Jerman
Scattered clouds
24.13 °C

Informasi Umum

Kode Telepon:

+49

Zona dan Perbedaan Waktu:

Jerman berada di Zona GMT+2. Waktu di Berlin adalah 5 (lima) jam dan 6 (enam) jam lebih lambat lebih lambat dari Jakarta (WIB) pada bulan April - Oktober, dan 6 (enam) jam lebih lambat dari Jakarta pada bulan Oktober - April

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C dan F


KBRI Berlin

KJRI Frankfurt

KJRI Hamburg

Persyaratan Masuk/Keluar

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Jerman sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 (enam) bulan sebelum jadwal kepulangan dan yang sudah diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Harap diingat otoritas Jerman berhak menolak aplikasi permohonan visa anda.

Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Jerman.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Jerman, anda dapat menghubungi:

Embassy of Germany, Jakarta

Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Menteng

Jakarta Pusat, Jakarta 10310

No. Tel. : (+62) (21) 39855000

No. Faks. : (+62) (21) 3901757

email : info@jakarta.diplo.de

website : www.jakarta.diplo.de

A. Umum

Sejumlah negara Schengen, termasuk Jerman, telah memperkenalkan kontrol imigrasi. Anda harus membawa paspor yang sah saat anda memasuki atau meninggalkan Jerman bahkan jika anda bepergian ke negara Schengen.

Jerman merupakan pendukung Konvensi Schengen bersama sejumlah negara Eropa lainnya, yang memperbolehkan WNI untuk masuk ke Jerman tanpa visa dalam beberapa keadaan.

Bagi mereka yang bepergian langsung ke atau dari negara di luar Uni Eropa (UE) yang membawa €10.000 atau lebih (atau jumlah yang setara dalam mata uang lain) diwajibkan untuk menyatakan uang tunai mereka di tempat kedatangan atau keberangkatan dari Uni Eropa. Berdasarkan undang-undang tersebut, istilah uang meliputi, cek, cek perjalanan dan wesel. Bagi wisatawan yang gagal untuk menyatakan uang tunai mereka atau memberikan informasi yang tidak lengkap atau mungkin informasi yang salah akan dikenakan denda. Tidak ada persyaratan untuk menyatakan uang tunai bagi mereka yang melakukan perjalanan ke atau dari negara Uni Eropa lain.

B. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Untuk menghindari permasalahan yang sering terjadi di Bandara Frankfurt yang menimpa pemegang paspor Indonesia, baik Paspor Biasa, Paspor Dinas maupun Paspor Diplomatik. WNI yang akan melakukan perjalanan dengan Bandara Frankfurt (FRA) sebagai tujuan akhir maupun transit supaya memperhatikan hal-hal berikut:

    1. Jerman tidak menyediakan Visa on Arrival (VoA). Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan telah memiliki Visa Schengen atau Visa Nasional Jerman.
    2. Visa Schengen atau Visa Nasional Jerman diperlukan oleh:
      1. Pemegang Paspor RI yang akan memasuki negara Jerman atau singgah/transit di Bandara Frankfurt dengan tujuan negara negara anggota Schengen lain.
      2. Pemegang Paspor RI yang akan singgah/transit di Bandara Frankfurt dalam perjalanan menuju negara anggota Schengen lainnya, namun hanya memiliki Visa Nasional negara anggota Schengen tujuan. Contoh: pemegang paspor Indonesia dengan tujuan Perancis melalui Bandara Frankfurt, namun hanya memiliki Visa Nasional Perancis.
      3. Pemegang Paspor Dinas RI atau Paspor Diplomatik RI yang akan singgah/transit di Bandara Frankfurt dengan tujuan Negara anggota Schengen yang telah memberlakukan bebas visa bagi pemegang kedua paspor tersebut.
    3. Melakukan perjalanan ke beberapa negara anggota Schengen dan singgah beberapa kali di Bandara Frankfurt harus memiliki Visa Nasional Jerman jenis Multiple Entries (contoh: Jakarta-Frankfurt-Madrid-Frankfurt-Praha-Frankfurt-Jakarta). Namun apabila perjalanan yang dilakukan hanya satu kali singgah di Bandara Frankfurt, cukup jenis Single Entry (contoh: Jakarta-Frankfurt-Paris-Jakarta).
    4. Visa Schengen atau Visa Nasional Jerman tidak diperlukan oleh Pemegang Paspor RI yang hanya singgah/transit di Bandara Frankfurt dalam perjalanan dari negara Non-anggota Schengen menuju ke negara Non-anggota Schengen lainnya, tanpa melewati pos pemeriksaan imigrasi (keluar dari Bandara). Contoh: rute Jakarta-Singapura-Frankfurt-New York.
    5. Pastikan masa berlaku Visa mencakup total lama kunjungan dari tanggal tiba sampai dengan tanggal keberangkatan meninggalkan wilayah schengen/wilayah Jerman (pemegang visa nasional Jerman). Disarankan agar masa berlaku visa (baik schengen maupun visa nasional) mencakup +2 (dua) hari dari tanggal keberangkatan meninggalkan wilayah Schengen.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

