Libya
Overcast clouds
28.85 °C

Informasi Umum

Libya atau Libia (Arab: ‏ليبيا, translit. Lībyā‎), secara resmi Negara Libya, adalah sebuah negara di wilayah Maghrib Afrika Utara. Libya berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Mesir di sebelah timur, Sudan di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat.

Dengan wilayah seluas hampir 1,8 juta kilometer persegi (700000 sq mi), Libya adalah negara terbesar keempat di Afrika menurut luas wilayah, dan ke-17 terbesar di dunia. Kota terbesarnya, Tripoli, adalah rumah bagi 1,7 juta dari 6,4 juta rakyat Libya. Tiga pembagian wilayah tradisional negara ini adalah Tripolitania, Fezzan dan Cyrenaica.

Pada tahun 2009, Libya memiliki IPM tertinggi di Afrika dan PDB (PPP) per kapita tertinggi di Afrika, dan di susul oleh Seychelles, Guinea Khatulistiwa, dan Gabon. Libya memiliki cadangan minyak terbesar ke-10 dari negara-negara lain di dunia dan produksi minyak tertinggi ke-17.Akibat perang saudara yang berlangsung sejak Februari hingga Oktober 2011, pemerintah Libya, yang pada saat itu telah berkuasa selama lebih dari 40 tahun, tumbang dan Libya memasuki periode pemerintahan oleh suatu pemerintahan sementara yang disebut Dewan Transisi Nasional (NTC). NTC akan mengawasi tahap pertama suatu transisi menuju demokrasi, di mana setelah itu lembaga tersebut akan bubar dan digantikan oleh suatu dewan perwakilan.


Libya adalah sebuah negara di wilayah Maghrib Afrika Utara. Libya berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Mesir di sebelah timur, Sudan di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat.

Kode Telepon:

+218

Zona dan Perbedaan Waktu:

Zona waktu GMT+2. Memiliki perbedaan waktu 5 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe D dan L


KBRI Tripoli

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

A. Umum

  • Karena alasan keamanan, kami sangat menyarankan agar Anda untuk sementara waktu tidak berkunjung ke Libya. Ketiadaan jaminan keamanan dan konflik yang sedang berlangsung, dapat mengancam keselamatan jiwa Anda. Apabila Anda tetap memutuskan berkunjung ke Libya, mohon agar selalu waspada dan menghindari tempat-tempat rawan seperti kerumunan orang banyak atau kelompok bersenjata.
  • Pastikan paspor Anda masih memiliki masa berlaku hingga 6 bulan setelah kepulangan Anda dari Libya.
  • Masuklah melalui pintu masuk perbatasan Libya yang resmi. Apabila Anda tidak mampu menunjukkan bukti bahwa Anda masuk Libya melalui pintu masuk perbatasan yang resmi, pihak berwenang akan menahan Anda saat Anda keluar Libya.
  • Apabila Anda datang dari negara lain di mana terjadi endemi penyakit kuning (yellow fever), Anda mungkin akan diwajibkan menunjukkan surat tanda sehat atau bebas penyakit Kuning. Hubungi biro perjalanan atau penerbangan Anda.

 

B. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui

  • Apabila paspor Anda memiliki bukti bahwa Anda pernah melakukan perjalanan ke Israel, pihak berwenang Libya dapat menolak Anda masuk.
  • Apabila Anda berada di Libya dan bermaksud meninggalkan Libya melalui perbatasan di Ras Jedir, Tunisia, pastikan sebelumnya bahwa pintu perbatasan dibuka untuk umum. Pintu perbatasan dapat ditutup sewaktu-waktu oleh pihak berwenang.
  • Mohon diperhatikan bahwa jalanan yang menghubungkan Tripoli dan Zawiya rentan terhadap serangan bersenjata. Pada bulan Mei 2016, terjadi bentrok antara polisi dan warga Tunisia. Sebelumnya, pada bulan April 2016, pihak berwenang Libya menutup perbatasan menyusul perlakuan buruk terhadap warga Libya yang mencoba menyeberang ke perbatasan. Rencanakan baik-baik rute perjalanan Anda sebelum berangkat.

