Bebas Biaya Visa Elektronik ke St. Petersburg, Leningrad, dan Kaliningrad (Rusia)
message 7 screen_share 1145

Sejak tanggal 1 Oktober 2019, Pemerintah Rusia telah memberikan visa elektronik (e-visa) secara gratis untuk warga negara asing dari 53 negara (termasuk Indonesia) yang akan bepergian ke kota St. Petersburg, wilayah Leningrad, dan wilayah Kaliningrad, Rusia.

Pemegang e-visa gratis tersebut hanya dapat masuk dan keluar melalui kota St. Petersburg dan wilayah Leningrad. Titik masuk untuk pemegang e-visa ke kota St. Petersburg dan wilayah Kaliningrad dapat dilihat pada saat melakukan aplikasi e-visa pada https://evisa.kdmid.ru/.

Validitas e-visa berlaku untuk 30 hari, namun hanya dapat tinggal di kota St. Petersburg dan wilayah Leningrad untuk 8 hari. Proses pembuatan e-visa memakan waktu 4 hari (termasuk hari libur) dan harus diajukan 20 hari sebelum kedatangan dan tidak kurang dari 4 hari sebelum kedatangan. Pengajuan e-visa untuk kota St. Petersburg dan wilayah Leningrad dengan e-visa untuk wilayah Kaliningrad harus dilakukan secara terpisah.

Sejak tahun 2009, turis yang datang dengan kapal pesiar dapat singgah di St. Petersburg secara berkelompok (tour group arranged) untuk maksimal 72 jam, termasuk turis dari Indonesia.

Share on :


Achsan Ansori Karuniawan

mantab laah..


Hendra Setyawan Gunawan

Puji Tuhan


Charles Haposan Purba

stlh 2017 gagal ke SPB, akhirnya 2020 ini bisa ke sono ga pake ribet ..


prasma prasma

Terima kasih


melissa p

Akhirnya. good job kemenlu! :)


Risiana Novaning Tias

finally bebas visanya Indonesia ke negara lain skrg brtmbh lg. till today already 84 countries free visa for indonesian passport.


yudhi tio

mantab