Libanon
Few clouds
25.53 °C

Informasi Umum

Kode Telepon:

+961

Zona dan Perbedaan Waktu:

Lebanon berada di Zona GMT+3. Waktu di Beirut adalah 4 (empat) jam lebih lama dari waktu di Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C, D dan G


KBRI Beirut

Persyaratan Masuk/Keluar

  • Pemegang paspor biasa(hijau) wajib memiliki visa
  • Pemegang paspor diplomatik dan dinas wajib memiliki visa

WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Lebanon sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Lebanon berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Lebanon, Anda dapat menghubungi:

Lebanese Embassy, Jakarta

Jalan YBR V No.82, Setiabudi,

Jakarta Selatan 12930, Indonesia

Telp: +62 (21) 5253074

Fax: +62 (21) 5207121

Email: lebanon_embassy_jkt@yahoo.com

 

Hukum Lebanon melarang untuk melakukan perjalanan ke Israel. Jika Anda memiliki bukti bahwa Anda telah melakukan perjalanan ke Israel, atau bahwa Anda berniat untuk melakukan perjalanan ke Israel, Anda akan ditolak masuk ke Libanon, atau dideportasi. Ini termasuk stempel keluar atau masuk Israel di paspor Anda, dan perangko Mesir atau Yordania dari penyeberangan perbatasan dengan Israel, dan jadwal perjalanan atau tiket yang mencakup Israel sebagai tujuan. Warga Lebanon dan negara-negara Arab lainnya, termasuk warga negara ganda, dapat ditangkap dan dipenjarakan. Warga lainnya dapat diinterogasi untuk jangka panjang (sampai beberapa hari) sebelum dideportasi.

Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

  • Dalam perencanaan kegiatan Anda, pertimbangkan jenis tempat yang dikenal sebagai sasaran teroris dan tingkat keamanan yang disediakan. Target yang terkait dengan Pemerintah Lebanon, seperti lembaga pemerintah, politisi dan pejabat senior, Pasukan Bersenjata Lebanon (LAF) dan infrastruktur, termasuk bandara dan bangunan umum, telah diserang di masa lalu dan akan terus menjadi target. The United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) juga telah ditargetkan di masa lalu.
  • Target lainnya dapat mencakup area komersial dan publik yang dikenal akan sering dikunjungi oleh orang asing seperti bangunan yang terkait dengan pemerintah asing dan perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi internasional, kedutaan, hotel, klub, restoran, pusat perbelanjaan, pasar, rantai kelontong, promenade, bar, sekolah, tempat ibadah, bioskop, acara rekreasi outdoor, transportasi umum dan kawasan wisata.
  • Ekstrimis telah merencanakan serangan menjelang dan pada hari-hari penting nasional dan agama, tetapi serangan bisa terjadi kapan saja.

 

B. Kriminalitas

  • Meskipun kejahatan di Lebanon moderat dengan standar internasional, tingkat kejahatan telah meningkat secara signifikan baru-baru ini, khususnya kejadian kejahatan terhadap kendaraan, pencurian kecil seperti penyambaran tas (termasuk oleh pengendara sepeda motor), pembobolan rumah dan perampokan bersenjata.
  • Kami merekomendasikan untuk tidak bepergian di taksi yang digunakan bersama. Ada peningkatan jumlah laporan perampokan bersenjata penumpang asing yang bepergian di rute taksi bersama di mana korban dialihkan ke lokasi terpencil di mana mereka dirampok di bawah todongan senjata. Dianjurkan untuk hanya menggunakan taksi dari perusahaan yang diakui dan tidak untuk menggunakan layanan taksi bersama atau taksi yang dicegat di jalan, terutama di malam hari.

Penculikan

Telah ada peningkatan penculikan bermotif politik sejak 2014. Anda harus sangat berhati-hati terhadap keamanan pribadi dan waspada terhadap lingkungan Anda setiap saat. Sejak Juli 2012, ada laporan penculikan untuk tebusan, termasuk beberapa warga negara asing, terutama di Beka'a Loire. Ada beberapa penculikan bermotif politik dari warga negara asing di Beirut dan Beka'a Loire.