  • Sebagai salah satu negara yang cukup berpengaruh di dunia, khususnya di Uni Eropa, Jerman merupakan sasaran dari ancaman serangan Teror. Sepanjang tahun 2016, telah terjadi beberapa insiden yang berkaitan dengan organisasi teroris dunia, baik langsung maupun tidak langsung.
  • Pemerintah Jerman telah meningkatkan keamanan di seluruh negeri, khususnya di tempat-tempat umum, termasuk di bandara dan stasiun kereta api utama. Serangan yang terjadi di kota Eropa umumnya menargetkan penerbangan, angkutan umum dan hubungan transportasi, tempat ibadah, tempat olahraga dan tempat-tempat berkumpulnya massa, termasuk tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing.
  • Sangat disarankan untuk lebih waspada di tempat umum dan melaporkan kegiatan yang mencurigakan kepada polisi. Pantau media dan pelajari peringatan atau saran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

 

B. Kriminalitas

  • Jerman memiliki insiden kriminalitas yang tergolong rendah, meskipun data menunjukkan terjadi peningkatan sepanjang tahun 2015-2016.
  • Kejahatan yang terjadi umumnya kejahatan jalanan, seperti pencopetan dan pencurian dari kendaraan tanpa pengawasan.
  • Masih sering ditemui kelompok-kelompok nasionalis radikal, khususnya di wilayah bekas Jerman Timur, yang sering melecehkan atau menyerang (umumnya secara verbal) orang asing/pendatang.

 

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Situasi politik di Jerman sangat Stabil. Pemerintah Jerman mengizinkan penyelenggaraan unjuk rasa dan demonstrasi secara damai di pusat-pusat kota dan keramaian lainnya.

Unjuk rasa atau demonstrasi ini umumnya berjalan tertib dan damai. Meskipun demikian, sangat disarankan untuk menjauhi lokasi kegiatan tersebut.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Di Jerman berlaku iklim sedang. Di bulan Juli, suhu maksimum rata-rata berada pada 21,8 derajat Celsius, minimumnya pada 12,3 derajat Celsius. Di bulan Januari suhu maksimum rata-rata 2,1 derajat, dan minimum sekitar -2,8 derajat. Suhu tertinggi yang tercatat sejak mulai dilakukannya perekaman data cuaca terjadi pada tanggal 5 Juli 2015, yaitu 40,3 derajat Celsius di Kitzingen am Main.

Kota-kota di Jerman umumnya terletak di tepi sungai. Pada musim semi dan musim gugur, bencana alam yang umumnya terjadi adalah banjir.

E. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Jerman, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan anda.

Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources)

C. Penggunaan Simbol Nazi

Setiap orang yang berada di wilayah Jerman, termasuk WNI, dilarang untuk menggunakan atau menampilkan simbol Nazi, hormat, lagu atau bahan (misalnya bendera).

D. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Pemerintah dan Penegak Hukum di Jerman sangat ketat dan disiplin dalam pelaksanaan penegakan hukum di wilayahnya. Proses bagi Pelanggar Hukum dilakukan melalui prosedur-prosedur ketat dan biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Jerman adalah Euro. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara Stasiun kereta api (Hauptbahnhof) atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.

A. Hal - hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Mata uang Euro memiliki pecahan 500, 200, 100, 50, 20, 10, dan 5. Pada umumnya toko-toko kecil dan warung makan cepat saji hanya menerima pecahan tertinggi 50 Euro, meskipun ada juga yang menerima pecahan 100 Euro.

Asuransi dan Kesehatan

A. Destinasi Lokal

  • Oktoberfest

Oktoberfest merupakan festival tahunan yang bermula dari tradisi negara bagian Bavaria dan telah menyebar ke hampir seluruh Jerman. Oktoberfest berlangsung mulai dari pertengahan September sampai dengan minggu pertama Oktober.

