Zimbabwe
Clear sky
27.98 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT COVID-19 DI ZIMBABWE

Latest update: 25 Agustus 2020 

  1.   Status COVID-19:

Pemerintah Zimbabwe menetapkan Nationwide lockdown hingga waktu yang belum ditentukan. 

Tanggal berlaku kebijakan : 30 Maret 2020

Status : masih berlaku 

 

  1. Kebijakan terkait penerbangan

Airport mulai ditutup sejak 20 Maret 2020. Saat ini hanya Ethiopian Airlines yang melayani terbang ke Addis Ababa dengan menggunakan pesawat kargo, namun juga dapat diisi penumpang yang lebih dulu memiliki sertifikat kesehatan bebas covid-19 (PCR test). 

Tanggal berlaku kebijakan: 20 Maret 2020

Status: masih berlaku 

 

  1. Kebijakan pembatasan masuk bagi WNA

WNA dilarang masuk Zimbabwe, kecuali bagi yang memiliki residence permit, diplomat dan petugas kemanusian. 

Tanggal berlaku kebijakan: 24 Maret 2020

Status: Masih berlaku 

 

  1.   Persyaratan Masuk ke Wilayah Negara

Pemerintah Zimbabwe mewajibkan setiap pendatang untuk memiliki hasil tes negatif COVID-19 (health certificate). Saat tiba di Zimbabwe pendatang harus melakukan karantina mandiri 14 hari, serta akan dilakukan pengecekan oleh Kementerian Kesehatan. 

Tanggal berlaku kebijakan: - 

Status: masih berlaku

 

  1.  Kebijakan terkait Visa: 

Bagi WNA yang datang ke Zimbabwe disyaratkan lebih dulu mengirimkan surat permohonan ke Kementerian Luar Negeri Zimbabwe untuk persetujuan (clearance) visa yang dikeluarkan di Perwakilan Zimbabwe di luar negeri. 

 

6.   Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam wilayah

Pemerintah Zimbabwe melarang penduduk berpergian jauh yang tidak perlu serta memberlakukan jam malam pukul 18.00-06.00 sejak 21 Juli 2020. Polisi dan militer mengawasi akses masuk setiap kota. 

Tanggal berlaku kebijakan: 21 Juli 2020

Status: masih berlaku   

Sehubungan dengan hal tersebut kami menghimbau anda untuk menunda perjalanan ke Zimbabwe apabila tidak mendesak. Bagi anda yang telah berada di Zimbabwe agar selalu mengikuti imbauan dari otoritas setempat dan Perwakilan RI serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19   

Apabila Anda dalam keadaan darurat :  

Hotline KBRI Harare di nomor (+263-24) 2251799/22250 072 Atau anda dapat menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel 

 

Republik Zimbabwe adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan. Negara yang dikelilingi daratan ini berbatasan dengan Afrika Selatan di sebelah selatan, Botswana di barat, Zambia di utara dan Mozambik di timur.

Kode Telepon:

+263

Zona dan Perbedaan Waktu:

Berada pada zona waktu GMT +2 dan memiliki perbedaan waktu 5 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G dan D


KBRI Harare

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    eVisa / Visa on Arrival (30 hari) Visa biasa dapat diperpanjang
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari) tidak dapat diperpanjang
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari) tidak dapat diperpanjang

  • Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan.
  • Bagi Anda yang ingin memasuki Zimbabwe untuk tujuan pariwisata diwajibkan untuk membayar satu visa masuk, selama 30 hari di titik masuk pertama. Perpanjangan untuk single visa ketika berada di Zimbabwe dapat dilakukan di kantor imigrasi. Perpanjangan berlaku selama 30 hari. Biaya visa di titik masuk adalah USD 30, sedangkan untuk perpanjangan juga sebesar USD 30.
  • Kepabeanan dan Cukai: Anda dapat membawa barang pada saat meninggalkan Zimbabwe dengan nilai maksimal USD 350. Pengunjung berusia 18 tahun atau lebih dapat membawa maksimal 5 liter minuman beralkohol. 

