Afghanistan
Clear sky
-0.24 °C

Informasi Umum

Afghanistan terdiri dari banyak etnis dan suku. Pashtun merupakan kelompok etnis terbesar (sekitar 50%) yang menggunakan bahasa Afghan, Persia, dan Pashto. Bahasa lainnya yang digunakan antara lain: Dari (50%), Pashto (35%) adalah dua bahasa resmi di Afganishtan, Turki (11%), dan bahasa minor lainnya.

Kode Telepon:
+93

Zona dan Perbedaan Waktu:
Afghanistan berada di Zona GMT +04.30. Waktu di Kabul adalah 2,5 (dua setengah) jam lebih lambat dibandingkan Jakarta (WIB).

Jenis soket/colokan listrik:
Tipe C, D dan F (Frekuensi 220V, 50Hz+/-50%)

Cuaca:
Temperatur di sebagian besar wilayah dataran tinggi mencapai di bawah titik beku selama musim dingin dan turun salju. Musim panas di wilayah dataran rendah (seperti Jalalabad atau Mazar-e-Sharif) dapat mencapai 50ºC/120ºF. Di beberapa wilayah yang tinggi, seperti Kabul, temperatur pada musim panas dapat mencapai 30ºC/90ºF dan musim dingin dapat mencapai 0ºC. 


KBRI Kabul

Persyaratan Masuk/Keluar

Visa serta persyaratan keluar dan masuk lainnya (seperti mata uang, bea cukai, dan peraturan karantina) dapat berubah sewaktu-waktu. Harap menghubungi Kedutaan Besar Afghanistan di Jakarta untuk mengetahui informasi terbaru. WNI diharuskan mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi Afghanistan sesuai dengan keperluan kunjungan. Dalam mengajukan permohonan visa, Anda dianjurkan untuk memiliki Paspor RI dengan masa berlaku minimum 6 bulan sebelum jadwal kepulangan ke Indonesia. Harap diingat otoritas Afghanistan berhak menolak aplikasi permohonan visa Anda.

A. Visa
Terdapat beberapa jenis visa yang dikeluarkan oleh pemerintah Afghanistan, antara lain:

1. Visa Turis/Wisatawan

Visa jenis ini dikeluarkan untuk warga asing yang akan berkunjung ke Afghanistan secara individu atau kelompok dengan tujuan untuk mengunjungi Afghanistan atau keluarganya. Visa ini dikeluarkan oleh perwakilan-perwakilan Afghanistan di luar negeri. Masa berlaku visa ini untuk satu bulan, yang dapat diperpanjang sekali oleh Kementerian Dalam Negeri dengan persetujuan Afghan Tourism Organization.

2.Visa Masuk Ijin Kerja

Visa jenis ini dikeluarkan untuk keperluan bisnis, ekonomi, komersial, kebudayaan, dan industri serta yang bekerja untuk organisasi pemerintah atau non-pemerintah. Visa ini dapat diperoleh dari Seksi Konsulat, Kementerian Luar Negeri Afghanistan. Agen/perusahaan atau sponsor anda harus menghubungi kantor tersebut di Kementerian Luar Negeri Afghanistan secara langsung. Visa ini dapat diperpanjang melalui Kementerian Dalam Negeri.

3. Visa Tinggal

Visa ini dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri kepada warga asing yang memiliki paspor biasa, di mana telah memasuki Afghanistan dengan visa yang sesuai dengan ketentuan biasa. Masa berlaku visa tinggal adalah satu hingga enam bulan dan dapat diperpanjang.

4. Visa Transit

Visa ini dikeluarkan oleh perwakilan-perwakilan Afghanistan di luar negeri kepada warga asing yang akan menuju negara ketiga melalui Afghanistan. Masa berlaku visa transit adalah 72 jam untuk penumpang pesawat dan 6 hari untuk yang melalui jalur darat.

