Kenya
Light rain
17.59 °C

Informasi Umum

Kode Telepon:

+254

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Kenya berada di Zona GMT +3. Waktu di Nairobi adalah 4 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G (Voltase 220/240 V)


KBRI Nairobi

Persyaratan Masuk/Keluar

Kenya telah memperbaharui sistem proses visa dan memperkenalkan portal e-visa untuk turis dan pengunjung. Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 (enam) bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Kenya berhak menolak aplikasi permohonan visa anda.

Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Kenya.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Kenya, anda dapat menghubungi:

Kenya Honorary Consul in Jakarta

Bellagio Office Park,

OL2/30-32 Mega Kuningan

Jakarta 12950

No. Tel. : +62-21-2954-2704

No. Faks. : +62-21-2954-2705

e-mail : info@consulatekenya.org becky@kenyaconsulateid.org

situs : http://consulatekenya.org/

A. Umum

Kebijakan visa dan peraturan terkait lainnya (jumlah mata uang, bea cukai dan peraturan karantina) dapat berubah sewaktu-waktu. Anda diharapkan menghubungi Perwakilan Kenya terdekat (untuk Indonesia dirangkap oleh Kedutaan Besar Kenya di Malaysia) untuk memperoleh informasi terkini.

Seluruh warga asing diharapkan selalu membawa kartu tanda identitas. Jika anda tidak dapat menunjukan kartu identitas anda dapat dikenai hukuman berupa denda atau kurungan penjara.

Seluruh pekerja asing yang bekerja di sektor amal membutuhkan izin kerja resmi yang dikeluarkan oleh Charity Register. Anda dilarang bekerja atau menjadi sukarelawan dengan menggunakan visa turis atau tanpa visa. Jika anda melanggar ketentuan ini anda dapat dikenai sanksi berupa denda atau kurungan penjara.

Guna mencegah penyebaran virus Ebola ke Kenya, penumpang yang mengunjungi Kenya melalui Guinea, Liberia dan Sierra Leone dapat mengalami penundaan akibat pemeriksaan saat memasuki Kenya. Tenaga medis yang bertugas untuk membantu mencegah penyebaran virus Ebola dapat dikecualikan dari penundaan akibat pemeriksaan tersebut.

Oleh Lembaga Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), Kenya termasuk wilayah endemik penyebaran penyakit yellow fever. Yellow fever merupakan penyakit serius dan mematikan namun dapat dicegah melalui vaksinasi. Anda sangat disarankan untuk memperoleh vaksinasi yellow fever sebelum anda bepergian ke Kenya. Jika anda tiba dari negara yang mengalami wabah yellow fever, anda diharapkan dapat menunjukan bukti tanda vaksinasi sebelum anda dapat memasuki Kenya.

Beberapa maskapai penerbangan mewajibkan penumpang untuk dapat menunjukan bukti tanda vaksinasi yellow fever sebelum penerbangan. Pihak bea cukai Kenya dapat menerapkan peraturan yang sangat ketat terkait barang impor dan ekspor seperti senjata, barang untuk kebutuhan keagamaan, barang antik, obat-obatan, peralatan usaha, gading dan mata uang asing.

B. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Kepolisian Kenya telah meningkatkan pengawasan di Nairobi dan wilayah pantai Mombasa dan Malindi karena serangan teroris. Serangan dapat terjadi sewaktu-waktu dan anda dapat terjebak dalam serangan yang ditujukan ke pihak lain.

Kelompok teroris al-Shabaab terus menyampaikan ancaman terhadap Kenya dan negara lain yang mengirimkan pasukan dalam kerangka African Union Mission in Somalia (AMISOM).

Saat merencanakan perjalanan anda harap pertimbangkan tempat-tempat yang memiliki kemungkinan tinggi terhadap serangan teroris serta tingkat pengamanan di tempat tersebut. Pihak berwajib Kenya telah menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan serangan teroris di tempat umum. Serangan tidak bersifat diskriminatif dan dapat menargetkan institusi Kenya dan tempat dimana warga asing sering berkumpul.

Beberapa serangan teroris sering menargetkan tempat yang sering dikunjungi warga asing seperti Kedutaan Besar asing, gedung PBB, hotel, bandara, pusat perbelanjaan, pasar, bar, klub malam, restauran dan kafe, tempat peristirahatan (termasuk beach resort dan pantai di wilayah Mombasa), pondok safari, sekolah internasional, gereja dan tempat keagaaman lainnya, maskapai asing dan tempat lain yang sering dikunjungi oleh orang asing.

