Guinea-Bissau
Moderate rain
28.59 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI GUINEA-BISSAU


Guinea-Bissau merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19. Berdasarkan data WHO hingga tanggal 4 Juli  2020, Guinea-Bissau memiliki 1765 confirmed cases. Merespon hal tersebut, Guinea-Bissau telah menerapkan:

Penetapan status darurat COVID-19: 

      Pemerintah Guinea-Bissau telah menyatakan negara dalam keadaan darurat pada tanggal 27 Maret 2020  yang diperpanjang hingga 26 Mei 2020.  Pada 26 Juni 2020, Presiden Guinea-Bissau memutuskan untuk kembali memperpanjang status keadaan darurat negara untuk keenam kalinya selama 30 hari hingga 25 Juli 2020 mengingat peningkatan jumlah kasus. Namun, keputusan tersebut juga mencabut ketentuan jam malam yang selama ini diterapkan. 

Kebijakan penutupan perbatasan: 

     Menutup semua perbatasan dan penerbangan 

Kebijakan penutupan penerbangan: 

      Menutup semua perbatasan dan penerbangan 

Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara: 

  • Instruksi untuk menunda kegiatan yang menghimpun banyak orang
  • Membekukan klub dan bar di seluruh Guinea-Bissau
  • Menutup semua sekolah dan pasar 
  • Membekukan semua upacara keagamaan dan adat
  • Salah satu media massa Guinea-Bissau mengungkapkan bahwa RS Nasional Simao Mendes Bissau telah lama kehabisan stok oksigen maupun ventilator yang sesuai statistik diperlukan 4% penderita Covid-19. Disamping itu, laboratorium Instituto Nacional de Saude / INASA juga telah melampaui kapasitas pengujian Covid-19. 
  • Pada 12 Mei 2020, Pemerintah Guinea-Bissau telah mengumumkan pelonggaran ketentuan jam malam menjadi 20.00 - 06.00 meski pergerakan orang masih dibatasi antara jam 07.00 - 14.00 dan status keadaan darurat negara diperpanjang hingga 26 Mei 2020. 
  • Pada 26 Mei 2020, Presiden Guinea-Bissau Umaro Sissoco Embalo untuk ketiga kalinya memperpanjang keadaan darurat negara yang berlaku hingga 10 Juni 2020 dengan pertimbangan memburuknya situasi dan kondisi di Guinea-Bissau akibat Covid-19. Namun, dekrit Presiden tersebut juga menetapkan pembukaan perbatasan serta mengizinkan keluar masuknya orang dengan persyaratan dapat menunjukkan sertifikat kesehatan. Pembatasan lalu lintas orang dalam negara dan pemberlakuan jam malam masih berlaku. 
  • Pada 10 Juni 2020, Presiden Guinea-Bissau mengumumkan perpanjangan keadaan darurat selama 15 hari hingga 25 Juni 2020. Perpanjangan keadaan darurat ini telah diperkirakan mengingat situasi Covid-19 di Guinea-Bissau masih mengkhawatirkan.  Presiden Guinea-Bissau sendiri baru kembali dari Prancis pada 9 Juni 2020 setelah berada di Prancis selama 15 hari untuk berobat. 
  • Joana Cortez, seorang ahli WHO di Guinea-Bissau mengungkapkan bahwa 176 tenaga kesehatan di Guinea-Bissau terjangkit Covid-19 yang merupakan 9% dari sekitar 2000 tenaga kesehatan, termasuk dokter dan perawat di negara tersebut. 
  • Diungkapkan pula bahwa kondisi umum penanganan Covid-19 di Guinea-Bissau yang sangat memprihatinkan. Tiga rumah sakit utama di Bissau dipenuhi pasien Covid-19 dan tidak lagi dapat menyediakan layanan kesehatan dasar. Guinea-Bissau juga tidak memiliki unit layanan intensif (intensive care unit / ICU) yang sebenarnya dengan ventilator invasif hanya tersedia di kamar operasi yang jumlahnya juga sedikit. Kekurangan suplai oksigen yang berkelanjutan merupakan salah satu masalah terbesar dalam perawatan pasien mengingat hanya satu fasilitas kesehatan yang memiliki oxygen plant mandiri. Hanya ada 2 laboratorium kesehatan yang dapat melakukan tes Covid-19 yang keduanya terletak di ibukota, Bissau dan dengan infrastruktur yang ada, sangat sulit untuk membawa sampel tes ke ibukota terlebih menjelang datangnya musim hujan. 
  • Komisi Tingkat Menteri untuk Koordiinasi Perhubungan dan Perdagangan ECOWAS telah mengadakan pertemuan virtual pada 12 dan 16 Juni 2020 yang menghasilkan sejumlah rekomendasi bagi negara anggota ECOWAS antara lain terkait pembukaan perbatasan darat dan udara yang diusulkan untuk dilakukan dalam 3 tahap yaitu :
  1. Fase pertama : Pembukaan internal, yaitu pembukaan bandar udara untuk penerbangan domestik dan pencabutan pembatasan atas perhubungan darat domestik di masing-masing negara anggota ECOWAS pada akhir Juni 2020
  2. Fase kedua : pembukaan perbatasan darat, udara, dan laut antar anggota ECOWAS dalam paruh pertama Juli 2020, paling lambat 15 Juli 2020
  3. Fase ketiga : pembukan perbatasan darat dan udara dari negara anggota ECOWAS ke negara lain yang tingkat penularan Covid-19 tidak terlalu tinggi dalam paruh kedua Juli 2020, paling lambat 31 Juli 2020 
  • Pemerintah Guinea-Bissau dalam menghadapi tekanan ekonomi akibat wabah Covid-19 telah membuat beberapa kebijakan:

