Bangladesh
Light rain
27.74 °C

Informasi Umum

Bangladesh adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan. Bangladesh, bersama dengan Benggala Barat di India, membentuk kawasan etno-linguistik Benggala. Bangladesh (secara harfiah bermakna "Negara Bangla"). Ibu kota dan kota terbesar Bangladesh adalah Dhaka.

Dhaka adalah salah satu kota dengan tingkat kepadatan tertinggi di dunia: dengan penduduk mencapai 15 juta jiwa, tingkat kepadatan penduduk di Dhaka mencapai 30.000 orang per kilometer persegi. Sebagai perbandingan, Jakarta dengan penduduk mencapai 11 juta jiwa memiliki kepadatan 9.000 orang per kilometer persegi. Artinya, kota Dhaka 5 kali lebih padat dibandingkan Jakarta.

Dhaka sebagai ibukota Bangladesh pada tahun 2012 dinyatakan menjadi kota paling tidak layak untuk ditinggali (least liveable city) dari 140 kota dunia berdasarkan Global Liveability Survey yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit. Survey tersebut menempatkan Dhaka di urutan yang lebih rendah dari kota-kota seperti Lagos di Nigeria, Port Moresby di Papua Nugini, dan Harare di Zimbabwe.

Kode Telepon:

+880 (Handpone) +880 2 (lokal)

Zona dan Perbedaan Waktu:

Bangladesh berada di Zona Waktu GMT +6. Waktu di Dhaka adalah 1 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C, D dan GK (Voltase 220 V-50 Hz)

Nomor Darurat: 

Nomor darurat di Bangladesh adalah (88) (02) 999. Nomor ini menghubungkan anda ke Kepolisian Dhaka. Police Exchange dapat mentransfer panggilan ke kantor polisi yang sesuai di wilayah metropolitan Dhaka, atau wilayah di luar Dhaka. Korban kejahatan dapat menghubungi nomor "(88) 01700700700" dan email diplomathelpdesk@gmail.com .

 


KBRI Dhaka

Persyaratan Masuk/Keluar

WNI harus mendapatkan visa sebelum melakukan perjalanan ke Bangladesh. Visa tidak dapat diperoleh pada saat kedatangan. WNI tiba tanpa visa dapat ditahan dan dideportasi kemudian setelah pembayaran denda, dan berpotensi dilarang masuk kembali ke wilayah Bangladesh. Visa masuk dan keluar kondisi lain (seperti mata uang, bea cukai dan peraturan karantina) dapat berubah dalam waktu singkat. Hubungi Kedutaan terdekat atau Konsulat Bangladesh untuk informasi terbaru. Anda harus memastikan bahwa visa anda akurat (nomor paspor, tanggal lahir, validitas) dan, jika perlu, kembali ke Kedutaan Bangladesh atau Konsulat yang dikeluarkan untuk koreksi. Hal ini hampir tidak mungkin untuk mengubah rincian visa setelah anda berada di Bangladesh. Untuk mendapat penjelasan dan perubahan masalah visa, yang kemungkinan terjadi, dapat langgsung menghubungi :
Bangladesh Embassy Jakarta
Jl. Karang Asem Utara, Blok C4 No.12 Kav. 42 Jakarta Selatan, 12950
No. Telp : +62 21 526 2173
No. Fax : +62 21 526 2174

A. Umum
Pastikan masa aktif paspor anda tetap berlaku enam bulan hingga rencana kepulangan anda ke Indonesia. Bagi WNI yang akan berkunjung ke Bangladesh diperlukan visa , untuk lebih jelasnya dapat mengunjungi Situs Kedutaan Besar Bangladesh di Jakarta http://www.bdembassyjakarta.org/

B. Hal - Hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui
Kami menyarankan bagi WNI yang berpergian ke Bangladesh untuk secara berkala memeriksa status imigrasi dan masa berlaku visa serta kondisi lain (seperti mata uang, beacukai dan peraturan karantina) karena peraturan imigrasi dapat berubah dalam waktu singkat. Wisatawan ke Bangladesh harus memberitahukan kepada pihak pabean jika membawa lebih dari US $ 5.000 saat masuk atau keluar. Kepada WNI yang berkunjung ke Bangladesh maupun berencana menetap dimohon untuk melakukan lapor diri dengan datang ke KBRI Dhaka maupun melalui pelaporan online ke alamat :http://service.indonesia-dhaka.org:8080/wni/ Alamat Portal Nasional Bangladesh http://www.bangladesh.gov.bd

