Monako
Broken clouds
17.75 °C

Informasi Umum

Monako, secara resmi Kepangeranan Monako (bahasa Prancis: Principauté de Monaco, pengucapan bahasa Prancis: [prɛ̃.si.po.te.d(ə).mɔ.na'ko]; bahasa Monégasque: Principatu de Mùnegu), adalah sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Prancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9,9 mi) dari Italia, dan hanya 13 km (8,1 mi) dari timur laut Nice, Prancis. Monako mempunyai luas wilayah 2,02 km² dan populasi sebesar 37.550 (2016), hal ini membuat Monako menjadi negara kedua terkecil dan paling padat penduduk di dunia. Monako mempunyai perbatasan darat hanya 4,4 km (2,7 mi), dan garis pantai 4,1 km (2,5 mi), dan lebar yang bervariasi antara 1,7 km (1,1 mi), dan 349 meter (382 yard). Titik tertinggi dari negara ini adalah jalur sempit yang bernama Chemin des Révoires di lereng gunung Mont Agel, di distrik Les Révoires, yang tingginya 161 meter (528 feet) di atas permukaan laut. Quartier terpadat di Monako adalah Monte Carlo, dan Ward terpadat adalah Larvotto/Bas Moulins. Monaco terkenal dengan reklamasi tanahnya, yang telah meningkat ukurannya sekitar 20%. Proyek reklamasi tanah yang sekarang meliputi, memperluas distrik Fontvieille sekitar 0,08 km2 (0,031 sq mi) atau 8 ha (19.8 akre).Monako adalah sebuah kepangeranan yang diatur dalam monarki konstitusional, dengan Pangeran Albert II sebagai kepala negara. Meskipun Pangeran Albert II adalah raja konstitutional, ia masih punya kekuatan politik yang sangat besar. Rumah Grimaldi telah memerintah Monako, dengan interupsi singkat, sejak 1297. Bahasa resminya adalah Prancis, tetapi Monégasque, Italia, dan Inggris banyak dituturkan dan dimengerti secara luas. Kedaulatan negara secara resmi diakui dalam Perjanjian Franco-Monegasque (1861), dengan Monako menjadi anggota voting penuh PBB pada tahun 1993, setelah banyak perdebatan politik. Meskipun kemerdekaan Monaco dan kebijakan luar negeri yang terpisah, pertahanan adalah tanggung jawab Prancis. Meskipun demikian, Monako tetap mempertahakan dua unit militer, berjumlah 263 orang, Corps des Sapeurs-Pompiers, dan Compagnie des Carabiniers du Prince.Pembangunan ekonomi Monako didorong pada akhir abad ke-19 dengan kereta api menuju Prancis, dan pembukaan kasino pertama, Monte Carlo. Sejak itu, iklim yang nyaman, pemandangan yang indah, dan fasilitas perjudian telah membuat Monako terkenal di dunia sebagai wisata, dan pusat rekreasi untuk orang kaya dan terkenal. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Monako telah menjadi pusat perbankan utama yang memegang lebih dari dana senilai €100 miliar, dan telah berhasil berupaya untuk mendiversifikasi ekonominya ke Layanan dan kecil, nilai tambah tinggi, dan industri non-polusi.


Kode Telepon:

+377

Zona dan Perbedaan Waktu:

Monako berada di Zona GMT +2. Waktu di Monako adalah 5 (lima) jam lebih lambat Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C, D, E dan F


KBRI Paris

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Monako sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 3 bulan sebelum kepulangan. Harap diingat otoritas Monako berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda. Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Monako. Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Monako, Anda dapat menghubungi :

Monegasque Honorary Consulate in Jakarta, Indonesia

Jalan Dharawangsa VII 6

Kebayoran Baru

Jakarta 12160, Indonesia

No. Telp : (+62) 21.72.21.709

No. Fax : (+62) 21.72.51.328

Email: consulate.monaco.jkt@gmail.com

Keselamatan dan Keamanan

Tidak ada deskripsi

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Monako, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Monako adalah Euro. Penukaran mata uang dapat dilakukan di bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound sterling, atau Euro untuk penukaran uang setempat.

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata


Zoological Garden...
star star star star star_border

Collection de Voi...
star star star star star_half

Musée océanogra...
star star star star star_half

Exotic Garden of ...
star star star star star_half

Japanese Garden
star star star star star_half

Chapiteau of Mona...
star star star star star_half

Mini-Golf
star star star star_half star_border

Kuliner


Quai des Artistes
star star star star star_half

Café de Paris Mo...
star star star star star_half

La Vie Claire
star star star star star_half

Fairmont Monte Ca...
star star star star star_half

Gerhard's Café
star star star star star_half

Le Méridien Beac...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Saint Devote Chap...
star star star star star_half

Saint Nicholas Ca...
star star star star star_half

Association des R...
star_border star_border star_border star_border star_border

Fasilitas Kesehatan


Pharmacie de Font...
star star star star_half star_border

Princess Grace Ho...
star star star star star_half