Tanzania
Scattered clouds
26.97 °C

Informasi Umum

Tanzania, resminya Republik Bersatu Tanzania (bahasa Swahili: Jamhuri ya Muungano wa Tanzania) adalah negara yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis, dahulu dikenal dengan nama Tanganyika, karena di Tanzania ada sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Tangayika. Berbatasan dengan banyak negara, antara lain: Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Zambia, Malawi, dan Mozambik. Tanzania mempunyai sebuah gunung tertinggi di Afrika, yaitu Gunung Kilimanjaro (5.985 m) serta taman margasatwa yang sangat elok dan banyak dikunjungi oleh turis, baik domestik maupun mancanegara. Ada 3 (tiga) pulau besar di Tanzania, yaitu Zanzibar (terkenal dengan cengkih dan pemimpin serta ulama Islamnya), pulau Pemba dan pulau Mafia.

Luas wilayah Tanzania adalah 945.087 km2, dengan penduduk berjumlah sekitar 35.922.454 orang, 95% berasal dari penduduk asli Afrika (ras Bantu) terbagi dalam 130 suku. Angka pertumbuhan penduduk rata-rata 1,72% per-tahun, angka kelahiran 39,5 per-seribu dan angka kematian 17,38.
Agama di Tanzania (2014)


Kode Telepon:

001255/+255

Zona dan Perbedaan Waktu:

Zona waktu GMT+3. Memiliki perbedaan waktu 4 jam lebih lambat dibandingkan Jakarta (WIB).

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G British BS-1363 sockets


KBRI Dar-Es Salaa...

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Visa on Arrival (30 hari) dikenakan biaya USD 50
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari)

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan visa ke Tanzania, Anda dapat menghubungi:

Embassy of the United Republic of Tanzania to Malaysia and accredited to the Republic of Indonesia

Address : 44 Jl. U Thant 55000 Kuala Lumpur

Phone : (603) 4251 7603

Fax : (603) 4251 5641

Email : kualalumpur@foreign.go.tz

 

A. Umum

  • Visa dan segala peraturan yang terkait dengan syarat masuk dan keluar (seperti mata uang, bea cukai, dan peraturan karantina) dapat berubah sewaktu-waktu. WNI yang akan melakukan perjalanan ke Tanzania diimbau untuk menghubungi Kedutaan Tanzania terdekat yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia untuk mendapatkan informasi terbaru. Informasi lebih rinci mengenai visa masuk ke Tanzania bisa dilihat di website Tanzanian High Commission http://www.tanzaniahighcommission.my/index.php/embassy/consular-services/info-on-visas
  • Pemerintah Tanzania mengharuskan setiap pendatang menyertakan sertifikat imunisasi wabah kuning (yellow fever) ketika akan memasuki wilayah Tanzania. Pastikan paspor Anda tetap berlaku enam bulan dari rencana Anda untuk kembali ke Indonesia.

 

B. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui

Paspor adalah dokumen berharga yang menarik bagi penjahat yang mungkin mencoba untuk menggunakan identitas Anda untuk melakukan kejahatan. Paspor harus selalu disimpan di tempat yang aman. Anda diwajibkan untuk melaporkan kehilangan paspor ke Kedutaan Besar RI terdekat sesegera mungkin.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

  • Terorisme merupakan ancaman nyata yang terjadi di seluruh dunia. Telah terjadi peningkatan kekerasan sektarian antara umat Kristen dan Muslim di Tanzania sejak tahun 2013, termasuk serangan terhadap tempat-tempat ibadah. Serangan teroris bisa terjadi sewaktu waktu, kami menghimbau kepada setiap WNI yang berada di wilayah ini agar selalu berhati-hati.
  • Dalam perencanaan kegiatan Anda, pertimbangkan jenis tempat-tempat yang diketahui sering menjadi sasaran teroris yang meliputi area komersial dan publik yang dikenal sering dikunjungi oleh orang asing seperti hotel, klub, restoran, bar, sekolah, tempat ibadah, bandara, pasar, dan daerah wisata. Anda harus mempertimbangkan tingkat keamanan yang disediakan oleh tempat wisata tersebut. Serangan mungkin akan dilakukan sembarangan dan terjadi kapan saja. Harap selalu waspada dan memperhatikan keamanan pribadi Anda setiap saat dan memantau media untuk informasi tentang adanya ancaman-ancaman keamanan baru.

