Iran
Clear sky
28.77 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI IRAN  

Iran merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19 (confirmed cases) dengan jumlah angka kematian yang sangat besar. Data WHO hingga tanggal 7 Juli 2020 menunjukkan Iran memiliki 243.051 confirmed cases dan 11.731 orang meninggal dunia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Iran hingga tanggal 7 Juli 2020, Iran memiliki 245.688 confirmed cases dan 11.931 orang meninggal dunia.

Merespon hal tersebut, Iran telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa: 

a. Larangan masuk dan pemberlakuan karantina selama 14 hari bagi setiap pendatang asing yang menunjukkan tanda-tanda penularan COVID-19 sesuai pemeriksaan kesehatan pada saat kedatangan di bandar udara internasional

b. Penutupan perbatasan dengan Turki dan Irak.

c. Terhitung mulai tanggal 11 April 2020 telah diterapkan smart social distancing yang telah membolehkan aktivitas warga secara terbatas dan tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. 

d. Kegiatan belajar mengajar di sekolah dan universitas, penghentian kegiatan kesenian, olah raga, keagamaan, serta kegiatan yang melibatkan massa / masyarakat banyak masih dilarang.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke  Iran apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Iran agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan seperlunya  dari  penularan COVID-19.

Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline  KBRI Tehran di nomor +98 991 466 8845 / +98 902 446 8889/ 021 8871 5558 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.   

---

Iran adalah sebuah negara Islam di kawasan teluk dengan sejarah yang dekat dengan peradaban Persia dan memiliki peran historis penting dalam menghubungkan dunia barat dengan timur. Terletak diantara kawasan Asia Tengah dan Timur Tengah, Iran juga merupakan salah satu penghasil gas dan minyak bumi terbesar di dunia.

Kode Telepon:

+98

Zona dan Perbedaan Waktu:

Berada di zona waktu GMT+3. Memiliki perbedaan waktu 4 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C dan F


KBRI Tehran

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Visa on Arrival (30 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (14 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (14 hari)

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Iran sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Iran berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI tidak diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Iran.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Iran, anda dapat menghubungi:

Iran Embassy Jakarta

Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng

Jakarta Pusat 10310

No. Telp : +62 31934637

Email : iranemb.jkt@mfa.gov.ir

Website: jakarta.mfa.ir

A. Umum

  • Pemegang paspor Indonesia yang bepergian ke Iran untuk tujuan pariwisata yang memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan visa pada saat kedatangan. Visa tersebut hanya dapat diterapkan di bandara internasional (tidak di perlintasan perbatasan darat), berlaku selama 30 hari dan biaya Euro 145 per aplikasi, yang harus dibayar tunai saja. Foto tidak diperlukan.
  • Jika anda memiliki bukti perjalanan ke Israel, termasuk keluar Israel atau entri stempel di paspor Anda, Anda akan ditolak masuk ke Iran. Kegagalan untuk menyatakan mata uang asing dibawa ke Iran dapat mengakibatkan valuta asing yang tidak diumumkan yang disita pada keberangkatan.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Tindak kekerasan politik terjadi di seluruh Iran, termasuk di ibukota Teheran. Sasaran serangan bom termasuk kepentingan asing, pendirian pemerintah Iran, parade militer dan tempat keagamaan. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi pemboman di daerah perbatasan Baluchestan dekat Azerbaijan.

Dalam perencanaan kegiatan Anda, pertimbangkan jenis tempat yang mungkin dikenal sebagai sasaran teroris. Target teror mungkin termasuk kedutaan, hotel, tempat ibadah, dan kepentingan pemerintah barat. Anda harus memperhatikan keamanan pribadi Anda setiap saat dan memonitor media dan sumber-sumber lokal lainnya untuk informasi tentang kondisi keamanan terbaru.

