Pakistan
Moderate rain
10.69 °C

Informasi Umum

Pakistan adalah negara yang terletak di wilayah Asia Selatan dan menjadi penghubung antara Asia Selatan, dengan Asia Barat, dan Asia Tengah. Pakistan merdeka pada tahun 1947 dan kini merupakan negara Islam.

Kode Telepon:

+92

Zona dan Perbedaan Waktu:

Pakistan berada di Zona GMT +5. Waktu di Pakistan adalah 2 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C atau Tipe D


KBRI Islamabad

KJRI Karachi

Persyaratan Masuk/Keluar

  • WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Pakistan sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Pakistan berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.
  • Bebas visa 30 hari untuk pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Pakistan, Anda dapat menghubungi:

Embassy of Pakistan, Jakarta Jalan Mega Kuningan Barat Block E.3.9 Kav. 5-8, Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Phone: +62-21-57851836-7
Fax: +62-21-57851645 (Dip wing) (Dip. Wing)
(62-21) 5785-1872 (Def. Wing)
(62-21) 5785-1726 (Comm. Wing)
email: pakembassyjakarta@gmail.com
embassy@parepjakarta.com
Web: http://www.mofa.gov.pk/Indonesia/

A. Umum

Pemegang paspor asing yang tidak sesuai dengan kondisi visa mereka mungkin dapat dijatuhi hukuman berat, termasuk denda dan penahanan. Hal ini berlaku untuk orang-orang yang bepergian dengan paspor Indonesia, termasuk warga negara ganda. Anda harus berhati-hati dan rutin memperpanjang batas visa Anda. Untuk keluar dari Pakistan, Anda harus memiliki visa dan paspor yang sah dan masih berlaku. Jika Anda bepergian dengan visa yang telah berakhir, Anda tidak diizinkan untuk naik ke pesawat. Jika visa Anda telah kadaluwarsa Anda harus menghubungi Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan visa keluar. Jika Anda datang dari atau telah transit di sebuah negara di mana demam kuning umum terjadi, Anda mungkin diminta untuk menyajikan sertifikat demam kuning yang valid untuk diberikan izin masuk ke Pakistan. Jika Anda bepergian dengan obat resep, Anda harus membawa surat yang ditandatangani dan tertanggal oleh dokter serta daftar semua obat-obatan yang Anda bawa untuk ditunjukkan kepada petugas bea cukai jika diminta.

B. Hal – hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Selama berada di Pakistan, disarankan untuk tidak memasuki wilayah cantonment/prohibited maupun restricted area tanpa memiliki izin dari otoritas setempat. Pemerintah Pakistan secara regular menyampaikan informasi mengenai wilayah-wilayah yang ditetapkan sebagai cantonment/prohibited maupun restricted area tersebut. WNI harap menghubungi KBRI sebelum memasuki area dimaksud.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