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Zimbawe, Anda dapat menghubungi:

Zimbabwean Embassy in Jakarta, Indonesia

Jl. Patra Kuningan VII No. 5, Jakarta Selatan

No. Telp:(+62) (21) 522-1378, No. Fax: (+62) (21) 525-0365

Email : zimjakarta@yahoo.com

 

Umum

  • Untuk para wisatawan yang ini berwisata ke Zimbabwe dapat menggunakan pesawat dengan transit 1 kali di Dubai dan Lusaka (tanpa turun dari pesawat), kemudian ke Harare.
  • Apabila Anda akan bekerja di Zimbabwe, pastikan Anda memiliki izin kerja yang sah. Bekerja di Zimbabwe tanpa memiliki izin kerja yang sah dapat mengakibatkan Anda terkena denda, deportasi, dan dimasukan kedalam daftar cekal untuk memasuki kembali wilayah Zimbabwe.
  • Terkait kondisi ekonomi Zimbabwe yang masih belum stabil, jika ingin berkunjung ke Zimbabwe, siapkan uang tunai secukupnya untuk transaksi selama di Zimbabwe. Kartu kredit dapat digunakan, namun akan dikenakan biaya yang cukup besar. Selain itu, harap diperhatikan bahwa untuk keluar Zimbabwe, maksimum uang tunai yang dapat dibawa adalah sebesar USD 1000 per orang.
  • Kepemilikan atau penggunaan narkotika, termasuk ganja, sangat dilarang. Membawa obat terlarang dan penyelundupan merupakan pelanggaran dan dapat mengakibatkan hukuman yang sangat berat.
  • Dilarang untuk menangkap, membunuh, dan memperdagangkan satwa yang dilindungi atau memperdagangkan bagian-bagiannya tanpa izin, Anda akan dituntut dan dapat di hukuman penjara atau denda jika melakukan perbuatan tersebut.

Keselamatan dan Keamanan

  • Tingkat kriminalitas di Zimbabwe rendah, namun dengan semakin susahnya hidup rakyat secara umum, telah terjadi beberapa kali perampokan dengan target orang asing dan diplomat. Kawasan perkotaan dan wisata cukup aman, Anda diharapkan agar tetap waspada khususnya di malam hari. Hingga saat ini belum ada ancaman terorisme di Zimbabwe.
  • Sebagai upaya kewaspadaan, anda juga harus berkendara dengan pintu dan jendela terkunci dan menyimpan semua barang-barang berharga di tempat yang tidak mudah terlihat. Dalam beberapa kejadian, pencuri diketahui menargetkan mobil yang berhenti di persimpangan, terutama di sepanjang jalan Churchill, Borrowdale, dan Masvinggo-Beitbridge Harare.
  • Situasi politik dan keamanan keamanan di Zimbabwe tidak dapat diprediksi antara lain dikarenakan kepentingan partai politik, tingkat pengangguran yang tinggi, ketidakstabilan ekonomi, termasuk kekurangan intermiten pasokan medis, bahan pokok dan makanan, dan penyediaan pelayanan dasar seperti listrik, air dan transportasi. Anda harus menghindari kegiatan politik atau kegiatan yang menjurus ke dalam bidang politik, termasuk diskusi politik di tempat umum. Hal ini dikarenakan telah ada peningkatan protes politik di seluruh kota-kota besar di Zimbabwe, yang berkaitan dengan tantangan ekonomi Zimbabwe yang lebih luas. 
  • Pada awal Juli 2016, terjadi demonstrasi dan kerusuhan sipil di dalam dan sekitar Harare, khususnya lingkungan Ruwa dan Epworth. Demonstrasi bisa terjadi di kota-kota lain. Anda harus waspada setiap saat menghindari demonstrasi dan mempertimbangkan gerakan yang akan Anda lakukan,  karena situasi keamanan di Zimbabwe bisa memburuk dengan cepat. Pada tahun 2018 terjadi kerusuhan sipil akibat yang dipicu oleh krisis harga minyak.
  • Bencana alam yang cukup parah terakhir kali terjadi karena banjir pada tahun 2014. Tidak banyak korban jiwa , namun berdampak pada kerugian material yang cukup tinggi. Anda harus selalu waspada ketika musim hujan karena dapat menyebabkan banjir  (antara bulan Oktober-Januari) dan gelombang panas (akhir September-November).
  • Hindari mengambil gambar pada daerah terlarang atau sensitif seperti pembangkit listrik, pabrik bahan peledak, stasiun pompa, barak militer, gedung-gedung pemerintah, persimpangan jalan daerah industri, pertambangan dan bandara.
  • Disarankan untuk tidak melakukan perjalanan seorang diri mengingat saat ini orang asing (kalangan diplomat, ekspatriat, turis asing dll) menjadi sasaran utama pelaku tindak kejahatan di Zimbabwe.
  • Mengingat fasilitas kesehatan yang kurang memadai di Zimbabwe, Anda disarankan untuk membawa kelengkapan kesehatan antara lain obat-obatan dalam melakukan kunjungan ke Zimbabwe.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

Setiap orang yang berada di wilayah Zimbabwe, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat. Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan berlangsung. Disarankan untuk tidak membawa keluar produk hewan liar yang diindungi seperti gading gajah dan lain-lain, mengingat tegasnya penegakan hukum atas illegal trade wild life.  