B. Kriminalitas

Iran memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Laporan menunjukkan kejahatan kecil terus meningkat. Ada tas snatchings di jalan dan pencurian dengan kekerasan di rumah ekspatriat. Penjamberetan sering terjadi dengan korban kebanyakan adalah pejalan kaki.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Ketegangan di Iran telah meningkat dengan konflik yang sedang berlangsung di Irak dan Suriah dan pelaksanaan sanksi internasional terhadap Iran. Anda harus memperhatikan keamanan pribadi Anda setiap saat. Anda harus memonitor media lokal dan internasional untuk informasi tentang perkembangan yang dapat mempengaruhi keamanan Anda. Demonstrasi dapat dipicu oleh perkembangan politik di wilayah tersebut, serta ketegangan politik lokal. Anda harus menghindari demonstrasi tersebut, karena mereka bisa berubah menjadi kekerasan.


Protes kekerasan terhadap kepentingan Barat: Pada bulan November 2011, ada serangan di tempat diplomatik Inggris di Teheran. Protes periodik berlanjut terhadap Barat dan Timur Tengah kedutaan dan misi PBB. Anda harus memantau perkembangannya dan menghindari demonstrasi atau pertemuan politik.

Daerah perbatasan dekat Afghanistan dan Pakistan: Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang berjarak 20 kilometer dari perbatasan Afghanistan dan Pakistan, untuk provinsi Sistan va Baluchestan dan ke daerah-daerah di provinsi Kerman timur dari kota Bam. Pedagang obat dan bandit beroperasi di daerah ini dan telah ada bentrokan antara pasukan keamanan dan penyelundup narkoba. Insiden kekerasan terjadi secara teratur di daerah ini, termasuk pemboman dan penembakan, yang mengakibatkan korban. Perjalanan di malam hari sangat berbahaya.

Daerah perbatasan dekat Irak: Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke berjarak 10 kilometer dari perbatasan Irak karena situasi keamanan yang sangat berbahaya. Pemerintah Iran terus memantau daerah perbatasan dengan Irak, dengan pasukan keamanan Iran terutama waspada di wilayah ini.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Iran, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Hukuman mengimpor dan memiliki obat terlarang adalah hukuman mati. Warga asing telah dieksekusi karena masalah narkoba baru-baru ini.

D. LGBTI

Tindakan homoseksual adalah ilegal di Iran untuk laki-laki dan perempuan dan hukuman termasuk hukuman mati dan hukuman fisik. Hal ini juga berlaku untuk orang asing.

E. Adat Lokal

  • Apabila WNI terlibat dalam masalah hukum lokal, terutama yang berkaitan dengan hukum keluarga (perceraian, hak asuh anak dan tunjangan anak), sangat disarankan untuk mencari nasihat profesional dan memastikan mereka sadar akan hak dan tanggung jawab mereka.
  • Dilarang adanya kontak antara laki-laki dan perempuan yang belum menikah (terutama non-Muslim dan Muslim) dan hubungan tanpa status hukum yang sah adalah ilegal.
    Mengambil foto dekat militer atau gedung-gedung pemerintah dan instalasi, infrastruktur sipil yang kritis dan demonstrasi publik sangat dilarang dan akan menghasilkan penangkapan.
  • Mendorong konversi Muslim ke agama lain dan perilaku dianggap menyinggung Islam dapat dikenakan sanksi serius di bawah hukum Iran. Semua impor alkohol, pornografi, produk babi, radio gelombang pendek dan dicetak dan dicatat materi Barat (termasuk yang bersifat keagamaan) sangat dilarang. Ada kode Islam yang kuat pakaian dan perilaku di Iran. Wanita diwajibkan untuk mengenakan pakaian longgar yang menutupi lengan dan kaki, mantel dan jilbab. Laki-laki harus tidak memakai celana pendek atau T-shirt tanpa lengan.

