Mali
Few clouds
35.2 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI MALI

Mali merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19. Berdasarkan data WHO hingga tanggal 21 Juni 2020 Mali memiliki 1933 confirmed cases. Merespon hal tersebut, Mali telah menerapkan:

Penetapan status darurat COVID-19: 

      Pada 26 Maret 2020, Pemerintah Mali mengeluarkan dekrit presiden yang menyatakan negara dalam keadaan darurat dan akan diberlakukan jam malam mulai dari jam 21.00 sampai 05.00, serta menutup semua perbatasan darat Mali kecuali lalu lintas logistik. 

Kebijakan penutupan perbatasan: 

  • Per 17 Maret 2020, membekukan semua penerbangan komersial yang berlaku hingga 31 Mei 2020 kecuali kargo dan pada 26 Maret 2020, Pemerintah Mali menutup semua perbatasan darat kecuali untuk lalu lintas logistik. 

Kebijakan pembatasan bagi pendatang asing: 

     Per 17 Maret 2020, membekukan semua penerbangan komersial yang berlaku hingga 31 Mei 2020 kecuali kargo dan pada 26 Maret 2020, Pemerintah Mali menutup semua perbatasan darat kecuali untuk lalu lintas logistik. 

Kebijakan penutupan penerbangan: 

       - Per 17 Maret 2020, membekukan semua penerbangan komersial yang berlaku hingga 31 Mei 2020 kecuali kargo dan pada 26 Maret 2020, Pemerintah Mali menutup semua perbatasan darat kecuali untuk lalu lintas logistik. 

Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara: 

  • Menutup semua sekolah
  • Membekukan semua perhimpunan publik lebih dari 50 orang
  • Menutup kelab malam dan diskotik
  • Menutup semua fasilitas olahraga umum. 
  • Menangguhkan keterlibatan pejabat Mali dalam pertemuan di negara terdampat COVID-19
  • Menangguhkan pelaksanaan kegiatan besar di Mali 
  • Pemberlakuan jam malam mulai pukul 21.00 - 05.00 yang berlaku sejak 26 Maret 2020 
  • Pada 9 Mei 2020, Pemerintah Mali untuk mencabut ketentuan jam malam, meskipun sebagai gantinya mewajibkan penggunaan masker dan mempertahankan penutupan semua tingkatan sekolah hingga 2 Juni 2020. 
  • Pada 2 Juni 2020, Pemerintah Mali memutuskan untuk tetap membuka sekolah bagi siswa yang akan menghadapi ujian nasional pada 2 Juni 2020 dengan beberapa kebijakan preventif antara lain diwajibkan untuk menggunakan masker bagi guru dan siswa, pembatasan jumlah murid dalam 1 kelas dan pemberlakuan social distancing. Walaupun demikian, kebijakan ini banyak ditentang oleh orang tua siswa dan guru di mana guru akan melakukan demonstrasi minggu ini. 
  • Komisi Tingkat Menteri untuk Koordiinasi Perhubungan dan Perdagangan ECOWAS telah mengadakan pertemuan virtual pada 12 dan 16 Juni 2020 yang menghasilkan sejumlah rekomendasi bagi negara anggota ECOWAS antara lain terkait pembukaan perbatasan darat dan udara yang diusulkan untuk dilakukan dalam 3 tahap yaitu :

a, Fase pertama : Pembukaan internal, yaitu pembukaan bandar udara untuk penerbangan domestik dan pencabutan pembatasan atas perhubungan darat domestik di masing-masing negara anggota ECOWAS pada akhir Juni 2020

b. Fase kedua : pembukaan perbatasan darat, udara, dan laut antar anggota ECOWAS dalam paruh pertama Juli 2020, paling lambat 15 Juli 2020

c. Fase ketiga : pembukan perbatasan darat dan udara dari negara anggota ECOWAS ke negara lain yang tingkat penularan Covid-19 tidak terlalu tinggi dalam paruh kedua Juli 2020, paling lambat 31 Juli 2020 

  • Pemerintah Mali dalam menghadapi dampak ekonomi akibat Covid-19 telah membuat kebijakan yaitu:

1) Memperbarui rencana darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan memperkuat kapasitas perawatan medisnya dalam kerja sama dengan WHO yang akan menelan biaya sekitar 34 miliar franc CFA (0,3 persen dari GDP)

2) Bekerja sama dengan Bank Dunia untuk meningkatkan kapasitas perawatan medisnya terutama dalam hal peralatan medis (respirator, fasilitas karantina, dsb.)