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang yang digunakan di Zimbabwe adalah Dolar Amerika Serikat, Euro, Pula Botswana, Poundsterling Inggris, Renminbi Tiongkok, Rupee India, Rand Afrika Selatan dan Yen Jepang. Penukaran mata uang yang berlaku di Zimbabwe dapat dilakukan di daerah sekitar hotel besar atau bandara. Anda juga bisa membawa Dollar Amerika Serikat, Poundsterling, atau Euro karena mata uang tersebut juga berlaku di sana mengingat Pemerintah Negara Zimbabwe sudah menghapus mata uang lokal karena mengalami hiperinflasi sehingga mata uang local sudah tidak memiliki nilai tukar.
  • Zimbabwe mengalami krisis uang tunai. Hal ini semakin sulit untuk menarik uang tunai di bank atau di ATM. Antrian penarikan tunai sangat panjang dan terjadi hampir di semua bank dan ATM. Kartu kredit/debit tidak di terima secara luas. Ketersediaan uang tunai di ATM juga sangat terbatas, saat ini Bank Sentral Zimbabwe membatasi penarikan uang melalui ATM sebesar USD 500 per minggu.

Asuransi dan Kesehatan

Sebelum Anda berangkat ke Zimbabwe, kami sangat menyarankan Anda mengambil asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis. Pastikan bahwa asuransi Anda menjamin risiko-risiko yang mungkin akan Anda temui selama anda berada di Kamerun dan periksa apa saja kondisi ataupun risiko yang tidak dijamin dalam polis. Biaya pengobatan WNI ketika berada di luar negeri adalah tanggung jawab pribadi sebagaimana ketika WNI berada di Indonesia.

 

A. Wabah Penyakit

Apabila Anda berencana untuk mengunjungi Zimbabwe, disarankan untuk melakukan vaksinasi Demam Kuning sebelum Anda berangkat. Selain itu, malaria juga masih menjadi penyakit yang sering melanda di daerah selatan Zimbabwe. Oleh karena itu disarankan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan memakai lotion atau spray anti nyamuk terutama di waktu musim panas. Berhati-hatilah karena tingkat infeksi HIV/AIDS di Zimbabwe cukup tinggi.

 

B. Fasilitas Medis

Fasilitas media di Zimbabwe kurang memadai, sehingga disarankan apabila terkena suatu penyakit untuk dapat mencari pengobatan di negara yang memiliki fasilitas medis yang baik.

 

C. Cara Mendapatkan Bantuan

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda. Nomor darurat Zimbabwe

Telekomunikasi

Rata-rata semua model telepon genggam dari Indonesia dapat digunakan di Zimbabwe. Ada dua operator telepon seluler reliable yang dapat dipakai di Zimbabwe, yaitu:

Persyaratan untuk mendapatkan nomor lokal hanya menggunakan paspor saja. Sebagai catatan, biasanya nomor Zimbabwe tidak dapat dipakai diluar Zimbabwe dan begitu juga sebaliknya (terbatas). Secara umum, layanan internet dari telepon genggam dapat dipakai di Zimbabwe, dengan mendaftar layanan internet di penyedia jasa seluler (dapat dilakukan melalui telepon genggam langsung, tidak perlu ke pusat layanan). Jika menginginkan layanan internet tersendiri (broadband), Anda dapat menggunakan beberapa penyedia layanan internet yang ada, diantaranya:

Tempat Wisata


Rowland Square
star_border star_border star_border star_border star_border

Queen Victoria Mu...
star star star star_half star_border

National Museums ...
star star star star_half star_border

Stone Dynamics
star star star star_half star_border

Harare Gardens
star star star star_half star_border

Tudor Gardens
star star star star_half star_border

Pioneer Park
star star star star_half star_border

Africa Unity Squa...
star star star star_half star_border

Dendera Gallery
star star star star_half star_border

Meikles Gardens
star star star star_border star_border

Imhanya Box Park
star star star star_half star_border

Greenwood Park
star_border star_border star_border star_border star_border

Greenwood
star star star star_half star_border

Monavale Vlei
star star star star star_half

Morris Depot Poli...
star star star star_half star_border

Elizabeth Chishol...
star star star star_half star_border

National Botanic ...
star star star star star_border

Harare Botanical ...
star star star star_half star_border

Wildlife Park Off...
star star star star star_half

Hillside Park
star_border star_border star_border star_border star_border

Mukuvisi Woodland...
star star star star star_half

Discovereum
star star star_half star_border star_border

S P C A Kennels
star star star star star_half

Harare City Libra...
star star star star_half star_border

Kafue Gardens
star star star_border star_border star_border

Kuliner


Waseefas the Past...
star star star star_half star_border

Chicken Inn Resta...
star star star star_half star_border

Monos Restaurant
star star star star_half star_border

Bakers Inn
star star star star star

Switch Internet C...
star star star star_half star_border

Helen Cakes ZIm
star star star star star_half

Fi Cyber Cafe
star star star star star

starplus internet...
star star star star_half star_border

KFC Joina City
star star star star star_border

KFC Joina City
star star star star star_border

Bhello City Foods
star star star star_half star_border

Brazita Coffee Sh...
star star star star_half star_border

B2C Coworking
star star star star star_border

Valis Bakery
star star star star star_border

Rafferty's Bakery
star star star star star

Eat n' Lick
star star star star_half star_border

Mnandi La Gourmet
star star star_half star_border star_border

Vasili Bakery & C...
star star star star_half star_border

Emmanuel's Restau...
star star star star star_half

Cakes by Nyarie
star star star star_half star_border

The Centurion
star star star star_half star_border

Springroll Centre
star star star star_half star_border

Mojo's Restaurant
star star star star star_half

Tasty Bites
star star star star star_border

Nando's Samora Ma...
star star star star_half star_border

Tempat Ibadah


Westlea Kingdom H...
star_border star_border star_border star_border star_border

Kingdom Hall of J...
star star star star star_half

Jesus Generation ...
star star star star star_half

Harare Sign Langu...
star star star star star_half

Masjid E Noor
star star star star star_half

C.E.I. Ministries
star_border star_border star_border star_border star_border

AFM in Zimbabwe C...
star star star star_half star_border

Cathedral of Fait...
star star star star star_half

Victory Internati...
star star star star star

New Life Ministri...
star star star star star_half

Central Baptist C...
star star star star star_half

Family Covenant C...
star star star star star_half

Kuwana House
star star star star star_border

House Of Latter G...
star_border star_border star_border star_border star_border

Kensington Mosque
star star star star star_half

MADINA MASJID
star star star star star_half

Madina Masjid
star_border star_border star_border star_border star_border

Masjid Al Abbas (...
star star star star star_half

Ridgeview Mosque
star star star star star_half

Al Falaah Islamic...
star star star star star_half

The Redeemed Hous...
star star star star star_half

ONE Church
star star star star star_border

ONE Central
star star star star star_half

Arcadia MASJID
star star star star star_half

Spirit Embassy
star star star star star_border

Fasilitas Kesehatan


Hilbre Inamo
star_border star_border star_border star_border star_border

Wilkins Hospital
star star star star_half star_border

DR A MUSARA NEURO...
star star star star star

Dx Centre
star star star star star

West End Hospital...
star star star star_half star_border

Medical Imaging C...
star star star star star

Dr Sharai Shamu
star star star star star

Lancet Laboratori...
star star star star_half star_border

Baines Intercare
star star star star star_half

Cimas Chinhoi
star star star star_border star_border

Cimas Healthcare ...
star star star star star_half

Diagnostic Radiol...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dr Douie's Rooms
star_border star_border star_border star_border star_border

Booties Pharmacy ...
star star star star star_half

Olive Branch Phar...
star_border star_border star_border star_border star_border

Cimas Head Office
star star star star_half star_border

Rowland Square Me...
star star star star star

Tichaona Clinic A...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dr Nyakanda Obste...
star star star star star

Milton Park Famil...
star_border star_border star_border star_border star_border

Chinhoyi Mall Med...
star star star star star

World Pharmacy
star_border star_border star_border star_border star_border

Dynamic Medical I...
star star star star_border star_border

Baines 24 Hour Me...
star star star star star

Premier Service M...
star star star star_half star_border