Seychelles
Light rain
26.35 °C

Informasi Umum

Seychelles atau Seiselensa ( say-SHELZ; French: ), Secara resmi Republik Seychelles (bahasa Prancis: République des Seychelles; Creole: Repiblik Sesel), adalah sebuah negara kepulauan yang mencakup sebuah kepulauan dari 115 pulau di Samudera Hindia di Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut. Seychelles, dengan perkiraan populasi 86.525, memiliki populasi terkecil di Afrika. Seychelles adalah bagian dari Kepulauan Mascarene bersama dengan Mauritius, dan Reunion.


Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut.

Seychelles merupakan salah satu tujuan wisata terindah di dunia dengan lautnya yang tenang, pantai yang bersih dengan gabungan pasir putih dan karang, serta penuh dengan resort dan perhotelan. Sektor pariwisata merupakan salah satu andalan utama bagi perekonomian Seychelles. Dalam rangka menarik lebih banyak devisa dari turisme, Seychelles menerapkan kebijakan foreign currency terhadap semua turis asing, yaitu mata uang Euro sebagai alat pembayaran resmi.

Kode Telepon:

+248

Zona dan Perbedaan Waktu:

Berada di zona waktu GMT+4. Memiliki perbedaan waktu 3 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G


KBRI Nairobi

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Visa on Arrival (Gratis) (90 hari)
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari)

Entry Visa satu bulan dapat diperoleh WNI pada saat kedatangan dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu sampai dengan satu tahun. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan.

Umum

  • Izin kerja dari pemerintah yang valid diperlukan untuk melakukan layanan/bekerja di negara ini.
  • Bukti vaksinasi demam kuning diperlukan bagi wisatawan yang telah melewati area yang terinfeksi dalam waktu enam hari sebelum tiba di Seychelles. Daerah yang terinfeksi meliputi bagian-bagian tertentu dari Amerika Tengah dan Selatan dan Afrika. Republik Seychelles akan menolak setiap orang yang pernah mengunjungi negara yang terjangkit Ebola

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

Tindak kriminalitas yang marak terjadi di Seychelles umumnya adalah tindak kejahatan kecil seperti pencurian. Untuk mengurangi risiko pencurian, wisatawan disarankan untuk menyimpan barang-barang berharga di brankas hotel. Hotel yang tidak memiliki brankas pribadi di kamar biasanya akan memiliki satu di meja resepsionis. Wisatawan juga disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan dan tidak meninggalkan tas tanpa pengawasan di pantai sambil berenang. Orang asing harus berhati-hati di pantai dan di daerah sepi pada malam hari.

B. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

Gangguan kerusuhan sipil sangat rendah di Seycelles

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Seychelles, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. Terkait Narkoba

Hukuman untuk memiliki, menggunakan, atau memperdagangkan obat-obatan terlarang di Seychelles dapat berupa hukuman penjara dan denda yang berat.

D. LGBTI

Homoseksualitas dilegalkan sejak bulan Mei 2016.

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Membeli barang-barang palsu atau bajakan merupakan tindakan yang melanggar hukum setempat.
  • Konstitusi dan hukum memberikan hak penyandang disabilitas untuk perlindungan khusus, termasuk ketentuan yang wajar untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun, tidak ada hukum yang mewajibkan akses ke gedung-gedung publik, transportasi, atau pelayanan negara, dan pemerintah tidak menyediakan akses tersebut untuk penyandang cacat.

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang Seychelles adalah Seychelles Rupee. Mesin teller otomatis (ATM) hanya mendistribusikan Seychelles Rupee saja.
  • Anda dapat mengecek jika beberapa kartu kredit seperti Visa/Mastercard dapat diterima di restoran, hotel, dan penyedia layanan terkait wisata lainnya. Namun, uang tunai mungkin satu-satunya bentuk pembayaran yang diterima untuk beberapa layanan dan perusahaan.
  • Sejumlah biro pertukaran beroperasi di pulau utama dan umumnya mampu memberikan Dolar AS, Inggris Pounds, dan Euro untuk ditukarkan dengan Rupee dan sebaliknya.
  • Dianjurkan untuk menghabiskan atau mengubah semua Rupee sebelum meninggalkan negara itu, karena Seychelles Rupee jarang diperdagangkan di biro pertukaran luar negeri.

Asuransi dan Kesehatan

Di Seychelles, Anda akan mengemudi di sisi kiri. Jalan umumnya tidak terpelihara dengan baik, sempit dan berkelok-kelok. Pengemudi harus berhati-hati karena kurangnya penerangan jalan. Batas kecepatan berkisar dari 25 sampai 50 mil per jam. Pengemudi dan penumpang yang duduk di depan diwajibkan untuk memakai sabuk pengaman. Tidak ada undang-undang tentang kursi keselamatan anak (carseat). 

Untuk transportasi umum,  disarankan untuk menggunakan bus, tetapi bus cenderung ramai selama jam sibuk dan mungkin harus berganti beberapa bus untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Telekomunikasi

Jaringan telepon selular dan internet cukup baik di Seycelles dengan layanan 3G/4G dengan operator telepon lokal Airtel

Tempat Wisata


Peace Park
star star star star_half star_border

Skate Park
star_border star_border star_border star_border star_border

Kuliner


Double Click
star star star star star_border

A Taste of Italy
star star star star star_half

Island Taste Snac...
star star star star star_half

News Cafe
star star star star_half star_border

Da Ciro
star star star star_half star_border

Butcher's Grill C...
star star star_half star_border star_border

PRg Boulangerie
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Immaculate Concep...
star star star star star_half

Immaculate RC Chu...
star_border star_border star_border star_border star_border

Fasilitas Kesehatan


Centre d'Accueil ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dr. Agarwal's Eye...
star_border star_border star_border star_border star_border

LIFECARE PHARMACY
star star star star star_half

Dr Chetty's Medic...
star star star star star_half