Uni Emirat Arab
Clear sky
35.01 °C

Informasi Umum

Kode Telepon:

+971

Zona dan Perbedaan Waktu:

PEA berada di Zona GMT +4. Waktu di Abu Dhabi adalah 3 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C, E, F (dua pin besi) atau G (3 pin)


KBRI Abu Dhabi

KJRI Dubai

Persyaratan Masuk/Keluar

  • WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Persatuan Emirat Arab sesuai dengan keperluan kunjungan (e-visa berlaku bagi penumpang maskapai penerbangan Emirates atau Etihad). Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan.
  • WNI yang ingin berwisata atau berkunjung ke PEA dapat pula mengurus visanya melalui agen perjalanan (travel) sebelum berangkat dari Indonesia.
  • Harap diingat otoritas PEA berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda. Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI dibebaskan dari visa selama 60 hari untuk mengunjungi PEA.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke PEA, Anda dapat menghubungi :

Embassy of The United Arab Emirates, Jakarta
Jl. Prof. Dr. Satrio, Blok C-4, Kav. 16-17Kuningan Timur, Jakarta Selatan 12950
No. Tel.    :  +62-21-520-6518, 520-6528, 520-6538 (Operator) ; 520-6552 (Ambassador)
No. Faks.  :  +62-21-520-6526
E-mail       :  jakarta@mofa.gov.ae
Situs         :www.uaeembassyjakarta.org



A. Umum

  • Paspor darurat Indonesia (SPLP) hanya diterima di PEA untuk transit sampai 96 jam. Anda juga harus membawa tiket lanjutan jika transit menggunakan paspor darurat.
  • Jika Anda kehilangan paspor Anda sebelum melewati imigrasi PEA, Anda harus kembali ke Indonesia pada penerbangan berikutnya yang tersedia untuk mengajukan permohonan paspor validitas penuh. Perwakilan RI tidak dapat mengeluarkan Anda paspor baru jika Anda belum melewati imigrasi PEA.
  • Impor produk daging babi, biji papaver (opium) dan materi pornografi adalah ilegal. Video, buku dan majalah dapat disensor atau disita.
  • Membawa senjata atau senjata replika, termasuk selongsong peluru ke PEA adalah tindakan ilegal.
  • Ada juga pembatasan dalam membawa obat-obatan tertentu ke PEA. Ada wisatawan yang pernah ditahan dan dideportasi karena membawa obat-obatan untuk HIV/AIDS dan hepatitis. Silahkan hubungi KBRI/KJRI terdekat jika Anda memiliki masalah kesehatan.

 

B. Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

  • Ingat dan catat informasi terkait dokumen perjalanan Anda, termasuk masa berlaku visa dan paspor.
  • Jika Anda berada di PEA melebihi masa berlaku visa atau izin tinggal, maka Anda harus melakukan clearance di Imigrasi dan membayar denda overstay. Bagi wisatawan, clearance tersebut dapat dilakukan di Imigrasi bandara ketika kepulangan, bagi WNI yang sempat tinggal di PEA disarankan untuk melakukannya terlebih dahulu di Imigrasi tempat izin tinggal Anda diterbitkan sebelum pulang ke Indonesia. Bagi Anda yang tidak membayar denda overstay maka Imigrasi PEA dapat mengenakan larangan (ban) terhadap Anda sehingga tidak dapat lagi masuk ke wilayah PEA.
  • WNI yang pernah mendapatkan tuntutan pidana yang belum terselesaikan atau memiliki utang yang belum dibayar di PEA dapat ditahan pada saat kedatangan di bandara di PEA, termasuk ketika transit menuju negara lain. WNI yang memiliki urusan yang belum terselesaikan tersebut sangat disarankan untuk menyelesaikannya sebelum datang ke PEA agar tidak menambah kerumitan permasalahannya ketika terpaksa ditahan oleh aparat hukum setempat.

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

  • Tingkat kejahatan di PEA cukup rendah. Kejahatan kecil, termasuk pencopetan dan penjambretan relatif jarang terjadi.
  • Insiden pelecehan fisik dan kekerasan verbal dan kekerasan seksual terhadap perempuan sering terjadi. Anda harus menghindari berjalan sendirian setelah gelap di tempat terpencil, termasuk jalan bawah tanah.
  • Korban kekerasan seksual

Seks di luar pernikahan adalah perbuatan ilegal di PEA. Ada kemungkinan bahwa korban kekerasan seksual mungkin malah harus menghadapi tuntutan pidana dan tidak dianggap sebagai korban kejahatan. Ada kasus di PEA mana korban kekerasan seksual telah dipenjara setelah melaporkan kejadian yang menimpanya ke polisi setempat atau pada saat mencari bantuan medis.

