Hong Kong
Overcast clouds
29.1 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI WILAYAH HONG KONG SAR 

HONG KONG SAR merupakan salah satu wilayah yang memiliki kasus COVID-19 (confirmed cases). Berdasarkan data Centre for Health Protection Pemerintah Hong Kong melalui situs resmi https://www.chp.gov.hk/files/pdf/local_situation_covid19_en.pdf, hingga tanggal 25 Mei 2020, HONG KONG SAR memiliki 1066 confirmed cases.

Catatan: Situation Report WHO tidak memuat data kasus Covid-19 di Hong Kong SAR.

Merespon hal tersebut, HONG KONG SAR telah menerapkan kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa:

 a. Penetapan status darurat COVID-19

Sejak 25 Januari 2020

b. Kebijakan penutupan perbatasan

Sebagian besar perbatasan Hong Kong-Tiongkok daratan ditutup. Saat ini hanya 3 perbatasan aktif, yaitu bandara, Shenzhen Bay joint check point dan jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau

c. kebijakan pembatasan bagi pendatang asing

Pemerintah Hong Kong pada 6/4/2020 merilis pengumuman perpanjangan larangan masuk dan transit bagi WNI non-residen (kecuali penduduk RRT, Makau dan Taiwan, serta diplomat) hingga pemberitahuan lebih lanjut. Sedianya, larangan tersebut berlangsung 14 hari dari 25/3/2020 hingga 7/4/2020. Pengumuman tersebut turut disampaikan oleh Chief Executive Hong Kong Carrie Lam dalam konferensi pers 7/4/2020. Selain itu, Carrie Lam menyampaikan apresiasi bagi para tenaga medis yang telah bekerja keras dalam penanganan COVID-19.

Dalam rangka memperkuat upaya pencegahan dan social distancing, Pemerintah Hong Kong juga menerapkan beberapa kebijakan lain, yaitu:

  • Larangan berkumpul lebih dari 4 orang di tempat umum mulai 29/3/2020 hingga 3 bulan dengan sanksi berkisar antara HKD2.000—25.000 (Rp.4—50 juta) dan penjara 6 bulan bagi pelanggar;
  • Larangan beroperasi bagi bar/pub mulai 3/4/2020 hingga 17/4/2020 dengan sanksi maksimal HKD50.000 (Rp.100 juta) dan penjara 6 bulan bagi pelanggar;

d. kebijakan penutupan penerbangan

e. kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara 

f. Kebijakan karantina

Per tanggal 19 Maret 2020, seluruh ketibaan dari luar negeri wajib menjalani proses karantina selama 14 hari. Kebijakan ini berlangsung hingga 3 bulan ke depan.

g. kebijakan persyaratan tambahan bagi pendatang asing (antara lain Health Certificate)

Namun otoritas setempat melakukan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh pendatang pada saat kedatangan di Hong Kong. Penumpang pesawat yang keluar dan transit di Hong Kong juga diperiksa suhu tubuhnya.

 

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke HONG KONG SAR apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di HONG KONG SAR agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.

Dalam kondisi darurat silakan menghubungi hotline KJRI Hong Kong +852 67730466/+852 6894 2799 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

-------------------------------------

 

Kode Telepon:

+852

Zona dan Perbedaan Waktu:

Hong Kong berada di Zona GMT +8. Waktu di Hong Kong 1 (satu) jam lebih cepat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe D


KJRI Hong Kong

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Bebas Visa (30 hari) Sejak tanggal 19 Maret 2020 semua pendatang yang masuk ke Hong Kong wajib karantina
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari) Sejak tanggal 19 Maret 2020 semua pendatang yang masuk ke Hong Kong wajib karantina
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari) Sejak tanggal 19 Maret 2020 semua pendatang yang masuk ke Hong Kong wajib karantina

 A. Umum

Hong Kong adalah Daerah Administratif Khusus  atau Special Administrative Regions (SAR) dan memiliki peraturan imigrasi terpisah dari Republik Rakyat Cina.

