Kolombia
Few clouds
19.08 °C

Informasi Umum

Negara kontinental yang berhadapan dengan Samudra Pasifik dan laut Karibia (samudra Atlantik);  berbatasan dengan Utara: Panama, Selatan: Peru dan Brasil, Timur: Ekuador, dan Barat: Venezuela; Ibukota negara ini adalah Bogota.

Negara multi etnis. Komposisi agama Katolik Roma, Protestan, lain-lain dengan total 48,6 juta jiwa (2016).

Kode Telepon:
+57

Zona dan Perbedaan Waktu: Kolombia berada di zona GMT -5. Waktu Bogota adalah 12 (duabelas) jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik: Tipe A dan B

KBRI Bogota

Persyaratan Masuk/Keluar

  • WNI dibebaskan dari visa untuk mengunjungi Kolombia yang berlaku selama 180 hari. 
  • Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI dibebaskan dari visa untuk mengunjungin Kolombia.

Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimal 3 bulan sebelum kepulangan. Harap diingat otoritas Kolombia berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda. 

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Kolombia menghubungi:

Colombian Embassy in Jakarta, Indonesia

Central Plaza Building, 12th Floor

Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 47. Jakarta, Indonesia

No. Telp : (+62) (21) 579 03 560

No. Fax : (+62) (21) 529 05 217

Email : ejakarta@cancilleria.gov.co

Website : indonesia.embajada.gov.co

 

A. Umum

Tidak membawa barang-barang yang tidak dikenal atau bukan miliknya karena bisa jadi dimanfaatkan oleh sindikat untuk menjadi kurir narkoba dan membawa keluar kokain dari Kolombia menuju negara-negara tujuan peredaran narkoba.

 

B. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

Jika Anda bepergian melalui Amerika Serikat, atau jika Anda transit di Honolulu atau titik masuk AS lainnya, Anda diminta untuk memenuhi persyaratan masuk/transit AS. Pastikan Anda memeriksa persyaratan visa Anda dengan Kedutaan Besar AS terdekat atau Konsulat baik sebelum perjalanan Anda. Anda juga harus membaca saran wisata kami untuk Amerika Serikat.

Keselamatan dan Keamanan

A. Kriminalitas

Kami menyarankan Anda untuk waspada di semua daerah di Kolombia untuk mengantisipasi adanya tindakan kriminal.

  • Sebaiknya wisatawan melakukan perjalanan melalui penerbangan antar kota Kolombia dan meminimalkan penggunaan kendaraan perjalanan darat. Karena tingginya tingkat kejahatan di Kolombia, kami merekomendasikan Anda untuk tinggal di penginapan yang terjamin keamanannya.

  • Kejahatan ringan, seperti pencopetan dan penjambretan tas, sering terjadi di kawasan wisata di Kolombia, termasuk di bandara di Bogotá.

  • Kejahatan kekerasan dan aktivitas gerombolan kriminal juga sering terjadi di Kolombia dan di kota-kota besar lainnya. WNI disarankan untuk selalu waspada dan menjaga diri mereka setiap saat selama di Kolombia.

  • Penjahat terorganisir sering beroperasi di daerah perkotaan, termasuk Bogotá dan Medellín. Bila memungkinkan, Anda harus tiba di bandara Jose Maria Cordova Medellín pada siang hari untuk menghindari bepergian pada malam hari.

  • Perampokan kepada penumpang taksi merupakan masalah serius di Kolombia. Perampokan sering terjadi ketika seorang penumpang yang bepergian sendiri dan memberhentikan taksi di pinggir jalan. Jika Anda ingin lebih aman menggunakan taksi maka Anda menghubungi layanan taksi melalui telepon atau mencari bantuan dari staf di hotel, hostel, restoran atau tempat-tempat hiburan untuk memesan taksi berlisensi. Jangan menerima penumpang taksi dengan orang asing.