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme
Selama eskalasi ketegangan politik di awal tahun 2015 banyak terjadi insiden kekerasan terjadi di seluruh wilayah negeri. Terkait terorisme ada ancaman tinggi serangan terorisme di Bangladesh terutama paska serangan kelompok militan pada tanggal 1 Juli 2016 di Kafe Holey Artisan Gulshan 2 Kawasan Diplomatik dan serangan pada tanggal 7 Juli 2016 di Sholakia, Distrik Kishoreganj. Disarankan untuk tidak pergi ke lokasi publik yang sering dikunjungi oleh orang asing. Dalam perencanaan perjalanan anda ke Bangladesh, pertimbangkan jenis tempat-tempat yang yang akan anda kunjungi, yang kemungkinan akan menjadi target serangan teroris. Tempat-tempat yang menjadi target mencakup area komersial dan publik , gedung-gedung pemerintah termasuk pengadilan, pemerintah asing dan kepentingan komersial, militer dan fasilitas polisi, kedutaan besar, hotel, klub, restoran, bar, sekolah, pasar dan pusat perbelanjaan, bank, tempat ibadah, demonstrasi politik, bioskop, rekreasi luar ruangan dan acara budaya, transportasi umum termasuk terminal bus dan stasiun kereta api, kawasan wisata dan situs bersejarah.
Update:
  • Pada bulan Maret 2017, terjadi tiga pemboman di beberapa lokasi di Bangladesh, termasuk dua serangan bom bunuh diri di dekat Bandara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka. Pemboman ketiga dalam sebuah serangan polisi terhadap kelompok teroris, menewaskan tujuh orang dan melukai 40 lainnya.
Kelompok Al-Qaeda masih memiliki pengaruh di Bangladesh, kelompok ini melakukan beberapa penyerangan di tahun 2015 dan 2016 yang menewaskan aktivis HAM dan penggiat sekularisme; termasuk warga asing.

B. Kriminalitas
Kekerasan kriminal dan perampokan bersenjata sering terjadi di Bangladesh, termasuk di Banani, Baridhara dan Gulshan dan Dhaka dimana ekspatriat telah banyak menjadi korban perampokan dan pencopetan. Risiko perampokan meningkat pada malam hari, terutama pada transportasi umum. Hindari berjalan atau bepergian sendirian di angkutan umum pada malam hari. Tingkat kejahatan di Dhaka cukup tinggi. Pencurian, perampokan, dan pencopetan terjadi di berbagai tempat. tetap waspada jika berada di kendaraan umum. Paspor adalah dokumen berharga yang menarik bagi penjahat yang mungkin mencoba untuk menggunakan identitas anda untuk melakukan kejahatan. Ini harus selalu disimpan di tempat yang aman. Segera laporkan paspor hilang atau dicuri ke polisi terdekat atau hubungi Kedutaan Besar RI di Bangladesh.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik
Selama eskalasi ketegangan politik di awal tahun 2015 banyak terjadi insiden kekerasan terjadi di seluruh wilayah negeri. Hindari kerumunan demonstrasi dan/atau hartal yang sewaktu waktu dapat berubah menjadi aksi kekerasan.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim
Selama musim hujan (Juni sampai September) dan musim siklon (Mei sampai Junidan Oktober sampai November) banjir dan tanah longsor dapat terjadi. Jasa dan transportasi yang sering terkena dampak.  Iklim di Bangladesh adalah sub-tropis. Cuaca ekstrem seperti siklon tropis dapat terjadi. Untuk mengetahui info_5rmasi terbauu dapat dilihat di situs Departemen Meteorologi Bangladesh http://www.bmd.gov.bd/ dan Organisasi Meteorologi Dunia http://severe.worldweather.org/tc/in/index.html Bangladesh berada dalam zona seismikaktif. Anda harus mengambil tindakan pencegahan dan bersiaplah untuk kedaan darurat. Tsunami bias terjadi di Bangladesh pemerintah Bangladesh dapat mengeluarkan peringatan tsunami. Selalu pantau perkembangan media lokal dan ikuti arahan yang diberikan oleh pemerintah setempat.