Silahkan hubungi Kedutaan Besar/Konsulat Libya terdekat untuk informasi terkait visa Libya:

Libya Embassy Jakarta

Jl. Kintamani Raya II Blok C/17, Kav. 6-7 Kuningan Timur

Jakarta Selatan,12950

No. Telp : +62 21 5292 0033

No. Fax : +62 21 5292 0036

Email : idaria@gsplaj.com

 

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Terdapat kelompok Islamic State (IS) di Libya yang sempat menguasai sejumlah kota besar di Libya seperti Sirte, Sebha, Benghazi, dan lainnya.

Saat ini, Bounyan al-Marsous (operasi militer Government of National Accord/GNA telah memberantas IS di Sirte yang terdiri dari Milisi Misrata sejak Mei 2016) dilaporkan telah membebaskan 2 Sirte, Sabha dan Benghazi dari kelompok Islamic State (IS). Bunyan Marsous masih membersihkan 2 tempat tersebut dari ranjau-ranjau yang ditinggalkan IS.

Kota Benghazi telah dibebaskan dari kelompok radikal pada 7 Juli 2017 oleh Tentara Nasional Libya (TNL) pimpinan Jenderal Haftar. Sejak saat itu tidak ada lagi pertempuran antara kelompok Anshar Shariah dan milisi militan dengan TNL di Benghazi dan sekitarnya. Sejak saat itu, Bandara Internasional Benina Benghazi telah melayani penerbangan domestik dan internasional (Tunis, Alexandria, Amman, Istambul, dan Jeddah).

Serangan teror yang berupa bom, mortir, dan kontak bersenjata kerap terjadi di kota-kota Libya, termasuk di ibukota Tripoli. Sejumlah serangan teror yang pernah terjadi di antaranya:

  • September 2016: Pertempuran antarmilisi di kota Tripoli serta 2 bom mobil di depan gedung Kementerian Luar Negeri Libya.
  • Mei - Juli 2016: Pertempuran antara teroris IS dan pasukan Bunyan Marsous dari pemerintah dukungan PBB telah menewaskan 340 orang dan melukai 1.600 orang.
  • 13-14 Februari 2016: Teroris IS mengeksekusi 5 orang penduduk lokal di kota Sirte dengan cara menembak kepala mereka.
  • 7 Januari 2016: Bom bunuh diri di sekolah polisi di Zlinten, bagian barat Tripoli, menewaskan 60 orang.
  • 4 dan 6 Januari 2016: Serangan teroris ke fasilitas minyak di Es Sider (Sidra) dan Ras Lanuf menewaskan 7 orang dan melukai 25 orang pasukan penjaga keamanan.
  • 20 Februari 2015: Bom mobil di bagian timur Libya menewaskan 40 orang.
  • Februari 2015: Pembunuhan terhadap 21 warga negara Mesir oleh kelompok teroris.
  • 3 Februari 2015: Serangan teroris terhadap fasilitas minyak di Mabruk menyebabkan 10 orang tewas dan 3 orang asing diculik.
  • 27 Januari 2015: Serangan teror di sebuah hotel internasional di Tripoli menyebabkan sebanyak 5 warga negara asing tewas dari total 9 korban.
  • Tindak penculikan terhadap warga negara asing oleh kelompok teroris atau kelompok bersenjata sangat mungkin terjadi. Pada bulan Maret 2015 kelompok IS menculik sekitar 20 tenaga medis asing di kota Sirte. Penculikan dilakukan karena kelompok IS membutuhkan keahlian medis mereka guna mengobati anggotanya yang terluka. Pada tahun 2015 juga terdapat laporan penculikan terhadap diplomat asing (Tunisia, Mesir, dan Yordania).

 UNSMIL dalam tahun 2017 telah melakukan upaya stabilitasi di beberapa wilayah yaitu Sirte, Bani Walid dan Sebha. UNSMIL dalam hal ini melakukan capacity building terhadap penduduk di wilayah tersebut agar dapat membangun kembali kotanya dan juga mengembalikan ke kehidupan yang normal paska perang. Untuk wilayah Sirte yang telah bebas dari pengaruh ISIS diutamakan pembangunan oleh Pemda. UNSMIL saat ini juga sedang melakukan upaya rekonsruksi khususnya dalam bidang kesehatan, sanitasi dan juga energi.

B. Kriminalitas

Maraknya peredaran senjata api di masyarakat sipil, keberadaan milisi bersenjata, dan lemahnya penegakan hukum, mengakibatkan tingginya tingkat kriminalitas. Perampokan dan penculikan terhadap orang asing sangat rentan terjadi.

C. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

  • Sejak tahun 2014, pemerintahan di Libya terbagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok General National Congress (GNC) di Tripoli dan kelompok House of Representatives (HoR) yang bermarkas di Tobruk dan Beida. Pada 17 Desember 2015, perwakilan dari kedua kelompok bersengketa telah menandatangani Persetujuan Politik Libya, sebuah kesepakatan yang bertujuan mencari solusi damai di Libya. Sebagai hasil dari kesepakatan tersebut, dibentuk sebuah pemerintahan baru yang bernama Government of National Accord (GNA) yang pada tanggal 30 Maret 2016 telah pindah ke Tripoli.
  • Namun demikian, hingga menjelang akhir tahun 2016 kabinet GNA belum juga mendapatkan persetujuan resmi maupun pengakuan dari kelompok HoR dan GNC karena perbedaan pandangan. Masing-masing kelompok memiliki milisi bersenjata yang loyal. Hal tersebut menyebabkan masih adanya potensi bentrok antara kelompok milisi bersenjata, termasuk di Tripoli. Kontak senjata karena perebutan satu daerah kadang terjadi dengan tiba-tiba.
  • Kota Tripoli secara umum saat ini dinilai dalam keadaan normal dan kondusif serta roda perekonomian sejauh ini masih berjalan normal. Adapun pertempuran antara Libya National Army (LNA) dibawah Jenderal Haftar dengan pasukan Pemerintah Kesepakatan Umum Nasional/ Government of National Accord / GNA (pemerintahan yang diakui PBB) masih terjadi dengan intensitas berkurang, sekitar 40-60 km di bagian selatan Tripoli.
  • Pesawat pasukan Haftar melancarkan beberapa serangan terhadap Lembaga-lembaga pemerintahan GNA, termasuk Kantor Parlemen Libya di Tripoli. Serangan berhasil merusak beberapa bangunan dan fasilitas pemerintah. Selain fasilitas pemerintah, pasukan Haftar menargetkan rumah-rumah sipil di wilayah Salah Edin, selatan Tripoli, dan sejumlah lahan pertanian di wilayah Swani. Pasukan Haftar juga menyerang Rumah Sakit Ibn-Nafis di Salah Edin dan menyebabkan kebakaran, meskipun tidak menimbulkan korban jiwa.
  • Pada tanggal 23 Juni 2019 dan 1 Juli 2019, Pasukan Haftar menyerang Bandara Sipil Mitiga di Tripoli. Meski pihak berwenang menyatakan tidak ada kerusakan serius, pada tanggal 3 Juli pihak bandara menghentikan sementara lalu lintas udara untuk mencegah terjadinya korban jiwa. Pihak bandara menyebutkan bahwa drone pasukan Haftar berkali-kali menyerang Mitiga meski hanya merusak sebagian kecil bandara saja.
  • Apabila Anda berada di Libya, sedapat mungkin tetap berada di tempat aman. Hindari keluar apabila tidak sangat mendesak. Dan apabila memungkinkan, segera tinggalkan Libya.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

  • Apabila Anda memutuskan ingin berkunjung ke Libya, pelajarilah terlebih dahulu hukum dan peraturan setempat. Layanan hukum, termasuk layanan polisi, belum sepenuhnya berfungsi di Libya karena situasi konflik.
  • Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di Libya dikenai hukuman berat yang mencakup hukuman mati atau penjara seumur hidup.
  • Tindak kejahatan serius, seperti pembunuhan, dapat dikenai hukuman mati.
  • Hubungan seksual di luar pernikahan di Libya adalah tindakan ilegal dan dapat dikenai sanksi kurungan.
  • Tindak homoseksualitas adalah ilegal di Libya dan dapat dikenai hukuman kurungan minimal 3 tahun.
  • Mengimpor dan mengonsumsi alkohol di Libya dapat dikenai sanksi berat.
  • Jangan memotret instalasi militer, personil militer, dan polisi. Hal tersebut merupakan tindakan ilegal dan pelaku dapat dikurung.
  • Apabila Anda terlibat dalam sengketa bisnis/dagang di Libya, paspor Anda mungkin saja ditahan oleh pihak berwenang dan Anda dilarang meninggalkan Libya hingga masalah Anda selesai.
  • Hak asuh anak di Libya diatur berdasarkan Hukum Islam.
  • Ada hukuman penjara selama 3 tahun disertai denda bagi mereka yang secara ilegal mengekspor barang-barang antik ke luar Libya.
  • Perlu diingat bahwa sekalipun Anda berada di luar Indonesia, hukum Indonesia, seperti tindak pidana pencucian uang, penyuapan pejabat asing, penyelundupan manusia, terorisme, dan hukum Indonesia lainnya, tetap berlaku untuk Anda. Apabila Anda terbukti melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut, Anda dapat dituntut saat Anda berada di Indonesia.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila Anda ditahan oleh pihak berwenang di Libya, mintalah hak Anda untuk menghubungi nomor hotline KBRI Tripoli di Djerba, Tunisia, di nomor : +216 2559 6366
  • Kami kembali mengingatkan Anda bahwa saat ini kegiatan dan layanan KBRI Tripoli telah dipindahkan ke Djerba, Tunisia, karena kondisi keamanan. Konflik bersenjata telah sangat membatasi kemampuan dan akses KBRI Tripoli dalam memberikan bantuan kekonsuleran apabila Anda terlibat masalah di Libya.

