Berkereta di Eropa? Jaga Barang Bawaan Anda
message 0 screen_share 69

Selama bulan Juni-Juli 2018, KBRI Praha di Republik Ceko telah menerima 11 laporan WNI yang kehilangan paspor ketika bepergian dengan kereta di wilayah Schengen. 

Sebagian besar korban kehilangan paspor mengaku bahwa mereka lengah karena tidak mengawasi barang-barang mereka dengan baik di sepanjang perjalanan kereta.

Modus yang sering terjadi, seseorang akan berpura-pura meletakkan kopernya dekat tas/koper Anda saat boarding atau ketika mencari tempat duduk. Ketika Anda lengah, maka orang tersebut akan pergi dengan mengambil tas Anda.

Apapun moda transportasi Anda di Ceko maupun wilayah Eropa-Schengen lainnya, kami mengimbau untuk tetap waspada dan selalu menjaga barang-barang yang Anda miliki untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bila Anda mengalami kehilangan barang, jangan ragu untuk melaporkan pada otoritas keamanan (polisi) dan Perwakilan RI (KBRI, KJRI) terdekat.

Dalam kondisi darurat, silahkan hubungi KBRI Praha di nomor +420 727 830 878 atau melalui Tombol Darurat pada aplikasi Safe Travel.

 

(KBRI Praha/Snowcarbon)

Share on :

Tidak ada komentar