Wisatawan Indonesia tidak memerlukan visa untuk kunjungan dibawah  90 hari. Jika Anda memasuki Hong Kong dengan visa pengunjung, Anda tidak diperbolehkan untuk bekerja, dibayar atau tidak dibayar, atau bergabung dalam bisnis apapun, atau belajar di sekolah, universitas atau lembaga pendidikan lainnya. Kami sangat menyarankan Anda untuk mencari informasi dari Departemen Imigrasi Hong Kong  atau Kedutaan Besar RRT di Jakarta  sebelum tanggal perjalanan yang Anda inginkan.

Untuk peraturan bea cukai dan karantina ,Anda dapat membuka website www.customs.gov.hk
Jika Anda sudah di Hong Kong dan memiliki pertanyaan tentang hal hal terkait visa, hubungi Departemen Imigrasi SAR Hong Kong di Gloucester Road 7, Wanchai, Hong Kong, (tel: (852) 2824 6111) atau online at www.Immd.gov.hk.

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

Kami mencatat terjadinya beberapa insiden kejahatan di Hong Kong seperti pencopetan dan pencurian yang sering terjadi di kota besar dan temoat wisata yang ramai. Apabila Anda menjadi korban kejahatan, kami sarankan untuk membuat laporan kepada Kepolisian setempat dan menghubungi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong. Harap diingat bahwa Kepolisian setempat adalah pihak yang berwenang dan bertanggung jawab untuk menyelidiki tindak kejahatan yang terjadi.

  • Penipuan melalui surat elektronik

WNI seringkali menjadi korban skema penipuan surat elektronik dari sindikat kejahatan di Hong Kong. Penipuan skema ini umumnya dilakukan melalui tautan internet atau surat elektronik. Pelaku biasanya menjanjikan korban yang mencari bantuan untuk penerbangan internasional, setelah korban mau setelah itu korban mengirimkan sejumlah uang kepada pelaku. Anda dianjurkan bersikap bijak dan tidak segera percaya ketika mendapatkan tawaran semacam ini.

  • Penipuan yang melibatkan Sertifikat Tanah Palsu dengan Kupon Lotere

Di Hong Kong sering terjadi penipuan yang melibatkan sertifikat tanah palsu dengan menggunakan skema kupon lotere dan lotere asing. Anda dianjurkan bersikap bijak dan tidak segera percaya ketika mendapat tawaran kupon lotere semacam ini.

  • Kejahatan mengunakan Minuman Alkohol

Sindikat kriminal yang dikenal menyewakan perempuan untuk menemani turis laki-laki barat di bar dan klub malam untuk minuman alkohol mereka dan mencuri barang-barang berharga mereka. Para penjahat kemudian menggunakan kartu korban untuk menarik uang dari rekening mereka di ATM. Hindari menerima minuman dari orang asing dan waspada terhadap orang asing yang mendekati Anda di bar dan klub malam.

 

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana.

Setiap orang yang berada di wilayah Hong Kong, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources)

C. Hukuman Untuk Kejahatan Narkoba

Setiap orang yang berada di wilayah Hong Kong, termasuk WNI, jika kedapatan membawa obat bius (obat-obatan terlarang) maka Anda dapat dikenakan sanksi. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

D. Masalah Hukum Lainnya  (Impor)

Setiap orang yang berada di wilayah Hong Kong, termasuk WNI, apabila memiliki jenis senjata, barang antik, mainan dan aksesoris fashion harus memiliki izin untuk impor. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Hong Kong adalah Dollar Hong Kong. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat..

Asuransi dan Kesehatan

Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif yang mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi akan melindungi selama Anda bepergian dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam polis. Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis diluar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan. Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat

A. Wabah Penyakit

  • Tingkat polusi udara di Hong Kong dapat memperburuk bronkial, sinus atau kondisi asma. Orang dengan penyakit jantung atau pernapasan harus mengurangi aktivitas fisik dan kegiatan di luar ruangan pada hari-hari ketika tingkat polusi sangat tinggi.
  • Wabah penyakit nyamuk, termasuk demam berdarah, terjadi dari waktu ke waktu. Kami menyarankan Anda mengambil langkah-langkah untuk menghindari gigitan nyamuk, termasuk menggunakan obat nyamuk, memakai baju lengan panjang, pakaian longgar, berwarna terang dan memastikan akomodasi Anda agar terhindat dari nyamuk.
  • Penyakit yang terbawa dari air, makanan dan penyakit menular lainnya (termasuk tuberkulosis, hepatitis, demam berdarah dan tangan, kaki dan mulut) terjadi secara sporadis. Kami menyarankan Anda menghindari makanan mentah dan setengah matang. Di daerah pedesaan, kami merekomendasikan semua air minum harus direbus atau air minum kemasan, dan hindarilah es batu. Carilah dokter bila Anda mengalami demam atau menderita diare.
  • Penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) adalah hal yang umum di Hong Kong dengan wabah yang lebih serius terjadi dari waktu ke waktu. Di Asia, wabah HFMD biasanya dimulai pada bulan Maret / April dan puncaknya pada Mei tetapi dapat berlanjut sampai Agustus-Oktober setiap tahun. Sebagian besar kasus ditemukan pada anak-anak di bawah usia 10 tahun. Tidak banyak terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini ditandai dengan demam serta lecet dan ruam pada tangan, kaki dan bokong. HFMD menyebar melalui kontak langsung dengan hidung dan tenggorokan serta tinja orang yang terinfeksi. Tindakan pencegahan kebersihan normal termasuk sering mencuci tangan hati-hati.
  • Saat ini Pemerintah SAR Hong Kong menyatakan tingkat 'Siaga' untuk influenza, termasuk flu A burung (H7N9). Ini adalah level terendah dalam sistem peringatan tiga lapis. Kasus flu burung tipe A (H7N9) telah dilaporkan di Cina daratan. Wisatawan harus mengikuti praktik kebersihan tangan dan keamanan makanan yang baik, serta menghindari kontak dengan hewan. Lihat situs web Organisasi Kesehatan Dunia untuk informasi lebih lanjut. Saat ini Pemerintah SAR Hong Kong menyatakan tingkat 'Siaga' untuk virus Zika. Ini adalah level terendah dalam sistem peringatan tiga level. Saat ini Pemerintah SAR Hong Kong menyatakan tingkat 'Siaga' untuk mer-CoV. Ini adalah level terendah dalam sistem peringatan tiga lapis. Departemen Kesehatan Hong Kong terus menerapkan mekanisme pengawasan khusus pada titik-titik kontrol perbatasan. Wisatawan yang datang atau transit di Hong Kong dengan gejala flu dapat dikirimkan ke rumah sakit umum untuk isolasi dan sampai spesimen mereka terbukti negatif untuk mer-CoV. Informasi lebih lanjut tentang tersedia di penyakit menular di Hong Kong tersedia di website Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong.

 

B. Fasilitas Medis

Hong Kong memiliki berbagai layanan dan fasilitas medis Internasional. Biaya bisa jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Rumah sakit swasta mungkin memerlukan konfirmasi asuransi, jaminan pembayaran atau setoran muka sebelum menerima pasien.

C. Bagaimana cara mendapatkan pertolongan?

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

Nomor darurat Hong - Kong :

  • Pelayanan Darurat � tekan 999 hj

Telekomunikasi

Operator Mobile :