 

C. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Libya berpenduduk mayoritas Muslim. Berpakaianlah secara pantas agar tidak menyinggung masyarakat setempat.
  • Jangan makan dan minum atau merokok di tempat umum/di hadapan penduduk setempat saat bulan Ramadan.
  • Jangan memperlihatkan kemesraan antar lawan jenis di muka umum.
  • Sedapat mungkin hindari bepergian seorang diri, khususnya di tempat-tempat rawan.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang Libya adalah Dinar Libya (Libyan Dinar/LD). Transaksi pada umumnya menggunakan sistem tunai (hard cash). Pembayaran dengan sistem kartu kredit sangat jarang dipergunakan dan bank-bank setempat beroperasi secara terbatas karena situasi konflik dan keamanan. Selalu simpan baik-baik paspor Anda dan dokumen berharga milik Anda. Apabila Anda kehilangan paspor saat berada di Libya, segera hubungi hotline KBRI Tripoli di Djerba di nomor : +216 2559 6366

A. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Situasi konflik selama beberapa tahun terakhir telah menyebabkan terbatasnya peredaran mata uang Dinar Libya yang tersedia di bank-bank setempat. Hal tersebut telah menyebabkan bank-bank di Libya membatasi penarikan uang tunai bagi nasabahnya. Sistem pembayaran dengan kartu kredit juga sangat jarang dilakukan. Kami menghimbau agar Anda selalu menyimpan uang tunai (hard cash) apabila situasi mengharuskan Anda untuk melakukan transaksi jual-beli.

Asuransi dan Kesehatan

Sangat disarankan agar Anda tidak melakukan perjalanan darat di Libya saat ini. Tidak ada jaminan keamanan bagi warga Negara asing dan marak terjadi tindak kriminalitas seperti perampokan dan perampasan serta penculikan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Hindari meninggalkan Libya melalui perbatasan sebelah selatan Aljazair, Chad, Niger dan Sudan, karena tingginya resiko keamanan. Bawalah selalu identitas diri Anda, termasuk paspor, saat Anda melakukan perjalanan darat di Libya.

 

A. Transportasi Umum

-

 

B. Makanan Lokal

-

 

C. Tempat Ibadah

-

 

D. Hal-hal yang Perlu Diketahui oleh WNI

Tindak penculikan kerap menimpa orang asing, termasuk bagi orang asing yang memiliki keahlian medis. Pada tahun 2015 kelompok teroris bersenjata telah menculik sejumlah tenaga kesehatan asing.

Telekomunikasi

Konflik telah menyebabkan terganggunya jaringan listrik dan telekomunikasi di Libya. Pemadaman listrik juga kerap terjadi di Libya, hingga 5 jam sehari. Pemadaman listrik tersebut kemudian menyebabkan terganggunya sambungan telekomunikasi termasuk sambungan internet.

 

A. Hal-hal yang Perlu Diketahui oleh WNI

Upayakan agar memiliki kartu SIM nomor ponsel pribadi selama tinggal di Libya.

