Filipina
Clear sky
27.43 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI FILIPINA

Filipina tercatat memiliki kasus COVID-19 dengan kematian pertama di luar RRT. Berdasarkan data Department of Health Filipina per tanggal 31 Maret 2020, terdapat 2.084 kasus (confirmed cases), dan telah terjadi 88 kematian.

Merespon hal tersebut, Filipina telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa:

a. Penetapan status darurat COVID-19

Status darurat di Filipina telah dinaikan menjadi Code Red Sublevel 2 yang merupakan status kewaspadaan tertinggi. 

b. Kebijakan yang dapat mempengaruhi pendatang asing

- Pada tanggal 17 Maret 2020, Menteri Sekretaris Negara (Executive Secretary) Filipina mengeluarkan instruksi perihal Community Quarantine dan Pedoman Penanganan COVID-19 di wilayah Luzon Instruksi tersebut ditujukan kepada seluruh jajaran pemerintah, baik pusat maupun daerah.

- Pada intinya, instruksi tersebut berisi perluasan kebijakan Community Quarantine dan Social Distancing (Enhanced Community Quarantine – ECQ) di seluruh wilayah Luzon, pulau terbesar dimana ibukota Manila berada mulai tanggal 17 Maret sampai dengan 13 April 2020.

- Implementasi kebijakan tersebut dilaksanakan dalam bentuk:

  • Penghentian seluruh aktivitas pendidikan formal (sekolah), sampai dengan tanggal 14 April 2020. Hal ini berlaku mulai dari pre-school sampai ke Perguruan Tinggi.
  • Larangan berkumpul. Masyarakat dilarang melakukan akivitas bersama dalam suatu tempat/ruangan
  • Pembatasan mobilitas. Masyarakat diminta untuk tidak meninggalkan rumah kecuali untuk hal-hal yang penting/mendesak, seperti belanja makanan dan kebutuhan berobat.
  • Pelaksanaan Work from Home (WFH) bagi Aparat Pemerintah, kecuali Militer, Polisi, Tenaga Kesehatan, dan Pekerja di bidang layanan publik yang bersifat mendasar.
  • Pembatasan aktivitas swasta. Hanya perusahaan terkait industri makanan dan obat-obatan, serta usaha supermarket, rumah sakit, apotik, pengolahan dan distribusi makanan, dan air minum yang diperbolehkan beroperasi. Disamping itu, hanya jasa layanan publik lainnya yang dikelola swasta seperti perbankan, listrik, dan telekomunikasi yang diizinkan beroperasi.
  • Pembatasan alat angkut/transportasi publik.
  • Pembatasan masuk dan keluar Luzon bagi semua moda transportasi (darat, laut, dan udara). WNA yang saat ini tertahan di Manila diberikan batas waktu 72 jam untuk meninggalkan Filipina. Apabila WNA tersebut masih berada di Filipina setelah batas waktu tersebut, maka ybs. harus tetap tinggal hingga ECQ berakhir.
  • Seluruh penerbangan di Pulau Luzon mulai 20 Maret 2020 hingga 13 April 2020 akan ditangguhkan
  • Bandara hanya akan melayani WN Filipina beserta keluarganya yang tiba dari negara lain. Penerbangan internasional yang masuk ke wilayah Luzon hanya diperuntukkan bagi proses repatriasi WN Filipina dan keluarganya.

- Dalam pidatonya pada tanggal 24 Maret 2020 malam, Presiden Duterte menyampaikan langkah-langkah tambahan berupa:

  • Gugus tugas penanganan COVID-19 sedang menyusun National Action Plan (NAP) COVID-19
  • Pemda/Pemkot diminta memastikan distribusi makanan dan obat-obat secara cepat dan tepat serta diprioritaskan bagi masyarakat sangat miskin dan bantuan dana diperluas hingga masyarakat kaum pinggiran dan orang terlantar.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Filipina. Bagi Anda yang telah berada di Filipina agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.