5. Double Entry Visa

Visa ini dikeluarkan kepada warga asing yang memiliki visa tinggal dan masa berlaku visa ini dapat diperpanjang.

6. Diplomatik

Visa ini dikeluarkan untuk pemegang paspor diplomatik yang akan mengunjungi Afghanistan. Pemegang paspor diplomatik dapat memperoleh visa ini dari perwakilan-perwakilan Afghanistan di luar negeri. Namun, sebelum itu mereka harus menghubungi Seksi Paspor Diplomatik dan Visa Diplomatik, Kementerian Luar Negeri Afghanistan secara langsung melalui perwakilan mereka di Kabul. Pemerintah Indonesia dan Afghanistan telah memiliki perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas.

7. Visa Dinas

Visa ini dikeluarkan oleh perwakilan-perwakilan Afghanistan di luar negeri kepada warga asing yang memegang paspor dinas atau khusus. Pemerintah Indonesia dan Afghanistan telah memiliki perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas. 8. Visa Pelajar. Visa ini dikeluarkan oleh perwakilan-perwakilan Afghanistan di luar negeri kepada pelajar asing yang akan belajar di Afghanistan. Universitas/institusi akademis terkait harus menghubungi Departemen Hubungan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri Afghanistan secara langsung. 9. Visa Keluar. Visa jenis ini dikeluarkan untuk warga asing yang telah memasuki Afghanistan dengan visa masuk ijin kerja. Masa berlaku visa ini adalah satu hingga enam hari, namun dalam situasi tertentu dapat diperpanjang. Untuk pengajuan visa, Anda harus menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Formulir aplikasi yang telah diisi lengkap;
  2. Pas foto terbaru ukuran 3x4 (2 lembar);
  3. Paspor yang masih berlaku, minimal 6 bulan
  4. Surat pengantar dari perusahaan/sponsor yang menyatakan tujuan dan lama masa tinggal;
  5. Biaya pembuatan visa (biasanya dalam mata uang Rupiah);
  6. Wawancara singkat, jika diperlukan.

Untuk mengetahui secara lebih jelas persyaratan permohonan visa ke Afghanistan, anda dapat menghubungi : Embassy of the Islamic Republic of Afghanistan JL. Dr. Kusuma Atmaja SH, No 15 Menteng, Jakarta Pusat 12950 No. Tel. : +62-21-314-3169 No. Faks. : +62-21-3193-5390 e-mail : afghanembassy_jkk@yahoo.com situs : -   Sangat dianjurkan untuk semua pendatang untuk memperpanjang visa sebelum masa berlakunya habis, jika berencana untuk tinggal lebih lama dari masa tinggal yang diberikan. Jika masa berlaku visa habis, pemegang paspor akan dikenakan denda sebesar US$2 per hari selama satu bulan pertama keterlambatan, dan sebesar US$5 per hari untuk bulan kedua keterlambatan (denda dapat dibayar di bandara). Jika keterlambatan sudah lebih dari dua bulan, selain dikenakan denda, pemegang paspor akan dipulangkan (deportasi).

B. Hal-Hal Lain Yang Perlu Anda ketahui

  • Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) diwajibkan melaporkan kedatangannya di Afghanistan kepada KBRI Kabul. Laporan kedatangan dapat dilakukan melalui email, telepon, SMS, atau dapat secara langsung datang ke KBRI.
  • Simpanlah nomor hotline KBRI Kabul pada speed dial  telepon anda.
  • Saat ketibaan, pendatang diharuskan melaporkan seluruh mata uang yang dibawa (jika nilainya melebihi 1 juta AFS atau sekitar US$ 14.400). 
  • Pengambilan gambar atau video dapat dilakukan setelah mendapat ijin tertulis dari Tourist Bureau, Press Department, yang berlokasi di lantai pertama Gedung Kementerian Informasi dan Kebudayaan.
  • Pemindahan beberapa burung langka keluar wilayah Afghanistan merupakan tindakan ilegal. Oleh karena itu, pendatang harus menghubungi Afghan Tourist Bureau untuk memperoleh informasi lebih lanjut dan sertifikat ekspor terkait.
  • Wisatawan dapat melakukan ekspor bebas pajak bea cukai untuk 30 m2 karpet, 10 kulit binatang (tidak termasuk Domba Karakul), batu mulia yang telah dipotong dan dipoles, termasuk Lapis Lazuli, kerajinan tangan dan beberapa jenis barang antik.