Tempat lain yang termasuk target meliputi bangunan pemerintah, hub transportasi dan sarana infrastruktur, dan tempat pengungsian dekat perbatasan Kenya-Somalia dimana pekerja asing sering menjadi target. Aksi teroris dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti bom bunuh diri, penculikan, serangan menggunakan bahan peledak, serangan terhadap penerbangan sipil atau kapal laut di dekat pelabuhan Kenya.

Anda diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan jika menghadiri acara olahraga termasuk pertandingan sepak bola. Anda diharapkan pula menghindari tempat-tempat umum seperti sports bar, klub malam dan restoran yang menyiarkan acara olahraga terutama acara internasional.

Anda diharapkan melakuka evaluasi terkait situasi keamanan anda terutama terkait ancaman teror. Anda diharapkan juga untuk meningkatkan kewaspadaan saat berada di tempat umum dan terus memantau media setempat guna memperoleh informasi demi keamanan dan keselamatan diri anda.

Anda juga diminta tetap waspada dalam berbagai festival keagamaan termasuk Natal, Paskah dan Ramadhan dan di waktu-waktu tertentu yang kerap dimanfaatkan oleh kelompok bersenjata untuk melakukan serangan.

Jika serangan terjadi anda diharapkan dapat segera meninggalkan tempat kejadian jika telah dinyatakan aman dan selalu mengikuti instruksi dari aparat setempat. Anda diharapkan tidak tinggal di tempat kejadian atau berkumpul setelah serangan atau jika anda telah dievakuasi dari bangunan tertentu untuk alasan keamanan (seperti ancaman serangan bom).

Serangan teroris terhadap Westgate Shopping Mall di Nairobi bulan September 2013 telah mengakibatkan 67 orang meninggal dunia. Pihak berwajib di Kenya telah menerapkan peraturan keamanan baru di tempat umum sebagai respon atas serangan teror dimaksud.

Beberapa serangan teror telah terjadi setelah serangan di Westgate, yang mengakibatkan korban meninggal dan luka-luka. Pemerintah Kenya terus menerapkan kewaspadaan yang tinggi dengan tingginya kemungkinan serangan lanjutan. Beberapa serangan teror di Kenya a.l.

  • Serangan di desa dekat kota Mandera tanggal 7 Juli 2015 yang mengakibatkan 14 orang meninggal dunia.
  • Serangan terhadap markas militer Kenya di Baure, Provinsi Lamu tanggal 14 Juni 2015 yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia.
  • Serangan terhadap University of Garissa tanggal 3 April 2015 yang megakibatkan 148 orang meninggal dunia dan sejumlah korban luka-luka.

 

B. Kriminalitas

Tingkat kriminalitas di Kenya tinggi. Karena tingginya tingkat kejahatan, anda disarankan untuk menghindari berjalan pada malam hari dan tetap menjaga kewaspadaan. Jika anda diserang, disarankan jangan melawan. Anda harus tetap selalu waspada dengan wilayah sekitar anda guna menghindari ancaman kejahatan.

Di kota Nairobi, kejahatan sering terjadi pada orang asing terutama perampokan kendaraan, penculikan dan pencurian di rumah yang kadang-kadang bersifat brutal. Sejumlah serangan di Nairobi yang menjadikan warga asing sebagai target telah mengakibatkan kematian. Anda disarankan untuk selalu menjaga keamanan pribadi anda.

Terdapat ancaman tindakan penculikan di Kenya. Ancaman penculikan sangat tinggi terutama di wilayah yang dekat dengan perbatasan Somalia dan wilayah utara Lamu. Ancaman penculikan juga tidak terbatas pada pihak asing. Sejumlah relawan kemanusiaan dan jurnalis di wilayah perbatasan juga dapat menjadi target penculikan. Kelompok bersenjata di Somalia sebelumnya telah menculik beberapa relawan kemanusiaan yang bekerja di wilayah yang berbatasan dengan Somalia.

Turis dan penduduk di wilayah timur Kenya juga telah menjadi korban penculikan oleh kelompok bersenjata yang berbasis di Somalia. Karena tingginya ancaman penculikan kami menyarankan anda untuk tidak melakukan perjalanan ke pantai Kenya terutama di sebelah utara Pulau Pate di wilayah Lamu.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Anda diharapkan menghindari kerumunan massa, unjuk rasa dan demonstrasi karena dapat sewaktu-waktu berubah menjadi kerusuhan. Dalam beberapa waktu belakangan ini telah terjadi beberapa unjuk rasa yang berujung pada kerusuhan sehingga mengakibatkan kematian. Jika terjadi kerusuhan, anda diharapkan menghindari kegiatan unjuk rasa, memantau media dan sumber informasi lainnya yang dapat mempengaruhi keamanan dan keselamatan anda. Harap juga anda selalu mematuhi instruksi dan himbauan dari pemerintah setempat.