Dalam kondisi darurat silakan menghubungi hotline KBRI Manila di nomor +63-917-319-8470 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

___________________________________________________________________________________________________________

Kode Telepon:
+63

Zona dan Perbedaan Waktu:
Filipina berada di Zona GMT +8. Waktu di Manila adalah 1 jam lebih cepat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:
Tipe A, B atau C (Frekuensi 220 V-60 Hz)


KBRI Manila

KJRI Davao City

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari)

Indonesia dan Filipina merupakan negara anggota ASEAN, maka dari itu WNI dibebaskan dari visa untuk kunjungan yang berlaku selama 30 hari. Pemerintah Filipina sangat keras terhadap pelaksanaan hukum keimigrasian. Ada kemungkinan petugas keimigrasian akan meminta Anda untuk memperlihatkan tiket pergi atau tiket kepulangan Anda. Walaupun hukum tersebut sudah tidak berlaku lagi, namun kami sangat merekomendasikan Anda untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan sebelum jadwal kepulangan. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai Filipina, Anda dapat menghubungi :
Philippine Embassy in Jakarta, Indonesia
Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat, Indonesia
No. Telp : +62-21-310-0334
No. Fax : +62-21-315-1167
Email : jakarta.pe@dfa.gov.ph / phjkt@indo.net.id
Alamat situs : www.philembjkt.com A. Umum

  • Sejak 1 Februari 2015, tidak ada lagi pajak bandara International Manila. Jika Anda meninggalkan negara itu dari bandara Cebu Mactan, Anda diminta untuk membayar pajak dari 750 Peso dalam mata uang lokal atau setara dalam dolar AS.
  • Anak-anak di bawah 15 tahun yang tidak didampingi orang tua atau datang untuk bertemu orang tua atau orang tua di Filipina harus menunjukkan Waiver of Exclusion Ground (WEG).
  • Segala persyaratan untuk memasuki dan keluar (seperti mata uang, bea cukai, peraturan karantina) dapat berubah setiap saat. Hubungi kantor kedutaan besar Filipina untuk informasi terkini.

 

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Terdapat ancaman serangan teroris dan kejahatan di Filipina, termasuk di Manila dan berbagai kota besar lainnya.

  • Sebaiknya Anda meningkatkan kewaspadaan di daerah yang tingkat penjagaan keamanannya rendah dan di tempat yang memiliki ancaman menjadi target serangan teroris.
  • Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali perjalanan Anda menuju beberapa kota/daerah di kawasan Mindanao dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi serta ancaman serangan dan penculikan teroris yang tinggi, yaitu di Provinsi Bukidnon, Provinsi Camiguin, dan Provinsi Misamis Oriental (Region X/Mindanao Utara); Provinsi Compostela Valley, Provinsi Davao del Norte, Provinsi Davao del Sur, dan Provinsi Davao Oriental (Region XI/Davao); serta Provinsi Agusan del Norte, Provinsi Surigao del Sur, Provinsi Surigao del Norte (Region XIII/Caraga).
  • Kami menyarankan Anda untuk tidak memasuki kawasan Mindanao bagian tengah dan barat, termasuk Semenanjung Zamboanga serta kepulauan Sulu dan Tawi-Tawi dikarenakan adanya ancaman penculikan, serangan teroris, kriminal, dan peperangan antar kelompok bersenjata yang sangat tinggi, yaitu Provinsi Maguindano, Provinsi Lanao del Sur, Provinsi Lanao de Norte, Provinsi Basilan, Provinsi Sulu, dan Provinsi Tawi-tawi (Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao - BARMM); Provinsi Sarangani, Provinsi Sultan Kudurat, Provinsi Cotabato Utara, dan Provinsi Cotobato Selatan (Region XII/SOCCSKSARGEN); Provinsi Bukidnon dan Provinsi Misamis barat (Region X/Mindanao Utara); serta Provinsi Zamboanga del Norte dan Provinsi Zamboanga del Sur (Region IX/Semanjung Zamboanga). 

Adanya ancaman penculikan dan penyanderaan yang sangat tinggi di Filipina selatan, khususnya di area pesisir terbuka dan area pesisir tertutup. Ancaman tersebut tinggi sama seperti ancaman yang terjadi di Semenanjung Zamboanga dan Kepulauan Sulu. Kelompok bersenjata yang berbasis di Semenanjung Zamboanga telah menunjukan kemampuan mereka untuk melakukan penyerangan di area sekitar Mindanao dan Malaysia Selatan.