Keselamatan dan Keamanan

Berkunjung ke Afghanistan, apapun tujuannya, masih dianggap sangat tidak aman karena masih terus terjadi penculikan, penyanderaan, operasi militer, ranjau darat, pertikaian bersenjata antara pemerintah dan kelompok pemberontak, serangan milisi, pemboman, dan serangan pemberontak, termasuk serangan yang menggunakan bom mobil atau improvised explosive devices (IEDs), yang ditargetkan kepada pejabat pemerintah Afghanistan, konvoi kendaraan dan kediaman pemerintah Amerika Serikat, kedutaan-kedutaan besar, instalasi militer, restoran, hotel, bandara, dan pusat pendidikan.  

A. Terorisme
Insiden teroris serius berskala besar, termasuk pemboman bunuh diri dan serangan menggunakan alat peledak kendaraan yang diimprovisasi, sering terjadi di seluruh wilayah Afghanistan. Serangan teroris dapat terjadi di mana saja, kapan saja dan sangat umum di Kabul, dan provinsi-provinsi bagian selatan dan timur Afghanistan. Frekuensi serangan di Kabul telah meningkat secara signifikan setelah pasukan asing ditarik mundur. Sejak akhir tahun 2014 hingga saat ini, masih banyak laporan yang mengindikasikan bahwa teroris memiliki rencana untuk menargetkan tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing, termasuk tempat-tempat diplomatik, bandara, hotel, pusat perbelanjaan, fasilitas militer, dan gedung-gedung pemerintah. Bandara internasional Kabul dan jalan menuju bandara juga sering diserang. Ranjau darat yang belum meledak dan persenjataan lainnya tetap berbahaya di seluruh Afghanistan. Masih banyak terdapat bom aktif dan ranjau darat (baik anti-tank maupun anti-personnel) di seluruh wilayah Afghanistan.

Update:  Serangan militan di seluruh Afganishtan masih terjadi. Sepanjangan 2016-2017 terjadi beberapa serangan bersenjata/peledakan bom.

  • Pada 10 Januari 2017 terjadi tiga serangan teroris mematikan di dekat Parlemen di Kabul, sebuah ledakan di Kompleks Pemerintah Provinsi Helmand.
  • Gerilyawan Taliban menyerang Konsulat Jerman di Mazar-e-Sharif pada tanggal 10 November 2016.
  • Di hari berikutnya terjadi serangan bom bunuh diri di Bagram Airfield.
  • Pada malam 24-25 Agustus, Kampus Universitas Amerika di Afganishtan diserang oleh gerilyawan Taliban.
  • Pada awal Agustus, pejuang Taliban menyergap sebuah bus berisi sekelompok turis di Provinsi Herat.
  • Serangan bom bunuh diri 5 September yang menewaskan setidaknya 30 orang dan melukai lebih dari 90 orang di dekat  Kementarian Pertahanan Afganishtan.
  • Enam serangan di Kabul sejak Juni; Serangan pada 23 Juli menewaskan lebih dari 80 orang dan melukai 230 lainnya.

B. Penculikan
Risiko penculikan di seluruh Afghanistan masih dipandang tinggi dan terus menerus terjadi. Menurut laporan UN Assistance Mission in Afghanistan (UNAMA), pada tahun 2015 tercatat setidaknya telah terjadi 390 kasus penculikan yang terjadi di seluruh wilayah Afghanistan. Anda sangat perlu berhati-hati, salah satunya dengan melakukan rutinitas yang beragam dan menghindari pergerakan yang berpola sama. Anda perlu meminta saran keamanan profesional selama berada di Afghanistan.  