  • Korban kekerasan seksual harus menghubungi KBRI di Abu Dhabi, KJRI Dubai, atau Pusat Darurat Konsuler di Jakarta, secepat mungkin untuk mendapatkan informasi yang relevan tentang masalah ini dan panduan tentang apa layanan dukungan yang mungkin tersedia. Konsuler tidak dapat memberikan nasihat hukum atau medis, tetapi dapat memberi pendampingan dan ahli penerjemah Indonesia yang mungkin dapat membantu. 

 

B. Terorisme

Laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa teroris kemungkinan menargetkan PEA sebagai sasaran serangan. Pihak berwenang PEA telah menangkap sejumlah tersangka teroris sehubungan dengan kemungkinan perencanaan serangan. Serangan bisa terjadi kapan saja dan bisa menargetkan tempat-tempat ibadah, kepentingan militer, mal, dan hotel, kepentingan transportasi dan lokasi lain yang sering dikunjungi oleh orang Barat. Ada sejumlah serangan teroris di kawasan Teluk yang terjadi dalam 12 bulan terakhir. Serangan lebih lanjut bisa terjadi kapan saja.

 

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Hingga saat ini tidak ada indikasi adanya kondisi yang mengarah pada kerusuhan sipil ataupun ketegangan politik di Dubai dan Emirat bagian utara lainnya.

 

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

  • PEA sering mengalami suhu yang sangat tinggi. Selama bulan-bulan terpanas tahun, Juni hingga September, suhu bisa melebihi 50 derajat Celsius. Anda harus mengambil langkah-langkah untuk menghindari dehidrasi seperti berteduh dari matahari dan minum air.
  • Badai pasir dan badai debu sering terjadi.
  • Meskipun jarang, PEA dapat mengalami badai petir, angin kencang dan hujan lebat, terutama selama musim semi dan musim gugur.
  • Banjir bandang dapat terjadi, menyebabkan kondisi mengemudi berbahaya. Banjir bandang di lembah sungai (wadi) telah menyebabkan sejumlah korban tewas. Selama cuaca buruk kami sarankan Anda tinggal di dalam rumah dan menghindari mengemudi. Dapatkan informasi terbaru melalui media dan website pemerintah daerah, seperti Krisis Darurat Nasional dan Otoritas Manajemen Bencana dan Pusat Nasional Meteorologi dan Seismologi. Banjir bandang dapat terjadi di lembah sungai.
  • Tremor bumi terjadi di PEA, terutama setelah gempa bumi besar di tempat lain di wilayah tersebut.
  • Informasi tentang bencana alam dapat diperoleh dari Siaga Bencana global dan Sistem Koordinasi. Jika bencana alam terjadi, ikuti saran dari otoritas lokal.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Persatuan Emirat Arab, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat ditangkap, ditahan, atau dideportasi oleh otoritas setempat. Bagi Anda yang telah menyelesaikan masa hukuman, pemerintah PEA dapat memasukkan Anda ke dalam daftar larangan masuk ke wilayah PEA (ban) sebelum Anda dideportasi.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.
  • Jika ditangkap, Anda memiliki peluang untuk mengajukan permohonan untuk tidak ditahan dengan menyerahkan paspor anda sebagai jaminan atau paspor orang lain yang mau menjamin Anda kepada kantor polisi tempat Anda ditahan. Dalam hal ini, Anda tidak diperkenankan meninggalkan wilayah PEA. Meski demikian, permohonan pembebasan tersebut tidak selalu dikabulkan tergantung dari jenis kasus yang anda alami dan pertimbangan aparat setempat yang menangani kasus Anda.

 

C. Komersil dan Sengketa Hukum Perdata dan Keluarga

  • Hutang tagihan hotel, pinjaman pribadi, dan kartu kredit lokal, cek yang tidak dapat dicairkan dianggap sebagai tindakan penipuan dan dapat mengakibatkan hukuman penjara. Penumpang dengan utang yang belum dibayar di PEA dapat ditahan pada saat kedatangan/transit/kepulangan di PEA. Jaminan umumnya tidak tersedia untuk non-penduduk PEA yang ditangkap karena kasus penipuan. Pelaku dapat dipenjara sampai utang diselesaikan.
  • WNI yang mungkin terlibat dalam kegiatan yang melibatkan masalah hukum lokal, terutama yang berkaitan dengan hukum keluarga (perceraian, hak asuh anak dan tunjangan anak), sangat disarankan untuk mendengar pendapat profesional dan memastikan mereka sadar akan hak dan tanggung jawab mereka. Keputusan yang berkaitan dengan hak asuh anak akan didasarkan pada hukum Islam.

