Armenia
Broken clouds
13.85 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI ARMENIA

Armenia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19. Per tanggal 3 April 2020, Kementerian Kesehatan Armenia telah mengumumkan 736 confirmed cases  sementara World Health Organization (WHO) mencatat 640 confirmed cases.

Merespon hal tersebut, Armenia telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa: 

  • Kebijakan Penutupan Perbatasan

State emergency yang diberlakukan selama 1 (satu) bulan mulai 16 Maret 2020 pukul 18.30 sampai dengan 16 April 2020 pukul 17.00.   Armenia telah membentuk  Commission for Coordination of Activities to Prevent the Spread of Coronavirus, yang diketuai oleh Waperdam Tigran Avinyan. 

Armenia dan Georgia sepakat untuk menutup wilayah perbatasannya selama 10 hari (hal ini dapat diperpanjang masanya). Namun WN Armenia atau Georgia diperbolehkan kembali ke negara masing-masing. Penutupan perbatasan juga dilakukan antara Armenia dengan Iran bagi hampir semua pelancong. Beberapa truk angkutan kargo, masih diperbolehkan melintas.

  • Kebijakan Pembatasan bagi Pendatang Asing

WNA yang berasal dari negara-negara dengan tingkat epidemik yang tinggi atau telah melakukan perjalanan ke negara-negara dimaksud dalam 14 hari dilarang untuk memasuki wilayah Armenia.  Daftar negara-negara tersebut akan ditentukan oleh Commandant of the State of Emergency.

Armenia telah melarang masuk warga negara dari 16, diantaranya: China, Iran, Korea Selatan, Jepang, Italia, Spanyol, Perancis, Jerman, Swiss, Denmark, Austria, Belgia, Norwegia, Swedia, Belanda dan Inggris. Bagi warga Armenia yang baru kembali dari 16 negara diatas, diwajibkan karantina selama 14 hari.

  • Kebijakan Penutupan Penerbangan

Per 9 Maret 2020, menutup rute perjalanan darat dan udara dengan Iran setidaknya sampai dengan 24 Maret 2020.  

  • Kebijakan Pembatasan Mobilitas

Pelarangan sementara bagi WN Iran untuk masuk Armenia, dan pencabutan sementara bebas visa bagi WNA Tiongkok dan Iran. 

  • Kebijakan Karantina

Pada 31 Maret 2020, Deputi PM Armenia, Commandant Tigran Avinyan,  menyatakan bahwa pemerintahannya dalam upaya mendeteksi virus COVID 19 sebagaimana mencegah penyebarannya serta mengisolasinya, kebijakannya akan berubah dan langkah-langkah pembatasannya akan semakin ketat dalam 10 hari ke depan.

PM Armenia, Nikol Pashinyan, menyatakan bahwa pemerintah terpaksa memperpanjang masa karantina nasionalnya selama 10 hari ke depan. 


Sehubungan dengan hal-hal di atas, kami mengimbau Anda agar menunda perjalanan ke Armenia kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak dan tidak dapat ditunda. 

Untuk WNI yang saat ini sedang berpergian ke Armenia, diharapkan dapat segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi. 

Bagi Anda yang telah berada di Ukraina agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan KBRI di Kyiv serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19. 

Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline KBRI di Kyiv di nomor (+380503347917) atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel

ARMENIA 

Mencermati kondisi penyebaran COVID-19 di wilayah Ukraina, kebijakan penutupan perbatasan dan penerbangan, kebijakan pembatasan bagi pendatang asing dan mobilitas di dalam negeri, dan kebijakan karantina, kami mengimbau WNI agar menunda perjalanan ke Ukraina. Untuk WNI yang sedang berpergian di Armenia diharapkan untuk segera kembali ke Indonesia. 

Kami juga mengimbau Anda untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan melakukan upaya pencegahan dengan menjaga stamina fisik dan psikis, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rutin mencuci tangan dengan sabun, memakan daging yang dimasak sempurna, mengurangi interaksi di keramaian publik, serta terus memantau informasi yang disampaikan oleh otoritas setempat serta KBRI di Kyiv. 

==============================================================================================

Armenia adalah negara Eropa-Asia yang tidak berbatasan laut (landlock). Negara ini berbatasan dengan Turki di sebelah barat, Georgia di sebelah utara, Azerbaijan disebelah timur, dan Iran serta Eksklave Nakhichevan (yang masih daerah Azerbaijan atau eksklave) di sebelah selatan. Armenia adalah anggota dari Dewan Eropa dan Perserikatan Negara-Negara Merdeka dan selama berabad-abad menjadi daerah lintasan dan penyeberangan daerah timur dan barat.

Kode Telepon:

+374

Zona dan Perbedaan Waktu:

Berada di zona waktu GMT+4. Memiliki perbedaan waktu 3 jam dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C dan F


KBRI Kyiv

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    eVisa / Visa on Arrival (120 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari) Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari) Wajib Visa.