C. Kriminalitas
Kriminalitas merupakan hal yang perlu menjadi perhatian, khususnya di daerah pedesaan. Orang-orang asing sering menjadi sasaran penyerangan dan kekerasan, termasuk perampokan bersenjata dan pemerkosaan. Jangan memperlihatkan barang-barang berharga atau membawa uang dalam jumlah banyak. Jangan bepergian sendiri, khususnya berjalan kaki. Hindari bepergian pada malam hari. Afganishtan masih merupakan bagian dari jalur perdagangan senjata dan narkotik. Para pelaku kejahatan tidak segan untuk melakukan kekerasan terhadap korban. Urbanisasi yang tidak tepat sasaran membuat kota-kota besar seperti Kabul menjadi tempat dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi.  

D. Bencana Alam
Afghanistan merupakan wilayah gempa bumi aktif. Anda harus membiasakan diri dengan prosedur keselamatan ketika terjadi gempa bumi. Selama musim hujan dan musim dingin, banjir besar dapat terjadi, terutama di luar wilayah ibukota. Selama musim dingin dan semi, hujan salju lebat seringkali menyebabkan longsoran salju di wilayah pegunungan. Afghanistan tidak memiliki infrastuktur memadai dalam mencegah kejadian bencana alam tersebut. Jika terjadi bencana alam, harap mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas berwenang setempat.

E. Hal-Hal Lain Yang Perlu Anda ketahui
Anda harus waspada ketika berada di lokasi penting dan tempat-tempat lainnya dimana terdapat kumpulan massa. Hotel-hotel yang digunakan oleh pemerintah Afghanistan, negara-negara Barat, kementerian, gedung-gedung militer dan situs agama sudah sering diserang dan masih ada kemungkinan serangan di kemudian hari. Hindari kunjungan ke tempat-tempat umum yang sering dikunjungi orang asing, termasuk hotel, restoran, toko dan pasar, khususnya pada waktu-waktu sibuk. Perjalanan darat sangat berbahaya. Pemberontak seringkali mendirikan checkpoint palsu untuk melancarkan aksi kekerasan mereka. Selain itu, transportasi umum juga dianggap berbahaya. Taksi dan bis umum biasanya kurang perawatan, tidak memiliki asuransi kecelakaan, dan dikendarai oleh supir yang tidak handal. Upayakan menggunakan transportasi udara apabila bepergian jarak jauh. Jika terpaksa menggunakan jalan darat, pastikan Anda menggunakan kendaraan yang aman dilengkapi dengan perlindungan jarak dekat, serta supir dan pemandu yang terpercaya. Pintu kendaraan harus selalu dalam keadaan terkunci dan jendela tertutup. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan anti-peluru. Sebagian besar kondisi jalan rusak parah. Keseluruhan standar kualitas pengendara sangat buruk dan hampir seluruh supir lokal tidak memiliki asuransi. Kecelakaan dapat menimbulkan konfrontasi dan perilaku yang mengancam keselamatan.

Hukum dan Kebiasaan Setempat

A. UMUM

Afghanistan merupakan negara Islam. Anda harus selalu menghormati tradisi, kebiasaan, hukum, dan agama setempat, khususnya selama bulan Ramadan atau saat Anda berniat untuk mengunjungi tempat-tempat religius.

Sangat dilarang mengajak Muslim untuk pindah ke agama atau kepercayaan lainnya.

Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan, membawa masuk narkotika, alkohol, dan produk berbahan daging babi ke dalam Afghanistan.

Mengambil foto gedung pemerintahan, instalasi militer, dan istana tidak diperbolehkan. Hindari mengambil foto orang lokal tanpa persetujuan mereka.