 

D. Pelanggaran Narkoba

  • PEA tidak mentolerir terhadap kasus obat-obatan dan orang-orang yang dituduh melakukan kejahatan narkoba tidak memenuhi syarat untuk jaminan. Hukuman untuk perdagangan narkoba termasuk hukuman mati atau seumur hidup di penjara. Hukuman untuk kepemilikan atau penggunaan obat-obatan terlarang termasuk hukuman penjara dan denda berat. Undang-undang ini juga berlaku untuk penumpang yang transit di PEA.
  • Kandungan obat-obatan terlarang yang terdeteksi dalam darah atau urin dianggap kepemilikan, terlepas dari di mana atau berapa lama obat-obatan tersebut dikonsumsi. Anda mungkin juga dituduh memiliki obat-obatan terlarang jika residu ditemukan pada tubuh Anda, pakaian, atau bagasi. Membawa obat-obatan terlarang dalam jumlah 0,05 gram atau kurang dapat menyebabkan hukuman penjara.

 

E. Perilaku Pribadi

  • Perilaku seperti menyumpah dan membuat gerakan kasar, termasuk gerakan tangan, dianggap tindak pidana di PEA dan dapat mengakibatkan konsekuensi hukuman yang signifikan, termasuk deportasi. Warga asing tercatat pernah dikenakan hukuman fisik untuk membuat komentar dan gesture hinaan kepada pejabat setempat. Pernyataan menyinggung atau menghina tentang keluarga kerajaan atau pemerintah daerah adalah tiindakan melawan hukum.
  • Ada juga hukum yang ketat mengenai perilaku online, termasuk komentar yang dibuat melalui platform media sosial. Bersumpah, penghinaan, pemerasan, dan ancaman atau tuduhan adalah tindakan kejahatan yang dapat diancam dengan hukuman denda, penjara dan deportasi. Posting foto di media sosial mengenai insiden lokal, seperti kebakaran bangunan dan kerusakan akibat badai, dapat dianggap kejahatan. Kami sangat menyarankan WNI untuk berhati-hati dalam berperilaku dalam media online.
  • Pelecehan perempuan di PEA adalah tindakan melawan hukum. Percakapan yang tidak diinginkan, tatapan berkepanjangan, mengerling, melotot, berteriak, menyentuh bagian dari tubuh, menguntit atau perilaku lain yang mungkin menyinggung orang lain dapat dianggap sebagai pelecehan. Mengambil foto-foto orang, terutama perempuan, tanpa izin dan tanpa kontak sebelumnya adalah  perbuatan melawan hukum dan dapat menyebabkan penangkapan atau denda.
  • Menunjukkan rasa sayang secara intim dan berlebihan di depan publik antara orang dewasa, secara sosial tidak dapat diterima dan dapat menarik perhatian pihak berwenang setempat. Terdapat kasus penangkapan dan hukuman untuk eskpresi kasih sayang berlebihan antara orang dewasa. Pengunjung pantai harus menyadari ada hukum lokal yang ketat terhadap cara berpakaian. Bertelanjang dada bagi wanita dilarang keras. Lihat kebiasaan lokal untuk informasi lebih lanjut tentang kesopanan.
  • Hukuman untuk pemberitaan yang tidak benar atau distribusik materi agama non-Islam untuk umat Islam adalah penjara dan deportasi. Membuat komentar menghina tentang Islam (secara tertulis atau lisan) dapat menyebabkan hukuman penjara atau hukuman lain.
  • Tindakan homoseksual dan segala macam seks di luar pernikahan adalah perbuatan melawan hukum dan dapat menyebabkan hukuman berat, termasuk hukuman penjara dan denda. Warga asing telah dipenjara karena melakukan hubungan seks di luar pernikahan resmi. Hubungan tanpa nikah dan pernikahan sesama jenis (meski telah diresmikan oleh pemerintah negara lain) tidak diakui di PEA dan setiap tindakan seksual dalam hubungan ini semacam ini akan dianggap seks di luar nikah.
  • Hidup bersama atau berbagi kamar hotel yang sama dengan seseorang dari lawan jenis yang bukan pasangan suami istri atau berhubungan erat juga merupakan pelanggaran hukum di PEA. Anda mungkin diminta oleh manajemen untuk membuktikan bahwa Anda secara hukum menikah, jika anda membawa pasangan untuk menginap di hotel. Undang-undang ini berlaku untuk warga PEA maupun pengunjung.
  • Prostitusi adalah ilegal di PEA dan hukuman berat berlaku untuk mereka yang menyediakan layanan tersebut.
  • Mendaftarkan kelahiran anak yang lahir dari orang tua yang belum menikah