3) Menjajaki opsi untuk memberikan dukungan yang ditargetkan kepada segmen populasi yang paling rentan termasuk dengan mengisi kembali stok ketahanan pangan nasional dan ke sektor swasta. 

4) Pada 13 April 2020, IMF mengumumkan kebijakan baru yaitu penghapusan utang selama 6 bulan bagi negara-negara yang mendapatkan bantuan dari IMF melalui Dana Perwalian Bantuan dan Respon Bencana (ARF Trust Fund) yang memungkinkan IMF untuk melakukan pengurangan hutang dalam bentuk hibah kepada negara-negara yang mendapatkan bantuan dari IMF termasuk Mali

5) Seluruh pegawai pemerintah akan menyumbangkan 1 bulan gaji 

6) Presiden Mali akan menyumbangkan gaji selama 3 bulan

7) Perdana Menteri akan menyumbangkan gaji selama 2 bulan

8) Tenaga kesehatan akan diberikan insentif khusus

9)Pasukan keamanan yang ditugaskan untuk menjaga selama masa jam malam dan tempat-tempat tertentu akan mendapatkan insentif

10)Perusahaan tekstil baik besar maupun kecil termasuk penjahit individu akan memproduksi masker dalam jumlah besar

11)Program 1 warga Mali, 1 Masker telah diluncurkan dimulai dengan pengiriman 200 juta masker yang dapat dicuci 

12)Pemerintah akan menganggarkan dana khusus untuk keluarga yang terdampak sebesar 100 miliar Franc CFA

13)Pengurangan basis pajak untuk barang kebutuhan pokok terutama beras dan susu

14)Pemerintah akan menggratiskan tagihan listrik dan air pada bulan April-Mei bagi penduduk miskin.

15)Pembebasan pajak pertambahan nilai untuk semua pelanggan air dan listrik selama 3 bulan dari April-Juni

16)Pemerintah akan mendistribusikan 56.000 ton sereal dan 16.000 ton pakan ternak bagi warga yang sangat membutuhkan

17)Alokasi anggaran akan ditinjau ulang

18)Prioritas investasi akan ditinjau dan dana yang disiapkan akan dikelola dengan cermat di bawah pengawasan Kepala Pemerintah

19)Dana jaminan sektor swasta akan dijamin pemerintah sebesar 20 miliar franc CFA untuk membiayai sektor kecil dan menengah yang terdampak pandemi

20)Pemotongan pajak kepada sektor yang terdampak seperti industri pariwisata (hotel, jasa perjalanan, katering), budaya dan transportasi

21)Kredit semua perusahaan yang terdampak Covid-19 akan direstrukturisasi

22)Jam buka dan tutup pasar telah ditinjau ulang dan akan diumumkan ke depannya. 

23) Mali telah menerbitkan surat hutang senilai USD 190 miliar franc CFA (USD 312 juta) 

24) Pada 19 Mei 2020, Mali menjadi negara pertama di Afrika yang memperoleh manfaat dari penundaan sementara pembayaran bunga hutang sebagai hasil keputusan Paris Club dari  1 Mei - 31 Desember 2020. Paris Club merupakan bagian dari inisiatif G-20 bagi moratorium pembayaran bunga hutang bagi 77 negara miskin guna dapat mengatasi krisis ekonomi akibat Covid-19.