  • The National Counter Terrorism Authority Pakistan telah mengumumkan adanya potensi serangan teror di Pakistan. Kami menghimbau semua WNI yang berada di seluruh wilayah Pakistan untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, terutama apabila berada di tempat publik dan keramaian. Hindari kerumunan massa maupun aksi demonstrasi. Selalu bawa identitas diri dan ijin tinggal yang masih berlaku. Apabila diperlukan, anda dapat menghubungi hotline KBRI Islamabad di nomor +92 345 857 1989.
  • Pada 8 Agustus 2016 lebih dari 60 orang tewas dan lebih dari 60 terluka ketika sebuah bom meledak di sebuah rumah sakit di Quetta, Balochistan. WNI dihimbau untuk sangat berhati-hati karena serangan teroris dapat terjadi di mana saja kapan saja di Pakistan. Wisatawan harus menyadari bahwa Inggris telah menyarankan bahwa Centaurus Mall di Islamabad telah ditempatkan di luar batas kepada staf Komisi Tinggi Inggris. WNI diingatkan bahwa dalam kegiatan perencanaan di Pakistan, Anda harus selalu mempertimbangkan jenis lokasi yang mungkin ditargetkan teroris dan tingkat keamanan yang disediakan di tempat.
  • Pasukan Pakistan saat ini tengah melakukan operasi pemberantasan-pemberontakan di Federally Administered Tribal Areas (FATA) di Pakistan utara, mengakibatkan aksi militer dan jumlah Internally Displaced Persons (IDPs) yang besar. Pasukan keamanan di Pakistan telah ditempatkan pada siaga tinggi dalam menanggapi serangan balasan oleh militan. Mungkin ada peningkatan kehadiran pasukan keamanan, dan pembatasan gerakan hanya dengan pemberitahuan singkat. Kami sangat menyarankan untuk tidak bepergian ke daerah ini. WNI di FATA harus pergi secepat mungkin. Banyak serangan teroris di Pakistan yang telah melibatkan ledakan secara berturut-turut. Apabila ada ancaman tinggi dari insiden teroris, atau segera setelah insiden, petugas keamanan mungkin memotong layanan telepon selular di daerah yang terkena sampai ancaman reda.

Selama tahun 2016, telah ada sejumlah serangan mematikan. Beberapa tercantum di sini:

  • Pada 27 Maret 2016 (Hari Paskah), sedikitnya 70 orang tewas dan lebih dari 300 luka-luka ketika sebuah bom meledak di pintu masuk ke Gulshan-e-Iqbal di Taman Lahore, Punjab.
  • Pada 16 Maret 2016, setidaknya 16 orang tewas dan puluhan luka-luka ketika sebuah bom meledak di sebuah bus di Peshawar, Khyber Pakhtunkhwa.
  • Pada tanggal 20 Januari 2016, setidaknya 21 orang tewas dan 35 luka-luka ketika teroris menyerbu Bacha Khan University di Charsadda Kabupaten Khyber Pakhtunkhwa.
  • Pada tanggal 19 Januari 2016, 12 orang tewas dan 39 luka-luka ketika seorang pembom bunuh diri menyerang Pasar Karkhano Khyber Agency di FATA.
  • Pada tanggal 18 Januari 2016, enam personel pasukan keamanan tewas dan satu terluka ketika sebuah bom meledak di dekat pos pemeriksaan mereka di Quetta, Balochistan.
  • Pada tanggal 13 Januari 2016, setidaknya 15 orang tewas dan 25 luka-luka ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dekat sebuah pusat kesehatan di Quetta, Balochistan.

Serangan terhadap fasilitas penerbangan sipil: Fasilitas penerbangan sipil Pakistan telah ditargetkan oleh kelompok teroris. Pada bulan Juni 2014, sekelompok teroris menyerang Bandara Internasional Jinnah di Karachi, yang memakan 30 korban jiwa (termasuk semua teroris). Pada bulan yang sama, orang-orang bersenjata menembaki sebuah pesawat penumpang yang sedang mendarat di Peshawar, menewaskan satu penumpang dan melukai dua anggota awak. Serangan lebih lanjut pada fasilitas penerbangan dapat saja terjadi. Kami menyarankan wisatawan untuk memeriksa status penerbangan dan bandara sebelum melakukan perjalanan dan tetap waspada untuk perkembangan keamanan.

