Wilayah Sahara Barat
Few clouds
26.45 °C

Informasi Umum

Sahara Barat merupakan sebuah teritori yang disengketakan di bagian barat laut Afrika yang belum merdeka. Berbatasan dengan Aljazair di timur laut, dengan Maroko di sebelah utara, dan dengan Mauritania di sebelah timur dan selatan. Total penduduknya hnya sekitar 586.000 jiwa (data 2015), dengan sekitar 40% populasi berada di El Aaiun, kota terbesar di Sahara Barat.

PBB memasukkan Sahara Barat sebagai salah satu wilayah ke dalam daftar wilayah-wilayah yang belum berpemerintahan sendiri (Non-Self-Governing Territories). Semenjak berakhirnya pendudukan Spanyol atas Sahara Barat pada tahun 1975, wilayah ini diklaim oleh Maroko dengan alasan historis, yaitu bahwa sebelum Spanyol menduduki Maroko pada tahun 1860, Sahara Barat merupakan bagian dari kerajaan Maroko.  

Klaim Maroko atas Sahara Barat ditentang oleh kelompok pembebasan Popular Front for the Liberation of Saguia el-Hamra and Río de Oro (Polisario), yang lalu memproklamasikan The Sahrawi Arab Democratic Republic (SADR) pada tahun 1976. 

Hingga kini, Pemerintah Maroko dan Front Polisario masih berada dalam proses perundingan untuk mencari kesepakatan yang dapat diterima di bawah mediasi PBB. Untuk membantu pemeliharaan keamanan di wilayah tersebut, PBB telah membentuk dan mengirimkan misi perdamaian di bawah MINURSO (Mission des Nations Unies pour l'Organisation d'un Référendum au Sahara Occidental).


Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

Keselamatan dan Keamanan

Tidak ada deskripsi

Hukum dan Kebiasaan Setempat

Tidak ada deskripsi

Mata Uang dan Penukaran

Tidak ada deskripsi

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata

Tidak ada tempat wisata

Kuliner

Tidak ada tempat kuliner

Tempat Ibadah

Tidak ada tempat ibadah

Fasilitas Kesehatan

Tidak ada fasilitas kesehatan