  • Anda harus berhati-hati khususnya ketika bepergian sendirian saat menggunakan mesin ATM, atau bepergian ke arah tugurios (daerah kumuh). Hindari menggunakan ATM yang terbuka ke jalan dan sebagai gantinya menggunakan ATM di kawasan yang dikendalikan seperti dalam bank dan pusat perbelanjaan.

  • Jumlah 'Penculikan Ekspres' telah meningkat, dimana korban diculik di dalam taksi, dan dipaksa untuk menarik dana dari ATM sebelum dibebaskan. Korban bisa tewas atau terluka apabila menolak.

  • Terdapat juga laporan pelecehan, pencurian dan pemerasan oleh penjahat yang menyamar sebagai polisi, baik di Bogotá dan di kota-kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

  • Ada laporan dari korban yang terkena perampokan dan penyerangan setelah korban menerima makanan, minuman, rokok, atau permen dari orang tak dikenal. Jangan menerima makanan atau minuman dari orang asing dan jangan meninggalkan makanan atau minuman tanpa pengawasan. Pelaku kriminal juga menggunakan obat-obatan, seperti scopolamine, baik dengan semprotan aerosol atau melalui kertas untuk melumpuhkan wisatawan. Obat yang digunakan untuk perampokan dan penyerangan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk kehilangan kesadaran dan kehilangan memori. Insiden ini biasa terjadi di klub malam, bar dan restoran, dan juga pada bus umum dan jalan-jalan di kota. Jika Anda menduga bahwa Anda, atau siapa pun yang bepergian dengan Anda, telah dipengaruhi oleh obat ini, sangat penting bagi Anda untuk segera mencari bantuan medis.

  • Akan lebih aman jika bepergian ditemani oleh pemandu wisata yang berpengalaman.

  • Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk melakukan perjalanan ke daerah Antioquia (kecuali Madellin), Arauca, Caquetá, Cauca (kecuali Popayan), Guainía, Gua, Meta, Nariño (kecuali Pasto dan Ipiales), Norte de Santander, Putumayo, Valle de Cauca (kecuali Cali) dan Vichada karena ancaman serangan teroris dan kegiatan kriminal. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah tersebut, Anda harus mengambil berbagai tindakan pencegahan keamanan.

  • Tidak melakukan perjalanan ke daerah: Kami menyarankan Anda untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah Chocó, yang berjarak 20 kilometer dari perbatasan Venezuela atau Ekuador (kecuali untuk jalan raya persimpangan Pan Amerika di Ipiales) dan kota-kota pelabuhan Buenaventura dan Tumaco karena ancaman terorisme dari organisasi gerilya dan kehadiran kegiatan kriminal terkait obat. Kelompok-kelompok ini terus melakukan serangan, pemerasan, penculikan, pemboman mobil, dan kerusakan infrastruktur di daerah-daerah. Ada risiko keselamatan pribadi Anda di daerah-daerah tersebut.

B. Terrorisme

  • Kami menyarankan Anda untuk melakukan tindakan waspada yang tinggi di Kolombia karena tingkat kriminalitas di daerah-daerah rawan. Ancaman ditujukan untuk orang asing, termasuk WNI yang berasal dari kelompok-kelompok gerilya lokal. Serangan teroris bisa terjadi kapan saja dan dapat ditujukan untuk target pemerintah (termasuk militer dan polisi). Dalam beberapa tahun terakhir telah ada sejumlah ledakan di tempat umum di Kolombia, termasuk di Bogotá, yang mengakibatkan kematian dan luka-luka. Pada bulan Juni 2014, ada beberapa serangan bom di Bogotá, termasuk di daerah Chapinero, Rafael Uribe Uribe, La Candelaria dan Suba.