1. CSL
2. Three 3
3. China Mobile

Tempat Wisata


star star star star star

Yuen Po Street Bi...
star star star star_half star_border

SuperPark Hong Ko...
star star star star star_border

Kowloon Park
star star star star star_half

Hong Kong Science...
star star star star star_half

Hong Kong Heritag...
star star star star star_half

DATAR TRAVEL LIMI...
star star star star star

STAR WING TRAVEL ...
star star star star star

Play House
star star star star_half star_border

West Kowloon Cult...
star star star star_half star_border

Hong Kong Maritim...
star star star star star_half

Hong Kong Maritim...
star star star star star_half

City Gallery
star star star star star_border

Kai Cheung Road S...
star star star star_half star_border

Hong Kong Museum ...
star star star star star_half

Victoria Park
star star star star star_half

Dr Sun Yat-sen Mu...
star star star star star_half

Flagstaff House M...
star star star star star_half

Hong Kong Park
star star star star star_half

The Peak Tram
star star star star star_half

Hong Kong Zoologi...
star star star star star_half

Pet garden
star star star star star_border

Victoria Peak Gar...
star star star star star_half

Hong Kong Police ...
star star star star_half star_border

Hong Kong Film Ar...
star star star star_half star_border

Kuliner


Sweetheart Garden...
star star star star_half star_border

The Place
star star star star star_border

Man Wah Restauran...
star star star star_half star_border

Kee Tsui Cake Sho...
star star star star star_border

Knockbox Coffee C...
star star star star star_half

Knockbox Coffee C...
star star star star star_half

Haagen-Dazs
star star star star_half star_border

Kubrick
star star star star star_half

Mido Cafe
star star star star_half star_border

Tim Ho Wan
star star star star star_half

Novotel Hong Kong...
star star star star star_border

HABITŪ Elements
star star star star_half star_border

Pastry Gems
star_border star_border star_border star_border star_border

The Lounge & Bar
star star star star star_half

FINDS
star star star star star_half

Ceres Boulangerie...
star star star star_half star_border

The Luxe Manor
star star star star star_half

Cookies Quartet
star star star star star_border

Yamm
star star star star_half star_border

HABITŪ The One
star star star star_half star_border

Very Good Seafood...
star star star star_half star_border

Hungry Korean
star star star star_half star_border

Luna Cake
star star star star star_half

COVA Caffe
star star star star_half star_border

Cafe (Hyatt Regen...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Ward Memorial Met...
star star star star star_half

Hong Kong Council...
star star star star star_half

EFCC Waterloo Hil...
star star star star star_half

Saint Teresa's Ch...
star star star star star_half

Madarsa tul hira
star star star star star_half

Masjid Ibrahim
star star star star star_half

Kowloon Methodist...
star star star star star_half

Khatme-Nabuwwat I...
star star star star star_half

Kowloon City Bapt...
star star star star star_half

Rosary Church
star star star star star_half

Church Assembly H...
star star star star star_half

Church Assembly H...
star star star star star_half

To Kwa Wan Madras...
star star star star star_half

Tsim Sha Tsui Bap...
star star star star star_half

Kowloon Mosque an...
star star star star star_half

Kowloon Mosque An...
star star star star star

The SKH Holy Carp...
star star star star star_half

Hong Kong Jamatkh...
star star star star star_border

Zion Lutheran Chu...
star star star star star_border

North Point Allia...
star star star star star_half

Saint Jude's Chur...
star star star star star_half

International Chr...
star star star star star_half

The Church of Chr...
star star star star star_half

St. John's Cathed...
star star star star star_half

Hong Kong Sheng K...
star star star star_half star_border

Fasilitas Kesehatan


Kwong Wah Hospita...
star star star star_half star_border

star star star star_half star_border

star star star star star

Yue Ping Hoi Doct...
star star star star_border star_border

Queen Elizabeth H...
star star star star_half star_border

Saint Teresa's Ho...
star star star star_half star_border

Lam Kyu Kyu Docto...
star star star_half star_border star_border

Lee Young King, J...
star star_border star_border star_border star_border

Prestige Medical ...
star star star star_half star_border

star star star star star_border

Watsons
star star star star_border star_border

Cameron Dental Ce...
star star star star star_half

MeSkin Medical Ce...
star star star star star

耳鼻喉科, ent...
star star star star star_half

Pacificheck Compa...
star_border star_border star_border star_border star_border

CrossFit 852 - Ce...
star star star star star_half

Dr. Gregory Taylo...
star star star star star

ENT Centre of Hon...
star star star_half star_border star_border

Integrated Medici...
star star star star star_half

Skincentral Derma...
star star star star star_half

Ear, Nose, Throat...
star star star_half star_border star_border

Prince Philip Den...
star star star star star_border

天一醫務所 T...
star star star_half star_border star_border

star star star star star

Lau Chung Man Doc...
star star star star_border star_border