Wilayah Kosovo
Few clouds
23.74 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI WILAYAH KOSOVO

Kosovo merupakan salah satu wilayah yang memiliki kasus COVID-19. Per tanggal 1 Juni 2020, World Health Organization (WHO) mencatat 1.046 confirmed cases.

Terkait hal tersebut, Kosovo telah mengumumkan keadaan darurat / State of Emergency pada 15 Maret 2020 yang menghasilkan berbagai kebijakan yang dapat berdampak pada perjalanan Anda diantaranya:

  • Kebijakan penutupan perbatasan

Menutup seluruh perbatasan Kosovo,

  • Kebijakan pembatasan bagi pendatang asing

Kosovo melarang WN asing untuk memasuki Kosovo, kecuali warga Kosovo. 

  • Kebijakan penutupan penerbangan

Menutup semua penerbangan internasional. Adapun, Kosovo hanya memperbolehkan penerbangan militer dan penerbangan yang mengangkut obat-obatan serta kebutuhan dasar. 

  • Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara

Melarang keluar rumah pukul 17.00 - 06.00, dan menghentikan sementara transportasi umum.Menutup seluruh kafe, bar, restoran, dan took retail, kecuali yang berhubungan dengan kebutuhan dasar dan obat-obatan. 

  • Kebijakan karantina

Keharusan untuk masuk karantina selama 15 hari bagi semua orang (termasuk warga Kosovo) yang masuk ke wilayah Kosovo.Sebagai informasi, upaya-upaya tersebut di atas saat ini tengah menjadi perdebatan nasional yang mengakibatkan krisis politik di Kosovo. Untuk itu, perlu kiranya mengantisipasi perubahan kebijakan sewaktu-swaktu.Catatan:

  • Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Kosovo.
  • Selama ini, Indonesia senantiasa menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Serbia terkait sengketa dengan Kosovo.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Kosovo apabila tidak mendesak.

Bagi Anda yang telah berada di Kawasan Kosovo agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.

Dalam kondisi darurat silakan menghubungi hotline KBRI Beograd di nomor +381-113635666 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

 


KBRI Beograd

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa Kosovo tidak memiliki Kedutaan Besar di Indonesia. Adapun, untuk pengajuan visa bagi paspor biasa/regular, hanya dapat diajukan di Kedubes Kosovo di negara terdekat.
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

Kosovo tidak memiliki Kedutaan Besar di Indonesia. Adapun, untuk pengajuan visa bagi paspor biasa/regular, hanya dapat diajukan di Kedubes Kosovo di negara terdekat.

Keselamatan dan Keamanan

  • Kejahatan kecil seperti pencopetan dan perampasan tas dapat terjadi. Penjahat diketahui menargetkan orang asing di tempat-tempat ramai termasuk pasar dan transportasi umum.
  • Tindak pidana kekerasan sering dikaitkan dengan kejahatan terorganisir dan tidak ditujukan pada orang asing. Namun, beberapa serangan kekerasan dan berakibat fatal telah terjadi terhadap orang asing. Situasi yang berisiko lebih tinggi terjadi di dekat daerah klub malam dan bar pada larut malam.
  •  Terdapat pula penipuan kartu kredit umum. Berhati-hatilah untuk melindungi kartu kredit dan PIN setiap saat. Anda harus menjaga kartu kredit Anda selama transaksi.
  • Hindari wilayah Utara Kosovo yang memiliki ketegangan antar komunitas.
  • Terdapat potensi konflik terkait sengketa antara Kosovo dengan Republik Serbia. Sebagai catatan, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada Februari 2008. Dalam hal ini Serbia tidak mengakui kemerdekaan Kosovo tersebut. Dengan demikian dan situasi politik keamanan di wilayah ini tidak dapat diprediksi.
  • Selain itu terdapat bahaya mengenai ranjau darat meledak, yang tersisa dari konflik tahun 1999 di Kosovo dan di Serbia selatan.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Kosovo, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Anda merupakan subyek hukum wilayah setempat dan wajib mematuhinya. Pelajari hukum setempat sebelum melakukan perjalanan. Pelanggaran atas hukum setempat dapat berakibat pada deportasi, penangkapan, penahanan, dan pemidanaan.
  • Dalam hal ini Anda ditangkap, ditahan, atau dipenjara, aparat setempat seringkali terlambat memberitahukan kepada Perwakilan RI. Oleh karenanya, apabila Anda ditangkap, ditahan, atau dipenjara, agar meminta aparat setempat untuk segera secepatnya dihubungkan dengan Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal Anda diberikan akses untuk menggunakan Safe Travel, agar segera menggunakan tombol darurat untuk menghubungi Perwakilan RI terdekat.

Mata Uang dan Penukaran

A. Mata Uang yang Berlaku

Mata uang resmi wilayah Kosovo adalah Euro (EUR).

B. Penukaran Mata Uang

 Penukaran mata uang Euro dapat dilakukan di bandara atau di daerah sekitar hotel besar.

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata

Tidak ada tempat wisata

Kuliner

Tidak ada tempat kuliner

Tempat Ibadah

Tidak ada tempat ibadah

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan