Perlu Diketahui oleh WNI

Menggunakan provider telekomunikasi setempat lebih disarankan. Provider milik pemerintah, Myanmar Post and Telecommunication (MPT), dapat diandalkan untuk penggunaan jasa telepon internasional. Sementara provider swasta milik asing seperti Ooreedoo dan Telenor lebih dapat diandalkan untuk aktivitas komunikasi yang lebih banyak menggunakan paket data internet. Harga kartu perdana provider setempat adalah sekitar 4USD. Untuk penggunaan alat komunikasi selama satu minggu, setidaknya Anda perlu menambah pulsa isi ulang sebesar 8 USD untuk keperluan menelpon internasional dan paket data internet.

Tempat Wisata


National Herbal P...
star star star star_half star_border

National Herbal G...
star_border star_border star_border star_border star_border

Gems Museum
star star star star star_half

Naypyitaw Water F...
star star star star_half star_border

Fountain Park Tow...
star star star star star_border

Kuliner


Fried Chicken Bug...
star star star star star_half

JCTT made with lo...
star star star star_half star_border

Theinyarzar Cafe
star star star star_half star_border

Nan Sein
star star star star star_half

Sin Phyu Taw
star star star star_half star_border

Taunggyi Hot Pot
star star star star_half star_border

Mingalar
star star star star_half star_border

Shwe Myo Taw
star star star star_half star_border

Bawga Theiddhi Re...
star star star star_half star_border

Nagar Pyan Tea Ho...
star star star star star_half

Yu Mon Tea House
star star star star_half star_border

Keystone Cafe
star star star star_half star_border

Katsu
star star star star star_border

LION Restaurant
star star star star_half star_border

OMG Seafood
star star star star_half star_border

Top Mountain Folw...
star star star star_half star_border

Taung Hteik Pan B...
star star star star_half star_border

Kai Li Restaurant
star star star star_half star_border

Excellent Tea Hou...
star star star star_half star_border

YKKO Kyay-Oh
star star star star_half star_border

Mogok Lisu Restau...
star star star star star_half

Excellence Cafe &...
star star star star_half star_border

Shwe Sin Moe
star star star star_half star_border

Shwe Yin Chun
star star star star star_border

Mr. Chan Music Ba...
star star star star star_half

Tempat Ibadah

Tidak ada tempat ibadah

Fasilitas Kesehatan


1000 bedded Naypy...
star star star star_half star_border

MU II
star_border star_border star_border star_border star_border

star star star star star_half

Kaung Thit Hospit...
star star star star_half star_border

No.1 Plastic Surg...
star_border star_border star_border star_border star_border

Garunar Gabar Age...
star_border star_border star_border star_border star_border

Thukha Wady Hospi...
star_border star_border star_border star_border star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

Bawga Theiddhi Ho...
star star star star star