Kirgistan
Light snow
2.4 °C

Informasi Umum

Kode Telepon:

+996

Zona dan Perbedaan Waktu:

Kirgizstan berada di Zona GMT +6. Waktu di Bishkek adalah 1 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB)

Jenis Soket/Colokan Listrik:

Tipe C


KBRI Tashkent

Persyaratan Masuk/Keluar

WNI yang akan mengunjungi Kirgizstan dapat memperoleh visa pada saat kedatangan yang berlaku selama satu bulan. Anda dapat memperoleh visa di Bandara Internasional Manas. Dalam mengajukan permohonan visa, anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 (enam) bulan sebelum jadwal kepulangan. Harap diingat otoritas Kirgizstan berhak menolak aplikasi permohonan visa anda. Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Kirgizstan. Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Kirgizstan, anda dapat menghubungi:

A. Umum

Perbatasan Kirgizstan dengan negara-negara tetangga dapat ditutup tanpa pemberitahuan. Periksa dengan pemerintah setempat sebelum melakukan perjalanan, untuk mengetahui perbatasan mana yang dibuka dan apakah perbatasan tersebut dapat dilalui oleh WNI. Ini karena beberapa perbatasan hanya terbuka untuk warga setempat. Kontrol perbatasan yang ketat diterapkan di jalan antara Bishkek dan Alamty (Kazakhstan).

Anda perlu mempertimbangkan kembali kebutuhan anda untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan Kirgiz-Uzbek dan Kirgiz-Tajik serta Lembah Ferghana (Ferghana Valley). Situasi keamanan di daerah tersebut mudah berubah-ubah dan seringnya terjadi kejahatan kekerasan, kerusuhan sipil dan laporan kegiatan teroris. Daerah yang terkena dampak termasuk kota Osh, Jalalabad dan Batken.

Ranjau darat juga merupakan resiko di daerah perbatasan yang tidak terkendali. Jika anda tiba dari Negara yang diketahui sering terjadinya demam kuning, anda diwajibkan untuk menyediakan sertifikat vaksinasi demam kuning yang sah untuk diizinkan masuk ke Kirgizstan. Pastikan paspor anda memiliki masa berlaku setidaknya enam bulan dari tanggal rencana anda kembali ke Indonesia.


Keselamatan dan Keamanan

A. Terorisme

Terdapat ancaman terorisme di Kirgizstan. Serangan teroris bisa saja menargetkan orang tanpa pandang bulu, termasuk mereka yang berada di tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing.

B. Kriminalitas

Terdapat tingginya insiden kriminalitas, termasuk kejahatan kekerasan, dan Warga Negara Asing seringkali dijadikan target karena kekayaan mereka. Penculikan, perampokan, penjambretan dan pencopetan terjadi, termasuk di dekat hotel, transportasi dan tempat-tempat ramai lainnya, khususnya di mana para ekspatriat diketahui berkumpul. Resiko terjadinya tindak kriminalitas meningkat pada saat malam.

Terdapat potensi bagi Warga Negara Asing untuk terjebak dalam bentrokan antara kelompok Kriminal.

Pencuri yang menyamar sebagai polisi yang sedang bertugas, tanpa seragam atau meet and greet pengemudi yang tidak diminta di bandara juga diketahui menjadikan wisatawan target.

Hindari memanggil taksi di jalan, usahakan untuk memesan taksi resmi melalui layanan telpon (telephone dispatch service). Hindari menggunakan taksi jika terdapat penumpang lain di samping supir. Negosiasikan harga sebelum melakukan perjalanan.

Wanita yang melakukan perjalanan sendiri dan pada saat malam harus sangat berhati-hati untuk keamanan mereka sendiri, karena penculikan wanita lokal untuk pernikahan sedang marak terjadi di Kirgizstan, dan Warga Negara Asing bisa saja menjadi korban dalam penculikan ini karena penculik keliru dengan WNA.

Berhati-hatilah akan terjadinya drink spiking di Kirgizstan. Jangan pernah menerima minuman dari orang yang tidak dikenal atau meninggalkan minuman anda tanpa pengawasan. Jika anda tidak yakin minuman tersebut aman, tinggalkan. Minuman beralkohol dapat dicampur dengan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, penyakit serius, kebutaan, cedera otak atau kematian secara tiba-tiba.