  • Kelompok teroris yang paling menonjol adalah Revolutionary Armed Forces of Colombia - Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) namun sekarang sudah ada perjanjian damai dengan Pemerintah Kolombia setelah terjadi konflik selama 52 tahun dan telah dicoret dari daftar teroris. Kelompok ini menggunakan taktik gaya teroris dan melakukan serangan kecil yang menargetkan Pemerintah Kolombia dan infrastruktur ekonomi, meskipun beberapa perusahaan asing dan karyawannya menjadi target di masa lalu. Keamanan ditingkatkan di Bogotá, berikut beberapa serangan bom kecil di ibukota pada awal 2015.

  • Pada bulan Januari 2014, sebuah bom meledak di luar kantor polisi di Pradera, Valle de Cauca, menewaskan satu orang dan melukai banyak orang lainnya. Kejadian ini, bertepatan dengan akhir bulan gencatan senjata sepihak, menggarisbawahi ancaman tinggi terus terorisme dari organisasi gerilya di bagian Kolombia. Pada bulan November 2014, serangan terjadi di Gorgona Island di lepas pantai Pasifik Kolombia menewaskan satu polisi dan melukai enam orang lainnya.

  • Pemerintah Kolombia dan beberapa kelompok pemberontak berusaha merundingkan penyelesaian damai pada awal 2016 untuk mengakhiri dekade konflik bersenjata. Batas waktu untuk kesepakatan damai berlalu tanpa resolusi dan negosiasi terus. Mungkin ada daerah di mana situasi keamanan bisa memburuk dengan cepat, tergantung pada kemajuan atau hasil dari perundingan damai. Wisatawan harus mengikuti media lokal untuk berita yang relevan dan tetap waspada di semua daerah Kolombia.

  • Penculikan: Negara Kolombia merupakan salah satu negara yang tingkat penculikan tertinggi di dunia. Warga asing sering menjadi target penculikan. Kebanyakan penculikan adalah untuk meminta tebusan, dan sering dilakukan oleh kelompok-kelompok seperti FARC dan National Liberation Army - Tentara Pembebasan Nasional (ELN) di daerah pedesaan. Telah ada pengurangan jumlah penculikan di kota-kota besar tetapi memiliki resiko yang sama. Beberapa warga asing, termasuk anak-anak, sering diculik dan dibunuh. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah warga asing telah diculik. Anda harus melakukan tindakan waspada tingkat tinggi setiap saat ketika bepergian di Kolombia dan menghindari perjalanan ke daerah-daerah yang terdaftar dalam himbauan perjalanan ini.
  • Pemerintah Indonesia tidak akan melakukan pembayaran atau konsesi untuk penculik. Pemerintah Indonesia menganggap bahwa membayar tebusan meningkatkan risiko penculikan lanjut, termasuk WNI lainnya. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ke suatu daerah dimana ada ancaman tertentu penculikan, Anda harus mencari saran keamanan yang profesional dan memiliki langkah-langkah keamanan pribadi yang efektif di tempat.



C.  Kerusuhan Sipil/Ketegangan Politik 

  • Sejak bulan Agustus 2015, telah ada peningkatan ketegangan di perbatasan Venezuela-Kolombia. Pemerintah Venezuela secara berkala menutup perbatasan jalur darat dengan Kolombia untuk waktu yang diperpanjang karena masalah keamanan dan penyelundupan. Disarankan WNI tidak menyeberangi perbatasan Venezuela-Kolombia melalui jalur darat. Geng dan kelompok-kelompok teroris ada di wilayah perbatasan Venezuela-Kolombia.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

  • Kolombia sering terjadi gempa bumi. Ada juga sejumlah gunung berapi yang masih aktif di Kolombia. wisatawan yang ingin mendaki gunung harus mencari petunjuk saat melakukan aktivitas pendakian gunung berapi dari pemerintah setempat.
  • Banyak daerah di Kolombia yang sering mengalami hujan deras, tanah longsor dan banjir dapat mempengaruhi perjalanan ke beberapa bagian negara. Wisatawan harus memantau media lokal untuk informasi terbaru dan mencari nasihat lokal sebelum memasuki daerah yang terkena dampak.