B. Kriminalitas

  • Kami menyarankan Anda untuk meningkatkan kewaspadaan Anda selama berada di Filipina melihat adanya kemungkinan ancaman serangan teroris dan tingginya tingkat kriminalitas.
  • Sebisa mungkin Anda memperhatikan keamanan Anda setiap saat.
  • Perhatikan berita di media massa setempat tentang segala ancaman yang ada.
  • Carilah informasi tentang lokasi yang akan Anda datangi. Kejahatan ringan seperti pencopetan dan pencurian di tempat umum dapat terjadi di tempat wisata, hotel, atau di transportasi umum.
  • Jangan tinggalkan tas dan bawaan Anda tanpa adanya penjagaan.
  • Jangan membawa terlalu banyak membawa uang tunai saat sedang berpergian dan ingat jam tangan mewah, perhiasan, dan kamera kerap menjadi target pencuri.
  • Di kota-kota besar di Filipina, pencurian mobil kosong kerap terjadi.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana
Setiap orang yang berada di Filipina, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan
Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba
Penyalahgunanaan Narkotika adalah pelanggaran berat. Polisi dan pihak berwenang lainnya telah mendorong publik untuk membunuh pengedar narkoba dan telah diberitahu bahwa mereka akan dihargai untuk melakukannya. Tokoh politik senior telah menyatakan bahwa pecandu narkoba juga harus dibunuh. Kepemilikan sejumlah kecil sekalipun dari setiap obat terlarang di Filipina dapat dikenakan sanksi pidana penjara.

D. Hukum Lainnya
Memotret bangunan pemerintah untuk kepentingan publikasi adalah perbuatan melanggar hukum.

E. Hal - hal Lain yang Perlu Diketahui Oleh WNI
Proses peradilan di Filipina bisa sangat panjang, dengan beberapa kasus pengadilan bisa memakan waktu tahunan untuk menyelesaikannya. Selama ini pemerintah dapat menempatkan pembatasan pada perjalanan internasional. Seorang WNI yang dituduh melakukan kejahatan dapat mengalami kesulitan keuangan dan lainnya sementara peradilan akan terus berlangsung dan memungkinkan seseorang tidak dapat keluar dari Filipina hingga proses peradilannya memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Filipina adalah Philippine Peso. Anda dapat menukarkan mata uang dolar Amerika Serikat maupun Euro di berbagai tempat penukaran uang di seluruh negara bagian di Filipina.

A. Hal - hal Lain yang Perlu Anda Ketahui
1 Peso Filipina (PHP) = +/- 276 Rupiah (IDR)

Asuransi dan Kesehatan

  • Kami sangat menyarankan Anda untuk memiliki asuransi perjalanan komprehensif, yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum Anda berangkat. Konfirmasi asuransi Anda akan melindungi Anda selama Anda bepergian, dan cek syarat dan ketentuan yang termasuk dalam kebijakan.
  • Pemerintah Indonesia tidak akan membayar biaya medis di luar negeri ataupun evakuasi medis WNI yang bersangkutan.
  • Sangat penting untuk mempertimbangkan kesehatan fisik dan mental Anda sebelum bepergian keluar negeri.
  • Kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi standar sebelum Anda bepergian, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan informasi bagi wisatawan dan halaman kesehatan kami juga menyediakan informasi yang berguna untuk WNI agar tetap sehat.

A. Bagaimana Cara Mendapatkan Pertolongan?
Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda. Nomor darurat Filipina:

  • Nomor Darurat Nasional - tekan 911

Telekomunikasi

  • Pada tahun 1960-an layanan telekomunikasi di Filipina disediakan oleh operator swasta, yaitu perusahaan the Philippine Long Distance Telephone (PLDT). PLDT didirikan pada 18 November 1928 berdasarkan Hukum Publik No. 34364 ketika Filipina masih berada di bawah jajahan Amerika Serikat. Pada saat itu PLDT beroperasi di bawah aturan American Company General Telephone and Electronics (GTE) Corporation dan berlangsung hingga pemerintahan Presiden Beniqno Aquino berakhir. 
  • Pada tahun 1965-1986 ketika rezim pemerintahan Filipina berada di bawah Presiden Ferdinand Marcos, pihak PLDT didesak untuk menyerahkan kekuasaannya kepada Philippine Telecomunication Investment Company (PTIC), yang merupakan sebuah perusahaan holding yang dibentuk oleh beberapa pengusaha Filipina dan merupakan kroni dari pemerintahan Presiden Marcos. 
  • Pemerintahan Presiden Marcos lebih bercorak militer, sehingga tetap dapat mengendalikan operasi pasar PLDT, yang mencakup layanan telekomunikasi lokal, layanan telekomunikasi internasional, international gateway facility, dan jasa internasional, baik suara maupun record. Sedangkan operator telekomunikasi lain hanya diperbolehkan beroperasi pada satu segmen khusus, seperti paging dan telegran untuk domestik atau internasional saja. 
  • Status PLDT menjadi sangat aman ketika di bawah pemerintahan Presiden Marcos hingga dapat menyumbang sekitar 94% dari jaringan telepon Negara. Namun demikian, layanan komunikasi bagi daerah lokal setempat tetap terbatas karena memerlukan modal yang besar untuk meletakkan kawat koneksi.
  • Pemerintahan Presiden Marcos mengeluarkan Keputusan Presiden No. 217, yang bertujuan untuk memperluas penyediaan layanan komunikasi dari kalangan bisnis. Keputusan Presiden Filipina ini mendorong PLDT untuk meluncurkan layanan telepon swadana atau telepon seluler. Oleh karena itu, semua layanan komunikasi masih tetap dimonopoli oleh PLDT.
  • Presiden Fidel Ramos membuat sebuah terebosan di bidang komunikasi, yang disebut Almonte. Almonte merupakan upaya pembongkaran monopoli telekomunikasi da membuat layanan telepon menjadi lebih handal dan efisien.
  • Pemerintah Filipina membuat jaringan operator telekomunikasi lokal, menurunkan tarif langganan bagi konsumen, memperbaiki layanan komunikasi lokal, dan mendirikan Service Are Scheme (SAS). Kebijakan ini didukung dengan mengadopsi teknologi baru berupa GSM (Global System for Mobile) Communications, yang menyediakan layanan pesan singkat (SMS). Layanan SMS menjadi lebih terkenal dan menggantikan layanan telepon karena tarifnya lebih murah. Respon pasar atas layanan ini cukup bagus, sehingga mendorong kenaikan teledensitas mencapai 9,05 atau sebesar 800% dari tahun-tahun sebelumnya.
  • Perubahan tersebut dilatarbelakangi oleh kebijakan yang lebih pro pasar dan membuka kesempatan bagi sektor swasta untuk saling berkompetisi
  • Reformasi di bidang komunikasi di Filipina tersebut menjadi lebih kompleks krena tidak hanya melibatkan peran pemerintah yang berkuasa, tapi juga melibatkan dukungan dan tekanan para stakeholder non-pemerintah.
  • Perusahaan telekomunikasi swasta yang memperoleh lisensi Pemerintah Filipina pada saat itu tediri dari Bayantel, Digitel, Islacom, Globa, Smart, PT and T, Philcom, dan Piltel. Sedangka  PLDT yang merupakan perusahaan Negara masih menempati posisi dominan dalam memberikan layanan di bidang komunikasi di Filpina. 
  • Pada Juli 2000 Pemerintah Filpina mengadopsi Government Information Systems Plan (GIPS), yang berfungsi sebagai kerangka kerja elektronik. GISP dimanfaatkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemerintahan, serta menyediakan layanan publik yang lebih responsif, transparan, dan bertanggungjawab.
  • Liberalisasi sektor komunikasi di Filipina, yang diprakarsai oleh Presiden Ramos, merupakan upaya penguatan hubungan antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Reformasi teknologi komunikasi di Filipina juga didukung dengan pembentukan Pusat Komputer Nasional pada tahun 1971, yang bertujuan untuk mendorong penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Filipina.
  • Pada saat ini di Filipina telah ada 2 perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, yaitu PLDT, Inc. dan Globe Telecom, Inc. PLDT dan Globe menjadi operator seluler utama di Filipina setelah perusahaan konglomerasi San Miguel Corp. menjual operator telekomunikasi kepada kedua perusahaan tersebut senilay Php. 70 milyar (sekitar US$ 1,4 milyar). 
  • PLDT, yang sebelumnya memonopoli bisnis operator seluler di Filipina, merupakan perusahaan yang 20% sahamnya dimiliki oleh Nippon Telegraph and Telephone Corp. asal Jeoang, Sementara itu, kepemilikan saham oleh investor asing di sektor telekomunikasi Filipina dibatasi sebesar 40%.

