Mesir
Clear sky
24.15 °C

Informasi Umum

Mesir (Arab: مصر, translit. Maṣr‎), nama resmi Republik Arab Mesir (Arab: جمهوريّة مصر العربيّة, translit. Jumhūriyyat Miṣr al-ʿArabiyyah‎, Arab Mesir: Gomhoreyyet Maṣr el-ʿArabeyya‎) adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan sebagai negara maju di Afrika.

Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat Daya) sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.

Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni. Mayoritas penduduk negara Mesir menganut agama Islam sementara sisanya menganut agama Kristen Koptik.


Kode Telepon:

+20

Zona dan Perbedaan Waktu:

Mesir berada di Zona GMT+2. Waktu di Kairo adalah 5 (lima) jam lebih lama dari waktu di Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C


KBRI Kairo

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Bebas Visa (30 hari)
  • Paspor Dinas
    Bebas Visa (30 hari)

Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Mesir berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Mesir, Anda dapat menghubungi:

Embassy of the Arab Republic of Egypt

Jln Teuku Umar No. 68, Menteng Jakarta Pusat 10310, Indonesi

No. Telp : (+62) (21) 3143440, 3193 1141, 193 5350 No. Fax : (+62) (21) 314 5073

Email : embassyofegypt.jakarta@gmail.com

A. Umum

  • Setiap orang hanya diperbolehkan membawa paling banyak 5.000 EGP (sekitar 7.500.000 Rupiah) untuk memasuki atau keluar dari negara Mesir. hubungi Kedutaan Besar Mesir terdekat atau Konsulat untuk informasi lebih lanjut.
  • Persetujuan diperlukan dari Kementerian Telekomunikasi untuk membawa telepon satelit dan peralatan komunikasi radio ke Mesir. Peralatan yang dibawa tanpa persetujuan terlebih dahulu kemungkinan akan disita. Semua wartawan asing memasuki Mesir untuk tujuan kerja wajib memperoleh akreditasi sesuai dari Kementerian Informasi Mesir. Ada hukuman berat bagi jurnalis yang bekerja tanpa akreditasi yang tepat.
  • Kendaraan dapat dikenakan tindakan pengendalian hama. Anda harus mematuhi instruksi dari pejabat setempat.
  • Sertifikat vaksinasi demam kuning (Yellow Fever) yang asli diperlukan untuk memasuki Mesir jika Anda datang dari atau transit di daerah yang ada risiko penularan.

B. Hal-hal yang Perlu Diketahui

Anda dapat membawa barang Duty-Free dengan jenis dan maksimal barang sebagai berikut:

  • Maksimal 200 Rokok
  • Maksimal 25 Cerutu
  • Maksimal 200 gr Tembakau
  • 1  liter minimum berlkohol
  • 1 liter parfum
  • Cinderamata dengan nilai maksimal 2000 Dirham

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Serangan teroris diduga akan terjadi di Mesir, termasuk di Kairo. Pada 8 Januari 2016, dua turis asing terluka dalam insiden keamanan di sebuah hotel di Hurghada. Mengikuti laporan penembakan di bus dan hotel dekat piramida pada 7 Januari. Wisatawan harus meningkatkan tingkat kewaspadaan di lokasi wisata. Daerah wisata di seluruh Mesir adalah target potensial teroris. serangan teroris di masa lalu telah menargetkan wisatawan asing dan tempat-tempat ibadah. Ada pengetatan keamanan yang signifikan di sebagian besar tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan tempat-tempat ibadah:

  • Pada tanggal 13 September 2015 sejumlah wisatawan yang berasal dari Mexico, pemandu wisata serta pengendara mobil terbunuh oleh pasukan keamanan yang melakukan penembakan kearah iringan tersebut di gurun bagian barat dekat dengan oase Farafra.
  • Tanggal 11 Juli 2015, terjadi ledakan di dekat Konsulat Italia di Kairo.
  • Pada 29 Juni 2015, Jaksa Agung Mesir Hisham Barakat tewas, dan lainnya luka-luka, dalam ledakan yang menargetkan konvoi kendaraannya di Heliopolis, Kairo.
  • Pada tanggal 10 Juni 2015, ada upaya serangan di situs Karnak Temple di Luxor, Bagian selatan Mesir. Dua penyerang tewas dan empat lainnya terluka.
  • Pada tanggal 8 Oktober 2015, pemerintah Mesir mengumumkan bahwa Safari dan berkemah dilarang di daerah dekat Bahariya Oasis sampai pemberitahuan lebih lanjut, karena alasan keamanan. Daerah ini termasuk bagian barat dan selatan Oases-Siwa dan jalan Oases. Sementara gurun Putih di Farafra tidak termasuk dalam daftar daerah yang dilarang, lokasi ini umumnya diakses melalui daerah terlarang.
  • Ledakan kecil sering terjadi di kota Kairo dan tempat lain di Mesir, sejumlah polisi dan masyarakat terbunuh dan mengalami luka berat di Giza. Serangan biasa ditujukan kepada pasukan keamanan, namun tetap banyak korban mati dan korban luka berasal dari masyarakat Serangan kerap terjadi di daerah pemerintahan, fasilitas kepolisian, dan pos pemeriksaan, sekitar stasiun metro, di kereta api, dan di universitas. Diduga akan ada serangan selanjutnya, sebaiknya Anda berhati-hati khususnya di dalam dan sekitar daerah ini.
  • Pada bulan November 2014, kelompok ekstremis yang berbasis di Mesir, Ansar Bayt-al-Maqdis (ABM), berjanji setia kepada Negara Islam di Levant (ISIL), mengubah nama itu sendiri menjadi kelompok Provinsi Sinai (ISIL-Sinai Province). Pada 2015, ISIL-Sinai Province mengklaim bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Sinai Utara, termasuk menembak jatuh sebuah helikopter militer pada 27 Januari 2016 dengan peluru kendali. Pada tanggal 22 Juli 2015, seorang warga negara Kroasia diculik 65 kilometer dari dari Kairo barat. Teroris sering kali mengeksekusi sandera.
  • Kelompok-kelompok ekstremis yang berbasis di Mesir, termasuk Provinsi Sinai, sebelumnya telah mengancam warga, institusi, dan bisnis orang-orang barat di Mesir melalui media sosial dan pernyataan online.
  • Dalam merencanakan kegiatan, pertimbangkan jenis tempat-tempat yang diketahui sasaran teroris dan tingkat keamanan yang disediakan. Termasuk tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing seperti kedutaan besar, hotel, penginapan liburan, klub, restoran, bar, bioskop dan teater, sekolah, bank, pasar, pusat perbelanjaan, supermarket, tempat ibadah, angkutan umum dan infrastruktur transportasi seperti Metro dan stasiun-nya, kegiatan outdoor, dan kawasan wisata komersil maupun publik. Pelabuhan dan symbol-simbol pemerintahan Mesir, termasuk gedung-gedung pemerintah, tempat pemungutan suara, polisi dan pasukan keamanan, juga berpotensi menjadi sasaran teroris.

    Provinsi Sinai Selatan (termasuk Sharm el Sheikh): 

  • Anda harus mempertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk melakukan perjalanan ke Sinai Selatan, termasuk ke daerah resort Sharm el Sheikh. Ada sejumlah penculikan warga asing di Sinai Selatan, termasuk di jalan menuju Biara St Catherine, seperti wisatawan asing yang ditahan oleh kelompok bersenjata sebelum kemudian dibebaskan. Pernah terjadi sejumlah serangan bom, termasuk bom bunuh diri, di Sinai Selatan. Sejumlah pemboman tersebut langsung ditargetkan wisatawan dan transportasi mereka. Jika Anda bepergian ke Sinai Selatan, Anda sangat dianjurkan untuk menghindari perjalanan jalan yang tidak perlu di luar Sharm el Sheikh.

    Provinsi Sinai Utara:

  • Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak bepergian ke provinsi Sinai Utara, termasuk Taba-Suez Road, karena ancaman tinggi serangan teroris dan risiko yang ditimbulkan oleh penjahat kekerasan. Militer Mesir telah melancarkan tindakan penyerangan terhadap kelompok-kelompok ekstremis di Sinai. Serangan teroris secara teratur terjadi di Sinai Utara, beberapa di antaranya telah menimbulkan korban massal terhadap pasukan keamanan Mesir, seperti pada tanggal 1 Juli 2015, ketika serangkaian serangan terhadap sasaran-sasaran militer di seluruh Sheikh Zuwayed membunuh sejumlah tentara Mesir. Setelah bom mobil bunuh diri pada bulan Oktober 2014, keadaan darurat diberlakukan di Provinsi Sinai Utara dari senja hingga fajar (19:00-06:00) diberlakukan Jam malam. Angkatan bersenjata Mesir terus melakukan operasi militer terhadap ekstrimis di daerah ini. Penyeberangan perbatasan ke Gaza di Rafah ditutup hamper setiap saat. Perbatasan ini dibuka hanya untuk kasus kemanusiaan dengan waktu yang sebentar.