  • Wilayah pesisir Kolombia sering terjadi badai. Jika terjadi badai, Anda harus mengidentifikasi tempat penampungan lokal. Kami menyarankan WNI di daerah yang terkena untuk mengikuti instruksi dari pemerintah daerah dan memantau media untuk perkembangan terbaru. Penerbangan masuk dan keluar dari daerah yang terkena bisa ditunda atau ditangguhkan, jika ada penerbangan maka akan cepat penuh. Badai juga dapat mempengaruhi akses ke pelabuhan laut di wilayah tersebut.

  • Di beberapa daerah, tempat tinggal yang memadai dari badai yang parah mungkin tidak tersedia untuk semua orang. Biasakan diri Anda dengan evakuasi dari hotel atau kapal pesiar Anda. Anda harus membawa dokumen perjalanan Anda setiap saat (yaitu paspor, identifikasi foto) atau mengamankan dokumen perjalanan di lokasi yang aman dan tahan air. Kami juga menyarankan Anda untuk menghubungi KBRI Bogota dan kerabat Anda di Indonesia untuk memberitahu keadaan dan keberadaan Anda.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Kolombia, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.


B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, Anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan Anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.


C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Setiap orang yang berada di wilayah Kolombia, termasuk WNI, jika kedapatan membawa dan memiliki narkoba (obat-obatan terlarang) dalam jumlah kecil maka Anda dapat dikenakan sanksi. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dipenjara oleh otoritas setempat.


D. Masalah Hukum Lainnya

Jika Anda memotret layanan keamanan, termasuk militer/polisi Kolombia dan tempat tertentu adalah perbuatan ilegal.

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang resmi Kolombia adalah Peso Kolombia (COP) yang terdiri dari pecahan COP 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, dan 50.000.
  • Penukaran mata uang dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarakan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat, Pound Sterling atau Euro untuk penukaran uang setempat.
  • Anda juga dapat menarik uang dari ATM dengan kartu yang sesuai. Pada umumnya terdapat maksimal penarikan uang tunai melalui ATM di Kolombia yaitu sebesar COP 300.000


    A. Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui oleh WNI

  • Pemalsuan uang merupakan salah satu masalah umum di Kolombia, untuk itu selalu waspadai keaslian uang Anda dan tukarlah uang Anda di penukaran resmi.

  • Apabila Anda terpaksa mengambil uang dari ATM di malam hari selalu gunakan ATM yang berada di dalam mall atau pusat perbelanjaan.

Asuransi dan Kesehatan

A. Mengemudi di Kolombia

  • Anda dapat mengemudi di Kolombia dengan membawa Surat Izin Mengemudi Anda.
  • Sangat dihimbau untuk sangat waspada mengingat tata cara berkendara penduduk lokal cukup menghawatirkan. Selalu patuhi peraturan berkendara antara lain batas kecepatan 60km/jam dan 80 km /jam di jalan tol.


B. Transportasi Umum

Mobil Sewaan
Selalu sewa mobil Anda di penyewaan resmi dan ternama di Kolombia yang pada umumnya memakan biaya COP 170.000. Selalu cermati klausul penyewaan mobil Anda dan selalu waspadai pencurian mobil.

Taksi
Kami menyarakan Anda untuk tidak memanggil taksi di jalan karena sering ada laporan perampokan dan pemerasan. Pemesanan taksi dapat melalui telepon, melalui hotel atau pusat taksi resmi untuk mengurangi risiko kejahatan.

Bus
Terdapat bus kota, bus antar kota, dan bus jarak jauh di Kolombia. Selalu waspada ketika Anda berada di dalam bus. Telah terjadi beberapa kali pemalakan dengan ancaman senjata tajam dalam bus di Kolombia yang pada umumnya akan meminta ponsel atau dompet Anda.

Ketika melewati titik pemeriksaan militer di beberapa tempat, tentara Kolombia akan meminta Anda untuk keluar dalam bus dan mengecek barang bawaan Anda meskipun di malam hari.