 

B. Kriminalitas

  • Kami menyarankan Anda untuk selalu menjaga kewasapadaan di Tanzania, termasuk Zanzibar, karena tingkat kriminalitas yang cukup tinggi.
  • Kejahatan, termasuk perampokan bersenjata dan pencurian kecil disertai dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, adalah umum di Tanzania dan khususnya di Dar es Salaam.
  • Wisatawan harus berhati-hati terutama pada angkutan umum, taksi, stasiun bus, di tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, di taman nasional dan di pantai. Anda harus menghindari berjalan dan bepergian setelah gelap, dan tetap waspada pada siang hari.
  • Kejahatan di Dar es Salaam saat ini cenderung lebih berani dilakukan di depan umum. Ada laporan rutin seringnya terjadi tindak kejahatan di sepanjang Toure Drive di Semenanjung Msasani, terutama copet dengan cara menyambar tas dari kendaraan bergerak.
  • Saat mengemudi, Anda harus menjaga semua jendela tertutup, pintu terkunci dan menjaga barang-barang berharga dari pandangan. Wisatawan juga telah ditargetkan oleh pencuri di daerah terpencil, termasuk di wilayah pesisir.
  • Gunakan kendaraan umum khususnya taksi yang terdaftar dan berijin resmi. Ada beberapa kasus Wisatawan telah diculik dan dipaksa untuk menarik uang tunai dari ATM setelah berteman dengan orang asing atau saat menggunakan taksi tanpa izin.
  • Ada 3 insiden serangan cairan asam di Zanzibar pada 2013, salah satunya menargetkan dua turis perempuan muda asal Inggris.
  • Agar selalu hati-hati dan waspada di sekitar wilayah Arusha (Tanzania utara), perampokan bersenjata, pembajakan mobil dan rumah telah sering terjadi. Jangan pernah menerima makanan atau minuman dari orang asing karena mungkin mengandung obat bius.
  • Kekerasan seksual yang melibatkan wisatawan kerap terjadi. Karena tingginya prevalensi HIV/AIDS, korban kejahatan kekerasan, terutama pemerkosaan, sangat dianjurkan untuk segera mencari bantuan medis.
  • Jika dihentikan oleh polisi Anda harus meminta untuk melihat identifikasi mereka, terutama sebelum membayar denda.
  • Bandit beroperasi di Provinsi Kigoma dan Kagera dekat perbatasan dengan Rwanda, Burundi dan Republik Demokratik Kongo. PBB merekomendasikan bahwa pengawalan polisi perlu digunakan pada ruas jalan Rusomo menuju Kahama Road dekat perbatasan Rwanda karena ancaman serangan oleh bandit bersenjata.
  • Insiden kejahatan bersenjata telah dilaporkan di taman nasional di Tanzania, termasuk sekitar Gunung Kilimanjaro, Serengeti dan Taman Nasional Arusha. Anda harus berhati-hati dengan keamanan pribadi Anda ketika mengunjungi taman nasional dan hutan lindung.

 

C. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

Tetap waspada di tempat umum dan hindari lokasi publik tanpa kehadiran petugas keamanan yang jelas. Hindari kerumunan massa karena dapat berubah menjadi demonstrasi dengan kekerasan. Anda harus memantau media dan sumber berita lokal lainnya untuk informasi terkini terkait dengan potensi kerusuhan sipil akibat situasi politik setempat.

