Liberia
Light rain
28.8 °C

Informasi Umum

IMBAUAN TERKAIT PENYEBARAN COVID-19 DI LIBERIA

 

Liberia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19. Berdasarkan data WHO hingga tanggal 26 Maret 2020, Liberia memiliki 3 confirmed cases. Merespon hal tersebut, Liberia telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang dapat berdampak pada perjalanan Anda. Kebijakan tersebut berupa:

      A. Penetapan status darurat COVID-19: 

       Belum ada informasi    

      B. Kebijakan penutupan perbatasan: 

       Pemerintah Liberia tidak menutup perbatasan 

      C. Kebijakan pembatasan bagi pendatang asing:

  • Menyarankan bagi warga negara Liberia dan warga asing yang tinggal di Liberia agar tidak mengunjungi negara yang terdapat 200 kasus covid-19.
  • Menyarankan bagi seluruh warga negara atau warga asing yang tinggal di negara yang terdapat 200 kasus covid -19 agar tidak mengunjungi Liberia, apabila terpaksa akan berada dalam pengawasan POCs (Precautionary Observation Centres).
  • Bagi seluruh traveler yang sudah diperiksa oleh POCs dan NPHIL ( National Public Health Institute of Liberia) maka akan ada tim yang melakukan pengawasan dan pemeriksaan ditempat mereka tinggal sebanyak dua kali sehari.

     D. Kebijakan penutupan penerbangan: - 

     Pemerintah Liberia tidak menutup penerbangan internasional

     E. Kebijakan pembatasan mobilitas di dalam negara: 

     Tidak ada pembatasan mobilitas di dalam negara

     F. Kebijakan karantina:

     Wajib karantina 14 hari untuk orang-orang yang diizinkan memasuki wilayah Liberia, khususnya yang tiba dari Eropa.

     G. Kebijakan persyaratan tambahan bagi pendatang asing (antara lain Health Certificate): 

      Tidak ada sertifikat yang harus dibawa, hanya mengisi formulir kesehatan di bandara dan riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir. 

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengimbau Anda untuk menunda perjalanan ke Liberia apabila tidak mendesak. Bagi Anda yang telah berada di Liberia agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat dan Perwakilan RI terdekat serta meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.Dalam kondisi darurat silahkan menghubungi hotline KBRI Abuja di nomor  +234 814 555 5107, +234 906 265 5959, dan +234 813 390 4471 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

--------------------------------------------------

 

Kode Telepon:

+231

Zona dan Perbedaan Waktu:

Liberia berada di Zona GMT 0. Waktu di Monrovia adalah 7 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe A dan B (Voltase 110/120 V)


KBRI Abuja

Persyaratan Masuk/Keluar

Informasi Bebas Visa

  • Paspor Biasa/Reguler
    Wajib Visa
  • Paspor Diplomatik
    Wajib Visa
  • Paspor Dinas
    Wajib Visa

  • Dalam mengajukan permohonan visa, Anda diwajibkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan. 
  • Pengunjung ke Liberia diwajibkan memiliki sertifikat vaksinasi yellow fever yang masih berlaku.
  • Apabila Anda bepergian ke Liberia, sebaiknya memberitahukan ke Perwakilan RI atau Kemlu RI.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Aksi terorisme merupakan ancaman di seluruh dunia. Serangan terorisme terjadi di Afrika Barat yang menargetkan tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh orang asing seperti hotel, pantai dan restoran.

 