1) Dana darurat sebesar USD 0,5 juta telah disetujui dan akan difokuskan pada peningkatan fasilitas rumah sakit nasional, penyediaan obat-obatan, makanan, dan peralatan medis ke rumah sakit lainnya

2) Sebagai anggota West African Economic and Monetary Union (UEMOA) yang menggunakan franc CFA yang dikeluarkan bank sentral regional BCEAO (Banque Centrale des Etats de lAfrique de l’Ouest) sebagai mata uang bersama, kebijakan moneter Guinea-Bissau terkait erat dengan kebijakan BCEAO

3) BCEAO telah mengambil langkah-langkah awal untuk lebih memenuhi permintaan likuiditas dari bank-bank nasional dan mengurangi dampak negatif dari pandemi pada kegiatan ekonomi. BCEAO pertama kali meningkatkan likuiditas yang tersedia bagi bank-bank pada lelang mingguan dan bulanan 23 Maret dan 30 Maret, yang memungkinkan rata-rata suku bunga refinancing tetap relatif dekat dengan suku bunga acuan kebijakan moneter yaitu 2,5% sehingga memungkinkan bank untuk memenuhi kebutuhan likuiditas mereka sepenuhnya pada tingkat yang lebih rendah. 

4) Pada 21 Maret 2020, BCEAO juga mengumumkan perpanjangan kerja agunan untuk mengakses refinancing bank sentral untuk memasukkan pinjaman bank ke 1700 perusahaan swasta yang memenuhi syarat dan pengaturan kerangka kerja dengan sistem perbankan untuk mendukung perusahaan dengan kesulitan pembayaran. 

5) Pada 13 April 2020, IMF mengumumkan kebijakan baru yaitu penghapusan utang selama 6 bulan bagi negara-negara yang mendapatkan bantuan dari IMF melalui Dana Perwalian Bantuan dan Respon Bencana (ARF Trust Fund) yang memungkinkan IMF untuk melakukan pengurangan hutang dalam bentuk hibah kepada negara-negara yang mendapatkan bantuan dari IMF termasuk Guinea-Bissau 

6) Guinea-Bissau menerbitkan surat hutang senilai 35 miliar franc CFA (sekitar USD 56 juta) 

Pada 26 Juni 2020, Presiden Guinea-Bissau memutuskan untuk kembali memperpanjang status keadaan darurat negara untuk keenam kalinya selama 30 hari hingga 25 Juli 2020 mengingat peningkatan jumlah kasus. Namun, keputusan tersebut juga mencabut ketentuan jam malam yang selama ini diterapkan.  

Kebijakan karantina:

      Penyiapan penanganan bagi terduga penderita

Sehubungan dengan hal tersebut kami menghimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Guinea-Bissau apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Guinea-Bissau agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline KBRI Dakar di nomor  +221 78 637 14 74 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel. 

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Guinea Bissau adalah sebuah negara yang berada di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Senegal di utara dan Guinea di sebelah selatan dan timur, dan Samudera Atlantik di sebelah barat. Negara ini mencakup 36.125 km², dengan populasi sekitar 1.600.000 jiwa.