E. Hal - Hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui
Jika anda bepergian saat musim siklon, sebaiknya anda menghubungi operator tur anda untuk memeriksa apakah layanan wisata di tempat tujuan yang direncanakan telah terpengaruh. Selalu ikuti perkembangan dengan memantau laporan media lokal dan ikuti petunjuk dari pejabat darurat setempat. Hartal (pemogokan yang dipaksakan) yang seringkali diberlakukan oleh partai-partai politik atau entitas non-partai di Bangladesh merupakan ancaman keamanan tersendiri bagi penduduk Dhaka. Masyarakat, tanpa pandang bulu, dipaksa untuk mematuhi seruan itu dengan cara tidak beraktivitas apapun termasuk menutup perkantoran dan pertokoan. Pelanggaran terhadap hartal dapat mengakibatkan hukuman, yang antara lain dilakukan dengan menghentikan dan merusak kendaraan, baik milik pribadi maupun kendaraan umum. Bahkan mereka tidak segan untuk merusak fasilitas umum seperti membakar bis-bis umum dan gerbong kereta api; dalam beberapa kasus terdapat penumpang yang ikut terbakar di dalamnya.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana
Setiap orang yang berada di Bangladesh, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat. Hukuman mati dapat dijatuhkan untuk kejahatan termasuk pembunuhan, perdagangan anak, pemerkosaan menyebabkan kematian, penculikan, mata-mata dan membajak sebuah pesawat.

B. Penangkapan dan Penahanan
Saat anda berada di Bangladesh, ketahuilah hukum lokal dan sanksinya, Pelajari terdahulu hukum lokal sebelum melakukan perjalanan. Pemerintah setempat dapat memeriksa identifikasi anda. Kami menyarankan anda untuk membawa salinan paspor atau identitas lainnya terutama ketika bepergian di malam hari.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba
Hukuman untuk pelanggaran narkoba sangat berat sampai dengan hukuman mati. (termasuk untuk penggunaan obat-obatan terlarang) Obat-obatan terlarang banyak beredar di Bangladesh, terutama di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh remaja. Hukka (atau merokok) dan pipa umum di beberapa bar dan kafe, terkadang telah dibubuhi obat-obatan terlarang. Anda harus menghindari menggunakan pipa tersebut.

D. LGBTI
Tindakan homoseksual adalah illegal dapat didenda dan dipenjara. Selama Ramadan harus berhati-hati untuk menghormati agama dan budaya serta aturan dan adat istiadat. Secara khusus, orang-orang yang tidak berpuasa disarankan untuk menghindari makan, minum dan merokok di depan umum dan di hadapan orang yang sedang berpuasa.

E. Hal - Hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui
Bangladesh merupakan Negara dengan penduduk mayoritas muslim, kiranya kepada disarankan WNI yang berkunjung menjaga norma-norma kesopanan dan kesusilaan terutama dalam berpakaian/berbusana. Hukuman mati akan dikenakan bagi orang yang kedapatan atau tertangkap tangan membawa narkotika jenis heroin dan/atau cocaine minimal seberat 25 gram keatas sebagaiman tertuang dalam The Narcotics Control Act 1990 Apabila mengalami permasalahan hukum atau penahanan segera hubungi Hotline 24 JAM di +8801614444552

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Bangladesh adalah Taka. Penukaran matauang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling, atau Euro untuk penukaran uang setempat.

A. Hal - Hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui
Mata Uang setempat yang boleh dibawa keluar Bangladesh maksimal sebesar Tk 5000, apabila melebihi akan disita dan diambil oleh petugas Bea Cukai dan Otoritas Airport.

Asuransi dan Kesehatan

Perjalanan terutama pada malamhari di luar kota-kota besar berbahaya, mobil, bus dan truk sering berkendara dengan kecepatan tinggi tanpa lampu menyala, pengemudi menyalip kendaraan lain di saat yang tidak tepat, Orang yang duduk di atap bus dan kereta, ditambah dengan di dalam kendaraan yang berdesak-desakan, sudah menjadi hal biasa sehingga rawan terjadi kecelakaan.

A. Transportasi Umum
Harap diperhatikan secara seksama dalam memilih pilihan angkutan transportasi di Negara ini. KBRI tidak menyarankan menggunakan transportasi umum, mengingat kondisinya yang kurang layak baik dari segi keamanan maupun kondisi fisik kendaraan serta informasi di dalam kendaraan menggunakan aksara/bahasa Bengali. Kami menyarankan agar menggunakan kendaraan hotel atau sewa kendaraan kepada perusahaan yang mempunyai reputasi baik seperti perusahaan Herzt.