WNI memerlukan visa untuk memasuki Armenia. Pastikan paspor Anda memiliki validitas setidaknya enam bulan dari tanggal yang direncanakan dari kembali ke Indonesia. Visa masuk dan keluar dan hal-hal lain (seperti mata uang, bea cukai, dan peraturan karantina) dapat berubah dalam waktu singkat, Anda harus menghubungi Kedutaan atau Konsulat Armenia terdekat untuk informasi terkini.
Armenia Embassy Jakarta
Jl. Denpasar II, no 49 Kuningan, Jakarta Selatan
No. Telp: +62 21 527 65 49
No. Fax : +62 21 2967 51 66
Email : armindonesiaembassy@mfa.am

A. Umum
Anda dapat mengajukan permohonan untuk visa melalui kedutaan terdekat atau Konsulat Armenia atau e-Visa melalui Kementerian Armenia Luar Negeri sebelum perjalanan. Jika bepergian ke Armenia dengan kereta api dari Georgia, anda harus memiliki visa yang sah sebelum naik kereta. Ada peraturan ketat yang terkait ekspor dan impor senjata api, pornografi dan peralatan komunikasi. Persetujuan dari Menteri Kebudayaan Armenia diperlukan untuk ekspor barang antik dan barang-barang lain yang bisa memiliki nilai sejarah, seperti lukisan, buku-buku lama, dan karpet. Selain itu, kami sarankan Anda menyimpan tanda terima setiap pembelian karena biasanya bukti pembelian tersebut akan diminta petugas ketika anda meninggalkan Armenia.

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas
Pencopetan, kejahatan kecil dan pencurian di kendaraan umum sering terjadi. Pernah terjadi perampokan di kereta api dari Armenia ke Georgia. Ada juga laporan pelecehan, penganiayaan dan pemerasan oleh polisi atau pejabat lokal lainnya.

B. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik
Meskipun umumnya damai, protes di Yerevan, Gyumri dan kota-kota besar lainnya tetap bisa memanas. Anda harus menghindari protes atau demonstrasi besar dan memonitor media untuk mendapatkan informasi terbaru.
Daerah perbatasan Armenia-Azerbaijan: Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan di daerah perbatasan Armenia-Azerbaijan dan gencatan senjata karena bentrokan sporadik. Meskipun 1994 sudah ada gencatan senjata, perbatasan Armenia-Azerbaijan tetap ditutup. Bentrokan dan tembakan terus terjadi sepanjang zona penyangga 5 kilometer antara perbatasan dan garis gencatan senjata. Kendaraan di sepanjang jalan dari Kayan atau Ijevan untuk Noyemberyan sangat rentan. Di zona konflik juga terdpat ranjau darat.
Nagorno-Karabakh: Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah pedalaman Armenia-Azerbaijan yang dikenal sebagai Nagorno-Karabakh dan militer menduduki daerah sekitarnya karena situasi keamanan yang tidak stabil. Pada November 2014, pasukan Azeri menembak jatuh sebuah helikopter militer Armenia dekat garis kontak sekitar Nagorno-Karabakh. Pelanggaran pertama dari gencatan senjata terjadi di April 2016 yang mengakibatkan puluhan korban jiwa dan luka-luka.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana
Setiap orang yang berada di wilayah Armenia, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat. Jika Anda terlibat dalam kasus obat ilegal di Armenia, Anda mungkin akan ditahan dan didenda. Jika Anda berniat untuk membawa obat ke Armenia Anda harus terlebih dahulu menghubungi Kedutaan terdekat atau Konsulat Armenia untuk mengkonfirmasi itu legal di bawah hukum Armenia. Jika Anda bepergian dengan jumlah yang lebih besar dari USD $ 10.000 dalam uang tunai atau cek, bukti yang menyatakan bahwa itu diimpor dan diperoleh secara sah di Armenia. Pabean hanya berlaku ketika mendapat cap dari pejabat pabean. Anda harus membawa fotokopi paspor sebagai tanda pengenal setiap saat. Polisi memiliki hak untuk menghentikan Anda untuk memeriksa dokumen yang Anda bawa. Hukuman untuk pelanggaran narkoba yang berat adalah hukuman kurungan. Dilarang memotret instalasi militer, gedung-gedung pemerintah, monumen dan petugas berseragam. Hubungan sesama jenis legal di Armenia, tetapi tidak diterima secara luas oleh masyarakat.

B. Penangkapan dan Penahanan
Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Armenia adalah Dram Armenia. Penukaran mata uang Dram dapat dilakukan di bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Euro untuk penukaran uang setempat.