Target teroris : Sejumlah besar kelompok teroris memusuhi kepentingan Barat yang beroperasi di Pakistan. Serangan teroris dapat terjadi di mana saja dan kapan saja di Pakistan. Dalam perencanaan kegiatan anda, pertimbangkan jenis tempat-tempat yang diketahui sasaran teroris dan tingkat keamanan yang disediakan di tempat. Target kemungkinan termasuk lokasi ramai yang cenderung menghasilkan sejumlah besar korban, tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing; klub, restoran, kafe, makanan cepat saji; kedutaan, komisi tinggi dan kepentingan diplomatik lainnya; fasilitas pendidikan termasuk perguruan tinggi dan sekolah internasional; hotel internasional; tempat ibadah, seperti masjid dan gereja; pusat perbelanjaan, bank, rumah sakit, pasar (markaz) dan bazaar; bandara dan kepentingan penerbangan (termasuk pesawat berbendera asing); toko-toko compact disc dan video; pusat konvensi, acara rekreasi outdoor, kawasan wisata dan tempat-tempat ramai lainnya; dan kepentingan Barat yang dikenali, tempat dan simbol-simbol, termasuk bisnis dan organisasi non-pemerintah (LSM). Tempat dan simbol yang terkait dengan Pemerintah Pakistan, militer dan pasukan keamanan Pakistan sering menjadi sasaran serangan. bangunan peradilan, seperti lapangan, transportasi umum dan infrastruktur transportasi, termasuk kereta api dan bandara telah diserang, bersama dengan militer dan polisi, kantor polisi dan pos-pos pemeriksaan.

Serangan terhadap situs keagamaan di Pakistan telah mengakibatkan korban sipil skala besar. Serangan terhadap situs agama bisa terjadi di bagian manapun di Pakistan, terutama pada saat festival keagamaan. Militan kemungkinan merencanakan serangan menjelang dan pada kesempatan nasional atau peringatan penting, seperti Hari Pakistan (23 Maret), penyerbuan Masjid Merah di Islamabad oleh pasukan pemerintah (yang terjadi pada bulan Juli 2007) dan Hari Kemerdekaan (14 Agustus). Pekerja kemanusiaan dan lembaga bantuan asing telah ditargetkan oleh militan di masa lalu.

B. Kriminalitas

  • Kejahatan kekerasan, termasuk perampokan bersenjata, pembajakan mobil dan penculikan, terjadi di banyak bagian di Pakistan, khususnya di Karachi. Anda harus berkendara dengan pintu terkunci dan jendela tertutup.
  • Ada insiden baru-baru ini di berbagai kota di Pakistan (termasuk Islamabad) dari individu yang menyamar menjadi polisi, termasuk dengan kartu identitas polisi palsu.
  • Pencopetan dan pencurian kecil umum terjadi.

Penculikan : Ada ancaman penculikan yang tinggi di seluruh Pakistan, terutama di Karachi, Balochistan, Khyber Pakhtunkhwa dan FATA. Ada risiko lanjutan dari penculikan yang melibatkan warga negara asing di lokasi di seluruh Pakistan. WNI harus memastikan bahwa mereka memiliki langkah-langkah keamanan pribadi di tempat dan mencari nasihat keamanan profesional.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Situasi keamanan di Pakistan tetap tak terduga dan bisa memburuk dalam waktu singkat. WNI bisa terjebak dalam kerusuhan kekerasan. Anda bertanggung jawab untuk memastikan Anda dapat pergi Pakistan pada pemberitahuan singkat dan dokumentasi perjalanan Anda (termasuk visa) tetap yang paling baru. Anda harus menghindari semua demonstrasi, peristiwa politik, dan prosesi dan pertemuan umum skala besar, karena dapat menjadi kekerasan. Demonstrasi juga bisa ditargetkan pada kepentingan yang dirasakan ke Barat-baratan. Jika anda berada di daerah yang terkena demonstrasi, cari lokasi yang aman, tetap di dalam ruangan dan perhatikan saran lokal. Anda harus memonitor sumber informasi lokal untuk rincian tentang kemungkinan risiko keselamatan dan keamanan. Sebagai tindakan pencegahan, Anda juga harus menghindari daerah-daerah dimana orang berkumpul setelah shalat Jumat di semua bagian Pakistan. Acara internasional dan perkembangan politik di daerah atau tempat lain mungkin akan memicu demonstrasi atau protes kekerasan di bagian manapun di Pakistan. Kepentingan yang dirasakan ke Barat-baratan dapat menjadi sasaran kekerasan tersebut.