 

B. Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik

  • Kami sangat menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk melakukan perjalanan ke Lebanon saat ini karena situasi keamanan yang tak terduga sebagai akibat dari konflik di negara tetangga Suriah dan ketegangan politik dan sektarian yang berkelanjutan. WNI bisa terjebak dalam kekerasan yang ditujukan pada orang lain. Anda harus sangat memperhatikan keamanan pribadi Anda, memantau media untuk perkembangan yang dapat mempengaruhi keselamatan Anda dan ikuti petunjuk dari pemerintah setempat. Jika Anda berada di Lebanon, dan peduli terhadap keselamatan Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk berangkat.
  • Serangan teroris sangat mungkin terjadi dan bisa terjadi kapan saja pada setiap lokasi di Lebanon. Layanan keamanan berada pada tingkat siaga yang sangat tinggi dan terus melaksanakan operasi di Lebanon untuk mencegah serangan. Jika Anda melihat operasi keamanan sedang berlangsung, Anda harus segera meninggalkan daerah itu.
  • Protes sporadis yang berlangsung sejak Agustus 2015: Protes anti-pemerintah, yang dimulai pada bulan Agustus 2015, terus terjadi di seluruh Lebanon. Beberapa protes tersebut telah meningkat menjadi bentrokan antara demonstran dan pasukan keamanan. Dalam beberapa protes meriam air sebelumnya, gas air mata dan peluru tajam telah digunakan untuk membubarkan kerumunan sehingga mengakibatkan cedera. Anda harus menghindari pertemuan besar dan demonstrasi karena dapat menjadi kekerasan. Anda harus tinggal di dalam rumah selama perayaan tembakan, yang sering terjadi selama dan setelah pidato politik. WNI disarankan untuk menjauh dari daerah di mana kekerasan diketahui telah terjadi atau mungkin sedang terjadi. Jika Anda berada di daerah yang terkena bentrokan, Anda harus tinggal di dalam rumah dan memantau sumber informasi lokal untuk situasi keamanan terbaru. Perkembangan politik di tempat lain di wilayah tersebut dan peristiwa internasional dapat mendorong demonstrasi besar atau pecahnya kekerasan.
  • Bersiaplah untuk pergi dari Lebanon dengan cepat: Anda harus menyadari bahwa dalam situasi krisis Anda bertanggung jawab untuk memastikan Anda dapat pergi dari Lebanon. Anda harus memastikan bahwa dokumen perjalanan Anda tetap yang terbaru untuk memungkinkan meninggalkan cepat. Ini termasuk mendapatkan paspor untuk anak-anak yang lahir di Lebanon dan memastikan bahwa setiap anggota keluarga yang ingin melakukan perjalanan dengan Anda memiliki paspor saat ini. Jika kekerasan meningkat, jalan dan jalan raya bisa dengan cepat diblokir, termasuk rute akses ke bandara dan perbatasan. permintaan berat untuk penerbangan yang tersedia dapat menyebabkan kurangnya ketersediaan kursi. Akibatnya, pilihan Anda untuk meninggalkan Lebanon mungkin sangat terbatas. Apabila Anda ingin meninggalkan Lebanon, Anda dapat menghubungi KBRI Beirut. Konflik yang terjadi di negara tetangga Suriah memiliki efek destabilisasi di Lebanon. Insiden kekerasan yang terkait dengan situasi di Suriah - termasuk bom mobil, serangan alat peledak improvisasi (IED) dan serangan roket - telah terjadi di berbagai bagian Lebanon dan kemungkinan terjadi di masa depan. Kekerasan bisa pecah tanpa peringatan.
  • Beirut: Antara 2012-2016 beberapa bom meledak di pusat kota Beirut, di daerah yang populer dengan wisatawan internasional, yang mengakibatkan kematian beberapa orang dan melukai banyak lainnya. Jalan raya utama, termasuk antara pusat Beirut dan bandara internasional, telah dikenakan penutupan sporadis oleh kelompok yang berencana protes terhadap kebijakan pemerintah, situasi di Suriah, atau untuk mengacaukan keamanan lingkungan.
  • Pinggiran selatan (wilayah Dahiyeh) dari Beirut: Kami sangat menyarankan WNI untuk tidak pergi ke pinggiran selatan Beirut, seperti yang didefinisikan oleh daerah selatan Stadion Camille Chamoun Sports ke bandara dan timur dari jalan bandara utama termasuk pinggiran kota Chiyah, Ghobeire, Haret Hreik, Bir el Abed, Borj el Barajne, Mraije, Roueiss, Lailake, Hay el Sellom, Tahouitit el Ghadir dan Bir Hassan; juga barat dari jalan bandara, didefinisikan sebagai wilayah barat dari jalan raya bandara ke pantai, selatan dari Adnon El Hakim Road to Abbas El Mousawi Road. Pada tanggal 12 November 2015, dua serangan bom bunuh diri terjadi di luar sebuah masjid dan toko roti di Bourj el Barajneh, di pinggiran selatan Beirut, menewaskan sedikitnya 43 orang dan melukai lebih dari 200 orang.