 

F. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Anda mungkin mendapat banyak barang elektronik/ kebutuhan harian yang secara hukum ilegal untuk diperjualbelikan di pasar atau toko, pastikan barang yang dibeli legal untuk menghindari konsekuensi hukum yang mungkin menimpa Anda. 

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Iran adalah Rial. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang tunai, dalam bentuk dolar AS (catatan harus pasca-1996) atau Euro untuk menutupi semua biaya selama Anda tinggal di Iran. Kartu kredit dan kartu perbankan internasional tidak dapat digunakan di Iran. Hal ini juga tidak mungkin untuk mentransfer dana ke Iran menggunakan sistem perbankan komersial atau perusahaan pengiriman uang.

A. Hal - hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Banyak bank di dunia belum berani untuk membuka transaksi dengan Iran, hal ini mempersulit transaksi perbankan dilakukan Iran termasuk dari Indonesia. Transaksi lebih mudah dilakukan dengan tunai. Bawa uang secukupnya untuk perjalanan singkat ke Iran.

Asuransi dan Kesehatan

Kami sangat menyarankan anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum anda berangkat. Konfirmasi asuransi anda akan melindungi anda selama anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis. Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis diluar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan. Kami menganjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum anda bepergian, terutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

Sangat disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan atau mengambil polis asuransi jangka pendek saat melakukan perjalanan ke Iran.

A. Wabah Penyakit

  • Malaria adalah lazim di luar kota-kota besar, terutama di wilayah selatan dan barat. Penyakit yang terbawa serangga lainnya (seperti leishmaniasis dan tick-borne ensefalitis) juaga umum ditemui di Iran. Kutu sangat aktif dari musim semi ke musim gugur. Kami sarankan anda mengambil profilaksis terhadap malaria di mana perlu, mengambil tindakan pencegahan terhadap gigitan serangga, termasuk menggunakan obat nyamuk, memakai pakaian panjang, berwarna, dan longgar.
  • Penyakit yang terbawa air, makanan, parasit dan penyakit menular lainnya (termasuk HIV / AIDS, kolera, tifus, hepatitis, dan tuberkulosis) yang lazim dengan wabah yang lebih serius terjadi dari waktu ke waktu. Kami menyarankan anda untuk merebus semua air minum atau minum air kemasan, dan menghindari es batu dan makanan mentah dan matang. Mencari saran medis jika anda mengalami demam atau menderita diare.

 

B. Fasilitas Medis

Fasilitas medis cukup memadai di kota-kota besar. Rumah Sakit dengan standar dan fasilitas seperti di Indonesia dapat ditemui di Iran.

C. Bagaimana cara mendapatkan pertolongan?

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan anda. hubungi kantor polisi terdekat untuk saran di mana untuk melaporkan kejahatan.

Nomor darurat Iran:

  • Polisi : tekan 110
  • Ambulance : tekan 115
  • Pemadam : tekan 125

 

D. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Telekomunikasi

Iran memiliki beberapa jaringan telepon seluler namun hanya 2 (dua) provider, MCI dan MTN Irancell (www.irancell.ir), yang dimiliki oleh Pemerintah Iran.

Irancell memiliki layanan kartu SIM turis satu bulan yang dijual di Bandara Internasional Imam Khomeini, Teheran.

Tempat Wisata


Quran Museum
star star star star_half star_border

Avesta Park
star star star star star_border

fatima alzahra(pb...
star_border star_border star_border star_border star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