Orang tua yang tidak menikah secara resmi mungkin menghadapi kesulitan dalam mendaftarkan kelahiran anak mereka di PEA. Seorang wanita yang belum menikah harus menghindari melahirkan di PEA karena ia akan menghadapi berbagai masalah hukum dan sosial, mulai dari penolakan untuk menerbitkan akta kelahiran, penangkapan dan penjara. Kesulitan yang sama akan dialami dalam mendaftarkan kelahiran jika tanggal pernikahan orang tua kurang dari sembilan bulan sebelum kelahiran anak. Keberadaan ayah mungkin diperlukan untuk menghadapi panel pengadilan sebelum penerbitan akta kelahiran.

 

F. Alkohol

  • Anda harus menghormati penerapan pembatasan konsumsi dan kepemilikan alkohol di PEA yang sangat ketat.
  • Di beberapa tempat di PEA, termasuk di Abu Dhabi dan Dubai, umat Islam dialarang untuk memiliki atau mengkonsumsi alkohol. Non-Muslim juga dilarang untuk menjual atau menawarkan alkohol untuk Muslim.
  • Warga PEA non-Muslim harus memegang lisensi minuman keras yang dikeluarkan oleh Departemen PEA Dalam Negeri untuk membeli, membawa atau mengkonsumsi alkohol, termasuk di rumah. Lisensi hanya berlaku di wilayah Emirat yang mengeluarkannya (misalnya, izin yang dikeluarkan di Abu Dhabi tidak berlaku di Dubai). Alkohol dijual dalam jumlah terbatas dari toko yang ditunjuk dan hanya dapat dibeli oleh pemegang izin. Alkohol disajikan di bar dan klub di banyak hotel-hotel besar untuk konsumsi oleh tamu hotel non-Muslim dan pemegang izin minuman keras.
  • Usia hukum minum minuman keras di Abu Dhabi adalah 18 tahun, meskipun Kementerian Pariwisata hanya mengizinkan hotel-hotel untuk melayani alkohol untuk mereka yang berusia lebih dari 21 tahun. Usia minum hukum di Dubai dan Emirat utara adalah 21 tahun.
  • Aturan alkohol khusus berlaku di seluruh PEA selama bulan suci Ramadhan.
  • Minum atau mabuk di tempat umum adalah ilegal dan pelaku dapat ditahan. Ada catatan warga asing yang ditangkap pada saat kedatangan di PEA karena mabuk. Mabuk dalam taksi dapat didakwa dengan kemabukan publik.
  • Hukuman untuk pelanggaran yang berhubungan dengan alkohol termasuk denda, penjara, deportasi atau hukuman fisik.

 

G. Terkait Obat

Obat yang tersedia di apotek atau dengan resep dokter di Indonesia mungkin dianggap ilegal atau dianggap sebagai zat yang diawasi di PEA. Jika seseorang kedapatan membawa obat tertentu yang dilarang, mereka bisa tidak diizinkan masuk ke negara itu dan dapat diproses secara hukum.

 

H. Mengemudi dan Aturan Jalan

Anda mungkin akan dipenjara atau didenda jika Anda memiliki alkohol dalam darah anda saat berkendara. Polisi harus dilibakan untuk semua kejadian kecelakaan di jalan. Meninggalkan tempat kecelakaan lalu lintas atau tabrak lari adalah tindakan melawan hukum. Warga asing harus menggunakan izin mengemudi internasional atau SIM PEA untuk mengemudi. Menyeberang jalan tidak pada tempatnya, berjalan di jalan raya dan mencari tumpangan adalah ilegal di PEA, dan pelanggar akan didenda.