B. Kriminalitas

  • Tindak kriminal terjadi hampir di seluruh wilayah Liberia. Orang asing menjadi target penjambretan, pencurian, dan perampokan bersenjata umum terjadi. Apabila Anda mengalami kasus kriminal, segera kontak kepolisian setempat.
  • Perkosaan dan kekerasan seksual sering terjadi. Liberia merupakan salah satu negara di dunia yang tingkat kekerasan terhadap perempuan sangat tinggi. Kasus perkosaan adalah kasus yang paling sering dilaporkan dan mencapai sepertiga dari total kasus kekerasan seksual. Karena tingginya tingkat terinfeksi HIV/AIDS, korban tindak kriminal khususnya perkosaan, sangat disarankan untuk segera mendapatkan bantuan medis.
  • Tingkat kejahatan kriminal banyak terjadi di malam hari sehingga bepergian sendirian atau pada malam hari sangat tidak disarankan. Jumlah polisi yang bertugas juga sangat terbatas sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang efektif.
  • Penipuan bisnis dan penipuan lewat internet juga umum terjadi di wilayah-wilayah Afrika Barat. Apabila Anda menjadi korban penipuan ini, sebaiknya Anda menyelesaikan dengan jalur hukum dan tidak menuntut ganti rugi dengan pergi ke Liberia dan bertemu dengan penipu karena bisa membahayakan keselamatan Anda.
  • Modus penipuan di antaranya: penipu meminta data-data mengenai tabungan korban dengan janji akan mengirimkan uang dalam jumlah sangat besar sehingga korban tergoda untuk memberitahukan informasi yang sifatnya rahasia; penipuan dengan meminta bayaran dari kontrak palsu pekerjaan pemerintah; pemerasan terhadap korban yang berhasil dibujuk untuk datang ke Liberia melihat kesempatan bisnis.
  • Penipuan lainnya yang perlu diantisipasi adalah modus penipuan di internet dengan skema pertemanan, pacaran, atau pernikahan palsu. Hubungan biasanya dimulai dengan perkenalan di media sosial atau jaringan percakapan/pertemanan di internet. Korban biasanya diminta mengirimkan sejumlah uang supaya bisa datang berkunjung bertemu. Dalam beberapa kejadian, ada korban berhasil diyakinkan untuk berkunjung ke Afrika, korban kemudian diculik dan dimintai tebusan.

 

C. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

  • Anda harus menghindari semua aksi protes dan demonstrasi ataupun sekumpulan orang dalam jumlah besar karena bisa berubah ke tindak kekerasan.
  • Perang saudara yang berlangsung cukup lama di Liberia baru berakhir pada bulan Agustus 2003 sehingga pembangunan infrastruktur tidak berjalan. Penyebaran virus Ebola pada tahun 2014-2015 juga menghambat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan, meskipun ada penempatan pasukan perdamaian PBB di Liberia, situasi keamanan masih belum bisa diprediksi.
  • Anda harus menghindari wilayah Grand Gedeh dan River Gee karena adanya kelompok bersenjata di wilayah tersebut, khususnya yang mendekati wilayah perbatasan dengan Pantai Gading.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk, dan Iklim

  • Musim hujan berlangsung antara bulan Mei hingga November yang mana kemungkinan terjadi banjir.
  • Apabila terjadi bencana alam, Anda disarankan mengikuti prosedur menyelamatkan diri yang diberikan oleh otoritas setempat.

 

E. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Nomor darurat nasional adalah 911. Namun, Anda harus berhati-hati karena telepon Anda bisa tidak dilayani sehingga Anda disarankan untuk mencari alternatif lain untuk bantuan darurat.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

  • Setiap orang yang berada di Liberia, termasuk WNI, harus hormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.
  • Hukuman untuk pelanggaran narkoba (kepemilikan, penggunaan, penyelundupan, dan memperjualbelikan) sangat berat, termasuk hukuman denda dan bisa dipenjara dalam waktu yang lama. Dilarang memiliki benda-benda pornografi. Dilarang mengambil foto di wilayah-wilayah militer, bandara, pelabuhan, serta gedung-gedung pemerintah. Anda disarankan agar memperhatikan larangan-larangan di tempat-tempat tersebut sebelum mengambil dokumentasi foto.
  • Apabila Anda ingin berbisnis berlian, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu peraturan terkini mengenai bisnis berlian. Meskipun Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menarik larangan impor berlian dari Liberia, Anda tetap harus memperhatikan hukum internasional yang mengatur hal tersebut. Orang yang mengekspor berlian secara ilegal dari Liberia dapat dikenakan hukuman penjara.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

  • Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat.
  • Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

 

C. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Masyarakat Liberia masih konservatif khususnya di daerah luar Monrovia. Para pengunjung harus memperhatikan dengan seksama kebiasaan setempat dan berupaya untuk tidak bertindak ofensif, terutama terkait cara berpakaian. Wanita setempat masih menggunakan pakaian panjang (long dress) yang menutupi semua bagian lengan atas sampai kaki.

Mata Uang dan Penukaran

A. Umum

Mata uang resmi Liberia adalah Liberian Dollar (LRD). 