Hindari membeli atau menjual benda-benda antik bersejarah tanpa surat resmi dari pemasok atau penjual resmi. Ketika Anda meninggalkan Afghanistan, kemungkinan akan ditanyakan bukti pembeliannya oleh petugas berwenang. Jika Anda tidak memiliki tanda terima, Anda dapat ditahan atau dikenai denda atau hukuman penjara.

B. Tindak Pidana

Setiap orang yang berada di wilayah Afghanistan, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat.

Hukum yang berlaku di Afghanistan adalah Hukum Islam dan Hukum Sipil. Tindak pembunuhan, pencurian, zina, perampokan, minum alkohol, dan fitnah merupakan tindak pidana berat yang dapat dijatuhi hukuman penjara sampai hukuman mati. Beberapa tindak pidana berat lainnya yang diatur, antara lain pemerkosaan, penculikan, penipuan, dan penggelapan.

Hukum Afghanistan juga secara khusus mencakup kejahatan terhadap negara, seperti korupsi, penyuapan, produksi, dan penyelundupan narkotika, pendanaan terorisme, dan pencucian uang yang dapat dijatuhi hukuman penjara hingga hukuman mati.

 

C. Penangkapan dan Penahanan

Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, anda memiliki hak meminta Kepolisian atau otoritas setempat lainnya untuk memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada KBRI Kabul. Apabila Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka KBRI Kabul tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

Saat berada di Afghanistan, Anda harus mengetahui aturan dan hukum setempat. Jika Anda ditangkap atau ditahan, Pemerintah RI akan mengupayakan agar Anda diperlakukan secara adil dan tidak diskriminatif sesuai dengan hukum yang berlaku. Meskipun demikian, Pemerintah RI tidak dapat mengintervensi proses hukum di Afghanistan sebagaimana pemerintah Afghanistan tidak dapat mengintervensi proses hukum di Indonesia. Pelajari dan pahami terlebih dahulu hukum, aturan, dan kebiasaan setempat sebelum bepergian ke Afghanistan.

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memberitahukan keberadaan Anda kepada kami dengan mendaftarkan perjalanan Anda di dalam fitur Perjalanan. Kami juga menyarankan Anda untuk terus berkomunikasi dengan keluarga atau teman tentang keadaan dan keberadaan Anda.

KBRI Kabul terus berupaya untuk mendapatkan akses konsuler terhadap WNI yang ditahan pada setiap kesempatan, namun, pejabat konsuler KBRI Kabul harus mendapat persetujuan dari Pemerintah Afghanistan, dan persetujuan tersebut tidak diberikan secara langsung.

Seseorang yang diduga melakukan pelanggaran hukum di Afghanistan dapat ditahan tanpa dakwaan dan tidak diberikan akses untuk mendapatkan perlindungan hukum selama beberapa bulan hingga adanya kesimpulan dari penyidikan serta jadwal persidangan oleh pengadilan. Seseorang yang dinyatakan bersalah melakukan pelanggaran serius dapat diberikan sanksi berupa hukum penjara yang lama, denda berat atau deportasi. Beberapa pelanggaran hukum seperti kepemilikan atau penggunaan narkotika, pembunuhan, perzinaan, pemerkosaan, dan murtad dapat dikenakan hukuman mati.

Hukum setempat mengharuskan wanita untuk menggunakan kerudung saat berada di tempat publik. Kami sangat menyarankan bagi wanita untuk menggunakan kerudung agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.

Memotret bangunan pemerintahan seperti gedung pemerintahan, instalasi militer, pos pemeriksaan, kedutaan, dan istana, serta beberapa tempat/situs keagamaan adalah ilegal dan dapat dikenai sanksi yang keras.

Beberapa hukum yang berlaku bagi WNI seperti pencucian uang, korupsi, terorisme, perbuatan pidana berat serta perbuatan yang melawan keutuhan Republik Indonesia, tetap berlaku bagi WNI dimanapun ia berada. WNI yang melakukan tindak pidana tersebut akan dipidana di Indonesia.