Kekerasan politik dan sektarian di Karachi

Politik, sektarian dan kekerasan geng terus terjadi di Karachi, dengan jumlah korban jiwa yang tinggi. Polisi Pakistan dan para-militer Rangers sedang melakukan operasi pemberantasan-terorisme intermiten di kota, sehingga tingkat keamanan publik di seluruh bagian luas kota tinggi. Serangan balasan oleh militan atau penjahat dapat terjadi di mana saja. Ada juga demonstrasi biasa, demonstrasi dan pertemuan publik yang besar di Karachi yang bisa berubah menjadi liar. Kami sangat menyarankan anda untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk melakukan perjalanan ke Karachi.

D. Wilayah Perbatasan dengan Afghanistan

Wilayah Kesukuan Federal (FATA): Kami menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke FATA karena masalah keamanan dan operasi militer Pakistan yang sedang berlangsung di daerah perbatasan dengan Afghanistan. Dengan pengecualian dari penyeberangan perbatasan resmi, orang asing dilarang bepergian yang berjarak 50 kilometer dari perbatasan dengan Afghanistan di Gilgit Baltistan.

Khyber-Pakhtunkhwa (sebelumnya-North West Frontier Province): Kami menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke Khyber-Pakhtunkhwa (kecuali kabupaten Chitral) karena lingkungan keamanan tidak stabil. WNI harus mempertimbangkan kembali kebutuhan untuk perjalanan ke distrik Chitral. Jika anda mengunjungi Chitral, kami sarankan Anda terbang menggunakan pesawat komersial dimana kami menyarankan bahwa jalanan menuju kesana tidak aman untuk dilintasi. Jauhi daerah perbatasan dengan Afghanistan.

Balochistan: Kami menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke Balochistan karena lingkungan keamanan tidak stabil. Serangan terhadap kepentingan pemerintah, keamanan dan militer di Balochistan mungkin terjadi, seperti serangan terhadap minyak, gas alam, listrik dan infrastruktur komunikasi dan transportasi, termasuk jaringan kereta api.

Wilayah Perbatasan dengan India : Kami menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan dengan India (kecuali untuk kota-kota Lahore, Wagah, Kasur, Narowal dan Sialkot) karena situasi keamanan yang tidak stabil dan pengaturan keamanan yang tinggi di sepanjang perbatasan. Jika Anda berada di daerah dekat perbatasan Pakistan-India, Anda harus mempertimbangkan untuk pergi. Anda harus menyadari bahwa orang asing dilarang bepergian yang berjarak 15 kilometer dari Garis Kontrol Kashmir dan seluruh perbatasan dengan India, kecuali untuk penyeberangan perbatasan resmi. Serangan di perbatasan Wagah, dekat Lahore, pada November 2014 menewaskan 60 orang dan melukai 150 orang.

E. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Pakistan memiliki 4 musim yang berbeda seperti negara Eropa. Musim dingin dan musim panas berlangsung ekstrim. Bulan Juni dan Juli merupakan puncak musim panas, sementara Januari dan Februari merupakan puncak musim dingin.

F. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Tidak di setiap wilayah terdapat obat-obatan dan peralatan penunjang lainnya untuk hidup di musim dingin dan musim panas.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Menyapa peremuan yang belum dikenal walaupun dengan makasud baik dan upaya menunjukkan kehangatan sebaiknya dihindari. Perempuan Pakistan sangat dlindungi oleh keuarganya. Menyapa maupun berkenalan di jalan dapat dianggap sebagai intervensi dan mengganggu martabat keluarga.