Sejak 2014, serangan roket dan bom mobil telah menargetkan daerah-daerah. Serangan ini menyebabkan beberapa kematian dan luka-luka dan terkait dengan keterlibatan warga negara Lebanon dalam konflik di Suriah. Serangan lebih lanjut dapat terjadi.

  • Sidon: Bentrokan kekerasan terjadi secara sporadis di Sidon, khususnya di sekitar pinggiran timur Abra dan Kamp Pengungsi Palestina dari Ein El-Hilweh, antara Angkatan Bersenjata Lebanon dan milisi lokal. Penggunaan senjata berat, serta aktivitas penembakan, selama bentrokan ini telah mengakibatkan banyak kematian dan cedera.
  • Tripoli dan Lebanon utara, utara dari garis dari Tripoli ke Sir Ed Dinniyeh dan Arsal: Kami sangat menyarankan WNI untuk tidak bepergian ke Tripoli dan Lebanon utara, utara dari garis dari Tripoli ke Sir Ed Dinniyeh dan Arsal karena bentrokan yang sedang berlangsung antara pasukan keamanan Lebanon dan militan di wilayah tersebut. Pihak berwenang Lebanon menilai bahwa sejumlah ekstremis telah mengungsi di Lebanon utara termasuk seluruh distrik Akkar. Pada tanggal 10 Januari 2015, serangan bom bunuh diri di luar sebuah kafe di Jabal Mohsen, Tripoli, menewaskan sedikitnya sembilan orang.
  • Utara dan utara-timur Beka'a Valley: Kami sangat menyarankan WNI untuk tidak bepergian ke seluruh wilayah di utara dan utara-timur Beka'a Loire. Sebagai hasil dari konflik di Suriah, ada insiden kekerasan rutin di kawasan itu, termasuk pemboman bunuh diri, serangan udara, serangan roket, serangan alat peledak improvisasi (IED) dan penculikan dengan konflik yang sedang berlangsung di daerah perbatasan Beka timur utara 'a Loire. Arsal juga telah ditargetkan dalam serangan lintas perbatasan, termasuk serangan udara oleh rezim Suriah. Pada bulan Agustus 2014, bentrokan antara Angkatan Bersenjata Lebanon dan militan bersenjata di dan sekitar Arsal mengakibatkan kematian, luka-luka dan penculikan yang berlangsung beberapa hari. Pada akhir Juni 2016, dua serangan bunuh diri di kota perbatasan El QAA mengakibatkan lima orang tewas dan 23 orang luka-luka. Kekerasan lebih dapat terjadi.
  • Daerah lima kilometer dari perbatasan dengan Suriah: Kami sangat menyarankan WNI untuk tidak bepergian ke daerah yang berjarak lima kilometer dari perbatasan dengan Suriah (terutama daerah Wadi Khaled, Hermel dan Arsal), Dataran Tinggi Golan, dan peternakan Shebaa. Ketegangan antara masyarakat di daerah-daerah sebagai akibat dari konflik di Suriah telah menyebabkan insiden kekerasan berulang. Bentrokan lintas-perbatasan telah terjadi sejak 2012. Bentrokan lintas-perbatasan dan pertukaran api dapat terjadi di masa depan.
  • Wilayah selatan Lebanon: Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan di selatan Sungai Litani, dengan pengecualian dari kota Tirus. The United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) mempertahankan kegiatan pemeliharaan perdamaian dari Litani selatan sebagai akibat ketegangan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut. Kota Tirus telah mengalami beberapa insiden keamanan belakangan ini. Namun, pengunjung harus terus memperhatikan keamanan pribadi, memantau media untuk perkembangan dan mengikuti saran dari pemerintah setempat. Ketika masuk dan keluar Tirus, jangan menyimpang dari jalan raya utara kota utama.

Pasukan Israel tetap berada di kota perbatasan selatan Ghajar dan ada ketegangan yang sedang berlangsung di wilayah sekitarnya, termasuk Shebaa Farms, dengan penembakan yang sesekali dilaporkan. Sementara kehadiran pasukan LAF dan PBB di selatan Lebanon telah menyebabkan peningkatan umum dalam lingkungan keamanan, bentrokan lebih lanjut bisa terjadi. Seperti yang ditekankan oleh konflik antara Israel dan Hizbullah pada tahun 2006, situasi keamanan bisa berubah tanpa pemberitahuan dan WNI bisa terjebak dalam kekerasan yang ditujukan pada orang lain. Anda harus menghindari daerah di mana kegiatan militer sedang berlangsung dan siap untuk berangkat dari daerah dalam waktu singkat.