B. Makanan Halal


C. Tempat Ibadah

D. Hal - Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Telekomunikasi

Ada 4 (empat operator) yang biasa digunakan oleh masyarakat Bangladesh yakni, Grameenphone, Airtel, Banglalink dan Robi Axiata. Namun demikian, hanya 2 operator yaitu Grameenphone dan Airtel yang telah bekerjasama dengan KBRI

 

Tempat Wisata


Kids Park
star star star star_half star_border

Rajaji National P...
star star star star_half star_border

LALDIGHI PARK
star star star star star_half

Jiaganj Museum
star star star star_half star_border

Kids Park
star star star star_half star_border

Hazarduari Palace
star star star star star_half

Motijheel Park
star star star star star_half

Kids Park
star star star star star_border

SREE SREE GOURANG...
star star star star star

Emon stur
star_border star_border star_border star_border star_border

Hazi Abul Kalam
star_border star_border star_border star_border star_border

star star star star star

Safina Park
star star star star_half star_border

Hospital Garden
star star star star_half star_border

BDO Office Park
star star star star star_half

star star star star star_half

Boropukur Park
star star star star star

star star star star star_half

star star_border star_border star_border star_border

Baradaha jumma ma...
star_border star_border star_border star_border star_border

THUGYARD PARK
star star star star star

star_border star_border star_border star_border star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

kup sabhyata/ ক...
star star star star star_border

Alokborsho
star_border star_border star_border star_border star_border

Kuliner


Sabitri Biscuit F...
star star star star_half star_border

Sibtala Bason Bha...
star star star star star_half

Sugar & Spice
star star star star_half star_border

Karloff
star star star star star_border

LALGOLA SAHAJ KEN...
star_border star_border star_border star_border star_border

Gossip More Resta...
star star star star_half star_border

Chick Blast
star star star star_half star_border

Olive Garden
star star star star_half star_border

Khabo Dabo Gorgor...
star star star_half star_border star_border

Sugar & Spice
star_border star_border star_border star_border star_border

JBL Associates
star star star star_half star_border

KUNDU SNACKS
star star star star star_half

Cakes
star star star star_half star_border

Cakes
star_border star_border star_border star_border star_border

Hazi Biryani Hous...
star star star star_border star_border

Chapai Food Club
star star star star star_half

Cafe 3
star star star star_half star_border

Sugar & Spice
star star star star_half star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

New Nawab Mistann...
star star star star star_half

Rimpa Bakery
star star star star star

Nabab Bakery
star star star star star_half

Mamoni Bakery
star star star star star

Tutul Tea store
star star star star star

Mistanna Bhandar
star star star star star_border

Tempat Ibadah


BARALA ZUMMA MASZ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Sahapur Catholic ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Kadamtala Eid-ga ...
star star star star star

Gopalpur Jummah M...
star star star star star_half

Selim National Ta...
star star star star_border star_border

Mollapara Jama Ma...
star star star star star

Diar Balagachhi U...
star star star star star_half

Girja More
star star star star_half star_border

St. John's Church
star star star star star_half

CMS CNI Church
star star star star star_half

Catholic Church
star star star star star_half

Don Bosco Church
star star star star star_half

Armenian Church, ...
star star star star star_half

Girija (Church)
star_border star_border star_border star_border star_border

Gorabazar Church
star star star star star_half

Church
star_border star_border star_border star_border star_border

CNI Church
star star star star_half star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

Md Mohibullah
star_border star_border star_border star_border star_border

Nawabganj Governm...
star star star star star_half

Club Super Market...
star star star star_half star_border

Katra Masjid
star star star star star_half

MUSLIM MONDAL PAR...
star star star star star

Vata Para
star star star star star

Overland Para
star star star star_half star_border

Fasilitas Kesehatan


Medicine Corner
star star star star star

Homeo-Care
star star star star_border star_border

Dr Gautam Baral
star star star star star_half

Dr M Rahaman Clin...
star star star star star_half

Lalgola Hospital
star star_border star_border star_border star_border

Health Point
star star star star_half star_border

Suraksha
star_border star_border star_border star_border star_border

Rabindranath Thak...
star star star_half star_border star_border

Dr. Yeaqut Alam
star_border star_border star_border star_border star_border

Doctor Quarter
star star star star star_border

Hamdard Laborator...
star star star_border star_border star_border

Medicine Corner
star star star star star

Rohimuddin Enterp...
star star star_border star_border star_border

Godagari Upazila ...
star star star star star

Nachole Upazila H...
star star star star star_half

Dishari health po...
star star star star star_half

Nabajibon Homeo H...
star_border star_border star_border star_border star_border

Asnara Clinic and...
star star star star star

Pal Medical Agenc...
star star star star star

ASHA HOMIO HALL
star star star star star

ASHA HOMEO HALL
star_border star_border star_border star_border star_border

TOFI HOMOEO 86428...
star_border star_border star_border star_border star_border

Upazila Health Co...
star star star star_border star_border

AMELA DRUG HOUSE
star star star star star_half

laxmi computer.co...
star_border star_border star_border star_border star_border