 

I. Pekerjaan

  • Anda harus memiliki izin kerja yang sah dari Kementerian Tenaga Kerja PEA untuk bisa di PEA. WNI yang berniat untuk bekerja di PEA harus dengan jelas menuruti syarat dan kondisi kerja PEA dan memastikan bonafiditas sponsor mereka di awal kerja mereka untuk meminimalkan risiko kontrak atau sengketa lainnya.
  • Apabila terjadi sengketa, Kementerian Tenaga Kerja PEA telah membentuk departemen khusus untuk meninjau dan memutuskan klaim tenaga kerja. Anda yang bekerja di sektor pemerintahan dan sektor rumah tangga tidak dapat mengajukan sengketa ke Kementerian Tenaga Kerja. Bagi Anda yang bekerja di perusahaan yang dibentuk dalam free zone, penyelesaian sengketanya dilakukan oleh otoritas kawasan tersebut.
  • Baca dan pahami kontrak kerja sebelum Anda menandatanganinya agar hak dan kewajiban kedua pihak (Anda dan perusahaan) sesuai dengan keinginan dan ekspektasi Anda. Terdapat sejumlah kejadian dimana apa yang dijanjikan perusahaan tidak sesuai dengan kontrak kerja yang disampaikan.
  • Perusahaan di PEA dapat meminta untuk memegang paspor karyawan asing sebagai syarat kerja. Meski penahanan paspor disebutkan sebagai hal yang melanggar hukum PEA, aparat hukum setempat mentolerir praktik tersebut yang umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan PEA terhadap para pekerja di bawah.
  • Managerial level untuk membatasi mobilitas mereka sehingga tidak dapat keluar negeri tanpa seizin perusahaan. Untuk mobilitas di dalam PEA dan urusan lainnya, Anda akan dibuatkan Emirates ID. Untuk itu, Anda perlu memiliki salinan seluruh dokumen pribadi Anda, baik itu paspor, visa, maupun kontrak kerja.
  • Sebuah pemeriksaan medis lengkap diperlukan untuk bekerja atau izin tinggal dan termasuk tes HIV / AIDS. Pemeriksaan medis harus dilakukan sebelum berangkat dari Indonesia di klinik-klinik di Indonesia yang terakreditasi oleh pemerintah negara-negara GCC, atau yang dikenal dengan GAMCA (Gulf Approved Medical centers Association). Pengujian harus dilakukan kembali setelah tiba di PEA, sebagai persyaratan untuk mendapatkan izin tinggal. Anda akan ditahan dan dideportasi jika ditemukan mengidap HIV atau hepatitis. Tidak ada proses banding.
  • Anda yang bekerja di sektor rumah tangga seperti pembantu rumah tangga, supir, babysitter, dan lain-lain (yang visanya disponsori oleh perseorangan) hanya dapat menyampaikan pengaduan sengketa ke Imigrasi tempat izin tinggal anda diterbitkan. Sejak 26 Mei 2015, Pemerintah RI telah melarang pengiriman pekerja untuk sektor rumah tangga ke kawasan Timur Tengah, termasuk PEA. Anda yang sudah bekerja di PEA sejak sebelum peraturan tersebut diberlakukan tetap dapat terus bekerja atau memperpanjang kontrak kerjanya.

 

J. Hukum Lainnya

  • Kejahatan berat, seperti pembunuhan, pengkhianatan dan pemerkosaan, dapat mengakibatkan hukuman mati.
  • WNI, termasuk personel pemerintah Indonesia dan mereka yang transit di bandara PEA, dapat ditangkap, ditahan, didenda, dipenjara atau dideportasi untuk membawa senjata atau barang yang diduga peralatan militer tanpa dokumen tertulis dari Departemen Pertahanan PEA. Barang-barang tersebut termasuk senjata, bagian senjata dan alat-alat, amunisi, pelindung tubuh, borgol, dan peralatan militer atau polisi lainnya. Transportasi barang-barang tersebut tanpa dokumen ke dalam atau melalui PEA dianggap sebagai pelanggaran hukum PEA.
  • Anda tidak diizinkan foto dari gedung-gedung pemerintah, instalasi khusus dan fasilitas, istana, jembatan, bandara dan infrastruktur transportasi. Hobi seperti drone, mengamati burung atau menerbangkan helikopter atau pesawat kontrol jarak jauh juga bisa dianggap sebagai pelanggaran hukum, khususnya di sekitar tempat-tempat tersebut.
  • Membawa senjata, termasuk pisau saku dan semprotan merica adalah perbuatan ilegal.
  • Makan, minum atau merokok di depan umum antara matahari terbit dan terbenam selama bulan Ramadhan adalah perbuatan ilegal.
  • Pada bulan Juli 2015, PEA mengesahkan undang-undang baru yang mengkriminalisasi diskriminasi melalui pidato, kata-kata tertulis, atau melalui media online. Undang-undang baru juga mengkriminalisasi setiap vandalisme terhadap simbol-simbol keagamaan, ritual atau upacara suci. Hukuman termasuk hal penjara enam bulan sampai lebih dari 10 tahun dan denda hingga AED 2 juta atau 7,2 miliar Rupiah.
  • Pada tahun 2014, pemerintah PEA mengumumkan daftar kelompok yang dianggap menjadi organisasi teroris. Individu yang terkait dengan kelompok-kelompok ini bisa ditolak masuk ke PEA, atau ditangkap dan ditahan.