  • Kamp-kamp pengungsi Palestina: Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke kamp-kamp pengungsi Palestina di bagian manapun dari Lebanon. Kelompok-kelompok ekstremis diketahui beroperasi di dalam kamp. Situasi keamanan di kamp-kamp tidak dapat diprediksi dan bisa memburuk tanpa peringatan. Negara Lebanon tidak memiliki kehadiran keamanan yang resmi di kamp-kamp dan mereka mengalami kejahatan tingkat tinggi. Sering terjadi bentrokan bersenjata antara faksi yang bertikai dalam beberapa kamp.

 

C. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

  • Lebanon berada dalam zona gempa aktif.
  • Kebakaran hutan dan semak sering terjadi selama bulan-bulan musim panas di Lebanon (biasanya Juni sampai September), terutama di daerah yang berhutan lebat. Anda harus menghindari daerah yang terkena api dan memantau media untuk mendapatkan informasi terbaru.
  • Badai pasir dan debu sangat umum dan dapat menimbulkan risiko kesehatan, terutama untuk orang dengan masalah pernapasan.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Lebanon termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

 

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

 

C. Masalah Hukum Lainnya

  • Di bawah hukum Lebanon, warga negara Lebanon dan non-warga negara dapat mencegah anggota keluarga meninggalkan Lebanon jika ada pengadilan keluarga yang tertunda, bahkan jika mereka adalah WNI.
  • Semua masalah hukum keluarga, termasuk keputusan hak asuh anak dan perceraian didasarkan pada hukum agama setempat. Jika Anda terlibat dalam tahanan atau perselisihan keluarga lain Anda harus memastikan Anda berkonsultasi dengan pengacara sebelum Anda meninggalkan Indonesia untuk saran tentang bagaimana hukum agama dapat berdampak pada keadaan keluarga Anda. Lebanon tidak menandatangani Konvensi Den Haag tentang Aspek-aspek Sipil Internasional Penculikan Anak.

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Lebanon adalah Pound Lebanon. Penukaran mata uang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.

 

Asuransi dan Kesehatan

A. Perjalanan Darat

  • Jalan, termasuk rute akses ke penyeberangan bandara dan perbatasan, dapat diblokir selama demonstrasi dan kerusuhan sipil. Bandara ini juga dapat ditutup pada pemberitahuan singkat. Jika hal ini terjadi, Anda harus memeriksa dengan maskapai untuk informasi terbaru dan pilihan keberangkatan.
  • Ada kehadiran keamanan bersenjata di seluruh Lebanon, termasuk pada titik-titik pemeriksaan jalan. Anda harus memastikan bahwa Anda membawa dokumentasi identitas pribadi setiap saat karena ini merupakan kebutuhan di bawah hukum Lebanon, dan patuhi petunjuk dari petugas keamanan.
  • Mengemudi di Lebanon dapat berbahaya karena jalan tidak terpelihara. Salju dan es berbahaya di musim dingin. Kondisi lalu lintas dan kebiasaan mengemudi setempat sangat buruk sehingga menimbulkan bahaya bagi pengendara dan pejalan kaki.
  • Artileri yang tidak meledak, termasuk munisi tandan, dan ranjau darat ada banyak di seluruh Lebanon dengan konsentrasi tertinggi di selatan negara itu, terutama di selatan Sungai Litani. Ranjau-ranjau tidak selalu ditandai dengan jelas dan bisa bergeser dari pertanda. Anda harus mencari nasihat dari penduduk lokal, tinggal di jalan beraspal dan menghindari berjalan atau mengemudi lintas negara.