 

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Tanzania terletak pada jalur sesar aktif yang membentang dari utara ke selatan dan tremor terjadi dari waktu ke waktu. Gempa bumi terakhir terjadi pada tanggal 8 September 2016 di wilayah Kagera, Mwanza dengan kekuatan tercatat 5,7 skala Richter. Dilaporkan sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 200 lebih mengalami luka-luka.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Tanzania, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

  • Kepemilikan terhadap material pornografi adalah ilegal, Anda dapat dihukum dan dikenakan denda.
  • Fotografi di sekitar zona militer, aset militer dan personil militer dilarang keras.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal ini Anda dapat memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan berlangsung.

Segera hubungi KBRI Dar es Salaam ke nomor hotline atau nomor KBRI yang disebutkan diatas apabila telah terjadi penangkapan atas diri Anda.

C. Terkait Narkotika

Pelanggaran terhadap tindak pidana narkoba termasuk dalam kategori pelanggaran berat, Anda dapat dipenjara untuk jangka waktu yang panjang.

D. LGBT

Aktivitas homoseksual adalah ilegal, Anda dapat dihukum dan dikenakan denda termasuk penjara.

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Ada standar konservatif pakaian dan perilaku di Tanzania, terutama di Zanzibar, dan Anda harus berhati-hati untuk tidak menyinggung warga setempat. Ketika Anda berada jauh dari tempat wisata, perempuan harus berpakaian sopan dan hindari memakai celana pendek dan atasan tanpa lengan. Agar membawa identifikasi (salinan paspor Anda) setiap saat.
  • Ada hukum pidana tentang perlindungan satwa liar dan fauna di Tanzania. Hindari membawa produk satwa liar seperti perhiasan ketika masuk Tanzania untuk menghindari risiko delay, interogasi atau penahanan ketika Anda akan meninggalkan negara itu. Produk-produk ini, apakah dibeli atau diterima sebagai hadiah di Tanzania, adalah ilegal. Beberapa orang Asing telah ditangkap baru-baru ini karena mencoba membawa produk perhiasan atau kerajinan dari satwa liar (termasuk tanduk dan kerang) ke luar negeri tanpa izin ekspor bersertifikat yang dikeluarkan oleh Departemen Sumber Daya Alam dan Pariwisata. Jika Anda tertangkap Anda dapat ditahan atau didenda.

Mata Uang dan Penukaran

Tanzania Shilling adalah mata uang resmi Tanzania, tapi US Dollar juga diterima secara luas. Catatan: US Dollar yang dicetak sebelum tahun 2003 biasanya tidak diterima. Anda dapat menukar uang di bank dan tempat penukaran uang resmi. Pastikan Anda mendapatkan tanda terima pada setiap transaksi penukaran uang. Sebagian besar bank di kota-kota besar memiliki ATM, tetapi mereka tidak selalu dapat diandalkan karena sering rusak atau kehabisan uang. Untuk meminimalkan risiko kloning kartu, hanya menggunakan ATM yang terletak di dalam bank. Travel cek tidak diterima secara luas.

Jika Anda harus menggunakan kartu kredit, gunakan dengan hati-hati di Tanzania karena risiko penipuan. Jaga kartu kredit agar tetap selalu terlihat dalam pandangan anda ketika anda menggunakannya.

Asuransi dan Kesehatan

Tempat-tempat wisata utama:

  • Ngorongoro Crater
  • Serengeti National Park
  • Zanzibar
  • Tarangire National Park
  • lake Manyara National Park
  • Mt. Kilimanjaro
  • Mt. Meru
  • Selous Game Reserve
  • Ruaha National Park
  • Mafia Island

Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di website: www.tanzaniatouristboard.com

Telekomunikasi

Tanzania memiliki beberapa provider telekomunikasi diantaranya:

  • Airtel
  • Halotel
  • Tigo
  • Vodacom
  • Zantel

Selain itu beberapa provider internet dengan menggunakan modem antara lain, Smile, Smart, etc. Namun di Tanzania provider telekomunikasi Indonesia belum memiliki kerjasama sehingga WNI yang tetap memakai provider dari Indonesia akan terkena biaya roaming atau bahkan tidak bisa digunakan.