 

K. Budaya Lokal

  • Selama Ramadan, WNI yang bepergian ke negara-negara dengan komunitas Muslim yang signifikan harus berhati-hati untuk menghormati agama dan kepekaan budaya, aturan dan adat istiadat. Secara khusus, untuk makan, minum atau merokok di depan umum antara matahari terbit dan terbenam selama bulan Ramadhan di PEA adalah ilegal.
  • PEA adalah negara Muslim yang menerapkan standar ketat untuk masalah pakaian dan perilaku. Anda harus membiasakan diri dengan adat istiadat setempat, budaya dan sikap sebelum Anda meninggalkan rumah, carilah nasihat lokal pada saat kedatangan dan berhati-hati untuk tidak menyinggung.
  • Pria dan wanita harus berpakaian sopan. Terutama di Sharjah dan Ajman dimana hukum Islam sangat ketat. Disarankan bahwa wanita menutupi bahu dan lutut mereka.

 

L. Hal–hal Lain yang Perlu Diketahui

Hukum dapat bervariasi antara masing-masing emirat. PEA terdiri dari tujuh emirat, masing-masing menganut sistem peradilan yang independen, dengan variasi dalam hukum, prosedur, dan hukuman, termasuk isu-isu seperti konsumsi alkohol, pakaian dan perilaku pribadi. Meskipun ada struktur pengadilan federal dengan pengadilan banding terakhir di Abu Dhabi (Mahkamah Agung Abu Dhabi), Dubai, dan Ras Al-Khaimah tidak termasuk bagian dari sistem peradilan federal. PEA adalah negara Muslim dan hukum lokal mencerminkan fakta bahwa praktik dan keyakinan Islam secara ketat diterapkan. Syariah atau pengadilan Islam berkoordinasi dengan pengadilan perdata dan pidana di PEA.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Persatuan Emirat Arab adalah Dirham Uni Emirat Arab (AED). Penukaran mata uang asing dapat dilakukan di Bandara, di daerah sekitar hotel besar, pusat-pusat perbelanjaan, atau pusat-pusat keramaian lainnya seperti stasiun Metro. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Euro untuk penukaran uang setempat. Meski terdapat perbedaan kurs yang diberlakukan oleh masing-masing pusat penukaran uang, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan. Di sejumlah pusat perbelanjaan, toko-toko dapat menerima mata uang asing seperti Dollar Amerika Serikat atau Euro.

Asuransi dan Kesehatan

  • Standar keamanan dari transportasi dan operator tur, termasuk kegiatan petualangan, tidak selalu sama.
  • Selalu gunakan peralatan keselamatan yang tersedia, seperti lifejackets atau sabuk pengaman. Jika peralatan keselamatan yang tepat tidak tersedia, kami sarankan Anda untuk menggunakan operator lain.
  • WNI yang memasuki area Teluk melalui laut harus menyadari bahwa banyak daerah sensitif dalam kaitan dengan isu keamanan dan wilayah. Secara khusus, batas-batas maritim dan pulau-pulau Abu Musa, Tunb Al-Kubra dan Tunbs Al-Sughra di Teluk Persia Selatan adalah subjek sengketa yurisdiksi dengan negara lain. Ada laporan dari penahanan dan pemeriksaan kapal dan penangkapan. Titik perbatasan persimpangan mungkin ditutup tanpa pemberitahuan. Terdapat laporan pembajakan yang dilaporkan Biro Maritim Internasional.