25) Penundaan tersebut akan menghemat sekitar 23 miliar franc CFA (USD 38,3 juta) bagi Mali yang akan dibayar kembali dalam jangka waktu 4 tahun  dari akhir masa penundaan pembayaran

Kebijakan karantina:

  • Penderita COVID-19 akan dirawat di tempat yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. 
  • Koordinasi ketat akan dilakukan dengan kedutaan-kedutaan besar, MINUSMA, Operasi Barkhane, Misi Pelatihan Uni Eropa dan organisasi-organisasi internasional guna pencegahan dan penanganan kasus.


Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Mali apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Mali agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline KBRI Dakar di nomor  +221 78 637 14 74 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mali adalah negara berbentuk republik semi-presidensial. Terletak di benua Afrika, tepatnya di kawasan Afrika Barat, Mali berbatasan dengan negara-negara Senegal dan Mauritania di sebelah timur, Aljazair di sebelah utara, Guinea dan Pantai Gading di selatan, serta Burkina Faso dan Niger di sebelah barat.

Kode Telepon:

+223

Zona dan Perbedaan Waktu:

Mali berada di zona waktu GMT +0. Waktu di Bamako adalah lebih lambat 7 jam dari Jakarta (WIB).

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C dan E


KBRI Dakar

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

  • Pastikan Paspor RI Anda memiliki masa berlaku minimal 6 bulan.
  • Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Kedutaan Besar Mali di New Delhi, India. Namun demikian, sebagai informasi, pemrosesan visa membutuhkan waktu lima hari kerja. Biaya visa sebesar INR (Rupee India) 3595 (untuk kunjungan wisata) dan INR 10566 (untuk kunjungan bisnis).

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai visa menuju Mali, Anda dapat menghubungi:

Embassy of Republic of Mali di New Delhi (akreditasi ke Indonesia)

A 2/29, Safdarjung Enclave

New Delhi 110029, India

No. Telp : (91-11) 410 90624

No. Fax : (91-11) 410 90625

E-mail : info@maliembassy.co.in

 

A. Umum

  • Pastikan Anda memiliki ijin yang sah untuk alasan menetap, bekerja, ataupun keperluan lainnya.
  • Surat keterangan bebas penyakit yellow fever (demam kuning) dibutuhkan untuk masuk ke dan keluar dari Mali. Mali sendiri oleh WHO masih terdaftar sebagai negara endemik demam kuning.
  • Simpan Paspor dan dokumen berharga Anda, dikarenakan data identitas mungkin saja digunakan untuk tindak kriminal. Apabila Paspor dan dokumen penting Anda hilang, tercecer atau dicuri segera lapor polisi setempat dan hubungi Perwakilan RI terdekat.

B. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui

  • Anda tidak diperkenankan untuk membawa masuk bibit tumbuhan, tumbuhan, dan seranggga ke dalam Mali. Anda juga tidak diperbolehkan membawa keluar barang yang terbuat dari spesies hewan dan tumbuhan langka.
  • Jika Anda kehilangan paspor Anda di Mali, segera hubungi KBRI Dakar.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Terjadi kenaikan serangan teroris di Mali sejak tahun 2015. Sementara situasi keamanan di wilayah utara Mali, Bamako, dan wilayah yang berbatasan dengan Mauritania masih berbahaya dan bergejolak. Situasi di wilayah selatan lebih tenang. Serangan yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah selatan dan tengah menunjukkan situasi keamanan di wilayah utara yang semakin memburuk. Kebanyakan serangan teroris ditujukan ke pasukan keamanan dan penjaga perdamaian PBB (MINUSMA), namun serangan juga disasar ke tempat-tempat yang sering dikunjungi para ekspatriat. Serangan yang akhir-akhir ini terjadi:

  • 20 Nopember 2015, beberapa orang bersenjata menyandera penghuni di Hotel Radisson Blu di Bamako. Setidaknya 19 orang terbunuh.
  • 12 Februari 2016, beberapa anggota pasukan penjaga perdamaian terbunuh dalam suatu serangan ke pangkalan PBB di Kidal.
  • 21 Maret 2016, serangan senjata ringan dan granat ke Markas EU Training Mission di Hotel Nord Sud, Bamako.
  • 19 Juli 2016, 17 orang terbunuh dan 35 orang luka-luka karena serangan oleh teroris bersenjata di pangkalan tentara Mali di Nampala, Distrik Segou.