Tempat Wisata


Bahay Nakpil-Baut...
star star star star star_half

Funtime
star star star star_border star_border

Casa Consulado Li...
star star star star star

UST Museum
star star star star star_half

Presidential Muse...
star star star star star_half

Presidential Muse...
star star star star star_half

Bahay Tsinoy, Mus...
star star star star star_half

Casa Manila
star star star star star_half

Museum Foundation...
star star star star star

Rizal Park
star star star star star_half

SM Storyland
star star star star_half star_border

Museo Pambata
star star star star star_half

Manila Ocean Park
star star star star star_half

Jose P. Laurel Me...
star star star star star_half

Kinder Zoo Inc
star star_border star_border star_border star_border

Philippines-Thail...
star star star star star_border

Manila Zoo
star star star star_half star_border

De La Salle Unive...
star star star star star_half

Metropolitan Muse...
star star star star star_half

Museum of Contemp...
star star star star star_half

Star City
star star star star star_half

Yuchengco Museum
star star star star star_half

Zoomanity Group T...
star star star star star_half

Crocoseum
star star star star star_border

Crocodile Park Ma...
star star star star star_border

Kuliner


7-Eleven
star star star_border star_border star_border

Pizza Hut
star star star star_half star_border

Pizza Hut
star star star star_half star_border

Dunkin Donuts
star star star star star_half

Munying's Recipe ...
star star star star star

Goldilocks
star star star star_half star_border

Cioccolata Churro...
star star star star star_half

Ilustrado - Gener...
star star star star star_half

Ministop
star star star_half star_border star_border

Gonuts Donuts
star star star star star_border

7-Eleven
star star star star star

Rack N Rollbillia...
star star star star star

7-Eleven
star star star_border star_border star_border

The French Baker
star star star star star_half

Shakey's Pizza Pa...
star star star star_half star_border

Noriter
star star star star star_half

BSP Canteen
star star star star star_half

Becky's Kitchen
star star star star star_half

7-Eleven
star star star star_half star_border

7-Eleven
star star star star star

Purple Oven at Sa...
star star star star star_half

The Suez Serviced...
star star star star_half star_border

Quantum Cafe
star star star star star_half

Amber Golden Plat...
star star star star star_half

Krispy Kreme Doug...
star star star star_half star_border

Tempat Ibadah


Minor Basilica of...
star star star star star_half

Al Fatah Mosque
star star star star star

Manila Golden Mos...
star star star star star_half

MA'HAD MANILA AND...
star star star star star_half

Manila Islamic Ce...
star_border star_border star_border star_border star_border

Bethel Methodist ...
star_border star_border star_border star_border star_border

The Minor Basilic...
star star star star star_half

San Agustin Churc...
star star star star star_half

Masjid Ibrahim Mo...
star star star star star_half

Cathedral of Prai...
star star star star star_half

Ermita mosque
star star star star star_half

Manila Chinese 7t...
star star star star star

ROBINSON PLACE MU...
star star star star star_half

Al-Shatie Mosque
star star star star_half star_border

Al Assal Mosque
star star star star star_half

Our Lady of Remed...
star star star star star_half

St. Anthony of Pa...
star star star star star_half

Masjid Al MUFARRI...
star star star star star

Al-Huda Mosque an...
star star star star star_half

The Santo Domingo...
star star star star star_half

Kingdom Hall of J...
star star star star star_half

Indonesia Embassy...
star star star star star_half

Human Development...
star_border star_border star_border star_border star_border

Fasilitas Kesehatan


Metropolitan Medi...
star star star star_half star_border

University of San...
star star star star_half star_border

Manila Doctors Ho...
star star star star_half star_border

Ygeia Medical Cen...
star star star star_half star_border

Generika Drugstor...
star star star star star

Mercury Drug Tond...
star star star star_half star_border

Philippine Genera...
star star star star_half star_border

Mercury Drug Paco...
star star star star star_half

Mercury Drug Paco...
star star star star star_half

Mount Carmel Phar...
star_border star_border star_border star_border star_border

United Doctors Me...
star star star star_half star_border

Silver Drug
star star star star star_border

Mercury Drug Old ...
star star star star star_half

High Esthetique
star_border star_border star_border star_border star_border

The Generics Phar...
star star star star star_border

TGP The Generics ...
star star star star star_half

Farmacia Ortega
star star star star star

Dr. Odessa Wilson...
star_border star_border star_border star_border star_border

Mercury Drug Vito...
star star star star star_half

St. Luke’s Medi...
star star star star_half star_border

The Sanctuary
star star star star star

SKINOVATIVE CLINI...
star star star star star_half

Mercury Drug Quez...
star star star star star_half

CorDerm Advanced ...
star star star star star_half

Capitol Medical C...
star star star star_half star_border