Masuk Wilayah Uni Eropa Tidak Harus dari Negara Pengajuan Visa Schengen
message 5 screen_share 405

WNI yang sudah memegang visa Schengen  tidak diharuskan memasuki wilayah Schengen dari negara tempat pengajuan visa. Hal ini disampaikan oleh Wakil Delegasi Uni Eropa (UE) untuk RI, Charles-Michel Geurts pada tanggal 27 November 2019.

Pernyataan diplomat berkewarganegaraan Belgia tersebut sekaligus menjadi klarifikasi atas informasi salah yang berkembang di komunitas traveler tentang visa Schengen. Sebelumnya, banyak anggapan yang mengatakan, pengunjung yang akan ke Eropa dengan visa Schengen harus mendarat atau masuk dari negara/kedutaan besar negara Eropa tempat dia mengajukan visa.

Meskipun tidak diharuskan masuk dari negara tempat pengajuan visa, namun Charles-Michel juga menjelaskan bahwa otoritas imigrasi negara UE memiliki hak untuk menanyakan hal-hal yang diperlukan apabila melihat kejanggalan tertentu. Dalam hal ini, traveler diminta untuk tidak panik dan menjelaskan alasan memasuki UE dari negara tersebut.

Share on :


prasma prasma

Terima kasih


Reni Herlina

Alhamdulilah...karena selama ini banyak informasi yang simpang siur untuk apply visa schengen harus di negara kedatangan ataupun yang terlama...kalo untuk apply visa schengen di kedutaan italia apa benar harus ada ICP polio?


Siam Subiaraharja

Alhamdulillaah...


yudhi tio

manfaatkan dgn baik


Rangga Tama Pratama

Alhamdulillah semoga bisa ke eropa