D. Tenaga Kerja Indonesia

Kami sangat menganjurkan untuk tidak bekerja di Afghanistan, baik pada sektor domestik maupun profesional dikarenakan risiko keamanan dan keselamatan yang sangat tinggi. Jika mendesak untuk bekerja di Afghanistan, pastikan perusahaan/institusi yang mempekerjakan memberikan jaminan kerja, baik fasilitas keamanan yang memadai, gaji yang sepadan, tunjangan, maupun asuransi kesehatan serta jiwa yang dapat diandalkan.

Guna memudahkan upaya perlindungan WNI yang bekerja di Afghanistan, harap calon tenaga kerja dapat melaporkan diri ke KBRI Kabul sebelum keberangkatan.

Mata Uang dan Penukaran

  • Mata uang resmi Afghanistan adalah Afghani.
  • Anda sebaiknya membawa uang tunai yang cukup dan sudah menukarkan uang Rupiah ke mata uang dolar Amerika Serikat maupun Euro untuk ditukarkan ke mata uang setempat di berbagai tempat penukaran uang di Kabul. Sebagian besar toko, restoran, hotel, dan tempat lainnya menerima pembayaran dengan dolar AS dan Afghani.
  • Saat ketibaan, pendatang diharuskan melaporkan seluruh mata uang yang dibawa (jika nilainya melebihi 1 juta AFS atau setara US$ 14.400).

Asuransi dan Kesehatan

Pada dasarnya, kami sangat tidak menganjurkan Anda untuk mengunjungi pusat-pusat keramaian dan tempat umum seperti taman, pasar, mall, atau tempat keramaian lainnya. Kami juga tidak menganjurkan untuk melakukan perjalanan ke luar kota Kabul. Namun, jika mendesak untuk dilakukan, pastikan Anda telah memiliki jasa transportasi dan supir yang dapat dipercaya dan diandalkan demi keamanan dan keselamatan diri pribadi.

Apabila Anda datang ke Afghanistan dalam rangka menghadiri konferensi atau pertemuan internasional; bekerja di perusahaan asing atau organisasi internasional; atau belajar, harap melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak panitia penyelenggara/perusahaan/institusi terkait pengaturan transportasi penjemputan di bandara ke tempat penyelenggaraan/kantor/institusi pendidikan yang dituju dengan tembusan informasi ke KBRI Kabul.

Telekomunikasi

Jaringan telekomunikasi di Afghanistan masih memadai untuk melakukan panggilan lokal, jarak jauh, maupun internasional. Selain itu, jaringan internet dan Wi-Fi pun cukup banyak tersedia. Beberapa perusahaan penyedia jasa telekomunikasi di Afghanistan yang dapat menjadi pilihan antara lain sebagai berikut:

  1. Etisalat Afghanistan (http://www.etisalat.af/);
  2. MTN (http://www.mtn.com.af/index.aspx?pageid=3);
  3. Roshan (http://www.roshan.af/Roshan/Home.aspx); dan
  4. Afghan Wireless Communication Company (http://www.afghan-wireless.com).