Target terorisme seringkali termasuk tempat-tempat yang diidentifikasi ada kaitan dengan kepentingan asing, seperti kedutaan besar, sekolah internasional, operasi pertambangan, dan tempat-tempat yang sering dikunjungi para ekspatriat seperti restoran dan hotel.

B. Kriminalitas

  • Pencopetan dan pencurian umum terjadi di wilayah urban di Mali. Di wilayah utara Mali, aksi bandit bersenjata, penculikan, dan pembajakan kendaraan juga terjadi (kendaraan umum 4WD yang disasar). Bandit banyak beraksi di wilayah pedalaman yang jauh.
  • Penipuan uang dari internet sering terjadi dan berasal dari negara-negara di kawasan Afrika Barat. Jika Anda menjadi korban penipuan semacam ini, disarankan jangan pergi ke negara-negara ini untuk minta pengembalian karena terdapat resiko kekerasan fisik dari para pelaku.
  • Penculikan: Terdapat ancaman aksi penculikan yang tinggi terhadap warga negara asing di seluruh Mali, termasuk di wilayah selatan. Beberapa kelompok teroris aktif di Mali dan mempunyai keinginan serta kemampuan untuk menculik orang asing. Geng-geng kriminal juga melakukan aksi penculikan bagi kelompok teroris demi mendapatkan keuntungan finansial. Orang asing, pekerja di pertambangan, dan LSM kemungkinan menjadi sasaran penculikan.
  • Beberapa insiden terkait penculikan adalah pada tanggal 8 Januari 2016, seorang warga negara Swiss diculik di kota Timbuktu dan pada tanggal 2 November 2013, dua orang wartawan Prancis diculik di kota Kidal (timur laut Mali) dan kemudian ditemukan terbunuh. Karena ancaman penculikan yang tinggi, diimbau untuk mencari jasa keamanan profesional dan menerapkan langkah-langkah keselamatan pribadi yang memadai.

 

C. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

  • Hindari reli politik, aksi protes, atau kerumunan massa karena hal ini bisa beralih menjadi huru hara. Jika Anda berada di area yang menjadi tempat demonstrasi, segera tinggalkan tempat tersebut.
  • Selalu berada di dalam gedung dan jauhi jendela.
  • Kontak senjata antara pasukan militer dan kelompok pemberontak dan teroris sering terjadi di wilayah utara Mali. Situasi di utara Mali tetap bergejolak.
  • Checkpoints dan roadblocks terdapat di jalan-jalan untuk kepentingan pengecekan, serta jam malam sering diterapkan tanpa diumumkan. Diimbau untuk tetap menyimpan dokumen kendaraan dan dokumen/ID pribadi dengan Anda sepanjang waktu ketika melakukan perjalanan darat.
  • Apabila terjadi kerusuhan, segera amankan diri terlebih dahulu serta hubungi Perwakilan RI terdekat.

 

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Musim penghujan di bulan Juni hingga September sering menyebabkan banjir.

 

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Pada bulan Maret 2012, anggota militer Mali melakukan kudeta. Pada bulan April 2012, kelompok pemberontak dan teroris mengambil alih kendali di wilayah bagian utara (Gao, Kidal, dan Timbuktu) dan sebagian wilayah Mopti. Prancis dan sebagian negara Afrika mengirimkan pasukan ke Mali pada tahun 2013. Misi Internasional Afrika ini kemudan bertransisi menjadi Misi Perdamaian PBB dengan nama United National Multidimensional Integrated Stabilisation Mission in Mali (MINUSMA) pada tanggal 1 Juli 2013.
  • Pemilihan presiden telah dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2013, dan Ibrahim Boubacar Keita diambil sumpah jabatan sebagai Presiden Mali di bulan September 2013. Pemilihan legislatif kemudian diadakan pada bulan November dan Desember 2013. Pemerintah Mali dan kelompok pemberontak kemudian menandatangani perjanjian damai pada bulan Juni 2015. Namun demikian, situasi politik dan keamanan tetap tidak dapat diprediksi dan bisa memburuk dengan cepat.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