C. Kerusuhan Sipil / Ketegangan Politik

Demonstrasi yang tidak direncanakan dapat terjadi di Bishkek dan di bagian lain Negara. Anda perlu menghindari demonstrasi, unjuk rasa jalanan dan pertemuan umum karena dapat berubah menjadi anarkis. WNI bisa saja terperangkap pada kekerasan yang ditujukan kepada orang lain. Pantau media dan sumber informasi lainnya untuk kemungkinan resiko keselamatan atau keamanan terbaru.

Wilayah perbatasan dengan Uzbekistan dan Tajikistan, serta Ferghana Valley: Kami menyarankan anda untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan anda untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan Kirgiz-Uzbek dan Kirgiz-Tajik (di selatan dan barat-selatan) serta Ferghana Valley dikarenakan situasi yang berubah-ubah dan keamanan yang tak terduga.

Lingkungan keamanan dapat berubah-ubah di selatan dan selatan-barat, termasuk di kota-kota Osh, Jalalabad dan Batken, dimana telah terjadi bentrokan antara pasukan keamanan dan militant serta kelompok kriminal. Jika anda mempertimbangkan melakukan perjalanan ke selatan, anda disarankan untuk membaca saran ini bersama dengan saran wisata untuk Uzbekistan dan Tajikistan.

Jika anda mempertimbangkan melakukan perjalanan ke daerah perbatasan dengan Uzbekistan dan Tajikistan, serta Ferghana Valley, anda disarankan untuk membaca saran ini bersama dengan saran wisata untuk Uzbekistan dan Tajikistan. Pasukan keamanan dari ketiga Negara memantau wilayah perbatasan. Mereka sering melakukan operasi di wilayah perbatasan dan biasanya secara acak.

Pada bulan Maret 2016, penjaga perbatasan Uzbek memblokir perbatasan dengan Kirgizstan, berlokasi di distrik Ala-Buka, yang tidak diberi tanda sementara waktu. Anda perlu menghindari melakukan perjalanan melalui wilayah perbatasan ini dikarenakan sengketa perbatasan yang sedang berlangsung.

D. Bencana Alam, Cuaca Buruk dan Iklim

Terdapat resiko yang tinggi akan terjadinya gempa bumi di Kirgizstan, dan tremor sering terjadi. Anda harus membiasakan diri dengan prosedur keselamatan jika terjadi gempa bumi. Lihat bulletin gempa bumi kami untuk saran.

Longsor salju dan tanah longsor seringkali terjadi di daerah pegunungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah orang tewas dalam kecelakaan yang berhubungan dengan salju termasuk kecelakaan kendaraan bermotor, longsor salju, salju yang jatuh dari atap dan kontak yang terlalu lama terhadap dingin yang ekstrim.

E. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di Kirgizstan, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila anda melanggar hukum dan peraturan setempat, anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

B. Penangkapan dan Penahanan

Apabila anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan anda.

Informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang dapat diberikan apabila terjadi insiden penangkapan atau penahanan, lihat (link ke laman Emergency Resources)

C. Hukuman untuk Kejahatan Narkoba

Kepemilikan dan penggunaan narkoba merupakan tindakan ilegal dan hukuman berat akan berlaku, termasuk masa hukuman penjara yang panjang dan denda berat.

D. LGBTI

Hubungan sesama jenis tidak ilegal di Kirgizstan, tetapi tetap tidak diterima secara luas oleh masyarakat.

E. Hukum Lainnya

  • Anda diharuskan membawa paspor, atau salinan yang sah, setiap saat. Pemeriksaan indentifikasi oleh polisi merupakan hal yang umum.
  • Mengemudi dengan kadar alkohol pada darah yang melebihi nol merupakan sebuah pelanggaran.
  • Apostille diperlukan pada dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk diakui di Kirgizstan. Jika anda berniat untuk tinggal atau bekerja di Kirgizstan untuk waktu yang lama, kami menyarankan anda untuk menghubungi Kedutaan atau Konsulat Kirgizstan terdekat untuk memeriksa apa persyaratan lokal untuk melegalkan dokumen sebelum berangkat dari Indonesia. Untuk informasi tambahan, periksa halaman legalisir dokumen atau hubungi KBRI.
  • Jika anda berencana untuk menikah di Kirgizstan, anda akan memerlukan Certificate of No Impediment to Marriage. Sertifikat ini dapat diperoleh di KBRI. Hubungi bagian konsuler KBRI untuk informasi tambahan.
  • Anda perlu memeriksa dengan otoritas lokal sebelum mengambil foto atau berada di dekat bangunan militer dan keamanan.
  • Beberapa hukum pidana Indonesia, seperti yang berkaitan dengan pencucian uang, penyuapan pejabat publik asing, terorisme, pernikahan paksa, mutilasi alat kelamin perempuan, pornografi anak dan pariwisata seks anak, berlaku untuk WNI diluar negeri. Bagi WNI yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan tersebut selagi diluar negeri dapat dituntut di Indonesia.

