TINGKAT KEWASPADAAN PERJALANAN KE SINGAPURA DINAIKKAN MENJADI KUNING
message 23 screen_share 2949

Merespon perkembangan penyebaran virus Corona baru (2019-nCoV) di Singapura, status tingkat kewaspadaan perjalanan ditingkatkan menjadi Kuning.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengimbau Anda yang sedang dan/atau akan berpergian ke Singapura untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan berbagai langkah pencegahan transmisi wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) seperti antara lain: menjaga stamina fisik dan psikis, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin mencuci tangan, menggunakan masker, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari interaksi dengan keramaian publik.

Apabila mengalami permasalahan darurat saat berada di Singapura, Anda dapat menghubungi hotline KBRI Singapura di nomor: +65 92953964.

Dalam kondisi darurat, anda juga dapat menggunakan Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri untuk menghubungi Perwakilan RI dimaksud.

Pada tanggal 7 Februari 2020, Kementerian Kesehatan Singapura (MoH) telah meningkatkan penilaian risiko Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON) dari warna kuning menjadi warna oranye. Penetapan ini didasari atas terkonfirmasinya tambahan kasus yang terinfeksi 2019-nCoV di Singapura serta adanya fakta bahwa beberapa kasus infeksi tersebut bersifat lokal yang tidak memiliki hubungan dengan kasus sebelumnya atau tidak memiliki riwayat perjalanan ke RRT.

Dengan penetapan indikator DORSCON menjadi warna oranye tersebut, wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) telah dikategorikan sebagai virus yang berbahaya sehingga pemerintah Singapura akan melakukan berbagai langkah penanganan dan pencegahan guna mengurangi risiko transmisi virus lebih lanjut.

 

Sumber foto: cnbc.com

Share on :


Hendra Setyawan Gunawan

tgl.15Feb 2020 tiba di Changi airport terminal 3 Singapore dalam kondisi sehat walafiat


Roni Ardinugroho

sedikit cerita perjalanan saya jogja-singapore-tanjungpinang hr ini tgl 14 feb, di bandara dan pelabuhan ferry ada alat scanner suhu tubuh, jd yg kiranya sedang sakit atau kurang fit baiknya ditunda aja, petugas imigrasi byk yg ga pake masker begitu jg dg warga sekitar, yg pake masker sepertiny org yg lgsg berinteraksi dg masy seperti driver, helper, cust.servis. aktifitas masih normal namun memang kondisi lebih sepi dari biasanya, menurut sy masih aman tp memang hrs waspada, jaga kondisi badan dan kebersihan, selalu bersihkan tangan (yg simpel pake hand sanitizer) jika pegang2 fasilitas umum, jgn sembarangan kucek mata, ngupil, atau gigit jari, hindari keramaian, dan pakai masker terutama jika berinteraksi dg org asing. saya sih yakin orang indonesia kuat2.....hehe


Abellia Ginsha Nugroho

saya akan berpergian tgl 20 bulan ini.apakah masih dalam level aman.mohon info nya yang saat ini berada d singapore


Annisa Khumaira

posisi saya sekarang di singapura, keadaan masyarakat seperti biasa bahkan di ruang publik banyak yang tidak pakai masker. untuk yang mau berkunjung di tanggal 20, Saya rasa aman asal perbatasan tidak ditutup.


Syanu Rachmad Ramadani

Itu tanya Kak Siti Luthfi, jadi brgkt kah kak pagi ini? gmn Singapore aman? kalo teman saya disana aman2 aja sih, hanya dhimbau menggunakan masker di tempat publik.


Anindya Ayuning Tyas

saya ada rencana ke Singapura di tgl 20 Maret, rencana hanya transit sekitar 10 jam untuk next flight, apakah aman kira kira?


Kurniawan Naro

sabtu ini rencana mau kesana,apakah ada Info terbaru mba?


Rika Mukhlisina

mungkin jika mau lihat kondisi singapore, blh di lihat di ig saya @twiddlingtwig sengaja saya taro di highlight ,, semoga membantu


Siti Luthfi Alfiatin

jumat pagi jadwal ke terbang.. kol jd galau y


Rika Mukhlisina

klo di bilang aman ya memang blm mengkhawatirkan sih,, byk sekali saya lihat masyarakat, wisatawan di tmpt umum spt mall, mrt ,tmpt wisaya yg tdk menggunakan masker ,mereka terlihat santai. bahkan anak2 sekolah pun byk yg tdk menggunakan masker.


Fitriya Firanti

mb Rika, jd hr ini di Sin masih aman terkendali yo mb tidak seperti yg diberitakan bahwa sdh mengkhawatirkan y mb?


riksa wahyuningtyas

Saya juga ada rencana ke SG tgl 14 ini tpi masih ragu reschedule atau tdk, makasih mbak Rika infonya tlng update trs ya mbak ??


Rika Mukhlisina

seandainya memang sudah tidak blh di kunjungi akan ada peringatan dr pihak kemenlu,kemarin tanya2 petugas bandara soete mereka bilang msh amam


Rika Mukhlisina

hari ke 2 disini,,aktifitas masyarakatnya normal, tdk ada kepanikan gmn2, mereka hanya disarankan menghindari keramaian jika dirasa tidak perlu. ditempat2 wisata msh ramai pengunjung dr berbagai negara.


Aro Fard Ian

sudah orange, masuk dalam list negara yg mengkhawatirkan klo dikunjungin


Diah Wahyuningsih

Kalau cuma transit sekitar 1-2 jam, kira2 aman ga ya ?


Rika Mukhlisina

situasi bandara normal2 aja tpi memang agak sepi, ada mesin pemindai suhu badan, utk pemakaian masker spt nya tdk terlalu heboh, krn byk petugas bandara,petugas counter2 , para penumpang msh santai ga pake masker. sementara itu aja sih,,


Lyan Dwi Pangestu

iya sama, saya tanggal 18 berangkat, masih aman gak ya?


elisabeth jolanda manuputty

mba Rika, tolong update gimana situasi di sana ya karena saya ada rencana mau liburan akhir Februari tapi mau lihat situasi juga ??


Rika Mukhlisina

ada jadwal ke sana senin..agak cemas


ayi normaniati

smogaa april sudah mereda...


prasma prasma

tidak disangka Singapura bisa kuning


yudhi tio

waspadalah