C. Makanan Lokal

Andres Carne de Res
Calle 82 No 12-21 | Zona Rosa, Bogota 110851, Colombia
+57 1 8637880

Mini Mal
Transversal 4bis # 57-52 | Carretera 4A, Bogota 110231, Colombia
+57 1 3475464
 
Restaurante Barcal
Calle 44a 7d 43A-70 | Barrio El Poblado, Sector Astorga, Diagonal a la Torre Almagran, Medellin 050020, Colombia
+57 4 2688714

Mondongos
Carrera 10a # 38-38 | Cra 70 # C3-43, Medellin 050014, Colombia
+57 4 4113434

Mundo Verde
Carrera 37 8A- 40 | Via Primavera, Medellin 050021, Colombia
+57 4 4441838

El Cairo
Cra. 38 #18-101 | Mall Palma Grande, Medellin, Colombia
+57 304 2424607

Pergamino Café
Cra. 37 ##8A-37, Medellín, Antioquia, Kolombia
+57 4 2686444


D. Tempat Ibadah

AlQurtubi
Cl. 60 #45-34, Bogotá, Cundinamarca

Mezquita Abou Bakr Alsiddiq
Cra. 49a #80 54, Bogotá

Mezquita de Medellin
Cl. 28 #73-36, Medellín, Antioquia, Kolombia

Masjid Omar Ibn Al-Khattab
11 Carrera 6, Maicao, La Guajira, Kolombia

San Agustin
Cra. 7 #6C-25, Bogotá, Kolombia

Nuestra Señora de Lourdes
Cra. 13 #63-27, Bogotá, Kolombia

La Ermita Church
Cra. 1 #13-0, Cali, Valle del Cauca, Kolombia

Iglesia de San Pedro Claver
Cra. 4 #01, Cartagena, Bolívar, Kolombia

Telekomunikasi

Telepon Seluler

  • Terdapat 3 penyedia sambungan seluler utama di Kolombia yaitu Claro, Movistar, dan Tigo. Anda dapat dengan mudah membeli kartu SIM telepon seluler Anda dengan biaya yang sangat murah di berbagai toko, supermarket, kios, apotek, toko kartu SIM resmi dan di Bandara Internasional El Dorado.
  • Terdapat kemungkinan Anda akan diminta menunjukkan paspor dan alamat hotel Anda saat membeli kartu SIM. Anda juga akan diminta mendaftarkan nomor IMEI ponsel Anda.
  • Untuk mengisi pulsa Anda dapat membeli voucher pulsa di toko dan supermarket.

 

Sambungan Internet

  • Anda dapat menemukan sambungan internet dengan mudah di Kolombia dengan harga yang murah. Anda juga dapat mendapatkan sambungan Wi-Fi di berbagai tempat umum seperti perpusatakaan, taman, dan pusat budaya di berbagai kota