 

B. Kriminalitas

  • Sejak awal 2011, telah terjadi peningkatan kejahatan di Mesir, termasuk kejahatan kekerasan seperti perampokan bersenjata, pembajakan mobil, penyerangan seksual, dan pencurian. Senjata api telah digunakan selama beberapa kejahatan. Barang-barang berharga termasuk uang tunai, perhiasan dan barang-barang elektronik tidak boleh dibiarkan tanpa jaminan di kamar hotel atau tanpa pengawasan di tempat-tempat umum. Anda harus waspada terhadap copet dan snatchers (Penjambret) tas di kawasan wisata, terutama setelah gelap.
  • Korban kejahatan harus melaporkan kejadian tersebut ke polisi wisata segera. Nomor kontak polisi adalah 122. Anda harus waspada terhadap sopir taksi yang menyerang penumpang, termasuk orang asing. Perempuan yang bepergian sendiri, termasuk saat menggunakan taksi dan berjalan di tempat umum, berkemungkinan untuk dilecehkan secara fisik atau verbal.

 

C. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

  • Mesir, khususnya Kairo, sering terjadi pada gempa bumi. Pasir dan debu badai dapat terjadi antara bulan Maret dan Mei. Jika bencana alam terjadi, ikuti saran dari otoritas lokal. Informasi tentang bencana alam dapat diperoleh dari Siaga Bencana global dan Sistem Koordinasi.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

  • Setiap orang yang berada di wilayah Mesir, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal ini, jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

  • Setiap orang yang berada di wilayah Mesir, termasuk WNI, jika kedapatan membawa Narkoba (obat-obatan terlarang) meski dalam jumlah kecil dan hanya untuk tujuan rekreasi dapat dikenakan sanksi.
  • Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

D. LGBTI

  • Di bawah adat orang Muslim, homoseksualitas dan hubungan seksual di luar nikah dianggap tidak bermoral. Hukuman untuk amoralitas termasuk penjara.

E. Syarat Pernikahan

  • Jika Anda ingin menikah di Mesir, Anda harus memeriksa persyaratan hukum sebelum Anda melakukan perjalanan, baik melalui Kedutaan Besar Indonesia di Kairo atau Kedutaan Besar Mesir di Jakarta.

F. Masalah Hukum Lainnya

  • Jika Anda mempertimbangkan untuk memberi khotbah, Anda harus mencari saran lokal terlebih dahulu dan melakukan tindakan yang dianggap cukup. Pemerintah Mesir tidak mengganggu praktek Kristen di Mesir, tapi dakwah adalah hal yang ilegal.
  • Mengambil foto dari jembatan dan kanal (termasuk Terusan Suez), personil militer, bangunan dan peralatan adalah ilegal.

G. Adat Lokal

  • Sepanjang bulan suci Ramadhan, WNI yang bepergian ke negara-negara bermayoritas Muslim harus menghormati agama dan budaya kepekaan, aturan dan adat istiadat.
  • Secara khusus, orang-orang yang tidak berpuasa disarankan untuk menghindari makan, minum dan merokok di depan umum dan di hadapan orang yang sedang berpuasa.
  • Ada standar konservatif pakaian dan perilaku di Mesir, terutama bagi perempuan. Anda harus berpakaian sopan dengan kaki dan lengan tertutup. Anda harus berhati-hati untuk tidak menyinggung orang lain

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Mesir adalah Egyptian Pound. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.

ATM banyak tersedia di berbagai kawasan di Mesir. Anda dapat menggunakan Kartu Kredit di hampir seluruh pusat perbelanjaan, penginapan, rumah makan, dan tempat wisata. Uang dengan nilai tinggi akan sangat sulit memperoleh kembalian dalam bentuk pecahan. Disarankan agar dapat membayar dengan uang pas.