Setiap orang yang berada di wilayah Mali, termasuk WNI, harus hormat dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

 

A.Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

 

B. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Perlu diperhatikan bahwa membawa atau memiliki narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya dapat dihukum berat. Kejahatan serius seperti pembunuhan, hasutan, aksi spionase/mata-mata dapat dihukum mati.

 

C. Hukum Lainnya

Otorisasi tertulis dari Museum Nasional di Bamako diperlukan untuk pembelian dan atau membawa keluar obyek arkeologi dari Mali.

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang Mali adalah Franc CFA (XOF). Mata uang Rupiah (IDR) tidak dapat ditukarkan menjadi mata uang setempat.
  • Kartu kredit diterima di hotel-hotel berbintang di Bamako, namun jarang di luar Bamako.
  • Fasilitas ATM di Mali juga terbatas. Money Changer dapat ditemui ditempat-tempat umum.

 

Asuransi dan Kesehatan

Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi Anda akan melindungi Anda selama Anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis. Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis di luar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan. Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

 

A.Wabah Penyakit

  • Penyakit yellow fever (demam kuning) masih menjadi endemik di Mali. Penyakit yang dibawa oleh nyamuk ini berpotensi fatal namun bisa dicegah dengan vaksinasi.
  • Penyakit malaria masih menjadi risiko kesehatan sepanjang tahun di Mali dan penyakit yang dibawa nyamuk seperti demam berdarah dengue juga sering menjangkiti. Jangan sampai Anda tergigit oleh nyamuk, dan untuk itu pastikan tempat penginapan Anda bebas nyamuk, memakai pakaian yang longgar dan panjang serta berwarna terang, atau memakai krim anti nyamuk.
  • Pada akhir 2014, enam orang meninggal di Mali karena Ebola, namun wabah tersebut saat ini sudah berakhir.
  • Apabila terkena demam atau diare, segera temui dokter. Direkomendasikan minum dari air yang sudah dimasak atau minum air botol kemasan, hindari es batu atau makanan mentah.

 

B. Fasilitas Medis

Fasilitas kesehatan di Bamako sangat terbatas dan hanya menyediakan pelayanan dasar di daerah pedalaman. Uang muka yang sangat tinggi biasanya harus dibayarkan dulu sebelum tindakan medis dapat dilaksanakan. Apabila menderita penyakit serius atau darurat, evakuasi medis ke tempat yang lebih memadai disarankan.

 

C. Cara Mendapatkan Pertolongan

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

Nomor darurat Mali:

  • Polisi – tekan 8000 1114 / 8000 1115 / 2022 1335 / 2023 9515 / 2023 9511

Telekomunikasi

Hubungi operator seluler Anda untuk mengetahui kerja sama roaming dengan penyedia seluler di Mali. Biaya roaming data umumnya dikenakan biaya yang tidak sedikit. Terdapat jaringan telepon selular dengan operator lokal yaitu Orange dan Sotellma.