Tempat Wisata


College Parking
star_border star_border star_border star_border star_border

Mnara wa Mashujaa
star star star star star_half

Came Oil Shell
star_border star_border star_border star_border star_border

Mkarama Pond
star star star star_half star_border

Kuliner


Wali kuku
star_border star_border star_border star_border star_border

Asanje
star star star_half star_border star_border

Rose Garden Open ...
star star star star_half star_border

CIPAS Mountain Vi...
star star star star star_half

pizzeria cafe
star star star star star_half

Cipe Cito Stopove...
star star star star star_border

Platinum Park & G...
star star star star_half star_border

Destination Garde...
star star star star_half star_border

Harvana Food Affa...
star star star star star_half

SIPE Cafe / Resta...
star star star star star_half

Sipe
star star star star star_half

Guest For Mama
star_border star_border star_border star_border star_border

Jeijei Juice And ...
star star star star star_half

MACKRICH CAFE
star star star star_border star_border

Jeijei Juice &Fru...
star star star star star_border

Sunja Park Kiosk
star star star star_border star_border

Chef Asili Modern...
star star star star star

Chef Asili
star star star star star_border

Chef Asili Cafe
star star star star_half star_border

Aladdin's Cave
star star star star_half star_border

star star star star star_half

Mbalamwezi Restua...
star star star star_half star_border

Free Point Restau...
star star star star_half star_border

Pizzeria and Ital...
star star star star star_half

HAMBERGER
star_border star_border star_border star_border star_border

Tempat Ibadah


Moravian Church
star star star star star_half

Philadelphia Gosp...
star star star star star_border

Mwenyeheri Maria ...
star star star star star_half

Kiwanja Cha Ndege...
star star star star star_border

Tanzania Assembli...
star star star star star

EAGT Mlimwa West ...
star star star star star

Baptist Church Ma...
star star star star star

Walokore
star star star star star_border

KANISA LA EAGT
star star star star star

Gadaffi Mosque
star star star star star_half

Dodoma Sanctuary
star_border star_border star_border star_border star_border

Dodoma Central Sd...
star star star star_half star_border

Masjid Jailani an...
star star star_half star_border star_border

Tanzania Headquar...
star star star star star

Shia Mosque
star star star star star_half

Church
star star star star star_border

Chemichemi Za Uzi...
star star star star star_border

FPCT Chamwino
star star star star star

AICT KIZOTA "Area...
star_border star_border star_border star_border star_border

Sunni Mosque
star star star star star_border

T.I.C. Masjid
star star star star star_border

Anglican Church o...
star star star star star_border

Ipagala Lutheran ...
star star star star star

Msikitini
star star star star star_half

CALVARY CHRISTIAN...
star star star star star

Fasilitas Kesehatan


IRDP Dispensary
star_border star_border star_border star_border star_border

Agape Pharmacy
star star star star star_border

Robby Medical
star_border star_border star_border star_border star_border

Zainab Duka La Da...
star_border star_border star_border star_border star_border

Mission Aviation ...
star star star star_half star_border

Brians Medical St...
star_border star_border star_border star_border star_border

Amani Hospital
star star_border star_border star_border star_border

Lamkyade Duka La ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Ruaha Medical Sto...
star_border star_border star_border star_border star_border

Mama Kisesa Duka ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Duka la Dawa Bari...
star_border star_border star_border star_border star_border

Avenues Medical C...
star star star star_half star_border

AKAAL PHARMACY
star star star star star

Dolphin Medical S...
star_border star_border star_border star_border star_border

COUNTRY CENTER
star_border star_border star_border star_border star_border

Double M Duka La ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dodoma Chemist
star star star star star_half

White Medic Store
star star star_border star_border star_border

UMATI Clinic - Ir...
star_border star_border star_border star_border star_border

Samak Pharmacy
star star_border star_border star_border star_border

Mama G Duka la Da...
star star_border star_border star_border star_border

Majengo Duka La D...
star_border star_border star_border star_border star_border

Royal Medics
star_border star_border star_border star_border star_border

Makole Hospital
star star star star star_half

Best Medics
star_border star_border star_border star_border star_border