Hal – Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI Pasangan yang bukan lawan jenis yang belum menikah dilarang untuk hidup bersama. Meskipun jarang, hukuman fisik dapat dikenakan untuk beberapa pelanggaran termasuk perampokan, mabuk di tempat umum dan konsumsi alkohol oleh seorang Muslim. Mengimpor alkohol dan produk babi dilarang di Pakistan. Anda disarankan untuk tidak mengambil foto dari bandara atau militer dan gedung-gedung dan instalasi pemerintah. Mencoba untuk mengkonversi Muslim atau mendorong Muslim untuk meninggalkan agama mereka adalah ilegal. Ada standar konservatif pakaian dan perilaku di bagian Pakistan. Beberapa daerah lebih konservatif daripada yang lain. Anda harus menghormati tradisi keagamaan dan sosial untuk menghindari menyinggung kepekaan lokal. Mengenakan pakaian lengan pendek dan celana pendek harus dihindari, serta hindari juga kontak fisik antara laki-laki dan perempuan di depan umum. Perempuan mungkin menjadi target pelecehan, terutama jika mereka tidak ditemani. Homoseksualitas dilarang. Tindakan sodomi adalah ilegal di Pakistan dan hukumannya termasuk hukuman penjara seumur hidup.

B. Hukum Lainnya

Hukuman untuk pelanggaran narkoba sangat berat di Pakistan dan dapat dijatuhi hukuman mati.

C. LGBTI

Jika anda bepergian dengan obat resep, anda harus membawa dokumen yang ditandatangani, surat tertanggal dari dokter anda dan daftar semua obat-obatan yang anda bawa untuk ditunjukan kepada petugas bea cukai jika diminta.

D. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Apabila anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan anda. Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources).

E. Terkait Bea Cukai dan Karantina

Setiap orang yang berada di Pakistan, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Pakistan adalah Rupee Pakistan. Penukaran mata uang Rupee Pakistan dapat dilakukan di bandara, hotel besar maupun wilayah pertokoan. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Poundsterling, Riyal Saudi maupun Euro untuk penukaran uang setempat.

Hal – hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Disarankan untuk memiliki Dollar Amerika Serikat, Poundsterling, Riyal Saudi maupun Euro dengan seri terbaru guna menghindari penurunan pada saat menukar di money changer. Uang asing dimaksud diterima dengan baik mesti tidak dalam kondisi mulus. Yang diutamakan adalah seri terbaru.

Asuransi dan Kesehatan

A. Transportasi Umum

Hindari penggunaan transportasi umum, termasuk bus, kereta api dan taksi, karena risiko keamanan dan hindari bepergian setelah gelap di mana pun. Anda harus menggunakan jasa transportasi yang disediakan oleh operator tur terakreditasi dan hotel.

B. Hal – hal yang Perlu Diketahui oleh WNI

Taksi pada umumnya dimiliki oleh perseorangan. Pemilik taksi yang juga biasanya menjadi supir mencantumkan nomor handphonenya untuk digunakan jasanya (pick and drop). Biaya taksi tergantung dari jarak yang ditempuh dan harus menegosiasikan harga terlebih dahulu. Hanya terdapat sebagian kecil perusahaan taksi yang beroperasi.

Telekomunikasi

Berikut beberapa daftar operator telepon di Pakistan:

  1. Mobilink
  2. Telenor
  3. Zong (Paktel)
  4. Ufone
  5. Warid

Tempat Wisata


G-9/4 Playground
star star star star star_border

Children Park G9/...
star star star star_half star_border

G9 Park
star star star star star_half

Pakistan Monument...
star star star star star_half

Innovative Ideas ...
star star star star_half star_border

Monument Car Park...
star_border star_border star_border star_border star_border

Lok Virsa Heritag...
star star star star star_half

Federal Park
star star star star star_half

Pakistan Museum o...
star star star star star_half

Noor Tiddo Childr...
star star star star star_half

Chota Park
star star star star_half star_border

Shakarparian
star star star star star_half

Shakarparian View...
star star star star_border star_border

POOL & PONDS SYST...
star star star star_half star_border

Gate 4
star star star star star_half

CDA Children Park
star star star star star_half

Kids Play Area F-...
star star star star star_half

fort abbas
star star star star_half star_border

PTA LAB
star_border star_border star_border star_border star_border

Pakistan Museum o...
star star star star star_half

JAVED PICTURE FRA...
star star star star star

Pakistani Handicr...
star star star star star_half

Wonderland Amusem...
star star star star_half star_border

Nawaz Sharif Park
star star star star star_half

F11/1 Park
star star star star star_half

Kuliner


Tehzeeb Bakers
star star star star star_half

Sufi Sarai
star star star star star_half

HEC H-8 Cafe
star star star star_half star_border

Javed Sweet and B...
star star star star star_half

Tapas Restaurant
star star star star star_half

Chefling Kitchen
star star star star star

Lok Virsa Café
star star star star star_half

Cinnabon
star star star star star_half

Leylak Turkish De...
star star star star_half star_border

Manolo Gelato Pak...
star star star star star_half

McDonald's
star star star star star_border

Cinnabon
star star star star star_half

Kitchen Cuisine
star_border star_border star_border star_border star_border

Funky Bake
star star star star star_half

La Madeleine Bake...
star star star star_border star_border

Second Cup
star star star star star_half

FACE Café
star star star star star_half

Block 6
star star star star star

Tee's Cakery
star star star star star_half

The Afghani Burge...
star star star star star

Gourmet Foods
star star star star star_half

Jamil Sweets
star star star star star_half

Bread n Cakes
star star star star star_half

Iron Gaming Café
star star star star_half star_border

Rahat Bakers
star star star star_half star_border

Tempat Ibadah


Emmanuel Church, ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Karimabad Jamat K...
star star star star star_half

Usama bin Zaid Ma...
star star star star star

Al Sadiq Trust
star star star star_half star_border

Al Sadiq Trust
star star star star star_half

Astana khairia
star star star star star

St. Thomas's Chur...
star star star star_half star_border

Fatima Church
star star star star star_half

F-8 Church
star_border star_border star_border star_border star_border

Babari Masjid
star star star star star_half

Online Quran teac...
star star star star star_half

Markaz Ahlehadith
star star star star star_half

Glorious Church P...
star_border star_border star_border star_border star_border

Philadelphia Pent...
star star star star star

Al-Huda Internati...
star star star star star_half

Saint Thomas Chur...
star_border star_border star_border star_border star_border

Saint Thomas Chur...
star_border star_border star_border star_border star_border

Ahmadiyya Worship...
star star star star star

Jamia Masjid Faiz...
star star star star star_half

Lal Masjid
star star star star star_half

Hospital Church
star star star star star_half

Shah Faisal Masji...
star star star star star_half

Jamia Rehmania
star star star star star

Protestant Church...
star star star star star

Rkh GROUP
star_border star_border star_border star_border star_border

Fasilitas Kesehatan


Elixir Pharmacy
star star star star star_half

Postal Dispensary
star star star star star

Neuro Clinic list...
star star star star star_half

Islamabad Institu...
star_border star_border star_border star_border star_border

Hair Transplant &...
star star star_half star_border star_border

Executive Complex
star star star star star

Prime Health Lab
star star star star_half star_border

Saleem Nasir Medi...
star star star star star_border

Dr. Muhammed Salm...
star star star star star

D.Watson Chemist
star star star star star_half

Ali Medical Centr...
star star star star star_half

HILLSCLINIC
star star star star star

dr. nauman niaz (...
star_border star_border star_border star_border star_border

Islamabad Cosmeti...
star star star star star

Hanif Homoeo Clin...
star star star star star

Super Labs
star_border star_border star_border star_border star_border

Adnan Dental Clin...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dr Nadia Skin Las...
star star star star star_half

sexologist in pak...
star star star star star_half

Plastic Surgery C...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dubai Cosmetic Su...
star star star star star_half

Aneels Hair Trans...
star star star star star_half

Salma & Kafeel Me...
star star star_half star_border star_border

Care Plus Clinic
star star star star star

Dr Feroze's Clear...
star star star star star_half