National Museum o...
star star star star star_half

Glassware and Cer...
star star star star star_half

Tehran Peace Muse...
star star star star star_half

Tehran Museum of ...
star star star star star_half

کارتینگ ی...
star star star star_border star_border

Post and Communic...
star star star star star_half

The Center for Cu...
star star star star star_border

Carpet Museum of ...
star star star star star_half

Treasury of Natio...
star star star star star_half

Ali Akbar Sanati ...
star star star star star_half

Golestan Palace
star star star star star_half

star star star star star_half

موزه علوم...
star star star star star_border

Mahmart
star star star star_border star_border

Parvaz Park
star star star star_half star_border

Azadi Tower Museu...
star star star star star_half

Iranian Electrica...
star star star star star_half

Besat Amusement P...
star star star star_half star_border

بنیاد پیش...
star_border star_border star_border star_border star_border

آبنمای او...
star_border star_border star_border star_border star_border

Qaem Park
star star star star star_half

Kuliner


Zaferan Pastry
star star star star_half star_border

Cafe Ghesseh
star star star star star_border

Mira Café
star star star star star_border

آموزشگاه ...
star star_border star_border star_border star_border

Fuman Cookie
star star star star star_half

Plato Café
star star star star star_half

Vorta Cake Land -...
star star star star star_half

Honar Cafe
star star star star_half star_border

کافه نفس
star star star star star_half

Dariche Café
star star star star star_half

Dariche Cafe
star star star_half star_border star_border

Sepidgaah Cafe
star star star star star_half

Korase cafe
star star star star star_half

Mr. Ghanad
star star star star star

Fathi Supermarket
star star star star star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

Davood Pizza
star star star star_half star_border

Pedare Khoob
star star star star_half star_border

Sara Café
star star star star star_border

باقلوای ت...
star star star star_border star_border

Shila Fast Food
star star star star_half star_border

Romance Cafe
star star star star star_half

Sahar Bakery
star star star star star_half

Paeez 98 Coffee S...
star star star star star_half

شیرینی سر...
star star star star star_border

Tempat Ibadah


Meysam Mosque
star star star star star_half

Imam Reza Mosque
star star star star star_half

Imam Khomeini Hus...
star star star star star_half

Church Of St. Mar...
star star star star star

Hojat Ibn-Hasan M...
star star star star_half star_border

کلیسای حض...
star star star star_half star_border

کانون قرآ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Zeynabiyeh Mosque
star star star star star_half

Saint Abraham Chu...
star star star star star_half

Cathedral of the ...
star star star star star_half

مركز مدير...
star_border star_border star_border star_border star_border

Seventh Day Adven...
star star star star star_border

کلیسای کر...
star star star star_half star_border

Daralqran Jame Mo...
star star star star_half star_border

Panbeh Chi Mosque
star star star star_half star_border

Peter Evangelical...
star star star star star_half

شوراي كلي...
star star star star star

테헤란 한인 ...
star star star star_border star_border

Saint Peters Chur...
star star star star_half star_border

Javadolaemeh reli...
star star star star star

Reza (PBUH) Mosqu...
star star star star star_half

St. George Church
star star star star star_half

Alavi Mosque
star star star star star_half

مسجد موسى...
star star star star star_half

Art Institute Roh...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Nezaja 29 Farvard...
star star star star_half star_border

کلینیک در...
star star star star star

Loghman-e Hakim H...
star star star star_half star_border

Taha store 7
star star star star_border star_border

دکتر علیر...
star star star star star

دندان مار...
star_border star_border star_border star_border star_border

کلینیک دن...
star star star star_half star_border

tebsang
star star star star star_half

قالب سازی...
star_border star_border star_border star_border star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

Earlife hearing a...
star_border star_border star_border star_border star_border

Faratashkhis
star_border star_border star_border star_border star_border

مرکز جامع...
star star star star star_border

Rooz Veterinary P...
star star star star star_half

saminava co
star star star star star

Dr. Sharokh Tagha...
star star star star star

داروكده
star star star star star_half

Jamalzadeh Pharma...
star star star star star_half

star star_border star_border star_border star_border

روان آرام
star_border star_border star_border star_border star_border

Kimiakoodpars OFF...
star_border star_border star_border star_border star_border

Shimi Center
star_border star_border star_border star_border star_border

مرتضی اسک...
star star star_half star_border star_border

دكتر محمد...
star star star star_half star_border

star star star star star