Tempat Wisata


Star Park Bulevar...
star star star star star_half

Suba Entretenimie...
star star star star star

Museum of Contemp...
star star star star star_half

Museo Rafael Garc...
star star star star star_half

Asai Accesorios
star_border star_border star_border star_border star_border

Nevados Park
star star star star star_border

Parque Smaarti
star star star star_half star_border

Parque Para Perro...
star star star star_half star_border

Colombian Pedagog...
star star star star star_half

Parque San André...
star star star star star_half

PARK AMUSEMENT PA...
star star star star_half star_border

Galaxy Park Amuse...
star star star star_half star_border

Parque El Virrey
star star star star star_half

Espacio Viro
star star star star star_half

Park 93
star star star star star_half

Oneautomatizacion
star_border star_border star_border star_border star_border

Star Park DiverPl...
star star star star_half star_border

Cici Aquapark
star star star star_half star_border

Playland imperial
star star star star star_border

ESINF
star star star star star_half

Play Land
star star star star star_half

Playland Plaza Im...
star star star star star_border

FUNDACIÓN ENRIQU...
star star star star star_half

Parque del Chicó
star star star star star_half

Avión Avianca
star star star star_half star_border

Kuliner


Mac Pollo
star star star star star_border

Mac Pollo
star_border star_border star_border star_border star_border

Cigarrería Monta...
star star star star star

Doña Dicha Plant...
star_border star_border star_border star_border star_border

Mac Pollo
star star star star star

Pan Atabanza
star star star star star_half

La Espiga Dorada
star star star star star

Nicolukas
star star star star star_half

Dunkin' Donuts
star star star star star_half

McDonald's
star star star star star_half

Paulita's Arte y ...
star star star star star_half

Dulcinea
star star star star star_half

Juan Valdez Café...
star star star star star_half

Mac Pollo
star star_border star_border star_border star_border

Panadería La Car...
star star star star star_border

Mac Pollo
star star star_border star_border star_border

Cigarreria Astrid
star star star star star_border

Lancaster House S...
star star star star star_half

Mac Pollo
star_border star_border star_border star_border star_border

Pan Pa Ya
star star star star star_half

Oma
star star star star star_half

Auto Pan
star star star star_half star_border

panelas la villet...
star_border star_border star_border star_border star_border

ALMACEN DE VIVERE...
star_border star_border star_border star_border star_border

Mac Pollo
star_border star_border star_border star_border star_border

Tempat Ibadah


Templo Bogotá Co...
star star star star star_half

Philadelphia Chri...
star star star star star_half

Seeds of Life
star star star star star_half

Iglesia Cristiana...
star star star star star_half

Church place of H...
star star star star star_half

Episcopal Confere...
star star star star star_half

Parroquia Santa M...
star star star star_half star_border

Parroquia la Inma...
star star star star star_half

Mezquita Abou Bak...
star star star star star_border

Parroquia Nuestra...
star star star star star_border

Iglesia Pentecost...
star star star star star

Parroquia San Cip...
star star star star_half star_border

Saint Barbara of ...
star star star star star_half

Comunidad Cristia...
star star star_half star_border star_border

Capilla de Los Sa...
star star star star star

Modern church Gym
star star star star star_half

La Porciuncula
star star star star star_half

Iglesia Cerro Nor...
star star star star star_half

Iglesia de Dios M...
star star star star star_half

Al Qurtubi mesqui...
star_border star_border star_border star_border star_border

AlQurtubi
star star star star star_half

Casa Cultural Isl...
star star star star star_half

Centro Cultural I...
star_border star_border star_border star_border star_border

MEZQUTA ESTAMBUL
star star star star star

Santa Teresita Ch...
star star star star star_half

Fasilitas Kesehatan


Cafam Express Cal...
star star star star star_border

Clinicas Dentisa ...
star star star star star

Droguería Dolar
star star star star star_border

PieSalud Podologi...
star star star star star_half

Centro de Potenci...
star star star star star

Locatel Calle 116
star star star star_half star_border

Gastromedicall
star star star star star_half

Presenza Integrat...
star star star star star

Saludcoop
star star star_half star_border star_border

Spa Estilo y Figu...
star star star star star_half

Presenza Medicina...
star star star star star_half

Farmatel
star_border star_border star_border star_border star_border

Adios Calvicie Cl...
star_border star_border star_border star_border star_border

Institute of Orth...
star star star star star_half

Psychiatric Clini...
star star star star star_half

Dr. Scholls cente...
star star star star star_half

Dental Clinic La ...
star star star star star

Centro Internacio...
star star star star star_border

Colombian Plastic...
star star star star_half star_border

OPTICA DIHER
star star star star star_border

Droguera Olimpica...
star star star star star

Farmacia Francia
star star star star_border star_border

Clínica Partenó...
star star star star_half star_border

RLA REPRESENTACIO...
star star star star star

Droguería El Dor...
star_border star_border star_border star_border star_border