 

A. Mengemudi

Tingkat kematian akibat kecelekaan lalu lintas di PEA lebih tinggi daripada di Indonesia. Mengebut, mengabaikan rambu lalu lintas, dan menyalip adalah kejadian yang sangat umum terjadi di jalanan PEA. Pengemudi juga harus mengantisipasi bahaya lainnya, termasuk hewan-hewan yang berkeliar, pejalan kaki, kabut, dan badai debu. Hati-hati dalam mengemudi off-road. Anda harus memastikan kendaraan dilengkapi dengan kelengkapan yang semestinya, terawat, dan bawalah air yang cukup. Untuk mengemudi di daerah gurun, Anda harus dianjurkan untuk menggunakan Global Positioning System (GPS), serta pastikan memiliki kecukupan cadangan bensin dan air. Dianjurkan agar anda bepergian dengan setidaknya satu kendaraan lain ketika bepergian di padang gurun. Pemegang visa turis yang ingin mengemudi di PEA harus mendapatkan izin mengemudi internasional sebelum meninggalkan Indonesia. Pemegang SIM Indonesia dapat melakukan road test untuk mendapatkan SIM PEA dengan ketentuan-ketentuan tertentu.


B. Transportasi Umum

Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Di Abu Dhabi, tranportasi publik dapat menggunakan taksi dan bus kota, sedangkan Metro Abu Dhabi belum selesai dibangun. Di Dubai, Anda dapat melakukan perjalanan dalam kota dengan lebih banyak pilihan transportasi seperti taksi, bus kota, monorail dan metro telah tersedia.



C. Makanan Halal


Menurut ketentuan hukum PEA, semua produk makanan dan minuman yang diperjualbelikan di wilayah PEA harus dipastikan kehalalannya. Produk makanan dan minuman non halal hanya boleh dijual di tempat-tempat tertentu yang memiliki izin. Di supermarket atau minimarket, produk-produk non halal dijual di bagian terpisah dari produk yang lain, biasanya dengan papan pemberitahuan For Non-Muslims atau Not For Muslims.



D. Tempat Ibadah

Bagi Anda yang beragama Islam, PEA memiliki banyak masjid dan musolla, termasuk di pusat-pusat perbelanjaan. Bagi Anda yang beragama kristen, ada beberapa gereja yang dapat dikunjungi untuk beribadah di PEA. Di kawasan Musaffah, Abu Dhabi terdapat empat Gereja dengan latar belakang orthodox, Armenia, Protestan, dan Katolik. Kunjungan PM India Modi ke PEA juga mendorong pembangunan sebuah kuil Hindu di Abu Dhabi. Sementara itu, Dubai memiliki tempat ibadah yang lebih beragam, di kawasan downtown Dubai terdapa banyak gereja dengan latar belakang katolik, koptik, kristen moon, orthodox, dan evangelis. Terdapat sebuah kuil Hindu di Dubai di daerah Bur Dubai.


E. Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

Jalan raya di PEA umumnya telah dilengkapi dengan kamera-kamera yang dapat merekam pelanggaran-pelanggaran lalu lintas, khususnya terkait kecepatan maksimal dan pelanggaran lampu merah. Pengemudi setempat biasanya sudah mengetahui tempat-tempat dipasangnya kamera radar kecepatan, sehingga sebagian mereka cenderung meningkatkan kecepatan kendaraannya melebihi maksimal yang diperbolehkan di bagian-bagian jalan yang belum terpasang kamera tersebut.

Telekomunikasi

Jasa telekomunikasi di PEA hanya diberikan oleh 2 perusahaan lokal, yaitu Etisalat dan Du. Layanannya antara lain mencakup telepon landline, selular, internet, dan TV kabel. SIM card pra bayar dapat dibeli di pusat-pusat layanan Etisalat atau Du, dan di sebagian besar supermarket dan pusat keramaian. Membeli SIM card di pusat layanan Etisalat atau Du lebih memudahkan kita untuk membeli paket-paket data internet, kuota bicara, dan lain-lain. Untuk membeli SIM card harus membawa tanda pengenal yang valid seperti Emirates ID atau paspor.

