Malta
Clear sky
20.15 °C

Informasi Umum

Republik Malta, umumnya dikenal sebagai Malta, adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terletak sekitar 80 km (50 mi) di selatan dari Italia, 284 km (176 mi) di timur dari Tunisia dan 333 km (207 mi) di utara dari Libya. Malta, yang hanya mempunyai luas daerah sebesar 316 km2 (122 sq mi) dengan jumlah penduduk sekitar 450.000, membuatnya menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan penduduk yang paling padat. Malta terletak di tengah-tengah Laut Tengah dan terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, yaitu Malta, Gozo dan Comino. Ibu kota negaranya adalah Valletta, dengan luas daerah sekitar 0,8 km2 (0,31 sq mi), adalah ibu kota terkecil di Uni Eropa. Malta mempunyai satu bahasa nasional yaitu bahasa Malta, dan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Sejak 1993, Malta terbagi menjadi 68 dewan kota (local council), kebanyakan penduduk Malta adalah Keturunan Italia dan Libya, hampir 98% dari total penduduk menganut agama Gereja Katholik Roma.


Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengah Laut Tengah. Letaknya yang strategis telah menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Malta dikenal sebagai tujuan pariwisata khususnya bagi orang Eropa. Sejak 1993, Malta terbagi menjadi 68 dewan kota (local council), kebanyak dari penduduk Malta adalah Keturunan Italia dan Libya, hampir 98% dari total penduduk menganut agama Gereja Katholik Roma.

Kode Telepon:

+356

Zona dan Perbedaan Waktu:

Malta berada di Zona GMT+1. Waktu di Valletta adalah 5 (lima) jam lebih lambat dari Jakarta (WIB).

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe G


KBRI Roma

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

  • Pemegang paspor biasa (hijau) wajib memiliki visa
  • Pemegang paspor diplomatik dan dinas wajib memiliki visa
  • Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan.
  • Agar memperhatikan persyaratan keluar dan masuk daerah dan kebutuhan dokumen yang dibutuhkan untuk menghindari permasalahan keimigrasian dan bukum setempat. Memperhatikan masa berlaku paspor dan visa untuk mencegah terjadinya overstay dan akan berimbas pada masalah keimigrasian.

 

A. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Bagi wisatawan yang berasal dari negara Uni Eropa diwajibkan untuk melakukan declare di bandara apabila membawa masuk dan keluar uang dari €10.000 atau lebih, namun hal itu tidak diwajibkan bagi negara-negara diluar Uni Eropa.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Ancaman terorisme saat ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja bagi semua negara, diharapkan untuk menghindari daerah yang berpotensi terjadi aksi terorisme. Akhir-akhir ini terdapat serangkaian eskalasi serangan teroris pada beberapa kota di eropa seperti Paris, Kopenhagen, Glasgow, London, Madrid, Moskow, Oslo, Volvograd, dan besar kemungkinan eskalasi tersebut akan meningkat, dihimbau untuk selalu waspada dan terus memperhatikan informasi terbaru terkait kondisi keamanan.

B. Kriminalitas

Pencurian dapat terjadi pada transportasi publik umum bus utamanya pada rute 13, 14 dan 15 mulai dari Sliema, St. Julian's dan Paceville menuju Valletta. Agar memperhatikan barang- barang pribadi Anda dengan kewaspadaan.

C. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Dibandingkan dengan negara eropa lainnya, Malta memiliki musim salju terhangat sekitar 15 derajat celcius siang hari dan 9 derajat celcius pada malam hari pada bulan Januari dan Febuari.

D. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Harap memperhatikan keselamatan pada saat mengunjungi tempat hiburan pada waktu malam untuk menghindari terjadinya tindakan kurang menyenangkan.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Malta, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda. 

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Penggunaan dan pengedaran narkotika secara ilegal akan mendapatkan hukuman berat dan denda yang besar.

D. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Proses persidangan untuk kasus kriminal dapat memakan waktu yang lama umumnya 5-7 tahun dan dapat terjadi keterlambatan tak terduga pada proses hearingnya.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Malta adalah Euro. Penukaran uang banyak ditemukan di berbagai lokasi wisata, demikian juga dengan penggunaan Kartu Kredit, Cheque, dan ATM tersedia di berbagai tempat.

Asuransi dan Kesehatan

  • Musim berburu di Malta 1 Sep 31 Januari, beberapa lokasi perburuan jarang dibuatkan tanda dan sering bercampur dengan area camping, jalan raya dan area publik lainnya, selalu memperhatikan situasi agar tidak menjadi korban kecelakaan pada saat perburuan.
  • Beberapa maskapai penerbangan mempunyai rute Malta ke Libya, agar menghindari penjalanan ke Libya karna kondisi keamanan yang belum kondusif.

 

A. Mengemudi

  • Berkendara di Malta dapat menjadi berbahaya pada kondisi hujan lebat dikarenakan kondisi jalan yang kurang bagus dan kecil, agar waspada pada saat berkendara utamanya pada malam hari.
  • Apabila terjadi kecelakaan kendaraan bermotor agar tetap ditempat sampai kepolisian setempat datang dan melakukan pendataan pada kecelakaan tersebut, dengan menghubungi 2132 0202, dan apabila terdapat korban jiwa pada kecelakaan tersebut dapat menghubungi 2122 4001 atau 112

Telekomunikasi

KBRI dapat memberikan tambahan terkait telekomunikasi. Termasuk operator telepon seluler dan internet.

 

A. Hal-hal yang Perlu Diketahui oleh WNI

Pengunaan telepon genggam banyak digunakan di negara tersebut dan operator yang menangani hal tersebut cukup bervariasi.

Tempat Wisata


Casa Rocca Piccol...
star star star star star_half

Lower Barrakka Ga...
star star star star star_half

National Museum O...
star star star star star_half

National War Muse...
star star star star star_half

Upper Barrakka Ga...
star star star star star_half

Fort St. Elmo
star star star star star_half

Kuliner


Ambrosia Bistrot
star star star star star_half

Sphinx Pastizzeri...
star star star star star_half

C. Camilleri & So...
star star star star star_half

Eat Me! Pastizzer...
star star star star star

Piadina Caffe
star star star star star_half

Cafe Jubilee
star star star star star_half

Arcipierku Store
star star star star star

Kantina Café - W...
star star star star star_half

Dolceria Croce Bo...
star star star star star_half

Hollywood Daily N...
star star star star star

Dolceria Clyde
star star star star star_half

Joe Frendo's Bake...
star star star star star_half

Angelica
star star star star_border star_border

Tempat Ibadah


Collegiate Parish...
star star star star star_half

St. John's Co-Cat...
star star star star star_half

St Paul's Pro-Cat...
star star star star star_half

St. Augustine Chu...
star star star star star_half

Santa Barbara
star star star star star_half

St Andrew's Scots...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Scholl Foothealth...
star star star star star_half