Tempat Wisata


Prosper Kamara
star star star star star

Place de l'O.M.V....
star_border star_border star_border star_border star_border

National museum I...
star star star star_half star_border

Musée de Bamako
star star star star_half star_border

Plaza De La Liber...
star star star star star_border

Bactar Mbabi Achi...
star star star star_half star_border

Cinquantenaire Ga...
star star star star star_border

Maison De La Pres...
star star star star_half star_border

National Museum
star star star star star_border

Mali National Par...
star star star star star_half

Botanical Garden
star_border star_border star_border star_border star_border

Zoo de Bamako
star star star star star_border

Obelisk Roundabou...
star star star star star_border

Ali Farka Toure M...
star star star star_half star_border

Le LAC de Lassa
star star star star_half star_border

Les Papillons Gar...
star star star star_half star_border

LUNA PARC
star star star star_half star_border

Children's Parlia...
star star star star_half star_border

Tour Of Africa
star star star star_half star_border

Centre de Formati...
star star star star_half star_border

Kuliner


Restaurant Grand ...
star star star star star_half

MISTRAL
star_border star_border star_border star_border star_border

Restaurant Chinoi...
star star star_half star_border star_border

Restaurant Sabuny...
star star star star_half star_border

Times Square Bama...
star star star star_half star_border

Tempo
star star star star_border star_border

Restaurant BOL DE...
star star star star_half star_border

Resto Bafing
star star star star star_half

Jaopraya Restaura...
star star star star_half star_border

Phoenicia Pâtiss...
star star star star star_half

Café du JARDIN
star star star star star_half

Bathily bazin
star star star star_half star_border

Belvédère
star star star star star_border

jcs
star star star star_half star_border

Café des arts
star star star star_half star_border

L’Escale Gourma...
star star star star star_half

West Africa Fried...
star star star star_half star_border

Ba Djelika Boulan...
star star star star_half star_border

Restaurant Aux Gr...
star star star star_half star_border

Boulangerie Pâti...
star star star_half star_border star_border

Amandine
star star star star_half star_border

DIAMOU Boulangeri...
star star star star_half star_border

Pékin
star star star star star_half

La Casa Du Fleuve
star star star star_half star_border

Résidence KOME
star star star star star_border

Tempat Ibadah


Mosquée YARA, AA...
star star star star star_half

Paroisse Sacrée ...
star star star star star_half

Mosquée Yacouba ...
star star star star star_half

Cathédrale du Sa...
star star star star star_half

Sacred Heart Cath...
star star star star star_border

Mosquée Base B
star star star star_half star_border

Mosquée Dravela ...
star star star star star_border

Mosquée de DARSA...
star star star star_half star_border

Grande Mosquée d...
star star star star star_half

Centre Islamique ...
star star star star star_half

Mosquée Bagadadj...
star star star star_half star_border

Bamana Missiri
star star star star star_half

Grande Mosquée d...
star star star star star_half

La Mosquée Fila-...
star star star star star_border

Mosquée De Niare...
star star star star star_half

Mosquée Flamisir...
star star star star star_half

star star star star star_border

Mosquée du Quart...
star star star star_half star_border

Eglise Catholique...
star star star star_half star_border

Mosquée de Ntomi...
star star star star_half star_border

Paroisse de Badal...
star star star star_half star_border

Mosquée De Missi...
star star star star star_half

star star star star_half star_border

Mosquée Quartier...
star star star star star_half

1001 Wonders
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Sirakoro Néguét...
star star star star star_half

Samanko Post Cure
star_border star_border star_border star_border star_border

Ghabriel Toure
star_border star_border star_border star_border star_border

Famille Bocoum
star_border star_border star_border star_border star_border

PHARMACIE DE LA C...
star star star star star

Pharmacie Officin...
star star star star star_half

Pharmacie De La N...
star star star star_half star_border

Pharmacie Populai...
star star star star star_half

Odontologie Et St...
star star star star star

Centre Médico-So...
star_border star_border star_border star_border star_border

Cabinet dentaire ...
star star star star star_border

Centre Medical So...
star_border star_border star_border star_border star_border

Pharmacie Bouleva...
star star star star_border star_border

Medical Center Fr...
star star star star star_border

Pharmacie Kofan
star star_border star_border star_border star_border

Institut Merieux ...
star star star star_border star_border

Center Diagnostic...
star star star star star_half

Pharmacie Melina
star star star star star

Pharmacie Cheick ...
star star star star_border star_border

Pharmacie Babemba
star star star star_half star_border

Traditional Medic...
star star star star star

Cabinet De Radiol...
star star star star star_border

ABOSAC
star star star star star_border

Centre Hospitalo-...
star star star star star_border

Gabriel Toure Uni...
star star star star_half star_border