Kode Telepon:

+245

Zona dan Perbedaan Waktu:

Guinea-Bissau berada di Zona GMT+0. Waktu di Guinea-Bissau adalah 7 jam lebih lambat dibandingkan Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C


KBRI Dakar

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    eVisa / Visa on Arrival (90 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

  • Pemerintah Guinea-Bissau mengharuskan setiap pendatang menyertakan sertifikat imuniasi wabah kuning (yellow fever) ketika akan memasuki wilayah Guinea-Bissau. Pastikan paspor Anda tetap berlaku enam bulan dari rencana Anda untuk kembali ke Indonesia.
  • WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Guinea-Bissau sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Guinea-Bissau berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda. 

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Guinea-Bissau, Anda dapat menghubungi :

           Catatan : Alamat ini didapatkan dr internet namun tidak terdaftar di websiste Kemlu, perlu check n recheck

           Bissau-Guinean Embassy in Jakarta, Indonesia
          50/F, Menara BCA Grand Indonesia
          JL. MH. Thamrin No. 1
          Jakarta 10310

          No. Tel. : +62-21-2358-4586

         +62 822-3332-3333 (24 hours)

         No. Faks. : +62-21-2358-4401

         e-mail : gbembassy@hotmail.com

         situs : www.bissauembassy.com

 

 

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Seperti yang terjadi di Mali, Pantai Gading dan Burkina Faso, kelompok teroris terus melakukan serangan di resor tepi pantai, hotel, kafe dan restoran yang dikunjungi oleh orang asing. Tetap selalu berhati-hati dan waspada di ketika berada di wilayah ini.

B. Kriminalitas

Tingkat kejahatan di Guinea-Bissau tidak tinggi tetapi Guinea-Bissau merupakan negara sangat miskin. Anda harus tetap selalu berhati-hati dan waspada, lakukan tindakan pencegahan seperlunya. Hindari membawa barang-barang berharga di depan umum.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Guinea-Bissau adalah negara dengan tingkat ketidakstabilan politik yang tidak dapat diduga, sewaktu-waktu bisa terjadi perubahan konstelasi politik tanpa peringatan sebelumnya. Sebuah kudeta militer terjadi pada bulan April 2012 dan mendirikan pemerintahan transisi yang tidak diakui oleh banyak negara. Pemilu yang sukses dan demokratis diakui secara internasional telah diadakan pada tahun 2014. Jose Mario Vaz terpilih sebagai Presiden, dan Domingos Simoes Pereira menjadi Perdana Menteri. Namun demikian dalam menjalankan pemerintahan, terjadi ketegangan diantara keduanya yang mengakibatkan krisis politik pada bulan Agustus 2015. Presiden Vaz mencopot Perdana Menteri, dan menggantikannya dengan Carlos Correia yang dilantik pada tanggal 17 September 2015

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

 

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

  • Setiap orang yang berada di Guinea-Bissau, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.
  • Disarankan Anda selalu membawa kartu identitas (paspor atau izin tinggal) setiap saat, terutama ketika mengemudi atau menggunakan taksi. Paspor adalah dokumen berharga yang menarik bagi penjahat yang mungkin mencoba untuk menggunakan identitas Anda untuk melakukan kejahatan. Paspor harus selalu disimpan di tempat yang aman. Anda diwajibkan untuk melaporkan kehilangan paspor ke Kedutaan Besar RI terdekat sesegera mungkin.

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.
  • Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources)

C. Terkait Narkoba

  • Jangan terlibat dengan tidak pidana terkait narkotika dan obat terlarang apapun.
  • Hukuman berat akan diberikan bagi mereka yang terlibat tindak pidana narkotika dan obat terlarang. Untuk diketahui, penjara lokal sangat buruk kondisinya.

 

Mata Uang dan Penukaran

CFA Franc adalah mata uang lokal. Anda dapat menukar uang di bank dan tempat penukaran uang resmi. Pastikan Anda mendapatkan tanda terima pada setiap transaksi penukaran uang. Guinea-Bissau adalah negara yang melaksanakan transaksi ekonominya secara tunai dalam kehidupan sehari-hari. Kartu kredit jarang digunakan dan hanya ada beberapa ATM.