 

A. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Anda dapat menukarkan mata uang Dollar Amerika Serikat maupun Euro di berbagai tempat penukaran uang di seluruh wilayah Liberia.
  • Kartu Kredit sangat jarang diterima di Liberia. Beberapa toko mau menerima cek perjalanan, tetapi itu pun sangat sedikit. Pelayanan ATM juga sangat sedikit dan terbatas. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman uang Western Union dan Moneygram tetapi hanya ada di Monrovia.

Asuransi dan Kesehatan

  • Sangat disarankan untuk mempunyai asuransi perjalanan komprehensif yang akan mencakup biaya medis di luar negeri, termasuk evakuasi medis, sebelum berangkat. Mengonfirmasi bahwa asuransi tersebut melindungi Anda sepanjang waktu selama di perjalanan dan memastikan kondisi dan kegiatan yang akan Anda lakukan di tempat tujuan telah masuk dalam perlindungan asuransi. Sangat tidak disarankan untuk bepergian ke Liberia tanpa asuransi perjalanan yang lengkap dan memadai.
  • Anda harus memastikan siap secara fisik dan mental sebelum bepergian. Disarankan untuk melakukan vaksinasi paling tidak delapan minggu sebelum hari keberangkatan. Anda juga bisa mengunjungi situs WHO untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

A. Wabah Penyakit

  • Wisatawan/Pengunjung sangat disarankan untuk mewaspadai virus Ebola dan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebagai antisipasi meskipun sejak Januari 2016 Liberia dinyatakan bebas dari virus Ebola. Masih adanya kematian karena virus Ebola di wilayah negara tetangga (Sierra Leonne dan Guinea) mengindikasikan masih adanya potensi virus ini tetap menyebar ke Liberia.
  • Tingkat infeksi HIV/AIDS di Liberia termasuk tinggi.
  • WHO memasukkan Liberia dalam daftar endemic for yellow fever. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk dan dapat dicegah dengan vaksinasi. Pengunjung ke Liberia diwajibkan memiliki sertifikat vaksinasi yellow fever yang masih berlaku.
  • Malaria dan penyakit tropis lainnya umum ditemukan di wilayah Afrika Barat, termasuk Liberia. Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan upaya pencegahan terhadap malaria dan menghindari gigitan nyamuk, misalnya dengan menggunakan alat pengusir nyamuk sepanjang waktu, serta pakaian lengan panjang dan warna terang.
  • Penyakit-penyakit menular lainnya yang bisa terjangkit melalui air dan makanan, seperti kolera, tifus, lass fever, hepatitis, dan TBC, umum terjadi dan sering mewabah dari waktu ke waktu. Sangat disarankan untuk memasak air sebelum dikonsumsi, termasuk air dalam botol, serta hindari es batu dan makanan mentah. Jangan berenang untuk menghindari penularan penyakit yang terjangkit di air seperti penyakit bilharzia (schistosomiasis). Segera minta pertolongan apabila Anda mengalami penyakit-penyakit tersebut.

 

B. Fasilitas Medis

Fasilitas kesehatan tidak terlalu baik, bahkan di Monrovia, dan sulit ditemukan di wilayah lain. Penyebaran wabah Ebola juga memperburuk pelayanan kesehatan. Dokter dan rumah sakit di Liberia biasanya meminta pembayaran dengan uang tunai untuk pelayanan. Untuk penyakit atau cedera yang serius sebaiknya segera meminta untuk dievakuasi, namun tentunya biayanya akan sangat mahal (bisa mencapai ratusan ribu dolar).

 

C. Cara Mendapatkan Pertolongan

Hubungi terlebih dahulu keluarga, teman, penerbangan, agen travel, maupun asuransi perjalanan Anda.

Nomor darurat Liberia: -

Telekomunikasi

  • Perang saudara yang berkepanjangan dan baru berakhir tahun 2003 membuat hampir semua infrastruktur mengalami kerusakan termasuk infrastruktur telekomunikasi. Hampir semua layanan telekomunikasi di Liberia berbasis nirkabel (wireless).
  • Ada 4 (empat) operator jaringan telepon berbasis GSM, yaitu LoneStarGSM (majority owned by South Africa's MTN), Comium (Novafone), Cellcom, and LiberCell.
  • Selain itu, ada satu perusahaan milik pemerintah yang menawarkan layanan telekomunikasi berbasis CDMA EV-DO dengan sistem nirkabel 3G, yakni Liberia Telecommunications Corporation (Libtelco).
  • Untuk saat ini, layanan internet yang tersedia berasal dari jaringan nirkabel ISPs atau jaringan selular yang menggunakan teknologi GPRS, EDGE, HSPA, dan WiMAX. Tingginya biaya dan bandwith yang terbatas dari koneksi satelit membuat layanan internet masih sangat mahal dan kecepatannya jauh di bawah kecepatan standar.