Asuransi dan Kesehatan

Tidak ada deskripsi

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata


Simon Bolivar mem...
star star star star star_half

Geographical Asso...
star star star star star_half

CAIRO DAN TOURS
star star star star_half star_border

دارك
star star star star star_border

Rod Garden Faraj ...
star star star star_half star_border

El Andalos park
star star star star_half star_border

Farag garden
star star star star star_border

Al Horreya Garden
star star star star star_half

Museum Of Modern ...
star star star star star_half

Cairo Tower
star star star star star_half

Abdeen Palace Mus...
star star star star star_half

Museum of Islamic...
star star star star star_half

Umm Kulthum Park
star star star star star_border

Islamic Ceramics ...
star star star star star_border

Abdulaziz Al Saud...
star star star star star_half

Wild Green
star star_border star_border star_border star_border

Prince Mohamed Al...
star star star star star_half

Rattan & Bamboo F...
star star star star star

Gayer-Anderson Mu...
star star star star star_half

حديقة الف...
star star star star_half star_border

حديقة الف...
star star star star_half star_border

Al Azhar Park
star star star star star_half

Al Azhar Park
star star star star star_half

Fustat Park
star star star star_half star_border

Arab Mohammadi Pa...
star star star star_half star_border

Kuliner


Pizza Hut
star star star star_half star_border

McDonald's
star star star star star_border

Cilantro
star star star star star_half

Beano's Cafe
star star star star star_half

Tea Garden
star star star star_half star_border

Cook Door
star star star star_half star_border

La Poire
star star star star star_half

Taboula
star star star star star_half

Nile City
star star star star star_half

Bakery By Marriot...
star star star star star

El Abd
star star star star star_half

Beymen Cafe
star star star star star_half

Le Pacha 1901
star star star star star_half

On The Run
star star star star star_half

Nile Maxim
star star star star star_half

Beano's Cafe
star star star star star_half

TBS -The Bakery S...
star star star star star_half

Aura
star star star star star_half

El Dar El Bidaa
star star star star_half star_border

Taza
star star star star star_border

La Bodega - Aperi...
star star star star star_half

On the Run
star star star star star_half

No Big Deal
star star star star star_half

تورتينا
star star star star star_half

Simonds
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Kasr El Dobara Ev...
star star star star star_half

Al Sayeda Zainab ...
star star star star star_half

Al Sayeda Zainab ...
star star star star star_half

Church of The Gre...
star star star star star_half

All Saints' Cathe...
star star star star star_half

All Saints' Cathe...
star star star star star_half

St George Church ...
star star star star star_half

Masjid El Fath
star star star star star_half

Mosque of Ibn Tul...
star star star star star_half

Zowaila Ancient C...
star star star star star_half

Al-Hussain Mosque
star star star star star_half

Saint George Chur...
star star star star star_half

Saint Mary Church...
star star star star star_half

El Sayeda Eisha M...
star star star star star_half

Saint Mary Coptic...
star star star star star_half

Layleat Elkadre
star star star star star_half

Istituto Tecnico ...
star star star star star_half

St. Mark's Coptic...
star star star star star_half

St Mark Church Sh...
star star star star star_half

El Nour Mosque
star star star star star_half

Gamal Abdel Nasse...
star star star star star_half

star star star star_border star_border

The need for name...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Said Korraa Hospi...
star star star star star_half

Moawad Skin Insti...
star star star star star_half

Dr. Samir Fanous
star star star star star_half

Mega Scan - Hafez...
star star star star_half star_border

Dr. Husam Ahmed F...
star star star star star_half

El-Galaa Maternit...
star star star star_half star_border

Delmar & Attalla ...
star star star star star_border

DR. MEDHAT ABDELS...
star star_border star_border star_border star_border

Anglo American Ho...
star star star star star_half

Anglo American Ho...
star star star star star_half

صيدلية ال...
star star star star star_half

Ahmed Maher Teach...
star star star star_half star_border

Dr. Abdel Hady Me...
star star star star_half star_border

Kasr El Aini Teac...
star star star star star_half

Cairo University,...
star star star star star_half

International Eye...
star star star star_half star_border

Misr Internationa...
star star star star_half star_border

DermaHealth Laser...
star star star star star_half

Al Helal Hospital
star star star star_half star_border

National Nutritio...
star star star star star_half

First Scan
star star star_half star_border star_border

El Ezaby Pharmacy
star star star star star_half

Coptic Hospital
star star star star_half star_border

Magrabi Eye Hospi...
star star star star_half star_border

Seif Pharmacies
star star star star star_half