  • Romantische Strasse dan Kastil Neuschwanstein

Jalur Romantis merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi mereka yang senang berkendara. Jalur Romantis adalah jalur/jalanan yang menghubungkan 29 Kota di negara bagian Bavaria, dari kota Warzburg di tepi sungai Main sampai kota Fassen di pegunungan Alpen. Di sepanjang jalur ini wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan arsitektur Jerman yang terjaga sejak abad Pertengahan. Beberapa tujuan yang cukup terkenal di Jalur Romantis ini adalah Residenz di Warzburg dan Kastil Neuschwanstein yang dikatakan menjadi inspirasi Istana Disney.

  • Museum Pabrikan Mobil Jerman

Merek Mobil buatan Jerman sangat terkenal di dunia dan merupakan salah satu pusat otomotif dunia. Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Audi, dan Volkswagen merupakan representasi kualitas, kecepatan, dan gaya hidup bagi penggemarnya. Pabrikan Mobil Jerman memiliki Museum yang menampilkan sejarah perkembangan Merek mereka. Di samping itu, mereka juga menyediakan Tour ke dalam pabrik untuk melihat proses pembuatannya. Museum-museum ini terletak di kota: Stuttgart (Mercedes-Benz & Porsche), BMW (Munich), Audi (Ingolstadt), dan Wolfsburg (VW).

  • Destinasi lainnya

Jerman merupakan negara dengan sejarah yang panjang dan terdokumentasi dengan baik. Di setiap kota terdapat altstadt (old town) di mana kita dapat melihat dan merasakan suasana abad pertengahan di kota tersebut. Selain itu, hampir di setiap kota terdapat museum yang menampilkan peninggalan-peninggalan sejarah yang berkaitan dengan kota tersebut.

 

B. Mengemudi di Jerman

  • Usia minimum untuk mengemudi di Jerman adalah 18 tahun. Pengemudi dibawah 18 tahun tidak diizinkan untuk mengemudi bahkan jika anda memiliki surat izin mengemudi yang masih berlaku. Pengemudi harus memiliki lisensi, asuransi dan dokumen kendaraan yang masih berlaku.
  • Pada beberapa ruas jalan bebas hambatan (Autobahn) tidak terdapat batas kecepatan. Hati-hati dengan kendaraan lain yang melaju sangat kencang.
  • Penegakan aturan dan hukum berlalu lintas sangat ketat diberlakukan di Jerman. Pelanggaran atas aturan tersebut akan berakibat pada denda yang berat.
  • Lisensi mengemudi Indonesia hanya dapat digunakan di Jerman dalam beberapa keadaan. Untuk detail, silahkan kunjugi Kedutaan Jerman di Situs Indonesia.

 

C. Transportasi Umum

D. Makanan Halal

E. Tempat Ibadah

F. Hal - hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

  • Selama tahun terakhir telah terjadi peningkatan signifikan pada kontrol perbatasan di Eropa karena pergerakan pencari suaka. Pastikan paspor dan kartu pengenal lainnya selalu selalu ada ketika melintasi perbatasan, bahkan dalam zona Schengen.
  • Anda harus memantau media lokal dan informasi lainnya dari penyedia transportasi untuk informasi terbaru pada entri dan perubahan keluar dan penundaan.
  • Pengendara sepeda memiliki jalur dan lampu lalu lintas sendiri, terletak antara jalan setapak pejalan kaki dan jalan. Pejalan kaki harus menghindari berjalan di jalur ini sebagai pengendara sepeda biasanya perjalanan dengan kecepatan dan memiliki hak jalan. Kecelakaan dan cedera akibat tabrakan antara pengendara sepeda dan pejalan kaki juga cukup umum terjadi.

Telekomunikasi

Bagi yang ingin bersinggah di Jerman untuk waktu yang lama, dikarenakan sudah tidak adanya jasa telefon umum, disarankan untuk membeli sim-card telepon genggam untuk mempermudah di waktu gawat darurat. Sim card bisa dibeli di depan stasiun kereta api ataupun di bandara.

A. Hal - Hal Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Untuk membantu komunikasi sehari-hari, maka Kartu SIM Card Prabayar dibeli di berbagai outlet komunikasi, toko serba ada, supermarket dan pom bensin dengan harga yang bervariasi. Untuk melakukan aktivasi SIM Card tersebut anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu (umumnya penjual akan bersedia membantu karena pengaktifan kartu dilakukan dalam bahasa Jerman)