 

F. Adat Lokal

Setiap tahun, bulan suci Ramadhan diperhatikan di Kirgizstan. Pada tahun 2017, Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada akhir Mei. Waktu yang tepat untuk Ramadhan tergantung pada pengamatan bulan dan hal ini berbeda di setiap Negara. Selama Ramadhan, WNI yang melakukan perjalanan ke Negara-negara dengan jumlah penduduk Muslim yang signifikan, termasuk Kirgizstan, harus menghormati agama dan kepekaan budaya, aturan serta adat istiadat. Secara khusus, mereka yang tidak berpuasa disarankan untuk menghindari makan, minum dan merokok di depan umum, juga di hadapan mereka yang sedang berpuasa.

Standar berpakaian dan berperilaku di Kirgizstan masih konservatif. Anda harus berhati-hati agar tidak menyinggung. Jika anda ragu, berpakaianlah secara konservatif dan cari saran lokal.

Menunjukkan kasih sayang di depan umum (public affection), bahkan antara pasangan yang sudah menikah dapat menyinggung dan menarik terjadinya pelecehan atau penahanan oleh polisi.

G. Hal - Hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Mata Uang dan Penukaran

Mata uang resmi Kirgizstan adalah Som Kirgizstan. Penukaran mata uang Som Kirgizstan dapat dilakukan di Bandara atau di daerah sekitar hotel besar. Anda disarankan untuk membawa mata uang Dollar Amerika Serikat atau Euro untuk penukaran uang setempat.

A. Hal - hal Lain Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Asuransi dan Kesehatan

Akses untuk stasiun layanan dapat dibatasi di daerah perbatasan.

Ranjau darat merupakan resiko di daerah perbatasan Kirgiz-Uzbek, serta daerah perbatasan Kirgiz-Tajik. Ranjau darat juga telah ditemukan di Batken Oblast dekat perbatasan Kirgiz-Tajik.

A. Keselamatan Penerbangan

Jika anda menggunakan maskapai penerbangan lokal, periksa waktu keberangkatan dengan informasi bandara karena keterlambatan sering terjadi.

Dikarenakan adanya masalah keamanan, semua maskapai penerbangan yang mendapat seritifikat oleh Kirgizstan atas otoritas peraturan telah dilarang beroperasi di wilayah udara Eropa.

Lihat situs Aviation Safety Network untuk informasi mengenai keselamatan penerbangan di Kirgizstan.

B. Mengemudi

Kondisi jalan dan standar mengemudi terbilang buruk. Jalan bisa sangat berbahaya di musim dingin dan malam hari. Untuk saran lebih lanjut, lihat halaman perjalanan darat kami.

Jalan antara Bishkek dan Almaty (Kazakhstan) sangat berbahaya dikarenakan beban lalu lintas yang berat dan jalur pegunungan yang berbahaya. Sejumlah kecelakaan lalu lintas pernah dilaporkan di jalan ini. Hindari bepergian di jalan ini saat malam.

C. Transportasi Umum

Bus lokal, mini bus dan taksi di Kirgiz kurang terpelihara.