 

Tempat Wisata


Capitol Hill
star star star_half star_border star_border

Marrich Technolog...
star star star_half star_border star_border

The National Muse...
star star star star star_border

Kuliner


Bend And Stop
star star star star star_half

PA's Rib House
star star star star star_border

Reed and Duather ...
star star star star_border star_border

Veli Bar and Rest...
star star star star star_border

Shark's
star star star star star_half

Shark's Entertain...
star star star star star

havana lounge
star star star star_half star_border

Cachelle Internat...
star star star star star_half

Cachelle Internat...
star star star star_border star_border

Mitch Restaurant ...
star star star star_border star_border

Mitch Restaurant ...
star star star star_half star_border

Sam's Barbeque
star star star star_half star_border

Monroe Chicken
star star star star star_half

The Hub Diner
star star star star star_half

Sis Mary Restaure...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dumboy Valley
star star star star_border star_border

African food Cent...
star star star star star_border

KK Food Center
star star star_border star_border star_border

Lonestar Communic...
star_border star_border star_border star_border star_border

Oporto Grill
star star star star star_half

Platon S. Plakar ...
star star star star_border star_border

Stonehaven Guest ...
star star star star star_half

Yeanee's Food Sho...
star star star star star

Big Apple Bar and...
star star star star star_border

Sow Cafeteria
star star star star star

Tempat Ibadah


Monrovia Church o...
star_border star_border star_border star_border star_border

Lakpazee Communit...
star star star star star_half

Christ Pavilion M...
star_border star_border star_border star_border star_border

Christ Pavilion M...
star star star star star

Lakpazee Communit...
star star star star_border star_border

Remedy Movement I...
star star star star star_half

Mt. Nebo Baptist ...
star star star star star

Jubilee Praise an...
star star star star star

Mount Nimbo Bapti...
star_border star_border star_border star_border star_border

Kingdom Hall of J...
star star star star star

Potter's House Re...
star_border star_border star_border star_border star_border

TABERNACLE OF GRA...
star_border star_border star_border star_border star_border

Trumpet of Praise...
star star star star star

United Pentecosta...
star star star star star_border

Sinkor United Pen...
star star star star star_half

Love Center Minis...
star star star star star

God's Kingdom Min...
star_border star_border star_border star_border star_border

Overcomers' Centr...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dunamis Internati...
star star star star star_border

Winners' Chapel F...
star_border star_border star_border star_border star_border

Matadi Central Mo...
star star star star_half star_border

Hosanna Ministrie...
star star star star star

New Covenant Outr...
star_border star_border star_border star_border star_border

E. Harding Smythe...
star star star star star_half

Emmanuel Temple I...
star_border star_border star_border star_border star_border

Fasilitas Kesehatan


Bunty pharmacy
star star star star star

Med Air Africa Ex...
star_border star_border star_border star_border star_border

Catholic hospital
star star star star star

Sonnie Medicine
star star star star_border star_border

Yorfi Medicine St...
star_border star_border star_border star_border star_border

Van Medical Store
star_border star_border star_border star_border star_border

Trinity Pharmacy
star_border star_border star_border star_border star_border

Angelines Pharmar...
star_border star_border star_border star_border star_border

Lucky Pharmacy
star star star star star_half

National Drug Ser...
star star star star star_half

Chinese Medical T...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dunbars Hospital
star_border star_border star_border star_border star_border

JFK Hospital
star star star star_half star_border

Success Business
star star_border star_border star_border star_border

Ham Medicine Stor...
star_border star_border star_border star_border star_border

Aspen Medical Int...
star star star star star

Fidelity Healthca...
star star star star star

LR&Sons Pharmacy
star_border star_border star_border star_border star_border

LMHRA Office
star_border star_border star_border star_border star_border

AB Pharmacy
star_border star_border star_border star_border star_border

T. Choithram & So...
star star star star star

Catholic Hospital
star star star star star_half

SOS Hospital
star star star star star

Seven Days Advant...
star_border star_border star_border star_border star_border

SDA Cooper Hospit...
star star star star_half star_border