 

Asuransi dan Kesehatan

  • Pelayanan kesehatan dan medis kurang memadai dan untuk penyakit serius perlu dilakukan dinegara lain.
  • Wabah penyakit utamanya yang terdapat di Guinea Bissau antara lain HIV/AIDS, Pneumonia, influenza dan Malaria
  • Cara mendapatkan pertolongan hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda. Anda dapat juga menghubungi KBRI terdekat (link ke alamat dan no telepon emergency KBRI/KJRI).
  • Nomor darurat Guinea-Bissau:
  • Polisi : tambahkan info dari KBRI
  • Pemadam Kebakaran : tambahkan info dari KBRI
  • Ambulance : tambahkan info dari KBRI

Telekomunikasi

DI Guinea Bissau terdapat layanan telekomunikasi bagi teleppon selular dan jaringan internet melalui operator telekomunikasi MTN dan Orange.

Tempat Wisata


National Ethnogra...
star star star star_half star_border

star star star star_half star_border

From Empire Squar...
star star star star star_border

Kuliner


Bar NTB
star star star star_half star_border

Rasoi, restaurant...
star star star star star_half

Restaurante Dona ...
star star star star_half star_border

Vereda Tropical
star star star star_half star_border

Restaurante Dom B...
star star star star star_half

Restaurante Bar S...
star star star star_half star_border

Adega do Loureiro
star star star star_half star_border

Coqueiros Bar Bis...
star star star star_half star_border

Restaurante Alent...
star star star star_half star_border

Mama Mia
star star star star star_half

Restaurante Liban...
star star star star star_half

Pizzaria ALLI
star star star star_half star_border

BFC - Bissau Frie...
star star star star_half star_border

PETISQUEIRA A MAN...
star star star star_half star_border

Restaurante Papa ...
star star star star_half star_border

Papa Loca
star star star star_half star_border

Restaurante Palma...
star star star star_border star_border

Restaurante Hugo'...
star star star star star_half

A Padeira African...
star star star star_half star_border

Pastelaria Imperi...
star star star star_half star_border

Ponto D'Encontro
star star star star_half star_border

Restaurant Chez A...
star star star star_half star_border

Restaurante Ali B...
star star star star_half star_border

Os Tres Manos
star star star star_half star_border

Lá Rosa restaura...
star star star star_half star_border

Tempat Ibadah


Testemunhas de Je...
star_border star_border star_border star_border star_border

Igreja Adventista...
star star star star_border star_border

Igreja Universal ...
star star star star star

Igreja Adventista...
star star star star_half star_border

Ilha De Bissack
star star star star_half star_border

Mesquita de Madin...
star star star star star_border

Igreja Evangélic...
star star star star star_half

Mesquita de Bissa...
star star star star_half star_border

Igreja Evangélic...
star star star star star_border

Mesquita Central ...
star star star star_half star_border

Mesquita
star_border star_border star_border star_border star_border

Igreja Evangelica...
star star star star star_border

Igreja Assembleia...
star star star_half star_border star_border

Igreja Universal ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Capela de Santa L...
star star star star_half star_border

Igreja
star star star star_half star_border

Igreja Evangélic...
star star star_half star_border star_border

Igreja Adventista...
star star star star_half star_border

Igreja Adventista...
star_border star_border star_border star_border star_border

Igreja Santo Anto...
star star star star star_half

Igreja Adventista...
star_border star_border star_border star_border star_border

Testemunhas De Je...
star star star star_border star_border

Igreja Adventista
star star star star star_half

Igreja Adventista...
star star star star_half star_border

Central Evangelic...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Policlinica do In...
star star star star_border star_border

Hospital 3 de Ago...
star_border star_border star_border star_border star_border

Clinica Madrugada
star star star star star_half

FARMACIA SS
star star star star star_half

Clínica Artemisa
star star star star_border star_border

Farmácia Moçamb...
star star star star star_half

Clínica Madre Te...
star star star star star

Hospital Nacional...
star star star star_half star_border

Farmácia Municip...
star star star star star

Cuidados Intensiv...
star_border star_border star_border star_border star_border

Meternidade - HNS...
star star star_border star_border star_border

Hospital Nacional...
star_border star_border star_border star_border star_border

Farmacia Rama
star star star star_border star_border

Farmacia Nur-Din
star_border star_border star_border star_border star_border

Farmacia Moderna
star star star star_border star_border

Policlinica UNTG
star_border star_border star_border star_border star_border

Hospital de Bandi...
star star star star_border star_border