Tempat Wisata


SPIELGOLF Tegerns...
star star star star star_half

Luitpold-Anlage
star_border star_border star_border star_border star_border

Bade-Park
star star star star star_half

Gut Aiderbichl If...
star star star star star_half

Campingplatz beim...
star star star star star_half

Pähler Schlucht
star star star star star_half

ISW Kraft Zaunbau
star star star star_border star_border

Maislabyrinth Tat...
star star star star star_half

Freizeitpark Mär...
star star star star star_half

Förderverein Alb...
star star star star star_border

Bobsled and servi...
star star star star star_half

Bayern Kamele
star star star star star_half

Mangfall-Lamas
star star star star star_half

BergTierPark Blin...
star star star star star_half

Tieren begegnen, ...
star star star star star

Dreamland on the ...
star star star star star_half

Keberle
star star star star star

ZEBRA-Stelzenthea...
star star star star star

Wildgehege Rotten...
star_border star_border star_border star_border star_border

Coco Loco Kids Wo...
star star star star_half star_border

Liegewiese an der...
star star star star star

Grünwalder Freiz...
star star star star star_half

Kinderland Forstk...
star star star star star_half

Sport u. Freizeit...
star star star star star_half

Bavariafilmpl. 7
star_border star_border star_border star_border star_border

Kuliner


Beim Huber in Lin...
star star star star star_half

Aral
star star star star_half star_border

Schindler Delikat...
star star star star star_half

Aschbacher Hof
star star star star star_half

Edeka Simmel Pull...
star star star star star_half

Herrmannsdorfer L...
star star star star star_half

Bakery pastry caf...
star star star star star_half

Shell
star star star star_half star_border

Aral
star star star star star_half

Josef Drexler
star star star star star_half

Café Konditorei ...
star star star star star_half

McDonald's Restau...
star star star star_half star_border

Aral
star star star star_half star_border

Reutlinger Hof
star star star star_half star_border

Padeffke - the co...
star star star star star_half

Eiscafe Cortina
star star star star star_half

Ludwig Stocker Ho...
star star star star star

Shell
star star star star star_half

Café Zimt
star star star star star_half

Osteria Alpenhof
star star star star star_half

Das Edelweiß
star star star star star_half

Miss Lilly's
star star star star star_half

Asia Markt Thang ...
star star star star_half star_border

Aral
star star star star_half star_border

Schneewittchen Am...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Mosque Penzberg
star star star star star_half

DITIB Moschee Ros...
star star star star star

Bosniakische Geme...
star star star star star

IGMG Rosenheim e....
star star star star star

Al-Madina Mosque ...
star star star star star

Islamisches Kultu...
star star star star star

Church of St. Ulr...
star star star star star

DITIB Taufkirchen
star star star star star

star star star star star

Church of the Asc...
star star star star star_half

Malteser Hilfsdie...
star star star star star_half

Moschee Muslim Ge...
star star star star star_half

Ditib Yunus Emre ...
star star star star star

Maria Kappl
star star star star star

Kath. Pfarramt Hl...
star star star star star

Mosque Al-Salam M...
star star star star star_half

St.Achaz
star star star star_half star_border

Cathedral Maria S...
star star star star star

Merkez Camii Reut...
star star star star star_half

Serbian Orthodox ...
star star star star star_half

Fürstenfeld Abbe...
star star star star star_half

Freie Christengem...
star star star star star

Katholisches Geme...
star_border star_border star_border star_border star_border

Parish Church of ...
star star star star star_half

Fatih camii ve ya...
star star star star star

Fasilitas Kesehatan


Privatklinik Dr. ...
star star star star star_half

Schön Klinik Bad...
star star star star star_half

Marianne-Strauss-...
star star star star star_border

Klinik Schloss Pr...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dr. med. Marc-Ste...
star star star star star

Fachklinik für P...
star star star star_half star_border

Krankenhaus Marth...
star star star star star_half

Sankt Otto Apothe...
star star star star star_half

Sanatoriumspl. 2
star_border star_border star_border star_border star_border

Municipal Hospita...
star star star star_half star_border

PP.rt Fachklinik ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Ärztehaus Harlac...
star star star star_half star_border

Dr. med. Wolfram ...
star star star_half star_border star_border

Kinderzentrum Mü...
star star star star star_half

St. Martin Pharma...
star star star star_half star_border

Bear Pharmacy in ...
star star star star star_half

OCM Klinik GmbH
star star star star star_half

Peter Osypka Hear...
star star star star_half star_border

Dr. med. Ameli We...
star star star star_half star_border

Dr. med. Susanne ...
star star_border star_border star_border star_border

Praxis Dr. Beck /...
star star star star_half star_border

Pharmacy Perlache...
star star star star star_half

Dr. med. Rainer E...
star star star star star_half

Dr. med. Jürgen ...
star star star_half star_border star_border

star star star_half star_border star_border