Kegiatan internasional dan perkembangan politik domestik dapat serta merta memicu demonstrasi besar di Kenya. Beberapa unjuk rasa terkait tingginya harga bahan pangan, tuduhan korupsi, peraturan terkait pajak dan media yang kontroversial telah mengakibatkan kerusuhan di masa lalu.

Juga telah terjadi kerusuhan di Kenya dalam beberapa tahun belakangan. Walaupun terjadi jauh dari wilayah yang sering dikunjungi turis, kerusuhan dan bentrokan rutin terjadi di Mombasa yakni pada Februari 2014, Maret 2013 dan Agustus 2012. Kejadian serupa dapat terjadi di masa mendatang.

Anda disarankan untuk meninjau kembali rencana anda untuk bepergian sepanjang jalur bebas hambatan A2 dari Isiolo ke Moyale karena bentrokan sporadis yang kerap terjadi yang mengakibatkan kematian dan luka-luka. Jika anda memilih untuk melakukan perjalanan sepanjang jalan bebas hambatan ini, anda diharapkan untuk selalu waspada.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Terdapat dua musim hujan dimana banjir bandang dan tanah longsor seringkali terjadi, yaitu dari bulan Oktober sampai November dan dari bulan Maret sampai Juni. Jalanan berkemungkinan tidak dapat dilalui selama waktu tersebut.

Utara dan timur Kenya saat ini mengalami kekeringan yang parah. Terdapat kemungkinan gangguan terhadap layanan penting dan penundaan berkemungkinan besar terjadi ketika anda melakukan perjalanan di daerah-daerah tersebut.

Kenya rentan terhadap gempa bumi, terletak di garis patahan dan tremor jarang terjadi. Aktivitas vulkanik dan seismik juga dapat terjadi di dekat Mt. Elgon, di perbatasan Kenya-Uganda.

Semua daerah kelautan dunia dapat mengalami tsunami, tetapi di Samudra Hindia dan Pasifik, terdapat tsunami destruktif yang terjadi lebih sering dan besar dikarenakan banyaknya gempa besar di sepanjang batas lempeng tektonik utama dan palung laut.

E. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Britania Raya, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan anda.

Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources)

C. LGBTI

Tindakan homoseksual antara pria adalah illegal di Kenya dan hukuman dapat mencakup hingga 14 tahun penjara. Hubungan sesama jenis disukai oleh beberapa anggota masyarakat, dan dapat menyebabkan pelecehan oleh masyarakat dan atau polisi.

D. Terkait Narkoba

Hukuman bagi pelanggaran narkoba dapat berat dan termasuk masa penjara yang lama.

E. Hukum Lainnya

  • Wisatawan tidak diizinkan untuk bekerja di Kenya tanpa izin kerja yang sah, walaupun dalam kapasitas relawan. Pelanggar dapat dikenakan denda, dideportasi atau dipenjara.
  • Menghancurkan mata uang Kenya dari denominasi apapun merupakan pelanggaran hukum.
  • Merokok di tempat umum dilarang. Pelanggar yang tertangkap merokok diluar area merokok akan mendapatkan denda besar dan/atau penjara sampai enam bulan.
  • Merupakan tindakan ilegal untuk memotret beberapa bangunan resmi. Jika anda merasa ragu, carilah saran dari aparat setempat sebelum memotret.
  • Kepemilikan gading, bahkan dalam bentuk perhiasan yang dibeli diluar Kenya, sangat dilarang. Pelanggar dapat ditangkap, diberi denda berat atau keduanya.
  • Mendistribusikan materi agama di depan umum tanpa izin merupakan tindakan ilegal.

 

F. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

  • Terdapat standar konservatif dalam berpakaian dan berperilaku di Kenya, khususnya di wilayah pesisir dan pedesaan. Anda harus berhati-hati agar tidak menyinggung.
  • Selama bulan Ramadhan, makan, minum dan merokok diantara matahari terbit dan terbenam dilarang untuk Muslim.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Kenya adalah Shilling Kenya. Penukaran mata uang Shilling Kenya dapat dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Euro untuk penukaran uang setempat.

A. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata


SunMarine Holiday...
star star star star star

Ngong Hills Natur...
star star star star star_half

Oloolaiser high s...
star star star star_half star_border

Water Tank
star star star star star_border

Topman Safaris & ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Zawadi Africana
star_border star_border star_border star_border star_border

Karen Blixen Muse...
star star star star star_half

National Museums ...
star star star star star_half

Samburu
star star star star_half star_border

Ngong Forest Sanc...
star star star star star_half

Jungle Junction
star star star star star_half

Giraffe Centre
star star star star star_half

Mwai Craft Shop
star star star star star

Rilleys Dog Train...
star star star star star_half

ASK International...
star star star star star_half

Kenya Science Car...
star star star star_half star_border

Wildlife Safari K...
star star star star star_half

Indaba Campsite
star star star star star_half

Rowallan National...
star star star star star_half

MMU ICT Museum
star star star star star_half

United Estate
star_border star_border star_border star_border star_border

Kenya National Li...
star star star star star_half

4 Tijuana Villas
star star star star star

Safari Walk Child...
star star star star star_half

Gracia Gardens
star star star star star_half

Kuliner


PEC House
star star star star_half star_border

Oloolua Resort
star star star star_half star_border

Sultan Gardens
star star star star_border star_border

Candy Shop Kinoo
star_border star_border star_border star_border star_border

Chasta Bakers
star_border star_border star_border star_border star_border

The Souk Karen
star star star star star_half

The Purdy Arms
star star star star star_half

Dorman's
star star star star star_border

Sweet & Treat Cak...
star star_border star_border star_border star_border

Tamambo Karen Bli...
star star star star star_half

Green Hut Uhtiru
star_border star_border star_border star_border star_border

Spoilers Lounge
star star star star star_border

M-Pesa Services &...
star_border star_border star_border star_border star_border

Tuskys, Shell Mou...
star_border star_border star_border star_border star_border

Snack Inn Restaur...
star star star_half star_border star_border

Ugali Matumbo
star star star star star_half

Matbronze Art Gal...
star star star star star_half

Gichuru Shop
star_border star_border star_border star_border star_border

Mama Tony's Kiosk
star star star star star_border

Club Texas
star_border star_border star_border star_border star_border

Valencia Gardens
star star star star star_half

Ambo Gardens
star star star star star_half

Mediterraneo Rist...
star star star star_half star_border

PATRICK SITATI
star star star star_border star_border

Galito's
star star star star star_half

Tempat Ibadah


St John's Catholi...
star star star star star_half

New Life Mission ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Faith Evangelisti...
star star star star star_half

Green Pastures Ta...
star star star star star

Karen Vineyard Ch...
star star star star star_half

St. Francis Karen
star star star star star_half

Nairobi Chapel
star star star star star_half

Gatina United Chu...
star star star star star_half

Nurah Mosque
star star star star star

Vincentian Prayer...
star star star star star_half

Christ Is The Ans...
star star star star star_half

St. Austin's Cath...
star star star star star_half

Guadalupe Catholi...
star star star star star

Adams Arcade Mosq...
star star star star star_half

All Africa Confer...
star star star star star_half

Living Faith Inte...
star_border star_border star_border star_border star_border

Hurlingham Mosque
star star star star star_half

MASJID RAHMA
star star star star star

Parklands Baptist...
star star star star star_half

Nairobi Baptist C...
star star star star star_half

Madina Centre Mos...
star star star star star_half

Muslim Room
star_border star_border star_border star_border star_border

Nairobi Central S...
star star star star star_half

Newlife SDA Churc...
star star star star star_half

Mavuno Down Town ...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Tigoni Hospital
star star star star_half star_border

Embulbul Catholic...
star star star star star

Rongai Orthopaedi...
star_border star_border star_border star_border star_border

Midhill Hospital
star star star star_half star_border

Independent Medic...
star_border star_border star_border star_border star_border

Co-op Kwa Jirani ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Therapy Kenya
star_border star_border star_border star_border star_border

Beka Medical Clin...
star_border star_border star_border star_border star_border

Pharmart
star star star star_half star_border

Tender Care Denta...
star star star star star_half

Dr. Ameet Aggarwa...
star star star star star_half

Uzima Wellness Cl...
star_border star_border star_border star_border star_border

The Nairobi Women...
star star star star_half star_border

City & Contact Le...
star star star_half star_border star_border

Yaya Chemists Lim...
star star star star star_half

Gateway Prostheti...
star_border star_border star_border star_border star_border

AG Pharmaceutical
star star star star star_half

Hurlingham Park
star star star star star_half

The Periodontist ...
star star star star star_half

Nairobi Women's H...
star star star star_half star_border

Coptic Hospital
star star star star star_half

Kent pharmacy
star_border star_border star_border star_border star_border

Hairhub The Trich...
star star star star star

Laser Eye Centre ...
star star star star star

Jaff's Optical
star_border star_border star_border star_border star_border