Asuransi dan Kesehatan

Sebelum Anda berangkat ke Armenia, kami sangat menyarankan Anda mengambil asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis. Pastikan bahwa asuransi Anda menjamin risiko-risiko yang mungkin akan ditemui selama berada di Armenia dan periksa apa saja kondisi ataupun risiko yang tidak dijamin dalam kebijakan yang tertera. Biaya pengobatan WNI ketika berada di luar negeri adalah tanggung jawab pribadi sebagaimana ketika WNI berada di Indonesia.

A. Wabah Penyakit
Malaria adalah penyakit yang menyebar di daerah perbatasan barat Armenia. Penyakit yang terbawa serangga lainnya juga harus diwaspadai oleh wisatawan. Kami mendorong Anda mengambil langkah-langkah untuk menghindari gigitan serangga, termasuk menggunakan obat nyamuk setiap saat, mengenakan panjang, longgar, berwarna terang pakaian dan memastikan akomodasi anda adalah bukti nyamuk.

B. Bagaimana Cara Mendapatkan Pertolongan?
Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda. Nomor daruat Armenia:

  • Polisi:
  • Ambulans:
  • Pemadam Kebakaran:

Telekomunikasi

KBRI dapat memberikan tambahan terkait telekomunikasi. Termasuk operator telepon seluler dan internet.

Tempat Wisata


Sergei Paradjanov...
star star star star star_half

Arakyan Art Galle...
star_border star_border star_border star_border star_border

Wood-carving muse...
star star star star star_half

State Museum of W...
star star star star star

Ararat Museum
star star star star star_half

Modern Art Museum
star star star star star_half

Yerevan History M...
star star star star star_half

ArteVale Art Gall...
star star star star star

English Park
star star star star star_half

Tsitsernakaberd A...
star star star star star

Missak Manouchian...
star star star star star_half

Yeghishe Charents...
star star star star star_half

Tsitsernakaberd A...
star star star star star_half

Park after Shahum...
star star star star star_half

Ara Sargsyan and ...
star star star star star_half

Nur Art Gallery Y...
star star star star star

Karen Demirchyan ...
star star star star star

Martiros Saryan H...
star star star star star_half

History Museum Of...
star star star star star_half

Maratuk
star star star star star_border

National Gallery ...
star star star star star_half

State Museum of L...
star star star star star_half

Hovhannes Tumanya...
star star star star star_half

Yerevan Brusov St...
star star star star star_half

Первая Пе...
star star star star star_half

Kuliner


AgnesCakes
star star star star star_half

Nor Dzoraberd
star star star star star_half

Fresca
star star star star star_half

Tabcof coffee sho...
star star star star star

Team Time
star star star star star_half

Le Cafe de Paris
star star star star star_half

star star star star star

Biscuit Bakery
star star star star_half star_border

Կարաս ազգ...
star star star star star_half

Coffee Point
star star star star star_half

The Green Bean
star star star star star_half

belmoca
star star star star star

Segafredo
star star star star star_half

Eywa Fresh & Waff...
star star star star star_half

Coffeeshop Compan...
star star star star star_half

Mono Patisserie
star star star star star_half

YerevanResto Proj...
star star star star star_half

Jazzve Cafe
star star star star star_half

Georgian Puri Sho...
star star star star star

Ingredient
star star star star star_half

Ararat Restaurant
star star star star star_half

Pandok Yerevan
star star star star star_half

Jazzve Cafe
star star star star_half star_border

Square One
star star star star star_border

Tiziano
star star star star star_half

Tempat Ibadah


star star star star star_half

Blue Mosque
star star star star star_half

"CHRISTIAN RELIGI...
star star star star_half star_border

Зал Царст...
star star star star_half star_border

St. Hovhannes Chu...
star star star star star_half

Հիսուս Քր...
star star star star star

Yerevan Internati...
star star star star star_half

Evangelical Churc...
star star star star star_half

Holy Mother of Go...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


star star star star star_half

MIM
star star star star star

Mersum Massage
star star star star star_border

Alfapharm
star star star star star

Alfa Pharm
star star star star_half star_border

Spine Surgery
star star star star_half star_border

Yenokyan Aestheti...
star star star star star

Helios Podology
star star star star star

Da Vinci Clinic
star star star star star_half

Stomotologia
star_border star_border star_border star_border star_border

Alfa Pharm
star star star star star_half

Plastics.am - Cen...
star_border star_border star_border star_border star_border

Maletti medical c...
star_border star_border star_border star_border star_border

Gedeon Richter Ph...
star star star star star_half

Natali Pharm
star star star star_half star_border

My City Dentist
star star star star star_half

Gedeon Richter Ph...
star star star star star_half

Gedeon Richter Ph...
star star star star star_half

Alfapharm
star star star star star_border

Gedeon Richter Ph...
star star star star star_half

Helios
star star star star star_half

Alfapharm
star star star star star_border

Alfa Pharm
star star star star star_border

Alfa Pharm
star star star star star_half

Alfa-Pharm
star star star star star_border