 

B. Transportasi Umum

-

 

C. Makanan Lokal

-

 

D. Tempat Ibadah

-

 

E. Hal-hal yang Perlu Diketahui oleh WNI

-

Telekomunikasi

Berikut beberapa operator telepon di Lebanon:

  1. Touch
  2. Alfa

Tempat Wisata


Gibran Khalil Gib...
star star star star star_border

Downtown Tree
star star star star star_half

The statue of the...
star star star star star_half

Park painter Omar...
star star star star star

Abdul Rahman el H...
star star star star star

Roman Baths
star star star star star_half

Saint George Gree...
star_border star_border star_border star_border star_border

The Archaeologica...
star star star_half star_border star_border

Charles Debbas Pa...
star star star star star_half

Walid Eido Garden
star star star star star_border

Municipal Park
star star star star star

Gallery Anay
star star star star star

Hawd El Wileye Pa...
star_border star_border star_border star_border star_border

Garden martyr Sam...
star star star star star

Haoud Al Wilaya P...
star star star star_half star_border

Samir Kassir squa...
star star star star star_half

Planet Discovery
star star star star star_half

Musée de la Pré...
star star star star star

Phoenico-Persian ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Art On Spears
star star star star star

LOT 450
star star star star_half star_border

Ayyam Gallery, Be...
star star star star star_half

Garden Martyr Raf...
star star star star star

Beit Beirut - Mus...
star star star star star_half

Dar El-Nimer for ...
star star star star star_half

Kuliner


Ichkhanian Bakery
star star star star star_half

Dunkin Donuts
star star star star star_half

Cocoa & Co
star star star star star_half

Hard Rock Cafe
star star star star star_half

Neo Gourmet
star star star star star

Better From Scrat...
star star star star star_half

kadry cafe
star star star star star_half

Pain d'Or, Karako...
star star star star star_half

Dunkin' Donuts
star star star star star_half

Al Shami Bakery
star star star star star_half

Hayek Market
star_border star_border star_border star_border star_border

The Lebanese Bake...
star star star star star_half

Al Falamanki
star star star star star_border

Choucri Hamasni 1...
star star star star star_half

Le Sushi Bar
star star star star star_half

Urbanista
star star star star star_half

La goulee achrafi...
star star star star star_border

al Mandaloun
star star star star star_half

Blé Sucrê
star star star star star_border

Jalousie Pastry &...
star star star star star_half

El Karout Sweets ...
star star star star star_half

Cremino
star star star star star_half

Monop'
star_border star_border star_border star_border star_border

MOODZ Lounge & Ba...
star star star star star_half

Saifi Urban Garde...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


مسجد زقاق...
star star star star star_half

Imam Ali Ibn Abi ...
star star star star star

Al Imam Ali Bin A...
star star star star_half star_border

مسجد محمد...
star star star star star_half

St. Louis Cathedr...
star star star star star

Amir Munzer Mosqu...
star star star star star_half

Prince Monzer - M...
star star star star star_half

Al Omari Mosque
star star star star star_half

Amir Assaf Mosque
star star star star star_half

Mansour Assaf - M...
star star star star star_half

زاوية الإ...
star star star star star

Al Basta Al Tahta...
star star star star star_half

Abu Bakr Al-Siddi...
star star star star_half star_border

Abou Baker Al Sid...
star star star star star_half

Abou Bakr Al Sidd...
star star star star star_half

Abu Bakr Mosque
star star star star_border star_border

Al Kantari - Mosq...
star star star star star_half

Al Majidieh - Mos...
star star star star star_half

Majidiyeh Mosque
star star star star star_half

star star star star star_half

Basta Al Fawqa Mo...
star star star star star_half

Othman Zu Al Nour...
star star star star star_half

star star star star star

Saleem Slam Mosqu...
star star star star star

Salim Salam Mosqu...
star star star star star_border

Fasilitas Kesehatan


City Dental Clini...
star star star star star_half

Dentist Lebanon
star star star star star_half

Caroline's Clinic...
star_border star_border star_border star_border star_border

Lounge Clinic
star star star star star

Al Manar - Pharma...
star star star_half star_border star_border

Dr A. Fadlallah
star_border star_border star_border star_border star_border

Specialized Group...
star star star star star

Clemenceau Medica...
star star star star star_half

Clemenceau Medica...
star star star star star_half

Dr. Salim Itani
star_border star_border star_border star_border star_border

Melki Plastic Sur...
star star star star_half star_border

Le Gabriel - Phar...
star star star star star_half

Pharmacie Du Quar...
star star star star star

Najjar Hospital
star star star star star_half

Lebanon Beauty Cl...
star_border star_border star_border star_border star_border

AUBMC
star star star star star_border

Roma - Pharmacy
star star star star star

LAU Medical Cente...
star star star star star_half

Dermatology-STI c...
star star star star star

Dr. Georges El Mo...
star_border star_border star_border star_border star_border

Dental implants L...
star star star star star

Dr. Imad Kaddoura...
star star star star star

Makhzoumi Foundat...
star star star star star_half

Blossom Center fo...
star star star star star

Dr. Samer Mneimne...
star_border star_border star_border star_border star_border