Tempat Wisata


star star star star_half star_border

Umm Al Emarat Par...
star star star star star_half

National Geograph...
star star star star star

Al Otiba Museum
star_border star_border star_border star_border star_border

Sheikh Hamdan bin...
star star star star star

Abu Dhabi Society...
star_border star_border star_border star_border star_border

Nadi torath al em...
star_border star_border star_border star_border star_border

Sheikh Ahmed
star_border star_border star_border star_border star_border

WOMEN’S HANDICR...
star star star star star_half

Al Bateen Beach
star star star star star_half

Sudanese club
star star star star_half star_border

Mowlood towers
star_border star_border star_border star_border star_border

Folklore Gallery
star star star star star

Al Khalidiya Park
star star star star star_half

Qasr Al Hosn Visi...
star star star star star_half

نادي تراث...
star star star star star_half

الأوربية ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Sparky's
star star star star_half star_border

AbuDhabiGAGS
star_border star_border star_border star_border star_border

الحديقة ا...
star_border star_border star_border star_border star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

文化廣場
star star star star star_border

Family Water Park
star star star star star_half

Splash Park
star_border star_border star_border star_border star_border

Green Dream Agric...
star star star star star_half

Kuliner


Cafe Arabia
star star star star star_half

star star star star star_half

Cake Gallery
star star star star star_half

Doc Pat's creativ...
star star star star star_half

Costa Coffee
star star star star star_half

My Little Baker S...
star star star star star_half

Mister Baker
star star star star_half star_border

Jones the Grocer
star star star star star_half

Basbousa Sweets a...
star star star star star_half

Tribe Restaurant
star star star star star

Shabby Chic Cafe
star star star star_half star_border

Soulfull Restaura...
star star star star_half star_border

La Torta Cakes & ...
star star star star star_half

Bloomsbury's
star star star star star_half

Dusit Thani Abu D...
star star star star star_half

Burger Bureau
star star star_half star_border star_border

Starbucks
star star star star_half star_border

Cosi
star_border star_border star_border star_border star_border

Tim Hortons
star star star star star_half

Bloomsburys
star star star star star_half

Amani sweets
star star star star star_border

ADNOC Service Sta...
star star star star star_half

Keki Japanese Bak...
star star star star star_half

Corniche Bakeries...
star star star star star_half

corniche automati...
star_border star_border star_border star_border star_border

Tempat Ibadah


The Church of the...
star star star star star_half

St.Theresa of The...
star star star star star

Mary the Mother o...
star star star star star_half

St. Joseph's Cath...
star star star star star_half

Kings church
star_border star_border star_border star_border star_border

Philadelphia Chur...
star_border star_border star_border star_border star_border

St Andrew's Churc...
star star star star star_half

Abu Dhabi Penteco...
star star star star star

Snowball Church A...
star_border star_border star_border star_border star_border

star star star star star

St. Nicholas Orth...
star star star star star_half

Abu Dhabi Apostol...
star star star star star

Evangelical Commu...
star star star star star_half

St.George Orthodo...
star star star star star_half

Omeir Bin Yousuf ...
star star star star star_half

Abdul Jaleel Mosq...
star star star star star_half

Mohammed bin Zaye...
star star star star star_half

Ali Godfather
star star star star star

Masjid Maryam Bin...
star star star star star_half

Muawiya ibn Zaid ...
star star star star star_half

Abu Baker Al Sidd...
star star star star star_half

Hamil bin Khadem ...
star star star star_half star_border

Zayed The 2nd Mos...
star star star star star_half

St. Therese Churc...
star star star star star

St. Joseph Cathed...
star star star star star

Fasilitas Kesehatan


Corpofino Dermato...
star star star star star_border

Beverly Hills Med...
star star star star star_half

Universal Hospita...
star star star star star_half

Beauty Trick Medi...
star star star star_half star_border

CosmeSurge
star star star star star_border

American European...
star star star star star_half

star star star star star

ALL Care Medical ...
star star star star star_border

Paragon Pharmacy
star star star star_border star_border

Amin Mohammed Sae...
star star star star star

Al Rowda Healthca...
star star star star star_half

Al manara Pharmac...
star star star star_half star_border

The American Surg...
star star star star star_half

Kaya Skin Clinic ...
star star star star star_half

Al Qadi Medical C...
star star star star star_half

Medicina Pharmacy
star star star star star_half

إدارة الأ...
star star star star star_half

Yas Physiotherapy...
star star star star star

HealthPlus Fertil...
star star star star_half star_border

Medicina Pharmacy...
star_border star_border star_border star_border star_border

American Center f...
star star star star_half star_border

Urban Flower Phar...
star star star star_border star_border

HealthPlus Childr...
star star star star star_half

Delma Center
star star star star star_half

Boots Pharmacy
star star star star_half star_border