Seychelles
Overcast clouds
26.96 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI SEYCHELLES

Seychelles merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19. Berdasarkan data WHO hingga tanggal 26 Juni 2020, Seychelles memiliki 11 confirmed cases.

Merespon hal tersebut, Seychelles telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa:

1. Kebijakan pembatasan bagi pendatang asing:

  • Sejak tanggal 1 Juni 2020, Pemerintah Seychelles telah membuka bandar udara internasional Seychelles untuk kedatangan penumpang komersial.
  • Seluruh pendatang wajib menjalani karantina kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Seychelles selama 14 hari di fasilitas karantina yang telah disediakan oleh Pemerintah Seychelles atas biaya pribadi.
  • Selama berada di Seychelles, seluruh pendatang wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.
  • Seluruh orang yang masuk Seychelles dapat dikenakan pemeriksaan kesehatan tambahan.

2. Kebijakan karantina

  • WN Seychelles yang pernah ke negara-negara tersebut tetap diperbolehkan masuk, namun akan dikarantina selama 14 hari. 
  • Melarang seluruh WN Seychelles untuk pergi ke luar negeri, kecuali untuk hal-hal yang bersifat darurat medis (mulai 23 Maret 2020). 
  • Seluruh sekolah ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

3.  Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara

  • Berlaku mulai pukul 24.00, 8 April 2020 hingga pukul 24.00, 29 April 2020, Pemerintah Seychelles memberlakukan kebijakan mobilitas secara ketat. 
  • Seluruh orang, kecuali yang mendapat pengecualian, dilarang melakukan kegiatan di luar rumah, kecuali dengan tujuan untuk membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari, atau mengakses layanan esensial;
  • Hanya pegawai dari layanan esensial yang diharuskan pergi bekerja. Pegawai lainnya harus tetap di rumah;
  • Seluruh toko, kecuali yang menjual makanan dan kebutuhan sehari-hari dan apotek, ditutup;
  • Bank tetap dibuka, namun wajib menetapkan social distancing dan melakukan pembatasan pengunjung agar tidak terlalu penuh;
  • Orang-orang dari rumah yang berbeda tidak boleh bertemu baik untuk kegiatan formal maupun informal;
  • Transportasi antarpulau dibatasi untuk layanan esensial dan untuk mengangkut personel yang menyediakan layanan esensial;
  • Perjalanan perahu dan kapal wisata tidak diperbolehkan. 


Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Seychelles apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Seychelles agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.


Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline KBRI Nairobi di nomor +254 733 133000 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

 ------------------------------------------

Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut.

Seychelles merupakan salah satu tujuan wisata terindah di dunia dengan lautnya yang tenang, pantai yang bersih dengan gabungan pasir putih dan karang, serta penuh dengan resort dan perhotelan. Sektor pariwisata merupakan salah satu andalan utama bagi perekonomian Seychelles. Dalam rangka menarik lebih banyak devisa dari turisme, Seychelles menerapkan kebijakan foreign currency terhadap semua turis asing, yaitu mata uang Euro sebagai alat pembayaran resmi.

Kode Telepon:

+248

Zona dan Perbedaan Waktu:

Berada di zona waktu GMT+4. Memiliki perbedaan waktu 3 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G


KBRI Nairobi

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Visa on Arrival (Gratis) (90 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari)

Entry Visa satu bulan dapat diperoleh WNI pada saat kedatangan dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu sampai dengan satu tahun. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan.

Umum

  • Izin kerja dari pemerintah yang valid diperlukan untuk melakukan layanan/bekerja di negara ini.
  • Bukti vaksinasi demam kuning diperlukan bagi wisatawan yang telah melewati area yang terinfeksi dalam waktu enam hari sebelum tiba di Seychelles. Daerah yang terinfeksi meliputi bagian-bagian tertentu dari Amerika Tengah dan Selatan dan Afrika. Republik Seychelles akan menolak setiap orang yang pernah mengunjungi negara yang terjangkit Ebola

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

Tindak kriminalitas yang marak terjadi di Seychelles umumnya adalah tindak kejahatan kecil seperti pencurian. Untuk mengurangi risiko pencurian, wisatawan disarankan untuk menyimpan barang-barang berharga di brankas hotel. Hotel yang tidak memiliki brankas pribadi di kamar biasanya akan memiliki satu di meja resepsionis. Wisatawan juga disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan dan tidak meninggalkan tas tanpa pengawasan di pantai sambil berenang. Orang asing harus berhati-hati di pantai dan di daerah sepi pada malam hari.

B. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

Gangguan kerusuhan sipil sangat rendah di Seycelles

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Seychelles, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. Terkait Narkoba

Hukuman untuk memiliki, menggunakan, atau memperdagangkan obat-obatan terlarang di Seychelles dapat berupa hukuman penjara dan denda yang berat.

D. LGBTI

Homoseksualitas dilegalkan sejak bulan Mei 2016.

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Membeli barang-barang palsu atau bajakan merupakan tindakan yang melanggar hukum setempat.
  • Konstitusi dan hukum memberikan hak penyandang disabilitas untuk perlindungan khusus, termasuk ketentuan yang wajar untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun, tidak ada hukum yang mewajibkan akses ke gedung-gedung publik, transportasi, atau pelayanan negara, dan pemerintah tidak menyediakan akses tersebut untuk penyandang cacat.

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang Seychelles adalah Seychelles Rupee. Mesin teller otomatis (ATM) hanya mendistribusikan Seychelles Rupee saja.
  • Anda dapat mengecek jika beberapa kartu kredit seperti Visa/Mastercard dapat diterima di restoran, hotel, dan penyedia layanan terkait wisata lainnya. Namun, uang tunai mungkin satu-satunya bentuk pembayaran yang diterima untuk beberapa layanan dan perusahaan.
  • Sejumlah biro pertukaran beroperasi di pulau utama dan umumnya mampu memberikan Dolar AS, Inggris Pounds, dan Euro untuk ditukarkan dengan Rupee dan sebaliknya.
  • Dianjurkan untuk menghabiskan atau mengubah semua Rupee sebelum meninggalkan negara itu, karena Seychelles Rupee jarang diperdagangkan di biro pertukaran luar negeri.

Asuransi dan Kesehatan

Sebelum Anda berangkat ke Seychelles, kami sangat menyarankan Anda mengambil asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis. Pastikan bahwa asuransi Anda menjamin risiko-risiko yang mungkin Anda temui selama Anda berada di Seychelles dan periksa apa saja kondisi ataupun risiko yang tidak dijamin dalam Polis. Biaya pengobatan WNI ketika berada di luar negeri adalah tanggung jawab pribadi sebagaimana ketika WNI berada di Indonesia.

A. Wabah Penyakit

Penyakit diare sangat umum di kalangan wisatawan ke Seychelles bahkan di kota-kota besar dengan yang akomodasi mewah. Wisatawan dapat mengurangi risiko diare dengan mencuci tangan dengan bersih dengan menggunakan pembersih tangan, terutama sebelum menyiapkan makanan dan makan. Risiko terbesar diare para wisatawan terserang diare adalah dari makanan yang terkontaminasi. Kami sarankan untuk hanya makan makanan yang dimasak dan disajikan panas, hindari makanan yang telah dingin atau telah terpapar di meja makan. Memakan buah-buahan mentah dan sayuran hanya jika Anda telah mencuci mereka dalam air bersih atau dikupas. Minum hanya minuman dari wadah pabrik-disegel, dan hindari es (karena mungkin telah dibuat dari air yang tidak bersih).

B. Cara Mendapatkan Pertolongan

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

Nomor darurat Seychelles adalah 999.

Telekomunikasi

Jaringan telepon selular dan internet cukup baik di Seycelles dengan layanan 3G/4G dengan operator telepon lokal Airtel

Tempat Wisata


Peace Park
star star star star star_border

Skate Park
star_border star_border star_border star_border star_border

Kuliner


Double Click
star star star star star_border

A Taste of Italy
star star star star star_half

Island Taste Snac...
star star star star star_half

News Cafe
star star star star_half star_border

Da Ciro
star star star star_half star_border

Butcher's Grill C...
star star star_half star_border star_border

PRg Boulangerie
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Immaculate Concep...
star star star star star_half

Immaculate RC Chu...
star_border star_border star_border star_border star_border

Fasilitas Kesehatan


Centre d'Accueil ...
star star star star star

Dr. Agarwal's Eye...
star_border star_border star_border star_border star_border

LIFECARE PHARMACY
star star star star star_half

Dr Chetty's Medic...
star star star star star_half