Tempat Wisata


قصر الخلد
star star star star star_half

The Museum of Lib...
star star star star star_half

star star star star_half star_border

Mizran Park
star_border star_border star_border star_border star_border

الكورنيش
star star star star_half star_border

Public garden
star star star star_half star_border

الساحه ال...
star star star star star_half

جردينة ال...
star star star star_half star_border

Jnan El Nawwar Pa...
star_border star_border star_border star_border star_border

مركز دراس...
star star star star_half star_border

Martyrs' Square F...
star star star star star_half

Red Castel Museum...
star star star star_border star_border

Red Castle Museum
star star star star star_border

Saraya Museum
star star star star star_half

Old Italian Churc...
star_border star_border star_border star_border star_border

Alqods Mosque Rou...
star star star star star_border

Duran Park Abohra...
star star star star_half star_border

Omar Almukhtar Ga...
star_border star_border star_border star_border star_border

House of Yusuf Ka...
star star star star star_half

Mujahideen Distri...
star star star star_half star_border

Warq art place
star_border star_border star_border star_border star_border

Ban Ben Ghashir
star_border star_border star_border star_border star_border

حديقة الح...
star star star star_half star_border

حديقة طري...
star star star star_half star_border

Tripoli National ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Kuliner


Caffee Time
star_border star_border star_border star_border star_border

Avenue Cafe
star_border star_border star_border star_border star_border

Café De Paris
star star star star_half star_border

La Dolce Vita
star star star star star_half

زازا للمث...
star star star star_half star_border

Topolino
star star star star_half star_border

Veranda Cafe & Re...
star star star star_half star_border

Classic Coffee
star star star star_half star_border

First Cup Coffee ...
star star star star_half star_border

star star star star star_half

Grand Cafe
star star star star_half star_border

جوهرة الظ...
star star star star_half star_border

La Citta Cafe
star star star star star_half

السلطان أ...
star star star star star_half

مطعم المص...
star star star_half star_border star_border

Flamingo Café
star star star star star_border

البوني
star_border star_border star_border star_border star_border

بيتزا الن...
star star star star star_half

قهوة الصف...
star star star star_half star_border

Domino's Cafe
star star star star_half star_border

كافي جارد...
star star star star_half star_border

Ghazala Restauran...
star star star star star_half

مقهى الود...
star star star star star

Ghazalet Afriqia
star star star star_half star_border

Centro fast food
star star star star_half star_border

Tempat Ibadah


مسجد القص...
star star star star star_half

جامع السو...
star star star star star_half

Jdaa Mosque
star star star star star_half

Jamaa Durar
star star star_border star_border star_border

جامع دورا...
star_border star_border star_border star_border star_border

جامع المغ...
star star star star star_half

جامع المل...
star star star star star_half

San Francisco Chu...
star star star star_half star_border

مسجد الخل...
star star star star star_half

Massjed Abu Dhair
star star star star star_half

Belemam Mosque
star star star star star_half

star star star star star_border

مسجد جمعي...
star star star star star_half

Al-Majidya Mosque
star star star star star_border

Molay MOHAMMAD
star star star star star_half

Sidi Issa Mosque
star star star star star

Mizran Mosque
star star star star star_half

مسجد كرشو...
star star star star star

Sidi Suleman Mosq...
star star star star star_half

Al - Makeni Mosqu...
star star star star star_half

مسجد الدا...
star star star star star_border

Abe Mosque
star star star star star

مسجد السا...
star star star star star_half

المسجد ال...
star star star star star

مدرسة سكي...
star star star star star

Fasilitas Kesehatan


مسح
star_border star_border star_border star_border star_border

عيادة الت...
star_border star_border star_border star_border star_border

The first pharmac...
star star star star star_border

Pharmacy one 1
star star star star star_half

مركز ايلا...
star star star_half star_border star_border

صيدليه ال...
star star star star star

صيدلية ال...
star star star star star_half

عيادة الم...
star star star star star_half

Tripoli Central H...
star star star star_half star_border

مركز البس...
star star_border star_border star_border star_border

Assayidi Pharmacy
star star star star star_border

Khalil Hospital
star star star star star

مستشفى ال...
star star star star star_half

ALKHALIL HOSPITAL
star star star star_half star_border

Pharmaceutical Ar...
star star star star star_border

Pharmacy People
star star star star star_half

الرعاية ل...
star star star star star_border

صيدلية ال...
star star star star_half star_border

Oboumhmach Pharma...
star_border star_border star_border star_border star_border

مركز درجا...
star star star_half star_border star_border

Drug stores
star star star star star_half

صيدلية
star star star star star

الصيدلية ...
star star star star star

Central Pharmacy ...
star star star star star

صيدلية ال...
star_border star_border star_border star_border star_border