D. Makanan Halal

E. Tempat Ibadah

F. Hal - Hal Yang Perlu Diketahui Oleh WNI

Telekomunikasi

Tidak ada deskripsi

Tempat Wisata


Chat Kul' Akkabak...
star star star star star_half

Nats Park Ala-Arc...
star star star star star_half

Ala Archa Nationa...
star star star star star_half

Vkhod V Gos.park ...
star star star star star_half

알라무던
star star_half star_border star_border star_border

V. Dubinina Pione...
star star star star star_half

Sportivno-Ozdorov...
star_border star_border star_border star_border star_border

Ata Beyit Memoria...
star star star star star_half

Park Seyil
star star star star star_border

Flamingo Amusemen...
star star star star star_border

Vdnkh
star star star star star_half

Chingiz Aitmatov ...
star star star star star_half

Dom-Muzey Chingiz...
star star star star star

Great Emptiness M...
star star star star_half star_border

Skver
star star star star star_half

Park Lyubvi
star star star star_half star_border

Park Mahatma Gand...
star star star star star_border

Memorial'nyy Komp...
star star star star star_half

Mahatma Gandhi Pa...
star star star star star_border

Экстрим-п...
star star star star star_half

Zoologicheskiy Mu...
star star star star_half star_border

Zelonyy Park
star star star star star_half

Botanicheskiy Sad...
star star star star star_half

Ata Turk Park
star star star star star_half

Botanik Bahçesi
star star star star_half star_border

Kuliner


ATA Confectionery
star star star star_half star_border

Konditerskaya Fab...
star star star star_half star_border

Vostochnyy
star star star star star_half

"Imperiya Pitstsy...
star star star star star_half

Kazanok
star star star star_half star_border

Chaykhana Semiz-K...
star star star star_half star_border

Optomarket
star_border star_border star_border star_border star_border

Supara Chunkurcha...
star star star star star_half

Zhanybaydyn Zhany...
star star star star star_border

Imperiya Pitstsy
star star star star star_half

Кофейня"Д...
star star star star_half star_border

Kulikov Cakes
star star star star star_half

Konditerskiy Dom ...
star star star star star_half

star star star star star_half

Manas
star star star star star_half

Triada
star star star star_half star_border

Taksim Cafe
star star star star star_border

Русские П...
star star star star star_border

Kulikov Cakes
star star star star star

star star star star_half star_border

Beliy Aist
star star star star_half star_border

Empire of Pizza
star star star star star_border

Tyubeteika
star star star star star_half

Insayt - Cafe and...
star star star star_half star_border

кофейня "C...
star star star star star_half

Tempat Ibadah


Christian Church
star star star star star_half

star star star_half star_border star_border

Mechet'
star star star star star

Pravoslavnaya Tse...
star star star star star

Mechit
star star star star star_half

Kasym
star star star star star_half

Medrese, Archa-Be...
star star star star_half star_border

Ынтымак М...
star star star star star_half

Mechet' Dzhal
star star star star star

Satuk Bugra Han M...
star star star star star_half

Julius Fučík na...
star star star star star_half

Pray Room
star star star star star_half

Khrist'yanskaya T...
star star star star star_half

Osh Bazaar Mosque
star star star star_half star_border

Масджид М...
star star star star star_border

Lelingradskaya Me...
star star star star star

Tserkov' Iisusa K...
star star star star star_half

Церковь Н...
star star star star star

New Covenant chur...
star star star star star

Orto Sai Mosque
star_border star_border star_border star_border star_border

Rimo-Katolicheska...
star_border star_border star_border star_border star_border

TOIBA KASI
star star star star star

Tserkov' Blagaya ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Russian Orthodox ...
star star star_half star_border star_border

Mechet' Abaya Gor...
star star star star star

Fasilitas Kesehatan


Punkt Iskustvenno...
star star star star star

Asylbash
star star star star star

Mts Bekboyeva
star_border star_border star_border star_border star_border

Chp Tabaldiyeva A...
star_border star_border star_border star_border star_border

№4 Hospital
star star star star star_half

Tsentr Kinezitera...
star star star star star_half

Klinika Professor...
star star star star star_border

star star star star_border star_border

Dordoy Oftal'mik ...
star star star star_half star_border

Kırgızistan-Tü...
star_border star_border star_border star_border star_border

Ene Zhana Balany ...
star star star star_half star_border

Klinika Plastiche...
star star star star_half star_border

Agrovet Apteka
star star star star star

Meditsinskiy Tsen...
star_border star_border star_border star_border star_border

Respublikanskiy K...
star_border star_border star_border star_border star_border

Kayyndy
star star star star_border star_border

Neman
star_border star_border star_border star_border star_border

Meditsinskiy Tsen...
star star star star_border star_border

star_border star_border star_border star_border star_border

Karisma Stomatolo...
star star star star star_border

Eldik Family Medi...
star star star star star_border

Mts "Tsadmir" - M...
star star star_half star_border star_border

Uzi "Kamek"
star star star_border star_border star_border

Meditsinskiy Tsen...
star star star star star

National Surgery ...
star star star star star_half