Tempat Wisata


Ferdawsy Park Mac...
star star star star star_border

Salaam
star star star star_half star_border

Park e Keif
star star star star_half star_border

Be Be Mahro Hill
star star star star star_half

Cometas en el cie...
star star star star star_border

First Makrroryan ...
star star star star_half star_border

Archaeology Insti...
star_border star_border star_border star_border star_border

star star star star_half star_border

Shahre Naw Park
star star star star_half star_border

حديقة الا...
star_border star_border star_border star_border star_border

Nazari Water Park
star star star star star_border

Maranjan Hill
star star star star star_half

Zarnegar Park
star star star star_half star_border

Khesrawi Handicra...
star_border star_border star_border star_border star_border

Amir Habibullah K...
star star star star_border star_border

Kabul Street Fair...
star star star star_half star_border

star star star star star_half

زیارت قها...
star star star star_border star_border

پارک پنجص...
star star star star star

star star star star star_half

City Amusement Pa...
star star star star star_half

الوزارة ا...
star star_border star_border star_border star_border

Park Maryam High ...
star star star star star_border

Kabul Zoo
star star star star_half star_border

Park
star star star star_half star_border

Kuliner


iCafe
star star star star_half star_border

Robz Cafe
star_border star_border star_border star_border star_border

Kabulino Pizza&Gr...
star star star star star

صلون افغا...
star_border star_border star_border star_border star_border

Manal Catering Se...
star star star star_border star_border

Rizwan Sultanpure...
star star star_half star_border star_border

Qumandan Fast Foo...
star star star star_half star_border

SAFI Chicken Sajj...
star star star star_border star_border

Mustafa bakery
star star star star star_half

English Burger ا...
star star star_half star_border star_border

star star star star star_half

Barf
star star star star star_border

Mr. COD Restauran...
star star star star star_border

DIANA RESTAURANT
star_border star_border star_border star_border star_border

Istanbul Restaura...
star star star star star_half

Habibi Resturand,...
star_border star_border star_border star_border star_border

Turkish Restauran...
star star star star_half star_border

CherryBerry
star star star star star

GoldBerry
star star star star star

California Cafe
star star star star_half star_border

Bocaccio Italian ...
star star star star star_half

نانوایی
star star star star_half star_border

Slice Bakery
star star star star star_border

Vila Velebita
star star star star_border star_border

Shandiz
star star star star star_half

Tempat Ibadah


مسجد حضرت...
star star star star star_half

Massjed Ghari Nik...
star_border star_border star_border star_border star_border

مسجد جامع...
star star star star star

Масджид А...
star star_border star_border star_border star_border

مسجد جامع...
star star star star star

مسجد شریف...
star star star star star

Sha Aqasi Nawab K...
star star star star star

مسجد جامع...
star star star star star

Jafaria Mosque
star star star star star

مسجد
star star star star star

مسجد جامع...
star star star star star

Masjid Yadgar
star star star star star

مسجد
star star star star star

Qala e Musa Mosqu...
star star star star star_half

Jame Noorulhuda M...
star star star star star

star star star star star

Mohammadia Mosque
star star star star_half star_border

Haji Nazir Mosque
star_border star_border star_border star_border star_border

مسجد جامع...
star star_border star_border star_border star_border

Mosque (Masjid) S...
star_border star_border star_border star_border star_border

Mosque
star star star star star_half

Pul-e Kheshti Mos...
star star star star star_half

star star star star star

star star star star star_border

مسجد لوګر...
star star star star_half star_border

Fasilitas Kesehatan


Fmic Hospital
star_border star_border star_border star_border star_border

Ekhlas Hospital
star_border star_border star_border star_border star_border

Rahimi Hospital
star_border star_border star_border star_border star_border

Rohullah jalali d...
star star star star star_border

Bibi Mahro CHC
star star star star star_half

Dr.Sayed Nasim Ha...
star star star star_half star_border

Mohammadiya City ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Makrorian 3 CHC
star star star star_half star_border

Omar Masih OPD Cl...
star star star star star

کلنیک شین...
star star star star star_half

sheno zada hospat...
star star star star star_half

Khalili Pharmacy ...
star_border star_border star_border star_border star_border

Sardar Mohammad D...
star star star star star_border

Mohammad Pharmacy
star star star star star

CNPA
star_border star_border star_border star_border star_border

Qala e Musa Medic...
star star star star_half star_border

Nasseh Dental Hop...
star star star star_border star_border

Westex Medical Se...
star star star star star

Royal Medical Com...
star star star star star_border

Dr.Deeba Shekaib ...
star star star star star

HareerDentalClini...
star star star star star

Médecins Sans Fr...
star_border star_border star_border star_border star_border

Westex Medical So...
star star star star_border star_border

Blossom Hospital
star star star star star

Hanzala Street Sh...
star star star star star